Pertanian Berkelanjutan: Memenuhi Kebutuhan Sekarang dan di Masa Depan dengan Menghormati Ekosistem

Dipublikasikan oleh Kania Zulia Ganda Putri

24 April 2024, 10.19

Sumber: en.wikipedia.org

Pertanian berkelanjutan adalah pertanian yang dilakukan dengan cara-cara yang berkelanjutan untuk memenuhi kebutuhan pangan dan tekstil masyarakat saat ini, tanpa mengorbankan kemampuan generasi saat ini dan generasi yang akan datang untuk memenuhi kebutuhan mereka. Hal ini dapat didasarkan pada pemahaman tentang jasa ekosistem. Ada banyak metode untuk meningkatkan keberlanjutan pertanian. Ketika mengembangkan pertanian dalam sistem pangan berkelanjutan, penting untuk mengembangkan proses bisnis dan praktik pertanian yang fleksibel.

Pertanian memiliki jejak lingkungan yang sangat besar, memainkan peran penting dalam menyebabkan perubahan iklim (sistem pangan bertanggung jawab atas sepertiga emisi gas rumah kaca antropogenik), kelangkaan air, polusi air, degradasi lahan, penggundulan hutan, dan proses-proses lainnya, secara bersamaan menyebabkan perubahan lingkungan dan terkena dampak dari perubahan ini. Pertanian berkelanjutan terdiri dari metode pertanian yang ramah lingkungan yang memungkinkan produksi tanaman atau ternak tanpa merusak sistem manusia atau alam.

Hal ini mencakup pencegahan dampak buruk terhadap tanah, air, keanekaragaman hayati, sumber daya di sekitar atau di hilir - serta bagi mereka yang bekerja atau tinggal di lahan pertanian atau di daerah sekitarnya. Elemen-elemen pertanian berkelanjutan dapat mencakup permakultur, wanatani, pertanian campuran, penanaman ganda, dan rotasi tanaman.

Mengembangkan sistem pangan berkelanjutan berkontribusi terhadap keberlanjutan populasi manusia. Sebagai contoh, salah satu cara terbaik untuk memitigasi perubahan iklim adalah dengan menciptakan sistem pangan berkelanjutan berdasarkan pertanian berkelanjutan. Pertanian berkelanjutan memberikan solusi potensial untuk memungkinkan sistem pertanian memberi makan populasi yang terus bertambah dalam kondisi lingkungan yang terus berubah.

Selain praktik pertanian berkelanjutan, pergeseran pola makan ke pola makan berkelanjutan merupakan cara yang saling terkait untuk mengurangi dampak lingkungan secara substansial. Banyak standar keberlanjutan dan sistem sertifikasi yang tersedia, termasuk sertifikasi organik, Rainforest Alliance, Fair Trade, UTZ Certified, GlobalGAP, Bird Friendly, dan Common Code for the Coffee Community (4C).

Definisi 

Istilah "pertanian berkelanjutan" didefinisikan pada tahun 1977 oleh USDA sebagai sistem terpadu dari praktik produksi tanaman dan hewan yang memiliki aplikasi spesifik lokasi yang akan, dalam jangka panjang:

  • Memenuhi kebutuhan pangan dan serat manusia.
  • Meningkatkan kualitas lingkungan dan basis sumber daya alam yang menjadi tumpuan ekonomi pertanian.
  • Memanfaatkan sumber daya tak terbarukan dan sumber daya di lahan pertanian secara efisien dan mengintegrasikan, jika perlu, siklus biologis alami dan kontrol.
  • Mempertahankan kelangsungan ekonomi operasi pertanian.
  • Meningkatkan kualitas hidup petani dan masyarakat secara keseluruhan.

Namun, gagasan untuk memiliki hubungan yang berkelanjutan dengan tanah telah lazim di masyarakat adat selama berabad-abad sebelum istilah ini secara resmi ditambahkan ke dalam kamus.

Tujuan

Konsensus umum adalah bahwa pertanian berkelanjutan adalah cara yang paling realistis untuk memberi makan populasi yang terus bertambah. Agar berhasil memberi makan populasi planet ini, praktik pertanian harus mempertimbangkan biaya di masa depan - baik untuk lingkungan maupun masyarakat yang mereka hidupi.

Risiko tidak dapat menyediakan sumber daya yang cukup untuk semua orang menyebabkan adopsi teknologi dalam bidang keberlanjutan untuk meningkatkan produktivitas pertanian. Hasil akhir yang ideal dari kemajuan ini adalah kemampuan untuk memberi makan populasi yang terus bertambah di seluruh dunia. Semakin populernya pertanian berkelanjutan terkait dengan ketakutan yang meluas bahwa daya dukung planet ini (atau batas-batas planet), dalam hal kemampuan untuk memberi makan umat manusia, telah tercapai atau bahkan terlampaui.

Disadur dari: en.wikipedia.org