Proses Pembuatan Logam

Dipublikasikan oleh Cindy Aulia Alfariyani

10 Mei 2024, 13.38

Sumber: pixabay.com

Proses pembuatan logam

Komponen logam ada di mana-mana, mulai dari perangkat yang Anda baca ini hingga balok besi yang digunakan untuk menopang jembatan. Banyak metode untuk membuat komponen dari logam, antara lain sebagai berikut:

Penempaan

Penempaan adalah proses di mana logam panas mengalami kompresi paksa untuk mendapatkan bentuk yang diinginkan. Kadang-kadang dilakukan sepenuhnya dengan tangan, penempaan melibatkan pemanasan logam pada suhu tinggi. Dalam keadaan panas, logam menerima lengkungan, bentuk, dan bentuk menggunakan palu atau cetakan untuk memukul logam panas. Penempaan adalah salah satu bentuk fabrikasi logam tertua. Secara tradisional, proses ini menghasilkan pedang, pisau, dan kapak karena kekuatan logam yang ditempa.

Forging using a hammer

Contoh penempaan menggunakan palu pada logam panas. gambar milik onthepulsenews.com

Perlakuan panas

Perlakuan panas pada logam adalah proses di mana sifat material logam diubah dengan memanaskan logam dan mendinginkannya dengan cara tertentu. Proses ini mencakup 4 jenis utama:

  • Anil: yang memanaskan logam untuk memungkinkan struktur mikro diatur ulang di dalam bagian dan menghilangkan ketidakteraturan di dalam bagian tersebut, setelah itu mendingin secara perlahan. Pendinginan yang lambat memungkinkan lebih banyak keuletan dalam struktur kristal logam.
  • Pengerasan: proses ini memanaskan logam dengan alasan yang sama dengan anil, namun logam dengan cepat mendingin dalam air atau minyak. Hasilnya adalah struktur kristal yang lebih keras dan lebih stabil.
  • Quenching adalah proses perawatan yang mendinginkan logam panas dengan cepat. Seringkali proses ini melibatkan minyak, udara, air, atau air garam tergantung pada sifat material yang diinginkan.
  • Menghilangkan Stres: melibatkan pemanasan logam untuk mengubah struktur internalnya dan kemudian mendinginkannya dengan kecepatan tertentu untuk mencapai sifat material yang diinginkan.

Pengecoran

Pengecoran adalah proses di mana logam cair dituangkan ke dalam cetakan sehingga dapat mendinginkan dan mempertahankan bentuk cetakan. Karena potensi penggunaan cetakan yang dapat digunakan kembali, pengecoran menjadi proses yang paling populer untuk produk yang diproduksi secara massal. Status ini disebabkan oleh varians minimal pada bagian yang dicetak dalam cetakan yang sama. Kelemahan yang menonjol adalah biaya awal yang tinggi dalam mengembangkan cetakan yang memadai.

Green_sand_casting manufacturing process

Contoh pengecoran menggunakan pengecoran pasir hijau. Gambar milik omnidexcastings.com

Menggambar

Menggambar adalah proses yang menggunakan gaya tarik untuk menarik logam ke dalam cetakan tirus. Proses ini bekerja pada suhu kamar maupun suhu tinggi. Proses drawing dapat dilakukan pada berbagai material seperti logam, plastik, dan kaca. Hasil dari proses ini adalah lembaran logam yang lebih tipis, yang merupakan asal dari sebagian besar lembaran logam. 

Drawing example

Contoh menggambar logam dengan menariknya melalui cetakan. Gambar milik subtech.com

Ekstrusi

Ekstrusi adalah proses di mana logam dipaksa melalui penampang cetakan. Penampang ekstruder menentukan penampang seluruh bagian yang dibentuk. Proses ini adalah cara yang paling umum untuk membuat silinder logam.

Extrusion of metal manufacturing process

Ini menunjukkan, bagaimana logam diekstrusi melalui cetakan. Perhatikan, bahwa ini adalah proses di mana logam didorong melalui lubang (alias “Die” dalam foto)

Pembentukan

Pembentukan adalah proses pembengkokan logam pada titik-titik tertentu untuk membentuk bagian yang diinginkan. Hal ini dicapai dengan menggunakan penekan rem atau dengan palu & penjepit. Proses ini sering digunakan pada logam yang menjadi reaktif dengan udara ketika dilebur menjadi cairan (yang merupakan alasan untuk tidak menuang logam ini). Kombinasi bentuk-bentuk dalam proses pembuatan logam ini dapat menciptakan benda-benda yang rumit, seperti kaleng soda yang direkayasa dengan baik.

