Sejarah Rekayasa: Dari Era Kuno hingga Abad Pertengahan

Dipublikasikan oleh Jovita Aurelia Sugihardja

15 Mei 2024, 09.25

Sumber: Wikipedia

Konsep teknik telah ada sejak zaman kuno ketika manusia menemukan penemuan-penemuan mendasar seperti katrol, tuas, dan roda. Setiap penemuan ini sesuai dengan definisi modern tentang teknik, yang memanfaatkan prinsip-prinsip mekanik dasar untuk mengembangkan alat dan benda yang berguna.

Istilah teknik itu sendiri memiliki etimologi yang jauh lebih baru, yang berasal dari kata engineer, yang berasal dari tahun 1325, ketika seorang engine'er (secara harfiah berarti orang yang mengoperasikan mesin) awalnya merujuk pada "pembuat mesin militer." Dalam konteks ini, yang sekarang sudah tidak berlaku lagi, "engine" merujuk pada mesin militer, yaitu alat mekanis yang digunakan dalam perang (misalnya, ketapel). Kata "mesin" sendiri berasal dari bahasa yang lebih tua lagi, yang pada akhirnya berasal dari bahasa Latin ingenium (sekitar tahun 1250), yang berarti "kualitas bawaan, terutama kekuatan mental, oleh karena itu merupakan penemuan yang cerdas."

Kemudian, seiring dengan semakin matangnya desain struktur sipil seperti jembatan dan bangunan sebagai disiplin teknis, istilah teknik sipil masuk ke dalam leksikon sebagai cara untuk membedakan antara mereka yang berspesialisasi dalam pembangunan proyek non-militer dan mereka yang terlibat dalam disiplin yang lebih tua yaitu teknik militer (arti asli kata "teknik", sekarang sebagian besar sudah usang, dengan pengecualian penting yang masih ada sampai sekarang seperti korps teknik militer, misal, Korps Zeni Angkatan Darat Amerika Serikat).

Era kuno

Ziggurat Mesopotamia, piramida dan Pharos di Alexandria di Mesir kuno, kota-kota peradaban Lembah Indus, Acropolis dan Parthenon di Yunani kuno, saluran air, Via Appia dan Colosseum di Kekaisaran Romawi, Teotihuacan, kota-kota dan piramida di Kekaisaran Maya, Inca, dan Aztec, dan Tembok Besar Cina, di antara banyak lainnya, berdiri sebagai bukti kecerdikan dan keterampilan para insinyur sipil dan militer kuno.

Enam mesin sederhana klasik dikenal di Timur Dekat kuno. Baji dan bidang miring (ramp) telah dikenal sejak zaman prasejarah. Roda, bersama dengan mekanisme roda dan gandar, ditemukan di Mesopotamia (Irak modern) selama milenium ke-5 sebelum masehi.  Mekanisme tuas pertama kali muncul sekitar 5.000 tahun yang lalu di Timur Dekat, di mana tuas digunakan dalam timbangan sederhana, dan untuk memindahkan benda-benda besar dalam teknologi Mesir kuno. Tuas juga digunakan pada alat pengangkat air shadoof, mesin derek pertama, yang muncul di Mesopotamia sekitar tahun 3000 SM,  dan kemudian dalam teknologi Mesir kuno sekitar tahun 2000 SM.  Bukti awal katrol berasal dari Mesopotamia pada awal milenium ke-2 SM, dan Mesir kuno selama Dinasti Keduabelas (1991-1802 SM). Sekrup, mesin sederhana terakhir yang ditemukan, pertama kali muncul di Mesopotamia pada masa Neo-Asiria (911-609) SM.  Piramida Mesir dibangun dengan menggunakan tiga dari enam mesin sederhana, yaitu bidang miring, baji, dan tuas, untuk membuat struktur seperti Piramida Agung Giza.

Arsitek paling awal yang diketahui namanya adalah Imhotep. Sebagai salah satu pejabat Firaun, Djosèr, ia mungkin merancang dan mengawasi pembangunan Piramida Djoser (Piramida Bertingkat) di Saqqara, Mesir, sekitar tahun 2630-2611 SM. Ia juga mungkin bertanggung jawab atas penggunaan kolom pertama yang diketahui dalam arsitektur.

Kush mengembangkan Sakia selama abad ke-4 SM, yang mengandalkan tenaga hewan dan bukan tenaga manusia. Waduk dalam bentuk Hafir dikembangkan di Kush untuk meningkatkan irigasi. Sappers dipekerjakan untuk membangun jalan lintas selama kampanye militer. Nenek moyang bangsa Kush membangun speos antara tahun 3700 dan 3250 SM. Bloomeries dan tanur sembur juga dibuat selama periode Meroit.

