Rantai Makanan: Keterkaitan yang Tak Terpisahkan dalam Ekosistem

Dipublikasikan oleh Nadia Pratiwi

01 Mei 2024, 12.33

Sumber: pinterest

Rantai makanan adalah jaringan linear dari hubungan dalam jaring makanan, sering dimulai dengan autotrof (seperti rumput atau ganggang), juga disebut produsen, dan biasanya berakhir pada predator puncak (seperti beruang grizzly atau paus pembunuh), detritivora (seperti cacing tanah dan kutu kayu), atau pengurai (seperti jamur atau bakteri). Rantai makanan tidak sama dengan jaring-jaring makanan. Rantai makanan menggambarkan hubungan antara spesies berdasarkan apa yang mereka konsumsi untuk energi di tingkat trofik, dan paling sering diukur panjangnya-jumlah hubungan antara konsumen trofik dan dasar rantai.

Stabilitas rantai makanan sangat penting bagi kelangsungan hidup sebagian besar spesies. Jika hanya satu elemen saja yang hilang dari rantai makanan, hal itu dapat menyebabkan kepunahan atau penurunan besar dalam kelangsungan hidup suatu spesies. Banyak rantai makanan dan jaring-jaring makanan mengandung spesies kunci, spesies yang memiliki dampak besar pada lingkungan sekitar dan dapat secara langsung mempengaruhi rantai makanan. Jika spesies kunci dihilangkan, hal itu dapat membuat seluruh rantai makanan menjadi tidak seimbang.

Efisiensi rantai makanan bergantung pada energi yang pertama kali dikonsumsi oleh produsen primer. Energi ini kemudian bergerak melalui tingkat trofik.

Sejarah

Rantai makanan pertama kali dibahas oleh al-Jahiz, seorang filsuf Arab abad ke-10. Konsep modern rantai makanan dan jaring makanan diperkenalkan oleh Charles Elton.

Rantai Makanan vs Jaring-Jaring Makanan

Rantai makanan berbeda dengan jaring makanan karena rantai makanan mengikuti jalur konsumsi dan transfer energi secara langsung. Interkoneksi alami antara rantai makanan membentuk jaring makanan, yang bersifat non-linier dan menggambarkan jalur konsumsi dan transfer energi yang saling berhubungan.

Tingkat Trofik

Model rantai makanan biasanya memprediksi bahwa komunitas dikendalikan oleh predator di bagian atas dan tanaman (autotrof atau produsen) di bagian bawah.

Dengan demikian, dasar dari rantai makanan biasanya terdiri dari produsen primer. Produsen primer, atau autotrof, memanfaatkan energi yang berasal dari cahaya matahari atau senyawa kimia anorganik untuk membuat senyawa organik kompleks, seperti pati, sebagai sumber energi. Karena cahaya matahari diperlukan untuk fotosintesis, sebagian besar kehidupan tidak akan ada jika matahari menghilang. Meski begitu, baru-baru ini ditemukan bahwa ada beberapa bentuk kehidupan, kemotrof, yang tampaknya mendapatkan semua energi metabolisme mereka dari kemosintesis yang digerakkan oleh ventilasi hidrotermal, sehingga menunjukkan bahwa beberapa kehidupan mungkin tidak memerlukan energi matahari untuk berkembang. Bakteri kemosintesis dan archaea menggunakan hidrogen sulfida dan metana dari ventilasi hidrotermal dan rembesan dingin sebagai sumber energi (seperti halnya tanaman menggunakan sinar matahari) untuk menghasilkan karbohidrat; mereka membentuk dasar rantai makanan di daerah yang hanya memiliki sedikit atau tidak ada sinar matahari. Terlepas dari mana energi diperoleh, spesies yang menghasilkan energinya sendiri berada di dasar model rantai makanan, dan merupakan bagian yang sangat penting dalam ekosistem.

Tingkat trofik yang lebih tinggi tidak dapat menghasilkan energi mereka sendiri sehingga harus mengkonsumsi produsen atau kehidupan lain yang mengkonsumsi produsen. Pada tingkat trofik yang lebih tinggi terdapat konsumen (konsumen sekunder, konsumen tersier, dll.) Konsumen adalah organisme yang memakan organisme lain. Semua organisme dalam rantai makanan, kecuali organisme pertama, adalah konsumen. Konsumen sekunder memakan dan memperoleh energi dari konsumen primer, konsumen tersier memakan dan memperoleh energi dari konsumen sekunder, dst.

Ketika tingkat trofik mana pun mati, detritivora dan pengurai mengkonsumsi bahan organik mereka untuk energi dan mengeluarkan nutrisi ke lingkungan dalam limbah mereka. Pengurai dan detritivora menguraikan senyawa organik menjadi nutrisi sederhana yang dikembalikan ke tanah. Ini adalah nutrisi sederhana yang dibutuhkan tanaman untuk membuat senyawa organik. Diperkirakan terdapat lebih dari 100.000 pengurai yang berbeda.

