Rekayasa Manufaktur: Pengertian, Proses Utama, Gambaran Umum dan Sejarah

Dipublikasikan oleh Dias Perdana Putra

17 April 2024, 12.26

Sumber: en.wikipedia.org

Rekayasa Manufaktur

Teknik manufaktur atau teknik produksi merupakan salah satu cabang ilmu teknik profesi yang bertukar konsep dan gagasan dengan berbagai bidang teknik seperti teknik mesin, teknik kimia, teknik elektro, dan teknik industri. Pada dasarnya, teknik manufaktur melibatkan kemampuan untuk merencanakan praktik manufaktur, melakukan penelitian, dan mengembangkan alat, proses, mesin, dan peralatan. Tujuan utama seorang insinyur manufaktur atau produksi adalah mengubah bahan mentah menjadi produk baru dengan cara yang paling efektif, efisien dan ekonomis.

Proses utama dalam rekayasa manufaktur meliputi perancangan sistem produksi terintegrasi, pengembangan peralatan, dan penggunaan teknologi maju untuk meningkatkan efisiensi produksi. Misalnya, perusahaan dapat menggunakan teknologi terintegrasi komputer untuk menghasilkan produk lebih cepat dan mengurangi penggunaan tenaga manusia, yang pada akhirnya menghasilkan produksi optimal dengan belanja modal yang lebih efisien.Insinyur manufaktur juga fokus pada penelitian dan pengembangan teknologi, perangkat, dan proses baru yang dapat meningkatkan kualitas produk dan meminimalkan biaya produksi. Oleh karena itu, teknologi manufaktur tidak hanya berkaitan dengan produksi, tetapi juga pada inovasi, peningkatan efisiensi, dan penerapan solusi teknis yang dapat memberikan keunggulan kompetitif bagi perusahaan.

Gambaran Umum

Teknik manufaktur adalah suatu disiplin ilmu yang berasal dari keterampilan dasar teknik industri dan teknik mesin dan dilengkapi dengan unsur-unsur utama mekatronik, perdagangan, ekonomi dan manajemen bisnis. Dalam bidang kegiatannya, teknik manufaktur berfokus pada integrasi berbagai pabrik dan sistem untuk menghasilkan produk berkualitas dengan biaya optimal. Prinsip-prinsip fisika dan hasil kajian sistem manufaktur menjadi landasan utama, antara lain keahlian, sistem kepunahan, sistem pabrikInggris, sistem manufaktur Amerika, produksi massal, manufaktur terintegrasi dengan komputer, teknologi berbantuan komputer dalam manufaktur, keadilan -dalam sistem. -manufaktur tepat waktu, manufaktur ramping, manufaktur fleksibel, kustomisasi massal, manufaktur tangkas, manufaktur cepat, prefabrikasi, kepemilikan, pembuatan dan penerbitan. Dengan demikian, teknologi manufaktur tidak hanya mengacu pada produksi, tetapi juga mencakup aspek integratif dan manajemen yang mendukung efisiensi dan kualitas dalam pengembangan produk.

Sejarah

Sejarah manufaktur dimulai dari pabrik-pabrik di Amerika Serikat pada pertengahan abad ke-19 dan Inggris pada abad ke-18. Meskipun pusat produksi besar dan bengkel rumah tangga bermunculan di Tiongkok, Roma kuno, dan Timur Tengah, Gudang Senjata Venesia di Republik Venesia dapat dilihat sebagai contoh salah satu pabrik pertama dalam pengertian modern. Didirikan pada tahun 1104, jauh sebelum Revolusi Industri, pabrik ini menjadi model dengan memproduksi kapal secara massal dijalur perakitan menggunakan suku cadang yang diproduksi secara massal. Pada puncaknya, Venetian Arsenal mampu memproduksi hampir satu kapal per hari dan mempekerjakan 16.000 orang.