Mesin bertenaga air praktis yang paling awal, kincir air dan kincir air, pertama kali muncul di Kekaisaran Persia, di tempat yang sekarang disebut Irak dan Iran, pada awal abad ke-4 SM.

Yunani Kuno mengembangkan mesin baik di ranah sipil maupun militer. Mekanisme Antikythera, model awal komputer analog mekanis yang dikenal, dan penemuan mekanis Archimedes, adalah contoh teknik mesin Yunani. Beberapa penemuan Archimedes, serta mekanisme Antikythera, membutuhkan pengetahuan yang canggih tentang roda gigi diferensial atau roda gigi epiklik, dua prinsip utama dalam teori mesin yang membantu merancang kereta roda gigi pada revolusi Industri dan masih digunakan secara luas hingga saat ini di berbagai bidang seperti robotika dan teknik otomotif.

Tentara Cina dan Romawi menggunakan mesin militer yang kompleks termasuk Ballista dan ketapel. Pada Abad Pertengahan, Trebuchet dikembangkan. Pada tahun 132, ahli matematika Zhang Heng menemukan seismoskop untuk mendeteksi gempa bumi, yang tidak ditemukan di tempat lain di dunia sampai 1.100 tahun kemudian.

Xinlun karya Huan Tan adalah teks paling awal yang menggambarkan perangkat palu perjalanan yang digerakkan oleh hidrolika (yaitu kincir air), yang digunakan untuk menumbuk dan mengupas biji-bijian.

Abad Pertengahan

Kekaisaran Bizantium

Bizantium menerjemahkan dan melestarikan manuskrip Yunani yang tak terhitung jumlahnya dan juga memberikan kontribusi pada bidang teknik di awal abad pertengahan. Anthemius dari Tralles, dan Isidore dari Miletus, bertanggung jawab atas arsitektur gereja Hagia Sophia pada tahun 532-537 M.

Api Yunani, yang ditemukan oleh Callinicus dari Heliopolis adalah senjata yang digunakan oleh Bizantium. Terdiri dari zat-zat yang mudah terbakar seperti minyak bumi, nafta, kapur, belerang, resin, dan kalium nitrat.

Zaman Keemasan Islam

Zaman Keemasan Islam menyaksikan kemajuan pengetahuan teknik, setelah menerjemahkan karya-karya cendekiawan Yunani, Persia, Romawi, dan India.

Mesin bertenaga angin praktis yang paling awal, kincir angin dan pompa angin, pertama kali muncul di dunia Muslim pada Zaman Keemasan Islam, di tempat yang sekarang disebut Iran, Afganistan, dan Pakistan, pada abad ke-9 M. Mesin bertenaga uap yang paling awal adalah turbin uap dongkrak uap, yang digambarkan pada tahun 1551 oleh Taqi al-Din Muhammad bin Ma'ruf di Mesir Utsmaniyah.

Mesin pemintal kapas ditemukan di India pada abad ke-6 Masehi, dan roda pemintalan ditemukan di dunia Islam pada awal abad ke-11, yang mana keduanya sangat penting bagi pertumbuhan industri kapas. Roda pemintal juga merupakan pendahulu dari mesin pemintal jenny, yang merupakan perkembangan penting selama awal Revolusi Industri pada abad ke-18.

Setelah menerjemahkan karya-karya Hero of Alexandria, karya Qusta ibn Luqa, mesin-mesin yang dapat diprogram yang paling awal dikembangkan di dunia Muslim. Sequencer musik, alat musik yang dapat diprogram, adalah jenis mesin yang dapat diprogram paling awal. Sequencer musik pertama adalah pemain seruling otomatis yang ditemukan oleh Bani Musa bersaudara, yang dijelaskan dalam Buku Perangkat Cerdik mereka, pada abad ke-9.  Pada tahun 1206, Al-Jazari menemukan automata/robot yang dapat diprogram. Dia menggambarkan empat musisi robot, termasuk pemain drum yang dioperasikan oleh mesin drum yang dapat diprogram, di mana mereka dapat dibuat untuk memainkan ritme yang berbeda dan pola drum yang berbeda. Jam kastil, jam astronomi mekanik bertenaga air yang ditemukan oleh Al-Jazari, merupakan komputer analog yang dapat diprogram pertama kali.

Al-Jazari membangun lima mesin untuk memompa air bagi raja-raja dinasti Artuqid Turki dan istana-istana mereka. Selain lebih dari 50 perangkat mekanis yang cerdik, Al-Jazari juga mengembangkan dan membuat inovasi pada roda gigi segmental, kontrol mekanis, mekanisme pelarian, jam, robotika, dan protokol untuk merancang dan metode manufaktur.