Model tingkat trofik juga sering memodelkan transfer energi antar tingkat trofik. Konsumen primer mendapatkan energi dari produsen dan meneruskannya ke konsumen sekunder dan tersier.

Studi

Rantai makanan sangat penting dalam studi ekotoksikologi, yang melacak jalur dan biomagnifikasi kontaminan lingkungan.  Interaksi di antara berbagai tingkat trofik juga perlu dipertimbangkan untuk memprediksi dinamika komunitas; rantai makanan sering kali menjadi tingkat dasar untuk pengembangan teori tingkat trofik dan investigasi komunitas/ekosistem.

Panjang

Panjang rantai makanan adalah variabel kontinu yang memberikan ukuran perjalanan energi dan indeks struktur ekologi yang meningkat melalui hubungan dari tingkat trofik (makanan) terendah hingga tertinggi.

Rantai makanan adalah jalur terarah dari energi trofik atau, dengan kata lain, urutan mata rantai yang dimulai dari spesies dasar, seperti produsen atau bahan organik halus, dan diakhiri dengan organisme konsumen.

Rantai makanan sering digunakan dalam pemodelan ekologi (seperti rantai makanan tiga spesies). Rantai makanan merupakan abstraksi yang disederhanakan dari jaring-jaring makanan yang sebenarnya, tetapi kompleks dalam dinamika dan implikasi matematisnya.

Dalam bentuk yang paling sederhana, panjang rantai adalah jumlah hubungan antara konsumen trofik dan dasar jaring. Panjang rantai rata-rata dari seluruh rantai adalah rata-rata aritmatika dari panjang semua rantai dalam rantai makanan. Rantai makanan adalah diagram sumber energi. Rantai makanan dimulai dari produsen, yang dimakan oleh konsumen primer. Konsumen primer dapat dimakan oleh konsumen sekunder, yang pada gilirannya dapat dikonsumsi oleh konsumen tersier. Konsumen tersier terkadang dapat menjadi mangsa predator teratas yang dikenal sebagai konsumen kuartener. Sebagai contoh, sebuah rantai makanan dapat dimulai dengan tanaman hijau sebagai produsen, yang kemudian dimakan oleh siput, sebagai konsumen primer. Siput tersebut kemudian dapat menjadi mangsa konsumen sekunder seperti katak, yang kemudian dimakan oleh konsumen tersier seperti ular, yang pada gilirannya dapat dikonsumsi oleh elang.

Para ahli ekologi telah merumuskan dan menguji hipotesis mengenai sifat pola ekologi yang terkait dengan panjang rantai makanan, seperti panjang yang meningkat dengan volume ekosistem, dibatasi oleh pengurangan energi pada setiap tingkat yang berurutan, atau mencerminkan tipe habitat

Panjang rantai makanan penting karena jumlah energi yang ditransfer berkurang seiring dengan meningkatnya tingkat trofik; umumnya hanya sepuluh persen dari total energi pada satu tingkat trofik yang diteruskan ke tingkat trofik berikutnya, karena sisanya digunakan dalam proses metabolisme. Biasanya tidak ada lebih dari lima tingkat tropik dalam rantai makanan. Manusia dapat menerima lebih banyak energi dengan kembali ke tingkat sebelumnya dalam rantai makanan dan mengonsumsi makanan sebelumnya, misalnya mendapatkan lebih banyak energi per pon dari mengonsumsi salad daripada hewan yang makan selada.

Spesies Kunci

Spesies kunci adalah spesies tunggal dalam suatu ekosistem yang menjadi tumpuan bagi spesies lain dalam ekosistem yang sama, atau seluruh ekosistem itu sendiri. Spesies batu kunci sangat penting bagi suatu ekosistem sehingga tanpa kehadirannya, suatu ekosistem dapat berubah atau tidak ada lagi sama sekali. 

Salah satu cara spesies kunci berdampak pada ekosistem adalah melalui keberadaan mereka dalam jaring makanan ekosistem dan dengan demikian, rantai makanan dalam ekosistem tersebut. Sebagai contoh, berang-berang laut, spesies kunci di wilayah pesisir Pasifik, memangsa bulu babi. Tanpa kehadiran berang-berang laut, bulu babi akan merumput secara destruktif pada populasi rumput laut yang berkontribusi pada penurunan ekosistem pesisir di wilayah pasifik utara. Kehadiran berang-berang laut pada gilirannya, mengendalikan populasi bulu babi dan membantu menjaga hutan rumput laut, yang sangat penting bagi spesies lain di dalam ekosistem.

Disadur dari: https://en.wikipedia.org/