Sekolah Menengah Kejuruan

Dipublikasikan oleh Kania Zulia Ganda Putri

15 Mei 2024, 12.10

Sumber: id.wikipedia.org

Sekolah kejuruan, sekolah perdagangan, atau sekolah teknik adalah jenis lembaga pendidikan, yang bergantung pada negaranya, dapat merujuk pada pendidikan menengah atau pasca sekolah menengah yang dirancang untuk memberikan pendidikan kejuruan atau keterampilan teknis yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas. suatu pekerjaan tertentu dan spesifik.

Dalam hal pendidikan menengah, sekolah-sekolah ini berbeda dengan sekolah menengah akademis yang biasanya mempersiapkan siswanya untuk melanjutkan pendidikan tinggi, bukan langsung terjun ke dunia kerja.

Berkenaan dengan pendidikan pasca-sekolah menengah, sekolah kejuruan secara tradisional dibedakan dari perguruan tinggi empat tahun dengan fokus mereka pada pelatihan khusus pekerjaan untuk siswa yang biasanya terikat pada salah satu keahlian, daripada memberikan pelatihan akademik untuk siswa yang mengejar pendidikan pasca- sekolah menengah. karir dalam disiplin profesional.

Meskipun sebagian besar sekolah telah mematuhi konvensi ini, fokus kejuruan dari sekolah perdagangan lainnya mulai bergeser pada tahun 1990-an "menuju persiapan yang lebih luas yang mengembangkan keterampilan akademik" serta keterampilan teknis siswanya.

Terminologi

Lembaga jenis ini juga bisa disebut sekolah perdagangan, pusat karir, perguruan tinggi karir, atau perguruan tinggi kejuruan .

Berdasarkan wilayah

  • Australia

Sekolah kejuruan disebut "perguruan tinggi teknik" di Australia, dan terdapat lebih dari 20 sekolah yang mengkhususkan diri dalam pelatihan pendidikan kejuruan (VET). Hanya tersisa empat perguruan tinggi teknik, dan sekarang disebut sebagai "perguruan tinggi perdagangan".

Di perguruan tinggi ini, siswa menyelesaikan sertifikat tahun 12 yang dimodifikasi dan memulai magang berbasis sekolah dalam bidang pilihan mereka. Ada dua perguruan tinggi perdagangan di Queensland; Brisbane, Gold Coast, Australian Industry Trade College dan satu di Adelaide, St. Patrick's Technical College, dan satu lagi di Perth, Australian Trades College.

  • Kanada

Pendidikan di Kanada merupakan tanggung jawab provinsi, dan pendidikan berkembang secara independen di setiap provinsi, seperti halnya di negara-negara yang berbeda. Sekolah Kejuruan adalah istilah kuno yang sebelumnya digunakan hingga akhir tahun 1960an ketika sistem pendidikan berkembang dari pendidikan dasar dasar menjadi Sekolah Menengah Atas dan kemudian sekolah teknik atau perguruan tinggi pada pertengahan tahun 1960an.

Di masa lalu (sebelum pertengahan 1960an) sekolah kejuruan di beberapa provinsi di Kanada Barat terkadang disebut " perguruan tinggi " di Kanada. Namun, perguruan tinggi juga dapat merujuk pada institusi yang menawarkan sebagian gelar universitas, atau kredit yang dapat ditransfer ke universitas.

Disadur dari:  id.wikipedia.org