Renaisans Eropa

Mesin uap pertama yang berfungsi penuh dibangun pada tahun 1716 oleh pandai besi Thomas Newcomen. Pengembangan perangkat ini memunculkan revolusi industri dalam beberapa dekade berikutnya, yang memungkinkan dimulainya produksi massal.

Dengan munculnya teknik sebagai sebuah profesi pada abad ke-18, istilah ini menjadi lebih sempit diterapkan pada bidang-bidang di mana matematika dan sains diterapkan untuk tujuan ini. Demikian pula, selain teknik militer dan sipil, bidang-bidang yang kemudian dikenal sebagai seni mekanik kemudian dimasukkan ke dalam teknik.

Gambar-gambar berikut ini adalah contoh dari setumpuk kartu yang mengilustrasikan instrumen teknik di Inggris pada tahun 1702. Kartu-kartu tersebut mengilustrasikan berbagai spesialisasi teknik, yang pada akhirnya dikenal sebagai teknik sipil, teknik mesin, geodesi dan geomatika, dan seterusnya.

Era modern

Penemuan Thomas Savery dan insinyur Skotlandia James Watt memunculkan Teknik Mesin modern. Pengembangan mesin-mesin khusus dan alat pemeliharaannya selama revolusi industri menyebabkan pertumbuhan Teknik Mesin yang cepat baik di tempat kelahirannya, Inggris maupun di luar negeri.

Disiplin Teknik Elektro dibentuk oleh eksperimen Alessandro Volta pada abad ke-19, eksperimen Michael Faraday, Georg Ohm dan lainnya, serta penemuan motor listrik pada tahun 1872. Teknik elektro menjadi sebuah profesi pada akhir abad ke-19. Para praktisi telah menciptakan jaringan telegraf listrik global dan institusi teknik elektro pertama yang mendukung disiplin ilmu baru ini didirikan di Inggris dan Amerika Serikat. Meskipun tidak mungkin untuk menentukan secara tepat insinyur listrik pertama, Francis Ronalds berada di depan dalam bidang ini, yang menciptakan sistem telegraf listrik pertama yang berfungsi pada tahun 1816 dan mendokumentasikan visinya tentang bagaimana dunia dapat ditransformasikan oleh listrik.

Karya James Maxwell dan Heinrich Hertz pada akhir abad ke-19 memunculkan bidang Elektronika. Penemuan tabung hampa udara dan transistor selanjutnya mempercepat perkembangan Elektronika sedemikian rupa sehingga insinyur listrik dan elektronik saat ini melebihi jumlah kolega mereka dari spesialisasi Teknik lainnya.

Teknik Kimia, seperti halnya Teknik Mesin, berkembang pada abad ke-19 selama Revolusi Industri. Manufaktur skala industri menuntut material baru dan proses baru dan pada tahun 1880, kebutuhan akan produksi bahan kimia dalam skala besar sedemikian rupa sehingga industri baru diciptakan, yang didedikasikan untuk pengembangan dan pembuatan bahan kimia dalam skala besar di pabrik-pabrik industri baru. Peran insinyur kimia adalah merancang pabrik dan proses kimia ini.

Teknik Aeronautika berhubungan dengan desain pesawat terbang, sedangkan Teknik Dirgantara adalah istilah yang lebih modern yang memperluas cakupan disiplin ilmu ini dengan memasukkan desain pesawat ruang angkasa. Asal-usulnya dapat ditelusuri kembali ke para perintis penerbangan di sekitar pergantian abad ke-20, meskipun karya Sir George Cayley baru-baru ini dianggap berasal dari dekade terakhir abad ke-18. Pengetahuan awal tentang teknik penerbangan sebagian besar bersifat empiris dengan beberapa konsep dan keterampilan yang diimpor dari cabang teknik lainnya. Hanya satu dekade setelah penerbangan yang sukses oleh Wright bersaudara, tahun 1920-an melihat perkembangan luas teknik penerbangan melalui pengembangan pesawat militer Perang Dunia I. Sementara itu, penelitian untuk memberikan latar belakang ilmu pengetahuan yang mendasar terus berlanjut dengan menggabungkan fisika teoretis dengan eksperimen.

Gelar PhD pertama di bidang teknik (secara teknis, ilmu pengetahuan terapan dan teknik) yang diberikan di Amerika Serikat diberikan kepada Willard Gibbs di Universitas Yale pada tahun 1863; gelar ini juga merupakan gelar PhD kedua yang diberikan di bidang sains di Amerika Serikat.

Pada tahun 1990, dengan munculnya teknologi komputer, mesin pencari pertama dibangun oleh insinyur komputer Alan Emtage.

Disadur dari: en.wikipedia.org