Ramah Lingkungan

Dipublikasikan oleh Merlin Reineta

08 Juli 2022, 13.39

Tas Belanja Kain Ramah Lingkungan

Ramah lingkungan, atau populer dengan sebutan go-green adalah istilah keberlanjutan dan pemasaran yang mengacu pada barang dan jasahukum, pedoman dan kebijakan yang mengklaim berkurangnya, minimalnya bahaya, bahkan tidak membahayakan ekosistem atau lingkungan. Perusahaan menggunakan istilah ambigu ini untuk mempromosikan barang dan jasanya, terkadang dengan sertifikasi tambahan dan spesifik, seperti ecolabel. Penggunaan berlebihan yang mereka lakukan dapat disebut sebagai greenwashing.

Organisasi Internasional untuk Standardisasi telah mengembangkan ISO 14020 dan ISO 14024 untuk menetapkan prinsip dan prosedur untuk pelabelan dan deklarasi lingkungan yang harus diikuti oleh lembaga sertifikasi dan eko-labeller. Secara khusus, standar ini berhubungan dengan penghindaran konflik kepentingan keuangan, penggunaan metode ilmiah yang masuk akal dan prosedur pengujian yang dapat diterima, dan keterbukaan serta transparansi dalam penetapan standar.

Variasi regional

Eropa

Sebuah pengolahan limbah yang menggunakan energi surya, terletak di biara Santuari de Lluc di Spanyol.

Peringatan kecepatan ramah lingkungan yang didukung oleh tenaga surya dan angin.

Produk yang berada di anggota Uni Eropa dapat menggunakan label Eco Uni Eropa sambil menunggu persetujuan UE. EMAS (bahasa InggrisEco-Management and Audit Scheme) adalah label EU lainnya yang menandakan manajemen organisasi ramah lingkungan, bukan produknya. Jerman juga menggunakan sertifikasi Blue Angel, berdasarkan standar Jerman.

Amerika Utara

Di Amerika Serikat, klaim pemasaran lingkungan memerlukan kehatihatian. Judul ambigu seperti ramah lingkungan bisa membingungkan tanpa definisi spesifik; beberapa regulator memberikan panduan. United States Environmental Protection Agency telah menganggap beberapa ecolabel menyesatkan dalam menentukan apakah sebuah produk benar-benar "hijau".

Di Kanada, satu label adalah Program Pilihan Lingkungan (bahasa InggrisEnvironmental Choice Program). Diciptakan pada tahun 1988, hanya produk yang disetujui oleh program tersebut yang diizinkan untuk menampilkan labelnya.

Oceania

Label Rating Energi (bahasa InggrisEnergy Rating Label) adalah label Tipe III yang memberikan informasi tentang "layanan energi per unit konsumsi energi". Ini pertama kali dibuat pada tahun 1986, namun negosiasi mengarah pada perancangan ulang pada tahun 2000.

Asia

HSD logo

Tren ramah lingkungan dipasarkan dengan asosiasi warna yang berbeda, menggunakan warna biru untuk udara bersih dan air bersih, berlawanan dengan hijau di budaya barat. Kendaraan hibrida buatan Jepang dan Korea menggunakan warna biru dan bukan hijau di seluruh kendaraan, dan menggunakan kata "biru" tanpa pandang bulu.

Internasional

Energy Star adalah program dengan tujuan utama meningkatkan efisiensi energi dan secara tidak langsung menurunkan emisi gas rumah kaca.Energy Star memiliki seksi yang berbeda untuk berbagai negara atau wilayah, termasuk Amerika Serikat, Uni Eropa dan Australia. Program yang didirikan di Amerika Serikat, juga ada di Kanada, Jepang, Selandia Baru, dan Taiwan.

Sumber Artikel : Wikipedia