Riset Pasar

Dipublikasikan oleh Nurul Aeni Azizah Sari

14 Mei 2024, 09.09

Sumber: Pinterest.com

Riset pasar adalah upaya terorganisir untuk mengumpulkan informasi tentang target pasar dan pelanggan: mengetahui tentang mereka, mulai dari siapa mereka. Riset pasar adalah komponen penting dari strategi bisnis dan faktor utama dalam mempertahankan daya saing. Riset pasar membantu mengidentifikasi dan menganalisis kebutuhan pasar, ukuran pasar, dan persaingan. Teknik-tekniknya mencakup teknik kualitatif seperti kelompok fokus, wawancara mendalam, dan etnografi, serta teknik kuantitatif seperti survei pelanggan, dan analisis data sekunder.

Riset ini mencakup riset sosial dan opini, serta pengumpulan dan interpretasi informasi secara sistematis mengenai individu atau organisasi dengan menggunakan metode dan teknik statistik dan analitik dari ilmu sosial terapan untuk mendapatkan wawasan atau mendukung pengambilan keputusan. Riset pasar, riset pemasaran, dan pemasaran adalah rangkaian aktivitas bisnis terkadang hal ini ditangani secara informal.

Bidang riset pemasaran jauh lebih tua daripada riset pasar. Meskipun keduanya melibatkan konsumen, riset pemasaran secara khusus berkaitan dengan proses pemasaran, seperti efektivitas periklanan dan efektivitas tenaga penjualan, sedangkan riset pasar secara khusus berkaitan dengan pasar dan distribusi. Dua penjelasan yang diberikan untuk membingungkan antara riset pasar dan riset pemasaran adalah kemiripan istilahnya dan juga bahwa riset pasar merupakan bagian dari riset pemasaran. Kerancuan lebih lanjut terjadi karena adanya perusahaan-perusahaan besar yang memiliki keahlian dan praktik di kedua bidang tersebut.

Sejarah
Meskipun riset pasar mulai dikonseptualisasikan dan dipraktikkan secara formal pada tahun 1930-an sebagai cabang dari booming periklanan pada zaman Keemasan radio di Amerika Serikat, hal ini didasarkan pada karya tahun 1920-an oleh Daniel Starch. Starch “mengembangkan teori bahwa iklan harus dilihat, dibaca, dipercaya, diingat, dan yang terpenting, ditindaklanjuti, agar dianggap efektif". Pengiklan menyadari pentingnya demografi melalui pola-pola yang mereka gunakan untuk mensponsori program radio yang berbeda. Organisasi Gallup membantu menciptakan jajak pendapat publik; hari ini, “Riset pasar adalah cara untuk membayarnya".

Riset pasar untuk bisnis/perencanaan
Riset pasar adalah cara untuk mendapatkan gambaran umum tentang keinginan, kebutuhan, dan keyakinan konsumen. Hal ini juga dapat melibatkan menemukan bagaimana mereka bertindak. Riset ini dapat digunakan untuk menentukan bagaimana sebuah produk dapat dipasarkan. Peter Drucker percaya bahwa riset pasar adalah intisari dari pemasaran. Riset pasar adalah cara produsen dan pasar mempelajari konsumen dan mengumpulkan informasi tentang kebutuhan konsumen. Ada dua jenis utama riset pasar: riset primer, yang dibagi lagi menjadi riset kuantitatif dan kualitatif, dan riset sekunder.

Faktor-faktor yang dapat diselidiki melalui riset pasar meliputi:

  • Informasi pasar: Melalui informasi pasar, kita dapat mengetahui harga berbagai komoditas di pasar, serta situasi penawaran dan permintaan. Peneliti pasar memiliki peran yang lebih luas daripada yang diakui sebelumnya dengan membantu klien mereka untuk memahami aspek sosial, teknis, dan bahkan hukum dari pasar.
  • Segmentasi pasar: Segmentasi pasar adalah pembagian pasar atau populasi ke dalam subkelompok dengan motivasi yang sama. Hal ini banyak digunakan untuk melakukan segmentasi berdasarkan perbedaan geografis, perbedaan demografis (usia, jenis kelamin, etnis, dll.), perbedaan teknografis, perbedaan psikografis, dan perbedaan penggunaan produk. Untuk segmentasi B2B, firmografi biasanya digunakan.
  • Tren pasar: Tren pasar adalah pergerakan naik atau turunnya pasar, selama periode waktu tertentu. Menentukan ukuran pasar mungkin lebih sulit jika seseorang memulai dengan inovasi baru. Dalam hal ini, Anda harus mendapatkan angka dari jumlah pelanggan potensial, atau segmen pelanggan.
  • Analisis SWOT: SWOT adalah analisis tertulis tentang Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman terhadap entitas bisnis. SWOT juga dapat ditulis untuk kompetisi untuk memahami bagaimana mengembangkan bauran pemasaran dan produk. Metode SWOT membantu untuk menentukan dan juga menilai kembali strategi dan menganalisis proses bisnis.
  • Analisis PEST: PEST adalah analisis tentang lingkungan eksternal. Ini mencakup pemeriksaan lengkap faktor eksternal Politik, Ekonomi, Sosial dan Teknologi perusahaan, yang dapat memengaruhi tujuan atau profitabilitas perusahaan. Faktor-faktor tersebut dapat menjadi keuntungan bagi perusahaan atau membahayakan produktivitasnya.
  • Pelacak kesehatan merek: Pelacakan merek adalah cara untuk terus mengukur kesehatan sebuah merek, baik dari segi penggunaan merek tersebut oleh konsumen (yaitu Corong Merek) dan apa yang mereka pikirkan tentang merek tersebut. Kesehatan merek dapat diukur dengan beberapa cara, seperti kesadaran merek, ekuitas merek, penggunaan merek, dan loyalitas merek.

