Perencanaan Ekonomi: Tinjauan Sistem Ekonomi Terencana

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

22 Maret 2024, 16.50

Sumber: .google.com

Ekonomi terencana adalah jenis sistem ekonomi di mana distribusi barang dan jasa atau investasi, produksi, dan alokasi barang modal dilakukan sesuai dengan rencana ekonomi yang entah itu mencakup seluruh ekonomi atau hanya terbatas pada kategori barang dan jasa tertentu. Sebuah ekonomi terencana dapat menggunakan bentuk-bentuk perencanaan ekonomi yang terpusat, terdesentralisasi, partisipatif, atau tipe Soviet. Tingkat sentralisasi atau desentralisasi dalam pengambilan keputusan dan partisipasi tergantung pada jenis mekanisme perencanaan yang digunakan.

Negara-negara sosialis berdasarkan model Soviet telah menggunakan perencanaan pusat, meskipun minoritas seperti bekas Republik Federal Sosialis Yugoslavia telah mengadopsi beberapa tingkat sosialisme pasar. Sosialisme penolakan pasar menggantikan pasar faktor dengan perhitungan langsung sebagai sarana untuk mengkoordinasikan aktivitas berbagai perusahaan ekonomi yang dimiliki oleh masyarakat yang membentuk ekonomi. Pendekatan yang lebih baru terhadap perencanaan sosialis dan alokasi datang dari beberapa ekonom dan ilmuwan komputer yang mengusulkan mekanisme perencanaan berdasarkan kemajuan dalam ilmu komputer dan teknologi informasi.

Ekonomi terencana berbeda dengan ekonomi yang tidak terencana, khususnya ekonomi pasar, di mana perusahaan-perusahaan otonom yang beroperasi di pasar membuat keputusan tentang produksi, distribusi, penetapan harga, dan investasi. Perekonomian pasar yang menggunakan rencana indeks disebut perekonomian pasar terencana, perekonomian terintegrasi, dan perekonomian pasar terintegrasi. Ekonomi komando yang mengikuti sistem komando dan kendali serta menggunakan perencanaan ekonomi gaya Soviet merupakan karakteristik Uni Soviet dan Blok Timur sebelum sebagian besar negara beralih ke ekonomi pasar. Hal ini menekankan peran sentral organisasi sosial dan kepemilikan publik atas produksi dalam memandu distribusi sumber daya dalam sistem ekonomi ini.

Ikhtisar

Di dunia Yunani dan kemudian di Yunani, "perencanaan teritorial adalah hal yang paling penting dalam perdagangan. " Situasi-situasi tersebut penting: di provinsi Mesir, di Hindia Yunani dan, pada tingkat yang lebih rendah, provinsi-provinsi tersebut tidak menyukai kerajaan Seleukia, Pergamene, Arab Selatan, dan Parthia." Para ahli berpendapat bahwa perekonomian Inca adalah bentuk perekonomian yang sederhana. ekonomi terencana, yang berfokus pada pergerakan dan penggunaan tenaga kerja dibandingkan barang. Pandangan sampingan merkantilisme melihatnya terkait dengan perencanaan ekonomi.

Perekonomian terencana Soviet Rusia berkembang sebagai kelanjutan dari ekonomi perang pada Perang Dunia I dan kebijakan lain yang dikenal sebagai komunisme perang Untuk kebutuhan Perang Saudara dan Rusia. Kebijakan-kebijakan ini mulai dimasukkan secara formal ke dalam lembaga-lembaga pemerintah pada tahun 1921 ketika pemerintah Soviet mendirikan Gosplan. Namun, periode Kebijakan Ekonomi Baru merupakan intervensi sebelum sistem perencanaan lima tahun dimulai pada tahun 1928. Leon Trotsky adalah salah satu hakim pertama perencanaan ekonomi selama NEP. Trotsky berpendapat bahwa spesialisasi, konsentrasi produksi, dan penggunaan perencanaan dapat "dalam waktu dekat meningkat dua kali lipat, bahkan tiga kali lipat, dan meningkatkan laju pertumbuhan industri di atas tingkat sebelum perang sebesar 6 persen." Menurut sejarawan Sheila Fitzpatrick, pandangan akademisnya adalah bahwa Stalin menentang sayap kiri dalam isu-isu seperti industrialisasi dan akumulasi. diimplementasikan sebagai rambu-rambu jalan. Pemerintah Swedia telah menetapkan model perumahan umum yang mirip dengan perencanaan kota melalui program yang disebut Program Jutaan. Beberapa peluang perencanaan ekonomi muncul selama Revolusi Spanyol, khususnya di Catalonia.

Disadur dari Artikel : id.wikipedia.org