Profil Mengenai HeidelbergCement

Dipublikasikan oleh Jovita Aurelia Sugihardja

19 April 2024, 09.20

Sumber: pexels.com

Heidelberg Materials adalah perusahaan bahan bangunan multinasional Jerman yang berkantor pusat di Heidelberg, Jerman. Sebelumnya dikenal sebagai HeidelbergCement AG, perusahaan ini telah berganti nama menjadi Heidelberg Materials pada bulan September 2022. Perusahaan ini merupakan perusahaan DAX dan merupakan salah satu perusahaan bahan bangunan terbesar di dunia. Pada tanggal 1 Juli 2016, HeidelbergCement AG menyelesaikan akuisisi 45% kepemilikan saham di Italcementi. Akuisisi ini menjadikan HeidelbergCement sebagai produsen agregat konstruksi nomor satu, produsen semen terbesar kedua dan produsen beton siap pakai terbesar ketiga di seluruh dunia. Pada tahun 2020 Forbes Global 2000, HeidelbergCement menduduki peringkat ke-678 sebagai perusahaan publik terbesar di dunia.

Grup yang semakin besar ini memiliki kegiatan di sekitar 60 negara dengan 57.000 karyawan yang bekerja di 3.000 lokasi produksi. HeidelbergCement mengoperasikan 139 pabrik semen dengan kapasitas semen tahunan sebesar 176 juta ton, lebih dari 1.500 lokasi produksi beton siap pakai, dan lebih dari 600 tambang agregat.

Sejarah

Perusahaan ini didirikan pada tanggal 5 Juni 1874 oleh Johann Philipp Schifferdecker, di Heidelberg, Baden-Württemberg, Jerman. Perusahaan ini memproduksi 80.000 ton semen Portland per tahun pada tahun 1896. Perusahaan ini mengakuisisi banyak perusahaan kecil lainnya dari tahun 1914 dan seterusnya, dan pada tahun 1936, perusahaan ini memproduksi satu juta ton per tahun.

Setelah perebutan kekuasaan oleh Nazi pada tahun 1933, industri semen mendapatkan keuntungan besar-besaran dari proyek-proyek konstruksi dan persenjataan yang dijalankan oleh negara, yang mengarah pada pandangan yang secara umum positif terhadap kebijakan pemerintah Reich di antara para pekerja dan manajemen perusahaan. Direktur umum perusahaan, Otto Heuer, telah bergabung dengan NSDAP pada tanggal 1 Mei 1933, dan merupakan anggota Freundeskreis Reichsführer SS. Selama Perang Dunia Kedua, industri semen diklasifikasikan sebagai hal yang sangat penting untuk upaya perang dan pada awalnya hanya mengalami sedikit pembatasan produksi. Seiring berjalannya perang, tawanan perang dan pekerja paksa digunakan di berbagai pabrik; menurut perusahaan, jumlah orang yang terkena dampaknya diperkirakan mencapai 1.000 orang..

Kegiatan di luar negeri dimulai dengan akuisisi bagian dari Vicat Cement, Perancis. Pengiriman mencapai 8,3 juta ton pada tahun 1972. Pada tahun 1977, program pembelian besar-besaran di Amerika Utara dimulai dengan akuisisi Lehigh Cement. Pada tahun 1990, ekspansi di Eropa Timur dimulai.

Pada tahun 1993, perusahaan ini mengakuisisi bagian dari SA Cimenteries CBR dari Belgia, yang telah memiliki operasi multinasional yang besar. Sejak saat itu, perusahaan terus berekspansi, dengan pembelian penuh CBR, dan pembelian di Eropa Timur dan Asia. Langkah besar lainnya adalah akuisisi Scancem pada tahun 1999, yang beroperasi di Eropa Utara dan Afrika. Indocement di Indonesia mulai beroperasi pada tahun 2001.

Pada bulan Mei 2007, perusahaan Inggris Hanson diakuisisi, dengan nilai transaksi sebesar 7,85 miliar poundsterling (US$15,8 miliar), yang memberikan posisi pasar yang lebih kuat bagi perusahaan di Inggris dan Amerika Serikat, dan menjadikan HeidelbergCement sebagai produsen agregat terkemuka di dunia.

