Rekayasa Keuangan: Arti, Jenis dan Kegunaan

Dipublikasikan oleh Nurul Aeni Azizah Sari

11 Mei 2024, 09.26

Sumber: Pinterest.com

Apa yang dimaksud dengan rekayasa keuangan?
Rekayasa keuangan adalah hasil analisis kuantitatif yang dikembangkan oleh analis kuantitatif. Mereka merancang program perdagangan algoritmik atau Artificial Intelligence (AI) untuk digunakan di pasar keuangan dan digunakan oleh bank komersial, bank investasi, dana lindung nilai, dan agen asuransi.

Bidang studi multidisiplin dan luas, yang secara praktis menyiratkan metodologi dan pendekatan teknik ke dunia keuangan, disebut Rekayasa Keuangan. Secara sederhana, Rekayasa Keuangan adalah hasil dari penggunaan alat dan teknik matematika/ teknik untuk memecahkan masalah keuangan. Bidang studi yang luas ini menggunakan alat dan teknik dari berbagai bidang, seperti matematika terapan, ekonomi, statistik, ilmu komputer, dan keuangan untuk memecahkan dan merancang produk keuangan yang inovatif.

Daftar Isi

  • Siapa itu insinyur keuangan?
  • Bagaimana cara menjadi seorang Financial Engineer?
  • Bagaimana rekayasa keuangan digunakan?
  • Jenis-jenis rekayasa keuangan
  • Manfaat rekayasa keuangan
  • Keterbatasan rekayasa keuangan
  • Pertanyaan yang sering diajukan (FAQ)

Siapa itu Financial Engineer?
Financial Engineer adalah sebutan untuk seseorang yang memiliki keahlian dan pengetahuan yang dibutuhkan dalam bidang rekayasa keuangan. Motif utama financial engineering adalah untuk mengoptimalkan manajemen keuangan bisnis di antara beragam perusahaan. Seringkali perusahaan mempekerjakan seorang insinyur keuangan yang ahli untuk bekerja sebagai manajer investasi atau sebagai bankir atau pedagang. Beberapa tanggung jawab utama seorang insinyur keuangan tercantum di bawah ini:

  • Mengembangkan modul keuangan di mana teknologi, data, dan perhitungan matematis diintegrasikan untuk memprediksi pasar keuangan.
  • Membantu bisnis untuk membuat keputusan keuangan dan mengurangi risiko dengan mendiversifikasi portofolio.
  • Volatilitas pasar saham adalah masalah yang menjadi perhatian para insinyur keuangan. Rekomendasi dan saran mereka sangat bergantung pada bagaimana mereka memprediksi dan menganalisis pasar saham.
  • Mengakses peningkatan teknologi adalah salah satu tanggung jawab utama insinyur keuangan karena mereka berurusan dengan alat dan data keuangan yang berbeda. Menggunakan AI yang ditingkatkan juga dapat menuai manfaat dalam merancang algoritme dan alat yang efektif dan efisien dalam domain keuangan.

Bagaimana cara menjadi insinyur keuangan?
Untuk memilih Insinyur Keuangan sebagai jalur karier sering kali membutuhkan berbagai keahlian dan keahlian. Di bawah ini adalah langkah-langkah yang dapat membantu seseorang untuk membangun karier di bidang teknik keuangan.

1. Dapatkan gelar: Gelar di bidang teknik keuangan atau bidang terkait akan memberikan keunggulan dalam proses perekrutan oleh perusahaan. Untuk posisi pekerjaan tingkat pemula, keahlian khusus industri harus difokuskan selama periode kelulusan. Magang di bidang teknik keuangan di mana keterampilan di tempat kerja diperoleh dapat menjadi keuntungan untuk mendapatkan pekerjaan.

2. Pilih spesialisasi: Menentukan area spesialisasi sebagai insinyur keuangan adalah penting karena seseorang dapat mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk membangun merek yang kuat untuk diri Anda sendiri di bidang tertentu.

3. Mulailah karier anda dengan posisi Entry-Level: Setelah gelar diperoleh di bidang ini, posisi entry-level dapat menjadi awal yang baik untuk memulai karir Anda. Umumnya, gelar dapat diperoleh dalam waktu 2 tahun, dan kemudian Anda dapat melanjutkan menjadi insinyur keuangan. Bergantung pada sifat peran yang dipilih, seseorang dapat memilih berbagai kursus sertifikasi yang tersedia secara online.

