Plan Do Check Act (PDCA) itu Apa?

Dipublikasikan oleh Dias Perdana Putra

18 April 2024, 12.03

Sumber: en.wikipedia.org

Plan-Do-Check-Act

PDCA (Plan-Do-Check-Act atau Plan-Do-Check-Adjust) adalah metode perencanaan dan manajemen berulang yang digunakan dalam bisnis untuk memantau dan terus meningkatkan proses dan produk. Ia juga dikenal sebagai Lingkaran/Siklus/Roda Deming, Siklus Shewhart, Lingkaran/Siklus Kontrol atau Plan-Do-Study-Act (PDSA). Versi lain dari siklus PDCA adalah OPDCA. Penambahan "O" berarti observasi, atau beberapa versi mengatakan, "Periksa kondisi saat ini." Penekanan pada pengamatan dan kondisi saat ini konsisten dengan literatur mengenai manufaktur berkelanjutan dan Sistem Produksi Toyota. Siklus PDCA dengan transformasi Ishikawa dapat ditelusuri kembali ke S. Mizuno dari Institut Teknologi Tokyo pada tahun 1959.

Arti

Peningkatan kualitas berkelanjutan dengan PDCA

Plan (Rencana)

Menetapkan tujuan dan proses yang diperlukan untuk memberikan hasil yang diinginkan.

Do (Mengerjakan)

Melaksanakan tujuan dari langkah sebelumnya.

Check (Memeriksa)

Pada fase pengendalian, data dan hasil yang dikumpulkan dari fase do dievaluasi. Data dibandingkan dengan hasil yang diharapkan untuk mengidentifikasi banyak persamaan dan perbedaan. Proses pengujian juga dievaluasi untuk menentukan apakah ada perubahan yang dilakukan pada pengujian awal selama tahap desain. Setelah data disusun dalam grafik, akan lebih mudah untuk melihat tren ketika siklus PDCA dilakukan beberapa kali. Hal ini membantu untuk melihat perubahan mana yang bekerja lebih baik dibandingkan perubahan lainnya dan apakah perubahan tersebut dapat ditingkatkan.

Contoh: Analisis kesenjangan, atau Penilaian.

Act (Bertindak)

Langkah ini, juga disebut "kustomisasi", adalah proses yang ditingkatkan. Catatan tentang langkah "lakukan" dan "periksa" membantu mengidentifikasi masalah pada proses tersebut. Permasalahan tersebut dapat berupa permasalahan, inkonsistensi, peluang perbaikan, inefisiensi, dan permasalahan lain yang menyebabkan hasil kurang optimal. Akar penyebab masalah diselidiki, ditemukan dan dihilangkan dengan mengubah proses. Risiko dinilai kembali. Pada akhir kegiatan pada fase ini, proses mempunyai pedoman, standar atau tujuan yang lebih baik. Perencanaan pada siklus selanjutnya dapat dilanjutkan dengan tingkat awal yang lebih baik. Pekerjaan yang dilakukan pada tahap selanjutnya tidak boleh membiarkan terulangnya masalah yang teridentifikasi; jika demikian, prosedur tersebut tidak efektif.

Tentang

PDCA dikaitkan dengan W. Edwards Deming, yang dianggap oleh banyak orang sebagai bapak pengendalian kualitas modern; namun, dia menggunakan PDSA (Plan-Do-Study-Act) dan menyebutnya "Siklus Shewhart". Kemudian dalam karirnya, Deming mengubah PDCA menjadi Plan, Do, Study, Act (PDSA) karena dia merasa bahwa "kontrol" lebih menekankan pada tinjauan daripada analisis. Siklus PDSA telah digunakan untuk memodelkan proses transfer informasi dan model lainnya.