Faktor lain yang dapat diukur adalah efektivitas pemasaran. Hal ini meliputi:

  • Riset iklan
  • Riset audiens
  • Pemodelan pilihan
  • Analisis pesaing
  • Analisis pelanggan (Segmentasi target pelanggan)
  • Pemodelan bauran pemasaran
  • Riset produk
  • Analisis risiko
  • Simulasi uji coba pemasaran
  • Pengumpulan data

“Metodologi pengambilan sampel yang ketat dikombinasikan dengan pengumpulan data berkualitas tinggi” adalah apa yang dianggap oleh majalah Advertising Age sebagai tulang punggung riset pasar". Pengumpulan data dapat dilakukan dengan mengamati perilaku pelanggan melalui studi di tempat atau dengan memproses, misalnya file log, dengan mewawancarai pelanggan, pelanggan potensial, pemangku kepentingan, atau sampel populasi umum.

Data dapat bersifat kuantitatif (menghitung penjualan, klik, pelacakan mata) atau kualitatif (survei, kuesioner, wawancara, umpan balik). Mengumpulkan, memvisualisasikan, dan mengubah data menjadi wawasan yang dapat ditindaklanjuti adalah salah satu tantangan utama dalam riset pasar dan saat ini, analisis teks memberikan metode riset pasar untuk memproses informasi kualitatif dalam jumlah besar dan mengubahnya menjadi data kuantitatif, yang lebih mudah divisualisasikan dan digunakan untuk pengambilan keputusan yang diformalkan.

Pengumpulan data dapat menggunakan sampel audiens yang lebih besar daripada beberapa ratus atau ribuan yang biasanya digunakan dalam riset pasar. Yang juga diperlukan adalah kerja sama (setidaknya pasif) dari mereka yang disurvei; kepercayaan  juga sangat membantu. Penerjemahan adalah alat pemahaman yang penting bagi konsumen global dan bukanlah tindakan sederhana untuk mengganti kata-kata dalam satu bahasa dengan kata-kata dalam bahasa lain.

Beberapa pengumpulan data bersifat insentif: bentuk sederhananya adalah ketika mereka yang berada di jalan raya berkontribusi pada pelaporan lalu lintas yang mana mereka adalah konsumen. Yang lebih kompleks adalah hubungan konsumen-ke-bisnis (C2B), yang terkadang menimbulkan masalah keandalan. Pengumpulan data lainnya adalah untuk mengetahui lebih banyak tentang pasar, yang merupakan tujuan dari riset pasar.

Pengaruh internasional dari Internet
Pertumbuhan internasional dari penelitian yang tersedia baik dari dan melalui Internet telah mempengaruhi sejumlah besar konsumen dan mereka yang melakukan pembelian. Meskipun pasar global yang sedang berkembang, seperti Cina, Indonesia, dan Rusia masih lebih kecil daripada Amerika Serikat dalam hal e-commerce B2B, faktor pertumbuhan yang dipicu oleh internet didorong oleh situs web yang meningkatkan produk, grafik, dan konten yang dirancang untuk menarik pembeli korporat dan konsumen / B2C. Perkiraan untuk tahun 2010 menunjukkan antara US$400 miliar dan $600 miliar pendapatan dihasilkan oleh media ini.

Sebuah laporan berjudul “Global B2C E-Commerce dan Pasar Pembayaran Online 2014” mengindikasikan penurunan tingkat pertumbuhan secara keseluruhan di Amerika Utara dan Eropa Barat, meskipun angka pertumbuhan absolut meningkat. Market Research Society (MRS) Inggris mendaftarkan platform media sosial teratas yang paling banyak digunakan oleh generasi milenial adalah LinkedIn, Facebook, YouTube, dan Instagram.

