Peraturan dan Lisensi di Bidang Teknik

Dipublikasikan oleh Nurul Aeni Azizah Sari

22 April 2024, 08.00

Sumber: Pexels.com

Regulasi dan lisensi di bidang keinsinyuran ditetapkan oleh berbagai yurisdiksi di dunia untuk mendorong kehidupan, kesejahteraan masyarakat, keselamatan, kesejahteraan, lingkungan, dan kepentingan lain dari masyarakat umum dan untuk mendefinisikan proses perizinan yang melaluinya seorang insinyur mendapatkan izin untuk mempraktikkan keinsinyuran dan menyediakan layanan dan produk profesional kepada masyarakat.

Seperti halnya banyak profesi dan aktivitas lainnya, keinsinyuran sering kali merupakan aktivitas yang dibatasi. Sehubungan dengan itu, yurisdiksi yang memberikan lisensi sesuai dengan disiplin ilmu keinsinyuran tertentu mendefinisikan batas-batas setiap disiplin ilmu secara hati-hati sehingga para praktisi memahami apa yang dapat mereka lakukan.

Seorang insinyur berlisensi bertanggung jawab secara hukum atas pekerjaan, produk, atau proyek rekayasa (biasanya melalui stempel atau cap pada dokumentasi desain yang relevan) sejauh menyangkut undang-undang rekayasa setempat. Peraturan mensyaratkan bahwa hanya insinyur berlisensi yang dapat menandatangani, menyegel, atau memberi stempel pada dokumentasi teknis seperti laporan, rencana, gambar teknik, dan perhitungan untuk estimasi studi atau penilaian atau melakukan analisis desain, perbaikan, servis, pemeliharaan, atau pengawasan pekerjaan, proses, atau proyek teknik. Dalam kasus-kasus yang menyangkut keselamatan, properti, atau kesejahteraan publik, insinyur berlisensi dipercaya oleh pemerintah dan masyarakat untuk melakukan tugas tersebut dengan cara yang kompeten. Di berbagai belahan dunia, insinyur berlisensi dapat menggunakan gelar yang dilindungi seperti insinyur profesional, insinyur yang disewa.

Legislatif

Seorang insinyur yang berpraktik sering kali melanggar hukum karena membahayakan keselamatan publik dengan cara apa pun.Ini berarti bahwa seorang insinyur harus menjaga dirinya sendiri pada tingkat tertinggi dalam hal perilaku teknis dan moral yang masuk akal atau harus menghadapi tuntutan hukum jika suatu sistem rekayasa gagal sehingga membahayakan publik, termasuk teknisi pemeliharaan. Pelanggaran hukum keteknikan sering kali menjadi dasar yang cukup untuk melakukan tindakan penegakan hukum, yang dapat mencakup penangguhan atau kehilangan lisensi dan hukuman finansial. Hukuman tersebut juga dapat mencakup hukuman penjara, jika kelalaian berat terbukti berperan dalam hilangnya nyawa manusia.

Lisensi teknik memberikan jaminan kepada publik bahwa orang-orang yang memenuhi syarat melakukan atau mengawasi pekerjaan teknik. Pekerja atau manajer yang tidak berlisensi tidak memiliki tanggung jawab khusus, karena hal ini ditanggung oleh pemberi kerja melalui hukum gugatan atau undang-undang keteknikan, dan tidak ada otoritas pengawas untuk menegakkan praktik keteknikan yang dapat diterima sehubungan dengan pekerjaan tersebut.

Dalam kasus kelalaian berat, perusahaan teknik tidak dapat dianggap bertanggung jawab secara perwakilan atas pelanggaran yang dilakukan oleh insinyur perorangan.

Lisensi dan regulasi

roses yang bervariasi di seluruh dunia, tetapi umumnya membutuhkan gelar insinyur empat tahun dan empat tahun pengalaman di bidang teknik. Di beberapa wilayah, penggunaan istilah "insinyur" diatur, di wilayah lain tidak. Jika insinyur adalah profesi yang diatur, ada prosedur dan persyaratan khusus untuk mendapatkan registrasi, piagam, atau lisensi untuk mempraktikkan teknik. Ini diperoleh dari pemerintah atau otoritas pemberi piagam yang bertindak atas namanya dan para insinyur tunduk pada regulasi oleh badan-badan ini. Selain lisensi, ada program sertifikasi sukarela untuk berbagai disiplin ilmu yang melibatkan ujian yang diakreditasi oleh Dewan Teknik dan Dewan Keahlian Ilmiah.