HeidelbergCement memiliki (2010) 29 pabrik semen dan penggilingan di Eropa Barat dan Utara, 19 di Eropa Timur dan Asia Tengah, 16 pabrik semen di Amerika Utara, dan 14 di Afrika dan Cekungan Mediterania. Perusahaan menjual Maxit Group dan 35% sahamnya di Vicat Cement untuk membantu membiayai akuisisi Hanson plc pada bulan Agustus 2007. Di sebagian besar negara Eropa, HeidelbergCement adalah pemimpin pasar dalam bisnis semen.

Adolf Merckle adalah investor besar di HeidelbergCement. Peningkatan modal di HeidelbergCement pada bulan September 2009, dikombinasikan dengan penjualan saham dari keluarga Merckle, membuka peluang bagi pemilik internasional lainnya dan volume perdagangan yang lebih tinggi di bursa efek. Pada bulan Agustus 2006, HeidelbergCement AG memasuki pasar semen India dengan mengakuisisi Mysore Cement.

Pada tahun 2013, perusahaan semen CJSC Construction Materials yang berbasis di Republik Bashkortostan, Rusia, diakuisisi.

Pada tanggal 1 Juli 2016, HeidelbergCement AG menyelesaikan akuisisi 45% kepemilikan saham di Italcementi S.p.A. Dengan akuisisi tersebut, HeidelbergCement menjadi produsen agregat nomor 1, nomor 2 untuk semen, dan nomor 3 untuk beton siap pakai di seluruh dunia. Perusahaan setuju untuk menjual asetnya di Amerika Serikat sebesar $660 juta kepada Cementos Argos untuk memenuhi persyaratan anti trust untuk pengambilalihan tersebut.

Pada bulan Oktober 2017, perusahaan pensiun Denmark, Sampension, melarang investasi di Heidelberg Cement bersama dengan tiga perusahaan lain yang beroperasi di permukiman ilegal Israel di Tepi Barat, termasuk dua bank Israel, Hapoalim dan Leumi, serta perusahaan telekomunikasi Israel, Bezeq.

Di California, setelah 80 tahun beroperasi dan lebih dari 2.000 pelanggaran selama periode 10 tahun, pabrik dan tambang Leigh Cement milik Heidelberg mengumumkan pada tahun 2023 bahwa mereka akan ditutup. Menurut artikel berita yang sama, lembaga nirlaba advokasi lingkungan Green Foothills menyatakan bahwa pabrik semen tersebut merupakan sumber pencemaran udara terburuk di wilayah Santa Clara.

Pada bulan Maret 2024, penduduk Glyncoch, dekat Pontypridd di South Wales, memulai serangkaian protes terkait penolakan otoritas lokal untuk memperpanjang penambangan oleh Menteri Perubahan Iklim, Julie James. Keberhasilan banding ini akan memungkinkan 15,7 juta ton batu untuk diekstraksi lebih lanjut untuk permukaan jalan dan landasan pacu. Operasi penambangan akan berlanjut hingga 2047 dan akan berada dalam jarak 164 meter dari sekolah dan perumahan serta menghancurkan ruang hijau masyarakat dan suaka margasatwa.

Laporan banding mengklaim bahwa "Penilaian debu menyimpulkan bahwa dampak potensial yang terkait dengan kelanjutan kegiatan yang ada dan perpanjangan yang diusulkan paling banyak hanya sedikit merugikan." dan bahwa "Dari semua yang telah saya lihat dan baca, tidak ada keberatan atau kekhawatiran terkait dengan lanskap, dampak visual, ekologi, hidrologi, warisan budaya, dampak kualitas lahan pertanian" .

Kantor pusat Heidelberg di Berliner Strasse, yang dibangun pada tahun 1963, dihancurkan pada tahun 2017 dan bangunan baru yang lebih besar dibangun di lokasi yang sama pada tahun 2020 dengan biaya sekitar 100 juta euro .

HeidelbergCement telah memasuki pasar-pasar baru yang penting, seperti Prancis dan Italia di Eropa, Mesir dan Maroko di Afrika Utara, dan Thailand di Asia Tenggara. Di Kanada, India dan Kazakhstan, pengambilalihan ini akan semakin memperkuat keberadaan HeidelbergCement di pasar yang sudah ada. Grup yang telah diperbesar ini memiliki kegiatan di sekitar enam puluh negara, dengan 60.000 karyawan yang bekerja di 3.000 lokasi produksi. HeidelbergCement mengoperasikan 139 pabrik semen dengan kapasitas semen tahunan sebesar 176 juta ton, lebih dari 1.500 lokasi produksi beton siap pakai, dan lebih dari 600 tambang agregat.

