Perjalanan Sejarah dan Transformasi Universitas Negeri Semarang (UNNES): Dari IKIP Hingga Perguruan Tinggi Badan Hukum

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

14 Maret 2024, 10.50

Sumber: id.wikipedia.org

Universitas Nagari Semarang merupakan salah satu Perguruan Tinggi Nasional Indonesia (PTN) dan saat ini dipimpin oleh Profesor Presiden. dokter S Marton UNNES merupakan salah satu perguruan tinggi IKIP yang telah meraih status universitas. Terletak di Kecamatan Sekaran (Gunungpatti), wilayah selatan Kota Semarang, Jawa Tengah. Dan ladang lainnya berada di Ngaliyan (Semarang), Kelud (Semarang), Bendan Ngisor (Semarang) dan Kemandungan di Tegal. UNNES mengumumkan pada tanggal 20 Oktober 2022 Undang-Undang Pemerintah Republik Indonesia No. Pasal 36 Tahun 2022 tanggal 20 Oktober 2022 ditandatangani oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo.

Sejarah berkembangnya Universitas Semarang yang dulu bernama IKIP Semarang diawali dengan berdirinya beberapa lembaga pelatihan guru yang berada di atas SMTA. Lembaga pelatihan guru tersebut adalah Middelbaar Onderwijzer A Cursus (MO-A) dan Middelbaar Onderwijzer B Cursus (MO-B). Kedua lembaga pelatihan tersebut didirikan oleh pemerintah kolonial Belanda dan bertujuan untuk melatih guru SMTP dan SMTA. Kursus MO-A dan MO-B diselenggarakan di Semarang hingga tahun 1950. Pada tahun 1950 kursus MO-A menjadi kursus B-I, kursus MO-B menjadi kursus B-II dan berlangsung hingga tahun 1960.

Perkembangan UNNES selanjutnya dapat dilihat. pada bagian berikut:

1960-1963 Periode: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Universitas Olahraga (STO)

Pada tahun 1960, mata kuliah B-I dan B-II digabung. Universitas Diponegoro merupakan Lembaga Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Pada tahun 1963, Jurusan Pendidikan Jasmani yang merupakan bagian awal dari program B-II dipisahkan menjadi Sekolah Menengah Olahraga (STO) yang berdiri sendiri dari Jurusan Olahraga.

Periode 1963-1965: Lembaga Pendidikan Guru Yogyakarta. dan Pendidikan (IKIP) Cabang Semarang

Pada tahun 1963 dikeluarkan keputusan presiden yang menetapkan IKIP sebagai lembaga pelatihan tenaga kependidikan. Saat itu IKIP baru ada empat: Jakarta, Bandung, Malang, dan Yogyakarta. FKIP Undip yang dianggap tidak mampu mempertahankan diri ditetapkan menjadi IKIP Yogyakarta Cabang Semarang.

Periode 1965-1999: IKIP Semarang

IKIP Yogyakarta Cabang Semarang berkembang pesat. Untuk itu, Menteri PTIP mengumumkan Keputusan Menteri PTIP Nomor 1 sambil menunggu Keputusan Presiden. Nomor 40 tanggal 8 Maret 1965, IKIP Yogyakarta Cabang Semarang didirikan di bawah Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam, Jurusan Pendidikan Seni dan Sastra, Jurusan Kebudayaan Masyarakat, Jurusan Hukum dan Universitas. Pendidikan Teknik. Pada tahun 1977, Program Keguruan Ilmu Keolahragaan kembali menjadi induk lembaga baru bernama Fakultas Keguruan Ilmu Keolahragaan (FKIK).

Periode 1999 sampai sekarang: Universitas Negeri Semarang (UNNES)\ n
Keluaran Keputusan Presiden 124 Pada tahun 1999, karena adanya transformasi IKIP Semarang, Bandung dan Medan menjadi perguruan tinggi, IKIP Semarang berganti nama menjadi Universitas Negeri Semarang (disingkat UNNES). Pada tahun 2000, nama fakultas UNNES diubah menjadi Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Bahasa dan Seni, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Olah Raga dan Program Pascasarjana. Fakultas Ekonomi didirikan pada tahun 2006 dan Fakultas Hukum UNNES pada tahun berikutnya. Berdirinya kedua universitas baru ini merupakan hasil dari menjadi sebuah universitas.

Disadur dari Artikel : id.wikipedia.org