4. Memajukan karier anda: Seseorang dapat mengambil posisi entry-level selama 2 tahun sebagai insinyur keuangan setelah itu ia dapat dipromosikan ke tingkat senioritas berikutnya. Setiap posisi insinyur keuangan tingkat lanjut berlaku untuk setidaknya 2 tahun pengalaman di setiap tingkat untuk naik di tangga pertumbuhan insinyur keuangan. Pendidikan atau gelar tambahan, atau gelar Master di bidang terkait atau kursus sertifikasi khusus akan cukup untuk menaiki tangga jabatan.

5. Peningkatan pengetahuan dan keterampilan yang berkelanjutan: Semua industri dan perusahaan tidak memerlukan pembelajaran berkelanjutan, tetapi untuk maju dalam jalur karier rekayasa keuangan ini, seseorang harus terus belajar dan meningkatkan keterampilan mereka dan mendapatkan gelar untuk menaiki tangga karier dengan cepat.

Bagaimana rekayasa keuangan digunakan?
Industri keuangan secara konsisten berkembang dengan produk dan layanan investasi yang baru dan inovatif untuk berbagai pemangku kepentingan. Produk yang dikembangkan sebagian besar terkait dengan bidang rekayasa keuangan. Insinyur keuangan menggunakan model matematika dan ilmu komputer yang berbeda untuk menguji dan merilis alat dan teknik baru di pasar. Beberapa alat dan teknik tersebut adalah:

  • Metode baru analisis investasi
  • Penawaran utang
  • Peluang investasi yang sedang tren
  • Strategi perdagangan
  • Model keuangan terbaru.

Tugas insinyur keuangan adalah memeriksa model risiko kuantitatif yang akan meramalkan kinerja alat investasi, memeriksa kelangsungan dan kelayakan produk atau layanan baru di sektor keuangan, dan risiko yang terkait dengan setiap penawaran dengan mempertimbangkan ketidakpastian pasar. Insinyur keuangan berkolaborasi dengan perusahaan asuransi, bank, perusahaan manajemen aset, dan perusahaan dana lindung nilai di mana mereka fokus pada hal-hal berikut:

  • Perdagangan hak milik
  • Manajemen portofolio
  • Perdagangan Derdvatif dan opsi
  • Manajemen risiko
  • Departemen keuangan perusahaan
  • Produk terstruktur

Jenis-jenis rekayasa keuangan
Secara garis besar, ada dua jenis rekayasa keuangan yang mencakup beberapa bentuk perdagangan dan yang memerlukan analisis dan peramalan pasar secara menyeluruh, yaitu Perdagangan Derivatif dan Perdagangan Valuta Asing.

1. Perdagangan derivatif
Perdagangan ini dikembangkan ketika para insinyur keuangan menargetkan untuk memaksimalkan keuntungan perusahaan dengan merumuskan strategi baru. Sekarang ini masih dipahami bahwa rekayasa keuangan menerapkan simulasi, stokastik, dan analitik untuk merumuskan solusi untuk masalah keuangan.

Namun, perdagangan ini bukanlah solusi melainkan perjanjian yang tidak memiliki nilai moneter. Perjanjian keuangan ini terkait dengan aset, suku bunga, atau indeks dan nilai derivatif ini bergantung pada kinerja aset atau komoditas yang mendasarinya seiring berjalannya waktu.

Pada tahun 1973, dua insinyur keuangan Fischer Black dan Myron Scholes merancang model penetapan harga opsi mereka dan pada saat yang sama, CBOE Option Exchange dibentuk. Sejak saat itu, perdagangan di pasar derivatif tumbuh secara eksponensial. Strategi opsi tradisional terdiri dari opsi jual dan beli. Namun, terima kasih kepada para insinyur keuangan yang telah mengembangkan strategi terbaru dalam rentang opsi yang akan menuai lebih banyak peluang untuk melakukan lindung nilai atau menghasilkan keuntungan.

2. Perdagangan pertukaran pasar luar negeri
Jenis perdagangan ini bermanfaat di pasar global dan para insinyur keuangan memanfaatkan pasar ini untuk memaksimalkan keuntungan perusahaan. Pasar valas didominasi oleh nilai tukar mata uang dan dengan demikian, perusahaan berpegang pada berbagai bentuk mata uang asing dari berbagai wilayah. Para insinyur memprediksi nilai tukar mata uang asing apakah akan naik atau turun, dan tergantung pada prediksi ini, broker terkait berdagang di pasar forex untuk memaksimalkan keuntungan dan meminimalkan kerugian.

Manfaat rekayasa keuangan
1. Mengurangi risiko: Bagi perusahaan multinasional, fluktuasi mata uang atau harga merupakan masalah besar yang harus mereka hadapi. Penggunaan metodologi rekayasa keuangan akan menutupi risiko-risiko tersebut dengan menawarkan produk yang akan melindungi bisnis dari volatilitas pasar di masa depan.