Karena penutupan pekerjaan, para insinyur berlisensi menikmati pengaruh yang signifikan atas regulasi mereka. Mereka sering kali menjadi penulis kode etik terkait yang digunakan oleh beberapa organisasi ini.[5] Insinyur dalam praktik swasta paling sering menemukan diri mereka dalam hubungan profesional-klien tradisional dalam praktik mereka. Insinyur yang dipekerjakan di layanan pemerintah dan industri yang dikelola pemerintah berada di sisi lain dari hubungan tersebut. Meskipun memiliki fokus yang berbeda, para insinyur di industri dan praktik swasta menghadapi masalah etika yang serupa dan mencapai kesimpulan yang serupa.[7] Salah satu masyarakat teknik Amerika, National Society of Professional Engineers, telah berusaha untuk memperluas lisensi profesional tunggal dan kode etik untuk semua insinyur, terlepas dari area praktik atau sektor pekerjaan.

Asia

Republik rakyat tiongkok

Tiongkok memiliki dua sistem paralel untuk mengevaluasi insinyur profesional, satu sebagai bagian dari "Gelar Profesional" dan yang lainnya sebagai bagian dari "Kualifikasi Pekerjaan".

Di bawah sistem "Gelar Profesional", insinyur dibagi menjadi Asisten Insinyur, Insinyur, dan Insinyur Senior. Gelar profesional diberikan berdasarkan latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, kinerja, partisipasi dalam program pelatihan, dan penghargaan yang diterima.

Di bawah sistem "Kualifikasi Pekerjaan",para insinyur diklasifikasikan berdasarkan profesi spesifik mereka, seperti "Arsitek Terdaftar", "Insinyur Struktural Terdaftar", "Insinyur Sipil Terdaftar", "Insinyur Elektro Terdaftar", "Insinyur Peralatan Publik Terdaftar", dll. Untuk mendapatkan gelar insinyur terdaftar, selain memiliki sejumlah pengalaman kerja dalam profesi tertentu, seseorang harus lulus serangkaian ujian khusus yang diselenggarakan oleh pemerintah.

Insinyur terdaftar dalam sistem "Kualifikasi Pekerjaan" di Tiongkok dianggap memiliki nilai yang lebih tinggi, karena mereka yang memperolehnya diharuskan lulus ujian yang terkenal sulit, dengan tingkat kelulusan biasanya di bawah 10% per tahun. Tergantung pada provinsinya, beberapa gambar desain dalam profesi tertentu harus ditandatangani oleh insinyur yang terdaftar.

India

Di India, insinyur dengan gelar sarjana atau master di bidang teknik atau teknologi dari universitas diizinkan untuk berpraktik sebagai insinyur konsultan-Mereka harus berlisensi atau terdaftar di pemerintah kota untuk menyerahkan rencana, desain, atau gambar publik untuk disetujui dan dicatat. Institution of Engineers (India ) diberikan Piagam Kerajaan Inggris pada tahun 1935 dan mengakui para insinyur yang memiliki gelar di atas sebagai anggota perusahaan (AMIE) atau insinyur yang disewa (chartered engineer).

IE (India) juga menawarkan pendaftaran sebagai insinyur profesional (PE [India]) dan insinyur profesional internasional (PE [Int'l]) kepada para insinyur anggota yang memiliki tujuh tahun pengalaman teknik praktis yang aktif setelah meraih gelar mereka. IE (India) adalah anggota IPEA (Perjanjian Insinyur Profesional Internasional) dengan perjanjian bilateral dengan banyak institusi teknik nasional, asing dan internasional. Banyak kota membebaskan insinyur sewaan (PE [India] atau PE [Int'l]) dari pemberi lisensi atau registrasi mereka, dengan timbal balik(comity). Semua insinyur konsultan tersebut harus berlisensi, terdaftar atau disewa terlepas dari disiplin atau bidang praktik mereka.