Pabrik Soho milik Matthew Boulton (didirikan di Birmingham pada tahun 1761) dianggap oleh beberapa sejarawan sebagai pabrik modern pertama. Namun, klaim serupa juga dapat dibuat untuk pabrik sutra John Lombe di Derby (1721) atau pabrik Cromford milik Richard Arkwright (1771). Pabrik Cromford sendiri dibangun khusus untuk menampung fasilitas produksi dan memproses berbagai bahan melalui berbagai proses produksi.

Sejarawan Jack Weatherford percaya bahwa pabrik pertama berada di Potosí, tempat pabrik tersebut memanfaatkan kekayaan perak yang melimpah di sekitar tambang untuk mengubah batangan perak menjadi koin. Pada abad ke-19, penjajah Inggris membangun pabrik sebagai bangunan untuk mempertemukan sejumlah besar pekerja yang melakukan pekerjaan manual, khususnya di produksi tekstil. Pendekatan ini terbukti lebih efisien dalam mengelola dan mendistribusikan material kepada pekerja individudibandingkan dengan metode manufaktur sebelumnya seperti industri rumahan atau sistem pemadaman listrik.

Pabrik kapas abad kesembilan belas memperkenalkan penemuan seperti mesin uap dan alat tenun, membuka jalan bagi pabrik industri yang menggunakan mesin presisi dan suku cadang yang dapat diganti. Hal ini menghasilkan efisiensi yang lebih besar dan lebih sedikit limbah.Pengalaman ini menjadi dasar penelitian masa depan di bidang teknik manufaktur. Antara tahun 1820 dan 1850, pabrik non-mekanis mulai menggantikan industri rumahan tradisional sebagai bentuk produksi utama.

Pada awal abad ke-20, Henry Ford yang revolusioner mengubah konsep pabrik dan teknik manufaktur dengan memperkenalkan inovasi dalam produksi massal. Produk seperti mobil diproduksi dalam skala besar dengan menggunakan pekerja berketerampilan tinggi yang bekerja di serangkaian jalur perakitan. Konsep ini secara drastis mengurangi biaya produksi berbagai produk manufaktur dan mengantarkan era konsumerisme.

Perkembangan Modern

Otomasi telah menjadi bagian integral dari banyak proses manufaktur, seperti permesinan dan pengelasan. Manufaktur otomatis adalah penerapan otomatisasi untuk memproduksi barang di pabrik. Manfaat utama dari manufaktur otomatis mencakup konsistensi dan kualitas yang lebih baik, waktu tunggu yang lebih singkat, produksi yang disederhanakan, penanganan yang lebih sedikit, alur kerja yang lebih baik, dan semangat kerja yang lebih tinggi.

Robotika, yang melibatkan penggunaan mekatronik dan otomatisasi untuk membuat robot, sering digunakan di bidang manufaktur untuk melakukan tugas yang berbahaya, tidak menyenangkan, atau berulang. Robot-robot ini hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran, namun semuanya telah diprogram sebelumnya dan dapat berinteraksi secara fisik dengan dunia.Dalam pembuatan robot, seorang insinyur menggunakan prinsip kinematik untuk menentukan rentang gerak robot dan prinsip mekanik untuk menentukan tekanan di dalam robot. Robot banyak digunakan dalam teknologi manufaktur.

Penggunaan robot memungkinkan perusahaan menghemat biaya tenaga kerja, mengelola tugas-tugas yang terlalu berbahaya atau memerlukan presisi tinggi secara ekonomis, dan menjamin kualitas yang lebih baik. Banyak perusahaan menggunakan jalur perakitan robotik dan beberapa pabrik sudah sangat otomatis sehingga dapat beroperasi tanpa bantuan manusia. Di luar lingkungan pabrik, robot digunakan dalam berbagai konteks, termasuk penjinak bom, eksplorasi ruang angkasa, dan aplikasi perumahan.

Disadur dari: en.wikipedia.org