Profesi di Bidang Data: Peluang Karier yang Menjanjikan di Era Digital

Dipublikasikan oleh Muhammad Ilham Maulana

18 April 2024, 10.47

Sumber: Manfaat Big Data bagi Perusahaan (Nabila Nurkhalishah Harris)

Profesi di bidang data kini tengah menjadi kebutuhan besar di banyak perusahaan. Hampir seluruh perusahaan kini membutuhkan tenaga praktisi data untuk dapat mengolah data dengan sebaik mungkin demi kemajuan bisnis.

Olahan data yang sempurna dapat mendatangkan informasi dan insight yang bermanfaat bagi kemajuan perusahaan. Oleh sebab itu, perusahaan pun rela memberikan upah besar kepada para praktisi data.

Tak heran, jika semakin tahun semakin banyak orang yang tertarik untuk bisa berkarier di dunia data. Sejalan dengan riset Kementerian Komunikasi dan Informatika RI yang menyatakan Indonesia membutuhkan setidaknya 9 juta Sumber Daya Manusia (SDM) atau talenta digital hingga tahun 2030 untuk bisa meraih manfaat maksimal dari ekosistem digital.

DQLab Universitas Multimedia Nusantara (UMN) membahas sejumlah profesi di ranah data yang bersinar di tahun 2022 dan semakin menjanjikan 5 tahun mendatang:

  1. Analis Data

Seorang analis data bertanggung jawab untuk mengumpulkan, memproses, melaporkan, dan memvisualisasikan data sebagai kesimpulan. Mereka juga memanipulasi database dan melakukan analisis statistik serta interpretasi data. Keterampilan yang diperlukan termasuk penggunaan alat seperti spreadsheet, Google Analytics, SQL, dan Tableau, serta pemahaman dasar dalam bahasa pemrograman, visualisasi data, dan statistika.

  1. Data Scientist

Profesi ini berperan membuat prediksi berdasarkan pola dari kumpulan data yang berasal dari masa lalu dan sekarang, kemudian data akan diolah dan dianalisis sampai menghasilkan informasi. Bisa dikatakan, Data Scientist lebih ke arah hal teknis seputar data, yang mana tugasnya meliputi perencanaan strategis untuk analisis data, melakukan data preprocessing dan visualisasi data. Seorang Data Scientist dituntut memiliki beberapa skill set, seperti statistika dan analytical skill, data mining, algoritma machine learning and deep learning, bahasa pemograman Python & R, serta komunikatif dalam menyampaikan hasil melalui visualisasi data. rapihkan tapi jangan rubah teks

  1. Data Engineer

Profesi ini melibatkan penanganan data mentah dengan menggunakan pengetahuan logis dan dasar database. Insinyur data bertanggung jawab atas infrastruktur data di perusahaan, termasuk membangun data warehouse dan mempersiapkan data untuk digunakan oleh ilmuwan data dan analis data. Keterampilan yang dibutuhkan mencakup ETL, pemodelan data, data warehousing, manipulasi data dengan SQL dan NoSQL, serta visualisasi data.

  1. Intelijen Bisnis

Dengan adanya profesi ini, perusahaan dapat menentukan langkah yang tepat berdasarkan fakta data yang sudah diolah sehingga menghasilkan kesimpulan. Business Intelligence merupakan gabungan antara business analytics, data mining, dan data visualization. Secara umum, perannya adalah meninjau data pelanggan yang telah dikumpulkan, mengawasi penyebaran data ke data warehouse, serta mengembangkan kebijakan dan prosedur untuk pengumpulan data dan analisis data. Skill set yang harus dikuasai untuk berkarier menjadi Business Intelligence, yang pertama kemampuan analisis data agar dapat melihat relevansi dan makna dari banyaknya data mentah. Ilmu komunikasi tak kalah penting, skill ini dibutuhkan saat kamu mempresentasikan hasil visualisasi data kamu serta yang terakhir adalah pengetahuan di bidang industri.

  1. Analisis Bisnis

Pada dasarnya, business analytics juga memiliki peran penting ketika perusahaan berbicara soal big data. Sederhananya, business analytics adalah pendekatan yang dapat dimanfaatkan untuk akses dan eksplorasi data perusahaan. Tujuannya tidak lain untuk menggali wawasan baru yang dapat meningkatkan rencana bisnis dan kinerja perusahaan. Oleh sebab itu, business analytics disebut sebagai pelengkap kehadiran business intelligence. Jika mereka dapat berjalan secara bersamaan, makan bisa menginterpretasikan data sebaik mungkin dalam memprediksi apa yang akan terjadi berdasarkan data. Business analytics juga dapat membantu dalam menyusun strategi, mengenal peluang pasar, menunjukkan potensi risiko, dan lain semacamnya.
 

Sumber:  edukasi.kompas.com