"Perubahan Perkotaan: Tantangan Urbanisasi dalam Pembangunan Ibu Kota Baru Nusantara"

Dipublikasikan oleh Kania Zulia Ganda Putri

10 Mei 2024, 08.50

ugm.ac.id

Pakar UGM Bahas Tantangan Urbanisasi Ibu Kota Negara

Pembangunan ibu kota baru Indonesia, Nusantara, dapat memicu gelombang urbanisasi. Gelombang urbanisasi ini akan membawa perubahan dalam pemanfaatan ruang, pergerakan manusia, gaya hidup, dan pengelolaan kota. 

Profesor Rini Rachmawati dari Fakultas Geografi UGM menyampaikan beberapa hal terkait dampak urbanisasi yang ditimbulkan dari pembangunan Nusantara. 

Hal ini meliputi perencanaan tata ruang, penyediaan permukiman, infrastruktur yang mencakup aspek fisik, sosial, dan digital, penyiapan wilayah penyangga untuk mengantisipasi urban sprawl dan menumbuhkan pembangunan baru, penciptaan lapangan kerja, serta antisipasi dampak sosial dari kehidupan kota modern.

"Pengelolaan kota yang cerdas dan berkelanjutan juga menjadi aspek yang perlu diperhatikan untuk Nusantara," ujarnya dalam sebuah diskusi daring pada Selasa (24/10).

Profesor Rachmawati mengungkapkan bahwa konsep kota pintar yang diterapkan di Nusantara haruslah layak huni dan cerdas bagi penghuninya. 

Selain itu, kota pintar Nusantara dapat meningkatkan kualitas hidup dengan mempercepat pembangunan ekonomi dan membuat kota menjadi lebih cerdas dalam berbagai aspek seperti administrasi, masyarakat, kehidupan sosial, ekonomi, dan lingkungan. 

Pengembangan kota pintar Nusantara juga memungkinkan kota untuk mengintegrasikan berbagai layanan di bawah satu atap dengan integrasi TIK.

Profesor Rachmawati menyebutkan bahwa konsep smart city dapat dilihat sebagai alternatif untuk mengembangkan Nusantara. Elemen yang paling penting dari kota pintar adalah terkait dengan tata kelola pemerintahan yang cerdas. 

Selain merancang smart branding terkait dengan citra kota dalam mengembangkan ekosistem pariwisata dan industri kreatif, konsep smart living dan smart environment juga harus dipikirkan sejak dini untuk menciptakan kota yang nyaman, tertib, dan aman. 

"Rencana tata ruang dan rencana induk Nusantara telah dirumuskan dengan memperhatikan prinsip-prinsip keberlanjutan. Namun, ke depannya, perlu dilakukan pengecekan lebih lanjut mengenai implementasi pembangunan kota Nusantara yang cerdas dan berkelanjutan," jelas Profesor Rachmawati.

"Pembangunan yang cerdas dan berkelanjutan melibatkan pemerintah sebagai regulator, pemangku kepentingan dalam melaksanakan kegiatan program, dan masyarakat dalam memperkuat pembangunan kapasitas."

Sementara itu, pakar migrasi dan kependudukan dari Fakultas Geografi UGM, Profesor Sukamdi, menyampaikan bahwa dalam pengembangan Nusantara, kota-kota sekunder dapat didorong untuk mencegah pertumbuhan penduduk di sekitar Nusantara. Kota-kota ini akan menyerap para pendatang untuk menghindari pertumbuhan penduduk yang tinggi.

Profesor Sukamdi mengatakan pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Nusantara akan menyebabkan perubahan demografi, seperti peningkatan jumlah penduduk yang cepat, kepadatan penduduk yang tinggi, dan penumpukan penduduk di sekitar ibu kota.

"Rasio ketergantungan akan rendah karena migrasi penduduk usia kerja, dan persentase penduduk usia lanjut juga akan rendah," katanya.

Dampak potensial lainnya adalah marjinalisasi penduduk lokal. Banyaknya pendatang baru dapat menggusur penduduk lokal.

"Efek migrasi ini juga dapat menyebabkan segmentasi pasar tenaga kerja dan ketegangan atau konflik sosial," jelasnya.

Muhammad Sani Roychansyah, pakar perencanaan wilayah dan kota dari Fakultas Teknik UGM, memfokuskan pembahasan pada bentuk-bentuk perencanaan kota yang mendukung terwujudnya kota yang cerdas dan hijau. 

Beliau menyebutkan bahwa perencanaan kota menawarkan beragam pilihan yang bergantung pada berbagai faktor, seperti lingkungan fisik, dinamika sosial, demografi, dan ekonomi.

Dr. Roychansyah menambahkan bahwa meskipun kota kompak sering diklaim sebagai bentuk kota yang berkelanjutan, penguatan aksesibilitas, konektivitas, dan mobilitas dengan menggunakan teknologi informasi pada kota yang berbentuk polinuklir juga sangat mungkin dilakukan.

"Proses, prosedur, dinamika, dan pengembangan yang inovatif untuk mencapai tujuan selama 20 tahun ke depan adalah kunci keberhasilan Nusantara, terutama dalam mengintegrasikan wilayah yang luasnya lima kali lipat lebih besar dari Jakarta," jelasnya.

Disadur dari: ugm.ac.id