Rekayasa Pemeliharaan

Dipublikasikan oleh Siti Nur Rahmawati

22 Agustus 2022, 11.35

opk.aksirembang.ac.id

Maintenance Engineering adalah disiplin dan profesi yang menerapkan konsep engineering untuk optimalisasi peralatan, prosedur, dan anggaran departemen untuk mencapai pemeliharaan, keandalan, dan ketersediaan peralatan yang lebih baik.

Pemeliharaan, dan karenanya rekayasa pemeliharaan, semakin penting karena meningkatnya jumlah peralatan, sistem, mesin dan infrastruktur. Sejak Revolusi Industri, perangkat, peralatan, mesin, dan struktur telah berkembang semakin kompleks, membutuhkan sejumlah personel, panggilan, dan sistem terkait yang diperlukan untuk memeliharanya. Sebelum tahun 2006, Amerika Serikat menghabiskan sekitar US$300 miliar per tahun untuk pemeliharaan dan operasi pabrik saja. Pemeliharaan adalah untuk memastikan unit sesuai untuk tujuan, dengan ketersediaan maksimum dengan biaya minimum. Seseorang yang mempraktikkan teknik pemeliharaan dikenal sebagai insinyur pemeliharaan.

Deskripsi insinyur pemeliharaan

Seorang insinyur pemeliharaan harus memiliki pengetahuan yang signifikan tentang statistik, probabilitas dan logistik, dan tambahan dalam dasar-dasar pengoperasian peralatan dan mesin yang menjadi tanggung jawabnya. Seorang insinyur pemeliharaan juga harus memiliki keterampilan interpersonal, komunikasi, dan manajemen yang tinggi, serta kemampuan untuk membuat keputusan dengan cepat.

Tanggung jawab tipikal meliputi:

  • Pastikan optimalisasi struktur Organisasi Pemeliharaan
  • Analisis kegagalan peralatan berulang
  • Estimasi biaya pemeliharaan dan evaluasi alternatif
  • Perkiraan suku cadang
  • Menilai kebutuhan penggantian peralatan dan menetapkan program penggantian saat jatuh tempo
  • Penerapan prinsip-prinsip penjadwalan dan manajemen proyek untuk program penggantian
  • Menilai alat pemeliharaan yang diperlukan dan keterampilan yang diperlukan untuk pemeliharaan peralatan yang efisien
  • Menilai keterampilan yang dibutuhkan untuk personel pemeliharaan
  • Meninjau transfer personel ke dan dari organisasi pemeliharaan
  • Menilai dan melaporkan bahaya keselamatan yang terkait dengan pemeliharaan peralatan

Pendidikan teknik perawatan

Institusi di seluruh dunia telah mengakui perlunya rekayasa pemeliharaan. Insinyur pemeliharaan biasanya memiliki gelar di bidang teknik mesin, teknik industri, atau disiplin ilmu teknik lainnya. Dalam beberapa tahun terakhir, program sarjana dan magister khusus telah berkembang. Program gelar sarjana di bidang teknik pemeliharaan di Universitas Jerman-Yordania di Amman menjawab kebutuhan tersebut, serta program master dalam bidang teknik pemeliharaan di Universitas Teknologi Luleå. Dengan meningkatnya permintaan untuk Chartered Engineers, University of Central Lancashire di Inggris telah mengembangkan MSc dalam teknik pemeliharaan yang saat ini di bawah akreditasi dengan Institution of Engineering and Technology dan Bachelor of Engineering top-up dengan gelar kehormatan untuk teknisi yang memegang Higher National Diploma dan mencari kemajuan dalam karir profesional mereka.

 

Sumber Artikel: en.wikipedia.org