Profil Perusahaan Semen Indonesia (Persero)

Dipublikasikan oleh Jovita Aurelia Sugihardja

23 Februari 2024, 09.14

Sumber: Wikipedia

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (berusaha sebagai Semen Indonesia Group, atau disingkat SIG) adalah sebuah perusahaan milik negara Indonesia yang bergerak di bidang konstruksi real estate. Untuk menunjang usahanya, perusahaan memiliki beberapa pabrik di India dan Vietnam dengan total kapasitas terpasang sebesar 56,5 juta ton semen per tahun pada akhir tahun 2022.

 

Sejarah

Sejarah perusahaan pada tahun 1951 ketika pemerintah Indonesia mendirikan NV Pabrik Semen Gresik akan membangun pabrik semen di Gresik dengan kapasitas terpasang tahunan sebesar 250.000 ton semen. Pada tahun 1957, Presiden Sukarno membuka pabrik semen milik perusahaan tersebut. Pada tahun 1961, pemerintah mengubah badan hukum perusahaan menjadi Badan Usaha Milik Negara (PN) bernama PN Semen Gresik. Pada tahun 1969, badan hukum perseroan menjadi perseroan terbatas.

Pada tahun 1991, perusahaan ini tercatat di Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya. Saat itu, kapasitas produksi perseroan sebesar 1,8 juta ton per tahun. Pada tahun 1995, perseroan mengakuisisi Semen Padang dan Semen Tonasa, dan kapasitas perseroan mencapai 8,5 juta ton semen per tahun. Pada tahun 1995, CEMEX resmi memiliki 14% saham perusahaan, dan saham tersebut meningkat menjadi 25,5% pada tahun berikutnya. Blue Valley membeli 24,9% saham di perusahaan Cimex pada tahun 2006, dan empat tahun kemudian meningkatkan kepemilikannya menjadi 48,99%.

Pada tahun 2012, perusahaan menyelesaikan dua pabrik semen yang diakuisisi oleh Thang Long Cement di Vietnam, dengan kapasitas terpasang 2,3 juta ton semen per tahun. Pada tahun 2013, perusahaan ini berganti nama menjadi perusahaan sekarang dan bisnis manufaktur semennya dipisahkan menjadi Semen Gresik. Pada tahun 2016, kami mendirikan Semen Indonesia International, Semen Indonesia Aceh dan Semen Kupang Indonesia dan mengubah SGG Prima Beton menjadi Semen Indonesia Beton. Pada tahun 2017, perseroan mendirikan Rumah Industri Semen Indonesia untuk menjalankan usaha di bidang bahan bangunan. Perseroan juga berhasil membangun dua pabrik semen di Lembang, Provinsi Jawa Tengah, dan Padang, Provinsi Sumatera Barat, yang masing-masing mampu memproduksi 3 juta ton semen per tahun.

Perusahaan berganti nama menjadi Solusi Bangun Indonesia setelah mengakuisisi 80,64% saham Holcim Indonesia melalui Semen Indonesia Industri Bangunan pada Januari 2019. Merek Holcim juga diubah menjadi Dynamics. Pada tahun 2020, perseroan berganti nama dari Semen Indonesia menjadi SIG. Pada tahun 2021, Taiheiyo Cement Jepang akan memiliki 15% saham perusahaan tersebut. Pada 2022, pemerintah akan mengalihkan mayoritas saham Semen Baturaja kepada perseroan.

 

Produk

  1. Semen Portland Tipe I. Dikenal juga dengan nama Ordinary Portland Cement (OPC), merupakan semen hidrolik yang banyak digunakan pada konstruksi umum, seperti rumah, gedung, gedung bertingkat, dan lain-lain, untuk pekerjaan konstruksi yang tidak diperlukan. persyaratan khusus. - Perbarui bangunan, jembatan, trek, dan jalan.

  2. Semen portland tipe II. Ia dikenal sebagai semen dan tahan terhadap belerang dan panas air yang lembut. Hal ini misalnya terjadi pada bangunan di pesisir pantai, lahan basah, dermaga, kanal, beton besar, dan bendungan.

  3. Semen portland tipe III. Semua jenis ini merupakan semen yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan bangunan yang memerlukan ketahanan ledakan awal yang tinggi setelah pengecoran dan memerlukan penyelesaian yang cepat. Misalnya digunakan untuk membangun jalan, gedung pencakar langit, dan bandara.

  4. Semen Portland Tipe V Semen jenis ini digunakan dalam konstruksi bangunan di dalam tanah/air dengan kandungan asam sulfat yang tinggi dan cocok untuk fasilitas limbah industri, konstruksi bawah air, jembatan, kanal, pelabuhan dan pembangkit listrik tenaga nuklir.