Pemikiran PDCA didasarkan pada metode ilmiah yang dikembangkan dari karya Francis Bacon (Novum Organum, 1620). Metode ilmiah dapat ditulis sebagai “uji-hipotesis-evaluasi” atau “rencana-lakukan-pemeriksaan”. Walter A. Shewhart menggambarkan produksi "di bawah kendali" - di bawah kendali statistik - sebagai proses tiga langkah yaitu spesifikasi, produksi, dan inspeksi. Ia juga menghubungkannya secara khusus dengan hipotesis ilmiah, eksperimen dan metode evaluasi. Shewhart mengatakan bahwa ahli statistik "harus membantu mengubah permintaan [barang] dengan menunjukkan [...] bagaimana mengurangi toleransi dan meningkatkan kualitas barang." Jelas bahwa Shewhart bermaksud agar analis mengambil tindakan berdasarkan temuan penilaian tersebut. Menurut Deming, dalam ceramah yang diberikan di Jepang pada awal tahun 1920-an, orang Jepang memperpendek langkah-langkah menjadi plan, do, control, act. Deming lebih memilih plan, do, study, act karena “study” dalam bahasa Inggris mempunyai arti lebih dekat dengan arti Shewhart dibandingkan “control”.

Beberapa iterasi dari siklus PDCA diulang sampai masalah terpecahkan.

Prinsip utama metode ilmiah dan PDCA adalah pengulangan - setelah hipotesis dikonfirmasi (atau disangkal), pengulangan siklus akan memperluas pengetahuan. Mengulangi siklus PDCA dapat membawa pengguna lebih dekat ke tujuan, biasanya berupa tindakan dan hasil yang sempurna.

PDCA (dan bentuk pemecahan masalah ilmiah lainnya) juga dikenal sebagai sistem pengembangan berpikir kritis. Di Toyota, hal ini juga dikenal sebagai "Membangun Manusia Sebelum Membangun Mobil". Toyota dan perusahaan lean manufacturing lainnya menyatakan bahwa tenaga kerja yang terlibat dan mampu memecahkan masalah dengan menggunakan PDCA dalam budaya berpikir kritis akan lebih mampu berinovasi dan tetap berada di depan pesaing melalui pemecahan masalah yang ketat dan inovasi selanjutnya.

Demikian terus menekankan iterasi ke sistem yang lebih baik. Nah, maka PDCA harus dilakukan beberapa kali secara spiral, menambahkan informasi tentang sistem yang semakin mendekati tujuan akhir, setiap siklus semakin dekat dibandingkan siklus sebelumnya. Dapat dibayangkan sebuah pegas kumparan terbuka, di mana setiap putaran merupakan siklus metode ilmiah, dan setiap siklus lengkap menambah pengetahuan kita tentang sistem yang sedang dipelajari. Pendekatan ini didasarkan pada keyakinan bahwa pengetahuan dan kemampuan kita terbatas tetapi terus berkembang. Khususnya pada awal proyek, informasi dasar mungkin tidak diketahui; PDCA - metode ilmiah - memberikan umpan balik untuk mengkonfirmasi asumsi (hipotesis) dan menambah pengetahuan.

Daripada menulis "kelumpuhan analisis" untuk memperbaikinya pada kali pertama, lebih baik kira-kira benar daripada salah. Dengan bertambahnya informasi, seseorang dapat memilih apakah akan memperbaiki atau mengubah tujuan (keadaan ideal). Tujuan dari siklus PDCA adalah untuk mendekatkan pengguna pada tujuan yang mereka pilih.

Ketika PDCA digunakan untuk proyek atau produk yang kompleks dengan konflik tertentu, pemangku kepentingan eksternal harus diperiksa sebelum tahap Lakukan, karena proyek dan produk sudah direncanakan. detailnya bisa mahal; hal ini juga dipandang sebagai Rencana-Periksa-Lakukan-Bertindak.

Kecepatan perubahan atau kecepatan perbaikan merupakan faktor kompetitif yang penting di dunia saat ini. PDCA memungkinkan “lompatan” besar dalam efisiensi (seringkali mengharapkan “kesuksesan” dalam pendekatan Barat) serta kaizen (seringkali perbaikan kecil). Di AS, pendekatan PDCA biasanya dikaitkan dengan proyek-proyek yang cukup besar yang memerlukan banyak waktu, sehingga para manajer ingin melihat “perbaikan terobosan” yang besar untuk membenarkan upaya tersebut. Namun, metode ilmiah dan PDCA berlaku untuk semua jenis proyek dan upaya perbaikan.

Disadur dari : en.wikipedia.org