Sejarah, Keuntungan, Dan Kerugian Proses Penempaan

Dipublikasikan oleh Muhammad Ilham Maulana

21 Februari 2024, 09.33

Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Forging.jpg

Penempaan adalah proses manufaktur di mana logam dibentuk oleh gaya tekan lokal. Pukulan dilakukan dengan palu (seringkali palu listrik) atau pukulan. Penempaan sering diklasifikasikan menurut suhunya: penempaan dingin (cold working), penempaan panas, atau penempaan panas (sejenis pengerjaan panas). Dalam dua yang terakhir, logam dipanaskan, biasanya di bengkel. Bagian yang dipalsukan dapat memiliki berat kurang dari satu kilogram hingga ratusan ton. Pandai besi telah menempa selama ribuan tahun; Produk tradisionalnya meliputi peralatan masak, perangkat keras, perkakas tangan, senjata tajam, piring, dan perhiasan.

Sejak Revolusi Industri, suku cadang palsu telah banyak digunakan dalam mekanisme dan permesinan setiap kali komponen tersebut memerlukan kekuatan tinggi; jaminan tersebut biasanya memerlukan pemrosesan tambahan (seperti pemesinan) untuk menghasilkan bagian akhir. Saat ini, penempaan adalah industri global yang penting..

Sejarah singkat

Penempaan adalah salah satu proses pengerjaan logam tertua yang diketahui. Secara tradisional, penempaan dilakukan oleh pandai besi dengan palu dan landasan, meskipun diperkenalkannya tenaga air dalam produksi dan pengolahan besi pada abad ke-12 memungkinkan penggunaan palu besar atau palu listrik, sehingga meningkatkan kuantitas dan ukuran besi yang diproduksi. . . . dan dipalsukan. Bengkel atau bengkel telah berkembang selama berabad-abad menjadi fasilitas dengan proses terencana, peralatan produksi, perkakas, bahan mentah, dan produk yang memenuhi permintaan industri modern.

Penempaan industri saat ini dilakukan dengan alat pengepres atau palu, yang digerakkan oleh udara bertekanan, listrik, hidrolik, atau uap. Berat bersama palu ini bisa mencapai ribuan pon. Palu yang lebih kecil, 500 lbs. (230 kg) atau kurang beban bolak-balik, dan mesin press hidrolik juga umum ditemukan di toko seni. Beberapa steam hammer masih digunakan, namun sudah tidak digunakan lagi karena tersedianya sumber energi lain yang lebih mudah digunakan.

Keuntungan dan kerugian

Penempaan adalah proses manufaktur yang dapat menghasilkan komponen yang lebih kuat dibandingkan dengan pengecoran atau permesinan yang setara. Selama penempaan, tekstur butiran internal logam menyesuaikan dengan bentuk bagiannya, menciptakan variasi tekstur yang berkesinambungan di seluruh bagiannya, sehingga meningkatkan karakteristik kekuatan. Meskipun ada potensi penghematan biaya jangka pendek dari pengecoran atau fabrikasi, keseluruhan biaya siklus hidup termasuk pengadaan, waktu tunggu, pengerjaan ulang, skrap, dan pertimbangan kualitas sering kali mendukung penempaan.

Meskipun beberapa logam dapat ditempa dingin, besi dan baja biasanya ditempa panas untuk mencegah pengerasan kerja, yang akan mempersulit pemesinan sekunder. Meskipun pengerasan kerja dapat bermanfaat dalam kasus-kasus tertentu, metode seperti perlakuan panas umumnya lebih hemat biaya dan terkendali. Paduan seperti aluminium dan titanium, yang dapat dikeraskan dengan presipitasi, dapat ditempa panas sebelum dikeraskan.

Penempaan produksi memerlukan investasi yang signifikan pada mesin, perkakas, fasilitas, dan personel. Penempaan panas memerlukan tungku bersuhu tinggi, sedangkan operasi penempaan jatuh memerlukan persediaan untuk menyerap guncangan dan getaran. Cetakan pembentuk logam, yang penting untuk membentuk benda kerja secara akurat dan menahan gaya yang sangat besar, harus dikerjakan dengan mesin dan diberi perlakuan panas secara presisi.

Disadur dari: https://en.wikipedia.org/wiki/Forging