Pertamina dan Conrad akan Bersama-Sama Mengembangkan Sumber Daya Gas Aceh

Dipublikasikan oleh Nurul Aeni Azizah Sari

08 Juni 2024, 08.20

Sumber: Pinterest.com

Perusahaan energi milik negara Indonesia, Pertamina, dan perusahaan eksplorasi dan pengembangan gas Conrad Asia Energy telah menandatangani perjanjian untuk bekerja sama dalam penyediaan pasokan gas dan pengembangan infrastruktur di dua sumber daya potensial di lepas pantai Aceh, Indonesia.

Conrad dan Perusahaan Gas Negara (PGN), anak perusahaan gas Pertamina, akan melakukan studi bersama mengenai komersialisasi sumber daya gas di dua ladang gas di perairan dangkal - kontrak bagi hasil (PSC) lepas pantai barat laut Aceh (Onwa) di dekat Meulaboh dan PSC lepas pantai barat daya Aceh (Oswa) di dekat Singkil. Kedua perusahaan ini bertujuan untuk berkolaborasi dalam pengembangan dan pemeliharaan infrastruktur skala kecil, serta penjualan dan pemasaran LNG.

Ladang-ladang tersebut diperkirakan mengandung sumber daya kontinjensi sebesar 214 milyar kaki kubik gas penjualan, dimana 161 milyar kaki kubik diatribusikan kepada Conrad, di tiga dari empat akumulasi gas yang ditemukan di perairan dangkal di dua PSC. Sumber daya yang dapat diatribusikan adalah sumber daya komersial yang dapat diatribusikan kepada Conrad setelah dikurangi fiskal pemerintah. Nilai bersih saat ini dari sumber daya ini adalah sebesar $88 juta, yang diatribusikan kepada Conrad.

Sumber daya prospektif yang diidentifikasi dalam dua PSC berjumlah 15 triliun kaki kubik gas yang dapat dipulihkan, dimana 11 triliun kaki kubik diatribusikan secara bersih kepada Conrad. Ada juga beberapa target bernilai multi-triliun kaki kubik yang telah diidentifikasi di wilayah perairan dalam, “yang merupakan fokus jangka panjang dan yang menarik minat perusahaan hulu yang lebih besar,” kata Conrad.

Conrad memegang 100% hak operasi di PSC Onwa dan Oswa, yang diberikan kepada perusahaan pada bulan Januari tahun lalu. Blok-blok tersebut mencakup area seluas 20.000 km², dan masing-masing PSC memiliki masa kerja 30 tahun. Conrad berencana untuk melakukan survei seismik 3D tahun ini di lapangan Onwa, untuk menentukan ukuran sumber daya dengan lebih baik dan mungkin mengidentifikasi prospek baru.

Pemerintah Indonesia berniat untuk terus mengoptimalkan pengelolaan dan pemanfaatan gas alam sebagai sumber energi alternatif utama dalam transisi energi di negara ini, demikian disampaikan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pada tanggal 4 Maret. Cadangan gas alam Indonesia saat ini lebih besar daripada cadangan minyaknya, namun produksi gas Indonesia diperkirakan akan menurun dalam beberapa tahun ke depan karena penurunan alamiah dari sumur-sumur gas yang ada, kata ESDM.

Pasokan yang ada saat ini dapat memenuhi kebutuhan gas alam yang sudah dikontrak, dan jika pasokan potensial mulai beroperasi sesuai rencana, diperkirakan masih ada cukup gas untuk terus memenuhi kebutuhan domestik, koordinator persiapan program minyak dan gas bumi ESDM Rizal Fajar Muttaqin mengatakan, tanpa menyebutkan rentang waktu. Argus menerangi pasar dengan menempatkan lensa pada area-area yang paling penting bagi Anda. Berita dan komentar pasar yang kami terbitkan mengungkapkan wawasan penting yang memungkinkan Anda membuat keputusan yang lebih kuat dan terinformasi dengan baik.

Uni Eropa mengadopsi aturan uji tuntas keberlanjutan

Brussels, 24 April (Argus) - Parlemen Eropa telah secara resmi menyetujui Petunjuk Uji Tuntas Keberlanjutan Perusahaan, yang akan mewajibkan perusahaan-perusahaan besar di Uni Eropa untuk melakukan “upaya terbaik” untuk mitigasi perubahan iklim. Undang-undang ini berarti bahwa perusahaan-perusahaan yang relevan harus mengadopsi rencana transisi untuk membuat model bisnis mereka sesuai dengan batas suhu 1,5°C yang ditetapkan oleh perjanjian iklim Paris. Ini akan berlaku untuk perusahaan-perusahaan Uni Eropa dengan lebih dari 1.000 karyawan dan omset di atas € 450 juta ($ 481 juta). Ini juga akan berlaku untuk beberapa perusahaan dengan perjanjian waralaba atau lisensi di UE. Arahan ini membutuhkan transposisi ke dalam hukum nasional Uni Eropa yang berbeda.

Peraturan ini mewajibkan negara-negara anggota untuk memastikan perusahaan-perusahaan yang relevan mengadopsi dan menerapkan rencana transisi untuk mitigasi perubahan iklim. Rencana transisi harus bertujuan untuk “memastikan, melalui upaya terbaik” bahwa model bisnis dan strategi perusahaan sesuai dengan transisi menuju ekonomi berkelanjutan, membatasi pemanasan global hingga 1,5 ° C dan mencapai netralitas iklim pada tahun 2050. Jika “relevan”, rencana-rencana tersebut harus membatasi “eksposur perusahaan terhadap kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan batu bara, minyak dan gas”. Meskipun telah ada kesepakatan sementara, negara-negara Uni Eropa pada awalnya gagal untuk secara resmi menyetujui kesepakatan sementara yang dicapai dengan parlemen pada bulan Desember, setelah beberapa negara anggota memblokir kesepakatan tersebut.

Pengesahan parlemen - pada sesi terakhirnya sebelum jeda pemilihan umum Uni Eropa - membuka jalan untuk pemberlakuannya pada akhir tahun ini. Industri telah mendapatkan klarifikasi, dalam pengantar non-hukum, bahwa persyaratan arahan tersebut adalah “kewajiban sarana dan bukan hasil” dengan “memperhitungkan” kemajuan yang telah dicapai oleh perusahaan serta “kompleksitas dan sifat transisi iklim yang terus berkembang”.

Namun, rencana transisi iklim perusahaan perlu memuat target “terikat waktu” untuk tahun 2030 dan dalam interval lima tahun hingga tahun 2050 berdasarkan bukti “ilmiah yang meyakinkan” dan, jika sesuai, target pengurangan absolut untuk gas rumah kaca (GRK) untuk emisi lingkup 1 serta emisi lingkup 2 dan lingkup 3. Lingkup 1 mengacu pada emisi yang secara langsung berasal dari aktivitas organisasi, sedangkan lingkup 2 mengacu pada emisi tidak langsung dari energi yang dibeli. Lingkup 3 mengacu pada emisi penggunaan akhir.

“Sangat mengkhawatirkan melihat bagaimana negara-negara anggota melemahkan Undang-undang tersebut dalam negosiasi terakhir. Dan Undang-undang tersebut tidak memiliki mekanisme yang efektif untuk memaksa perusahaan-perusahaan mengurangi emisi iklim mereka,” ujar Paul de Clerck, juru kampanye di organisasi non-pemerintah Friends of the Earth Eropa, yang menunjuk pada celah yang ‘menganga’ di dalam teks yang diadopsi.

Disadur dari: argusmedia.com