  5. Semen Campuran Khusus (SBC). Merupakan semen khusus yang dirancang untuk pembangunan proyek Jembatan Mega Surabaya-Madura (Suramadhoo) dan cocok digunakan pada bangunan di lingkungan laut. Bersihkan secara besar-besaran.

  6. Semen Portland Pozzolan (PPC). Semen hidrolik dibuat dengan menghancurkan bahan terak, gipsum dan pozzolan. Ini digunakan di gedung-gedung publik dan gedung-gedung yang memerlukan ketahanan terhadap asam dan suhu air. Contohnya meliputi jembatan, jalan, gedung, dermaga, beton massal, bendungan, fasilitas irigasi, dan pondasi massal.

 

Lokasi Pabrik

Letak pabrik yang strategis di Sumatera, Xava, Sulawesi dan Vietnam membuat Semen Indonesia dapat menyediakan kebutuhan semen di seluruh tanah air dengan dukungan ribuan distributor, pemasok kecil dan warung. Selain penjualan dalam negeri, Semen Indonesia mengekspor ke berbagai negara antara lain Singapura, Malaysia, Korea, Vietnam, Taiwan, Hong Kong, Kamboja, Bangladesh, Yaman, Norfolk, Amerika Serikat, Australia, Kepulauan Canary, Mauritius, Nixeria, Mozambik, Gambia dan Benin, dll. Dan Madagaskar.

  1. Semen Padang. Semen Padang memiliki enam pabrik semen yaitu Indarung I dan Indarung II/III. Indarung IV, Indarung V dan Indarung VI yang hilang Indarung I kini menjadi museum semen. Semen Padang memiliki lima pabrik semen: Teluk Bayur, Belawan, Batam, Tanjung Priok dan Ciwandan.

  2. Semen Gresik. Semen Gresik memiliki tiga pabrik semen senilai 11 juta dolar di Tuban, Jawa Timur dan Lembang, Jawa Tengah. Semen Gresik memiliki dua pelabuhan. Hal ini dicir, pelabuhan swasta Tuban dan Gresik Semen Gresik. Pabrik Semen Gresik Tuban terletak di Desa Sumberarum, Kecamatan Kerek.

  3. Semen Tonasa. Semen Tonasa memiliki empat pabrik semen di Pangkep, Sulawesi Selatan, dengan produksi semen tahunan sebesar 5,98 juta ton. Semen Tonasa mempunyai 10 pabrik semen yaitu Biringkassi Pangkep (Selatan Celebs), Makassar (Selatan Celebs), Samarinda (Kalimantan Timur), Banjarmasin (Kalimantan Selatan), Bitung (North Celebs), Palu (Central Celebs) dan Ambon. (Maluku), Celukan Bawang (Bali), Lapoko Konawe Selatan (Sulawesi Tenggara) dan Sofifi (Maluku Utara)

  4. Perusahaan Semen Thang Long. Thang Long Cement Company memiliki kapasitas terpasang 2,3 juta ton klinker per tahun, pabrik terintegrasi penuh di Quang Ninh, utara Vietnam, dan pabrik semen di Ho Chi Minh City, berkapasitas 1,2 juta ton semen. Ini adalah pelabuhan masuk ke Ha Long Bay di Vietnam Selatan dan Vietnam Utara setiap tahun.

  5. Solusi Bangun Indonesia (dahulu Holcim Indonesia)

  6. Solusi Bangun Andalas (sebelumnya Semen Andalas/Lafarge Cement).


 

Anak usaha

Hingga akhir tahun 2022, perusahaan ini memiliki 17 anak usaha, yakni:

# PT Semen Merah Putih

  1. PT Semen Padang

  2. PT Semen Gresik

  3. PT Semen Tonasa

  4. PT Semen Baturaja Tbk

  5. PT Solusi Bangun Indonesia Tbk

  6. Thang Long Cement JSC

  7. PT Semen Indonesia Beton

  8. PT Sinergi Mitra Investama

  9. PT United Tractors Semen Gresik

  10. PT Industri Kemasan Semen Gresik

  11. PT Semen Kupang Indonesia

  12. PT Semen Indonesia Industri Bangunan

  13. PT Semen Indonesia Aceh

  14. PT Sinergi Informatika Semen Indonesia

  15. PT Semen Indonesia Internasional

  16. PT Semen Indonesia Logistik

  17. PT Kawasan Industri Gresik


Disadur dari: https://id.wikipedia.org/wiki/Semen_Indonesia