Proses Produksi Tekstil: Dari Bahan Baku hingga Produk Jadi

Dipublikasikan oleh Cindy Aulia Alfariyani

25 April 2024, 17.19

Sumber: pixabay.com

Industri tekstil terutama berkaitan dengan desain, produksi, dan distribusi tekstil: benang, kain, dan pakaian. Bahan bakunya bisa alami, atau sintetis yang menggunakan produk industri kimia.

Proses industri

Kapas adalah serat alami terpenting di dunia. Pada tahun 2007, hasil panen global mencapai 25 juta ton dari 35 juta hektar yang dibudidayakan di lebih dari 50 negara. Terdapat lima tahap dalam pembuatan kapas:

  • Penanaman dan pemanenan
  • Proses persiapan
  • Pemintalan - menghasilkan benang
  • Penenunan - menghasilkan kain[a]
  • Penyelesaian akhir - menghasilkan tekstil

Dalam industri tekstil, teknik tekstil adalah bidang teknik yang melibatkan desain, produksi, dan distribusi produk tekstil melalui proses-proses yang meliputi pembudidayaan, pemanenan, pemintalan, penenunan, dan penyelesaian bahan mentah, yang mencakup serat alami dan sintetis.

Serat sintetis

Serat buatan dapat dibuat dengan mengekstrusi polimer, melalui pemintal (polimer) ke dalam media yang mengeras. Pemintalan basah (rayon) menggunakan media penggumpal. Pada pemintalan kering (asetat dan triasetat), polimer terkandung dalam pelarut yang menguap di ruang keluar yang dipanaskan. Pada pemintalan leleh (nilon dan poliester), polimer yang diekstrusi didinginkan di dalam gas atau udara dan kemudian mengeras. Beberapa contoh serat sintetis adalah poliester, rayon, serat akrilik, dan serat mikro. Semua serat ini akan sangat panjang, seringkali berkilo-kilometer panjangnya. Serat sintetis lebih tahan lama daripada kebanyakan serat alami dan akan dengan mudah menyerap pewarna yang berbeda.

Serat buatan dapat diproses sebagai serat panjang atau ditumpuk dan dipotong sehingga dapat diproses seperti serat alami.

Serat alami

Domba, kambing, kelinci, ulat sutera, dan hewan-hewan lainnya, serta mineral seperti asbes, merupakan sumber serat alami (kapas, rami, sisal). Serat-serat nabati ini dapat berasal dari biji (kapas), batang (serat kulit pohon: rami, rami, rami), atau daun (sisal). Semua sumber ini memerlukan sejumlah langkah, yang masing-masing memiliki nama yang berbeda, sebelum serat yang bersih dan rata dihasilkan. Semua serat ini, kecuali sutra, berukuran pendek, panjangnya hanya beberapa sentimeter, dan memiliki permukaan kasar yang memungkinkannya untuk melekat pada serat-serat lain yang sejenis.

Sejarah
Panggung pondok


Ada beberapa indikasi bahwa menenun sudah dikenal pada zaman Palaeolitikum. Kesan tekstil yang tidak jelas telah ditemukan di Pavlov, Moravia. Tekstil Neolitikum ditemukan di penggalian tumpukan tempat tinggal di Swiss dan di El Fayum, Mesir di sebuah situs yang berasal dari sekitar 5000 SM.

Pada zaman Romawi, wol, linen, dan kulit menjadi pakaian penduduk Eropa, dan sutra, yang diimpor melalui Jalur Sutra dari Tiongkok, merupakan barang mewah yang luar biasa. Penggunaan serat rami dalam pembuatan kain di Eropa Utara sudah ada sejak zaman Neolitikum.

Selama periode akhir abad pertengahan, kapas mulai diimpor ke Eropa Utara. Tanpa pengetahuan apa pun tentang asal muasal kapas, selain bahwa kapas adalah tanaman, mengingat kemiripannya dengan wol, orang-orang di wilayah tersebut hanya dapat membayangkan bahwa kapas pasti dihasilkan oleh domba yang ditularkan melalui tanaman. John Mandeville, yang menulis pada tahun 1350, menyatakan sebagai fakta kepercayaan yang sekarang sudah tidak masuk akal: "Tumbuh di India sebuah pohon yang indah yang menghasilkan domba-domba kecil di ujung-ujung cabangnya. Cabang-cabang ini begitu lentur sehingga bisa membungkuk untuk memberi makan domba-domba itu ketika mereka lapar." Aspek ini dipertahankan dalam nama kapas di banyak bahasa Eropa, seperti bahasa Jerman Baumwolle, yang diterjemahkan sebagai "wol pohon". Pada akhir abad ke-16, kapas dibudidayakan di seluruh wilayah yang lebih hangat di Asia dan Amerika.

Langkah-langkah utama dalam produksi kain adalah memproduksi serat, menyiapkannya, mengubahnya menjadi benang, mengubah benang menjadi kain, dan kemudian menyelesaikan kain. Kain tersebut kemudian dibawa ke produsen garmen. Persiapan serat paling berbeda, tergantung serat yang digunakan. Rami membutuhkan proses retting dan pembalutan, sedangkan wol membutuhkan proses carding dan pencucian. Proses pemintalan dan penenunan sangat mirip di antara serat-serat tersebut.

Pemintalan berevolusi dari memelintir serat dengan tangan, menggunakan spindel jepit, hingga menggunakan roda pemintal. Spindel atau bagian dari spindel tersebut telah ditemukan di situs-situs arkeologi dan mungkin merupakan salah satu bagian dari teknologi pertama yang tersedia. Roda pemintalan kemungkinan besar ditemukan di dunia Islam pada abad ke-11.

Disadur dari: en.wikipedia.org