Sektor riset dan pasar
Mengenai detail riset pasar perusahaan di seluruh dunia, “sebagian besar tidak pernah ditulis karena merupakan riset konsumen yang dilakukan oleh produsen di negara tersebut".  Yang juga jarang ditulis adalah pendekatan penerjemahan yang disesuaikan berdasarkan keahlian atau sumber daya yang tersedia di negara setempat".  Untuk mengurangi bias implisit dan tidak disadari dalam desain riset pasar, para peneliti menyarankan untuk melakukan pengujian bias melalui metode yang tidak dimoderasi oleh teknologi yang dimoderatori oleh pewawancara, dan tidak dimoderasi oleh pewawancara.

Data riset pasar memiliki aspek pencegahan kerugian; bahwa kurang dari 60 persen dari semua modifikasi yang diusulkan dan produk baru dianggap gagal. Ketika informasi tentang pasar sulit diperoleh, dan biaya untuk “mengambil keputusan” untuk menawarkan produk atau layanan terjangkau, biaya riset mungkin lebih menguntungkan digunakan “untuk memastikan bahwa lini baru mendapatkan pengiriman iklan yang dibutuhkan untuk memiliki peluang terbaik untuk berhasil". Jika diukur dari pendapatan, Amazon yang berbasis di Amerika Serikat adalah pemimpin E-Commerce di seluruh dunia.

Riset pasar untuk industri film
Industri film adalah contoh di mana pentingnya pengujian konten film dan materi pemasaran:

  • Pengujian konsep, yang mengevaluasi reaksi terhadap ide film dan cukup jarang dilakukan;
  • Studio pemosisian, yang menganalisis naskah untuk peluang pemasaran;
  • Kelompok fokus, yang menyelidiki pendapat penonton tentang sebuah film dalam kelompok kecil sebelum dirilis;
  • Pemutaran uji coba, yang melibatkan pemutaran film sebelum rilis di bioskop;
  • Studi pelacakan, yang mengukur (sering kali melalui jajak pendapat melalui telepon) kesadaran penonton akan sebuah film setiap minggunya sebelum dan selama perilisan di bioskop;
  • Pengujian iklan, yang mengukur tanggapan terhadap materi pemasaran seperti trailer dan iklan televisi;
  • Survei setelah menonton, yang mengukur reaksi penonton setelah menonton film di bioskop
  • Industri wawasan

Riset pasar adalah industri yang tumpang tindih dan sering disebut sebagai industri “wawasan".  Namun, metode dan teknik riset pasar yang khas tidak selalu sesuai dengan pendekatan digital-first dari vendor wawasan. Munculnya insights yang berfokus pada analisis data daripada penelitian lapangan bersaing dengan riset pasar untuk mendapatkan perhatian manajerial dan pendanaan.

Penelitian saat ini dengan para praktisi riset pasar menunjukkan dua kekhawatiran yang mendesak bagi industri ini: komodifikasi data online dan meningkatnya jarak antara peneliti pasar dan manajemen puncak dalam organisasi klien. Kedua kekhawatiran tersebut bermuara pada risiko yang mereka rasakan terhadap riset pasar yang menjadi aktivitas warisan dari departemen pemasaran dan bukannya menjadi landasan strategi bisnis.

Riset pasar bertujuan untuk menghasilkan apa yang disebut “pengetahuan yang dapat ditindaklanjuti” yang berguna bagi perusahaan dalam operasi mereka:

  • Membingkai anomali manajerial: anomali adalah teka-teki atau situasi yang membingungkan yang ingin dipecahkan oleh laporan riset pasar.
  • Memuat instrumen dengan makna: menerjemahkan pengamatan praktik sosial yang biasa terjadi ke dalam ontologi pemasaran.
  • Memberi petunjuk: memandu pembacaan yang dimaksudkan untuk mengurangi fleksibilitas interpretasi.

Bisnis kecil dan organisasi nirlaba
Organisasi kecil dan organisasi nirlaba dapat memperoleh informasi yang dibutuhkan dengan mengamati lingkungan lokasi mereka. Survei skala kecil dan kelompok fokus merupakan cara yang murah untuk mengumpulkan informasi dari pelanggan dan donatur yang potensial dan yang sudah ada.

Meskipun data sekunder (statistik, demografi, dll.) tersedia untuk umum di perpustakaan atau di internet, sumber-sumber primer, jika dilakukan dengan baik, dapat menjadi sangat berharga: berbicara selama satu jam dengan dua belas orang, masing-masing dua orang dari enam klien potensial, dapat “masuk ke dalam pikiran mereka merasakan kebutuhan, keinginan, dan penderitaan mereka. Anda tidak bisa mendapatkan hal tersebut dari kuesioner".

Disadur dari: en.wikipedia.org