Forming metal manufacturing process

Pembentukan dapat dilakukan dengan banyak cara, di sini kami memiliki koleksi kecil dari berbagai cara yang berbeda untuk mencapainya. gambar milik swebend.com

Pemesinan

Pemesinan adalah proses yang dapat memiliki banyak bentuk seperti pengeboran, pembubutan, atau penggilingan. Ini adalah teknik manufaktur subtraktif yang berarti proses yang menghilangkan material untuk menghasilkan bagian yang diinginkan. Alat yang sangat umum digunakan untuk melakukan berbagai proses penghilangan material adalah mesin CNC. Pemesinan CNC merupakan subkategori manufaktur tersendiri karena variabilitas proses yang termasuk dalam pemesinan CNC.

Seperti yang ditunjukkan di bawah ini, bentuk logam populer yang dibuat dengan pemesinan adalah benang halus pada silinder logam. Kami juga harus mencatat di sini seluruh kelas proses di bawah pemesinan laser, yang meliputi pengeboran laser dan pengukiran laser.

machining metal manufacturing process on brass

Contoh kuningan dari bagian yang dapat dikerjakan dengan pemesinan, Gambar milik china-machining.com

Pemotongan

Bentuk lain dari manufaktur subtraktif, pemotongan sesuai dengan namanya: pemotongan logam. Hal ini dapat dicapai dengan berbagai cara mulai dari menggunakan laser, air, gunting listrik, dan bahkan plasma untuk membuat potongan pada sepotong logam.

Metal snips - handheld tool for cutting metal

Memotong logam dapat dilakukan dengan berbagai cara, menggunakan gunting yang kuat adalah salah satu caranya seperti yang ditunjukkan di sini. gambar milik empirebrassives.com

Pengeboran

Pengeboran adalah proses di mana sebuah alat menghilangkan material pada titik tertentu dengan kedalaman dan diameter tertentu. Hal ini dapat dilakukan dengan laser dan mata bor logam.

The drilling manufacturing process on metal

Ini adalah peragaan bor yang sedang mengebor benda kerja. Serpihan logam tetap menyebar akibat pelepasannya dari benda kerja.

Pelubangan

Pelubangan adalah proses pembuatan lubang pada sepotong logam. Dengan menggunakan mesin pelubang, alat yang dirancang khusus memukul logam untuk menghasilkan lubang yang diinginkan. Salah satu penggunaan yang populer adalah dalam bidang pembuatan lubang untuk elektronik dalam rakitan dengan komponen listrik.

Stamping

Stamping adalah proses di mana logam diindentasi. Proses ini efektif dalam menempatkan huruf, bentuk, atau gambar pada bagian logam. Stamping sering kali menjadi proses pilihan untuk memberikan lekukan pada bagian lembaran logam yang diperlukan untuk membengkokkan lapisan tertentu.

Stamping to create imprints on metal

Stamping logam yang menciptakan kesan pada logam. gambar milik komaspec.com

Pengelasan

Pengelasan adalah proses penyambungan dua buah logam dengan menggunakan panas dan/atau tekanan. Rincian lebih lanjut tentang pengelasan dan diskusi tentang pengelasan laser dapat ditemukan di artikel ini di blog kami. Pengelasan tetap menjadi proses yang sangat umum karena fakta bahwa berbagai potongan logam bergabung bersama dalam rakitan yang rumit.

Jenis pengelasan yang terkenal adalah: Pengelasan laser (Langsung atau Transmisi), Pengelasan Busur Logam Gas (GMAW / MIG), Pengelasan Busur Tungsten Gas (GTAW / TIG), Pengelasan Busur Logam Terlindung (SMAW), dan Pengelasan Busur Inti Fluks (FCAW). Proses ini paling umum digunakan pada sambungan antara dua bagian logam dalam banyak rakitan.    

mig process

Contoh pengelasan menggunakan proses MIG. Pengelasan akan menyatukan dua buah logam pada area di mana logam menjadi cair. gambar milik cwbgroup.org

Kesimpulan

Dengan semua proses manufaktur yang ditunjukkan di sini, mungkin Anda akan bertanya-tanya dari mana harus memulai untuk bagian tertentu. Langkah pertama yang sebenarnya dalam pembuatan komponen sebenarnya adalah pemilihan material, yang akan sangat bergantung pada kebutuhan Anda pada komponen yang diproduksi. Karena ada begitu banyak proses pembuatan komponen, pengetahuan tentang penggunaan dan kebutuhan komponen membuat pemilihan salah satu dari sekian banyak proses ini menjadi lebih mudah setelah melihat lebih dalam pada pro dan kontra dari setiap proses.

Bahkan dengan daftar yang dikuratori di sini, ini hanyalah sebagian dari semua proses manufaktur yang ada untuk suku cadang. Setelah membaca isi artikel ini, semoga Anda mendapatkan lebih banyak pengetahuan tentang proses manufaktur logam.

Disadur dari: www.findlight.net