Profesi di Bidang Data: Peluang Karier yang Menjanjikan di Era Digital

Dipublikasikan oleh Muhammad Ilham Maulana

28 Maret 2024, 08.53

Sumber: Manfaat Big Data bagi Perusahaan (Nabila Nurkhalishah Harris)

Kebutuhan akan praktisi data semakin meningkat di berbagai perusahaan saat ini. Hampir semua perusahaan membutuhkan tenaga ahli data untuk mengelola data dengan efisien guna kemajuan bisnis.

Olahan data yang optimal dapat menghasilkan informasi dan wawasan yang berharga bagi perkembangan perusahaan. Itulah mengapa perusahaan rela memberikan kompensasi besar kepada praktisi data. Tidak heran jika semakin banyak orang tertarik untuk berkarier di bidang data.

Menurut riset Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Indonesia membutuhkan setidaknya 9 juta Sumber Daya Manusia (SDM) atau talenta digital hingga tahun 2030 untuk memanfaatkan potensi maksimal dari ekosistem digital. DQLab Universitas Multimedia Nusantara (UMN) membahas beberapa profesi di bidang data yang bersinar pada tahun 2022 dan diprediksi semakin menjanjikan dalam 5 tahun ke depan:

  1. Analis Data

Seorang analis data bertanggung jawab untuk mengumpulkan, memproses, melaporkan, dan memvisualisasikan data sebagai kesimpulan. Mereka juga memanipulasi database dan melakukan analisis statistik serta interpretasi data. Keterampilan yang diperlukan termasuk penggunaan alat seperti spreadsheet, Google Analytics, SQL, dan Tableau, serta pemahaman dasar dalam bahasa pemrograman, visualisasi data, dan statistika.

  1. Ilmuwan Data

Seorang ilmuwan data bertugas membuat prediksi berdasarkan pola dari data yang ada, dengan melakukan analisis dan pemrosesan data. Mereka harus memiliki keterampilan statistika, data mining, machine learning, pemrograman Python & R, serta kemampuan komunikasi untuk menyampaikan hasil dengan visualisasi data.

  1. Insinyur Data

Profesi ini melibatkan penanganan data mentah dengan menggunakan pengetahuan logis dan dasar database. Insinyur data bertanggung jawab atas infrastruktur data di perusahaan, termasuk membangun data warehouse dan mempersiapkan data untuk digunakan oleh ilmuwan data dan analis data. Keterampilan yang dibutuhkan mencakup ETL, pemodelan data, data warehousing, manipulasi data dengan SQL dan NoSQL, serta visualisasi data.

  1. Intelijen Bisnis

Intelijen bisnis memungkinkan perusahaan membuat keputusan berdasarkan fakta data yang sudah diolah. Mereka memeriksa data pelanggan, mengelola penyebaran data, dan mengembangkan kebijakan untuk pengumpulan dan analisis data. Keterampilan yang diperlukan termasuk analisis data, komunikasi, dan pengetahuan industri.

  1. Analisis Bisnis

Analisis bisnis adalah pendekatan untuk mengakses dan mengeksplorasi data perusahaan guna meningkatkan rencana bisnis dan kinerja. Mereka membantu dalam menyusun strategi, mengidentifikasi peluang pasar, dan memprediksi potensi risiko berdasarkan data. Analisis bisnis menjadi pelengkap bagi intelijen bisnis dalam menginterpretasikan data secara efektif.

Dengan pertumbuhan ekosistem digital yang terus berkembang, profesi di bidang data menjanjikan karier yang cerah dan beragam peluang.

 

Disadur dari:  edukasi.kompas.com