2. Memberikan kompensasi: Mempertahankan karyawan kunci dan melibatkan manajemen berkinerja tinggi dalam saham bisnis adalah salah satu fokus utama organisasi. Memberikan saham adalah strategi yang menguntungkan karena memiliki kapasitas untuk meningkatkan kinerja saham dengan harga tinggi. Rekayasa keuangan adalah teknik yang berguna untuk memahami dampak dari memasukkan saham daripada uang tunai dalam laporan keuangan perusahaan.

3. Pembayaran kontinjensi: Perusahaan menggunakan alat dan teknik rekayasa keuangan untuk menawarkan pembayaran kontinjensi terhadap ketentuan kontrak. Juga dalam kasus pinjaman konversi atau beberapa perjanjian bisnis lainnya, rekayasa keuangan dapat dilakukan. Pembayaran kontinjensi selanjutnya dapat digunakan untuk mengendalikan peluang atau usaha bisnis yang berisiko.

Keterbatasan rekayasa keuangan
1. Kompleksitas bangunan: Terlepas dari manfaat yang diberikan oleh rekayasa keuangan, ada juga keterbatasan dalam alat dan tekniknya. Dan salah satu keterbatasan utamanya adalah sifatnya yang kompleks untuk menyelesaikan berbagai masalah keuangan, financial engineering menggunakan berbagai rumus dan persamaan matematika yang rumit. Dengan demikian, kesalahan sekecil apapun dalam perhitungan dapat menyebabkan kerumitan yang sangat besar yang pada akhirnya akan menyebabkan pengulangan seluruh proses dari awal.

2. Jalan yang sulit bagi investor: Teknik-teknik dalam memecahkan masalah keuangan tidak dapat digunakan oleh investor atau bisnis itu sendiri meskipun digunakan untuk masalah mereka. Hanya seorang insinyur keuangan yang mampu menggunakan teknik-teknik ini untuk memecahkan masalah karena sifatnya yang kompleks karena setiap orang tidak akan dapat memahami atau menggunakannya secara efektif.

3. Masih menjadi area yang kontroversial: Selama krisis keuangan 2008, produk rekayasa keuangan ada di pasar yang membantu dalam krisis tersebut. Hipotek subprime adalah salah satu produk utama selama krisis. Credit default swap (CDS) diterbitkan oleh bank, tetapi segera dihapus karena CDS tidak memiliki nilai. Kisah krisis keuangan 2008 yang hebat menjelaskan semuanya.

Pertanyaan yang sering diajukan (FAQ)
1. Siapa yang pertama kali menjadi insinyur keuangan?

Jawaban. Orang pertama yang menjadi insinyur keuangan adalah Robert C. Merton yang menjadikannya sebagai profesinya. Ia juga dikenal sebagai bapak financial engineering.

2. Bahasa pemrograman apa yang digunakan untuk menyelesaikan masalah dalam financial engineering?

Jawaban. Dalam financial engineering untuk memecahkan masalah keuangan, Python, Ruby, SQL, C++, Java, C#, dan lain-lain adalah beberapa bahasa pemrograman yang umum digunakan.

3. Apa yang dilakukan oleh seorang Financial Engineer?

Jawaban. Seorang insinyur keuangan menganalisis dan menguji alat dan strategi investasi terbaru. Mereka juga berurusan dengan perusahaan asuransi, perusahaan manajemen aset, bank, dan dana lindung nilai serta menganalisis pasar saham secara menyeluruh. Di Amerika Serikat, gaji rata-rata seorang insinyur keuangan adalah sekitar $106.377 per tahun.

4. Apa saja alat penting yang digunakan oleh insinyur keuangan?

Jawaban. Derivatif kredit, instrumen pasar uang, instrumen tunai, dan beberapa lainnya adalah beberapa alat yang digunakan oleh insinyur keuangan. Opsi yaitu 'Vanilla' dan 'Eksotik' dan suku bunga yang terkait dengan opsi ini juga digunakan oleh insinyur keuangan sebagai alat penting.

5. Apa yang dimaksud dengan gelar insinyur keuangan?

Jawaban. Gelar teknik keuangan adalah program studi multidisiplin tentang keuangan teoretis yang terdiri dari penerapan alat pemrograman, model matematika, dan teknik rekayasa. Gelar ini akan membantu para lulusan memasuki industri perbankan, konsultasi dan sekuritas keuangan dan manajemen keuangan.

Disadur dari: geeksforgeeks.org