Struktur yang beroperasi di Rusia

  • Pabrik semen, Sterlitamak

  • Pabrik semen "CESLA", Slantsy, Oblast Leningrad

  • Pabrik semen, Novogurovsky

  • Kegiatan kontroversial dan kritik

Perubahan iklim

Karena pembuatan semen adalah proses yang sangat intensif CO₂, industri semen adalah salah satu kontributor utama perubahan iklim, bertanggung jawab atas 8 persen emisi global. Oleh karena itu, dari semua perusahaan yang diperdagangkan di DAX, HeidelbergCement adalah penghasil emisi CO₂ terbesar kedua.  Karena alasan ini, telah terjadi banyak protes dari kelompok-kelompok lingkungan, seperti Fridays For Future, Extinction Rebellion dan Greenpeace. Pada bulan Agustus 2020, kelompok lokal "Wurzeln im Beton" ("Akar dalam Beton") memblokir pintu masuk utama kantor pusat perusahaan dan pada bulan Mei 2021, pabrik semennya di dekat Heidelberg diblokir oleh cabang Extinction Rebellion setempat.

Indonesia

HeidelbergCement telah banyak terlibat dalam rencana pembangunan pabrik semen yang kontroversial di pulau Jawa, Indonesia, melalui anak perusahaannya,Indocement. Tujuannya adalah eksploitasi pegunungan Kendeng yang bertentangan dengan perlawanan masyarakat yang tinggal di sana.

Selain penghancuran sistem ekologi yang kompleks, pembangunan tersebut juga telah menciptakan marjinalisasi sebagian penduduk asli yang tinggal di wilayah tersebut untuk mengikutinya.33 Di wilayah ini, masyarakat adat yang dikenal sebagai Sedulur Kendeng memprotes rencana operasi penambangan PT Semen Indonesia, sebuah badan usaha milik negara (BUMN). Pada bulan Maret 2017, 50 orang pengunjuk rasa menuangkan beton di atas kaki mereka di depan Istana Presiden di Jakarta. Ini adalah kedua kalinya hal ini terjadi dalam sebelas bulan terakhir..

Selain protes terhadap pembangunan pabrik dan konsekuensi ekologisnya sebagai "pembangunan yang keliru dengan mengorbankan masyarakat adat dan petani", para aktivis juga menyerukan secara politis kepada HeidelbergCement bahwa "perusahaan multinasional tidak boleh berinvestasi pada perusakan lingkungan dan pelanggaran hak asasi manusia di negara manapun di dunia."

Pada bulan September 2020, perwakilan masyarakat setempat mengajukan pengaduan kepada pemerintah Jerman. Pengaduan tersebut menuduh rencana HeidelbergCement di pegunungan Kendeng mengancam mata pencaharian, sumber daya air, dan ekosistem setempat, serta situs-situs yang dikeramatkan oleh masyarakat adat Samin. Sebagai anggota Organisasi untuk Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan(OECD), Jerman memiliki Titik Kontak Nasional yang menangani pengaduan terhadap perusahaan-perusahaan Jerman yang melanggar Pedoman OECD tentang Perusahaan Multinasional di luar negeri. Pedoman ini berisi standar-standar hak asasi manusia dan lingkungan hidup.

Tepi Barat

Di Tepi Barat yang diduduki Israel, anak perusahaan HeidelbergCement yang sepenuhnya dimiliki oleh Hanson Israel memproduksi semen siap pakai, agregat, dan aspal untuk industri konstruksi Israel. Pada bulan Maret 2009, organisasi hak asasi manusia Israel Yesh Din mengajukan petisi ke pengadilan tinggi Israel yang menuntut penghentian aktivitas penambangan di tambang-tambang di Tepi Barat, termasuk tambang Nahal Raba milik Hanson Israel.

Menurut penelitian majalah ARD "Panorama" pada 2 September 2010, dan ARD Studios Tel Aviv, mineral yang dihasilkan dibawa ke Israel tanpa ada manfaatnya bagi masyarakat Palestina. Warga Palestina dari desa az-Zawiya di sekitar lokasi tambang mengajukan klaim atas tanah tersebut. Mahkamah Agung Israel menolak petisi dari Yesh Din pada bulan Desember 2011.

Dana pensiun terbesar di Denmark, PFA Pension(Da), telah melepaskan sahamnya dari HeidelbergCement, karena "Pelanggaran hak asasi manusia yang bertentangan dengan prinsip-prinsip Global Compact PBB 1 dan 2."

Disadur dari: en.wikipedia.org