Iran

Di Iran, registrasi atau lisensi insinyur profesional dan praktik keinsinyuran diatur oleh Kementerian Ilmu Pengetahuan, Riset dan Teknologi (Iran). Untuk standarisasi, ujian FE dan PE ditulis dan dinilai oleh organisasi pusat, Organisasi Nasional untuk Ujian dan Pelatihan (NOET) yang dikenal sebagai Sanjesh dalam bahasa Persia.

Persyaratan untuk mendapatkan lisensi adalah sebagai berikut:

Lulus dari perguruan tinggi atau program universitas empat tahun yang terakreditasi dengan gelar di bidang teknik (misalnya, Sarjana Teknik, Sarjana Sains di bidang Teknik. Menyelesaikan ujian tertulis Fundamentals of Engineering (FE) standar, yang menguji pelamar tentang pemahaman yang luas tentang prinsip-prinsip teknik dasar dan, secara opsional, beberapa elemen spesialisasi teknik. Mengumpulkan sejumlah persyaratan pengalaman teknik minimal empat tahun. Menyelesaikan ujian tertulis Principles and Practice in Engineering (PE), yang menguji pengetahuan dan keterampilan pelamar dalam disiplin ilmu teknik yang mereka pilih(sipil, elektro, industri, mekanik, komputer, dll.), serta etika teknik.

Pakistan

Di pakistan, pendidikan dan profesi teknik diatur oleh Dewan Teknik Pakistan (PEC) melalui Undang-Undang PEC 1976. PEC adalah organisasi pemerintah federal. Setiap orang yang memiliki gelar insinyur(BE/BS/BSc Teknik) dari universitas/institut yang terakreditasi PEC secara hukum diizinkan untuk mendaftar ke Dewan Teknik Pakistan (PEC) sebagai Insinyur Terdaftar (RE). Sebelumnya, setiap lulusan teknik yang terdaftar di PEC dan memiliki setidaknya lima tahun pengalaman kerja yang relevan memenuhi syarat untuk mendapatkan gelar insinyur profesional (PE) tanpa ujian apa pun. Untuk meningkatkan kualitas profesi insinyur, sistem dua tingkat ini telah disempurnakan melalui PEC CPD Bye-Laws 2008. Sistem ini secara realistis diimplementasikan mulai 10 Juli 2010. Para insinyur lulusan sekarang dapat mendaftar dan berpraktik sebagai insinyur yang terdaftar (RE) dalam disiplin kerja mereka secara umum. Setelah setidaknya lima tahun pengalaman kerja yang relevan dan akumulasi setidaknya 17 poin CPD (Pengembangan Profesional Berkelanjutan), mereka dapat mencoba Ujian Praktik Keinsinyuran (EPE) yang dilakukan oleh PEC. EPE diselenggarakan oleh PEC setiap dua tahun sekali di kota-kota besar di seluruh negeri. Mereka yang lulus EPE diberi gelar bergengsi Insinyur Profesional (PE) dalam disiplin kerja khusus mereka.

Untuk meningkatkan kualitas layanan keinsinyuran, para insinyur dengan status insinyur profesional (PE) juga diwajibkan untuk mengikuti kegiatan CPD agar dapat mempertahankan lisensi PE mereka. Poin CPD diberikan untuk berbagai kegiatan pengembangan seperti pendidikan formal (misalnya diploma pascasarjana, master atau PhD), pengalaman di tempat kerja, berpartisipasi dalam konferensi / lokakarya sebagai audiens, pembicara atau penyelenggara, publikasi dalam jurnal teknis, kegiatan mengajar paruh waktu, menjadi dosen tamu (selain mengajar penuh waktu), dan menjadi penguji eksternal untuk tesis master / PhD.

Untuk sistem poin CPD, batas atas poin juga telah diterapkan untuk mencegah penyalahgunaan sistem dan mendorong partisipasi yang seimbang dalam berbagai kegiatan CPD. Dalam hal pengalaman kerja di tempat kerja yang merupakan keterlibatan utama profesi insinyur, satu poin CPD diberikan untuk 400 jam kerja. Batas atas 2 poin kredit per tahun telah ditetapkan untuk pengalaman kerja di tempat kerja. Pemberian penghargaan hanya untuk 800 jam (~ 4 bulan penuh waktu) kerja per tahun memiliki banyak manfaat, termasuk toleransi yang melekat pada masa pengangguran, tunjangan bawaan untuk sakit/penyakit/cidera, mencegah kecanduan kerja, memungkinkan guru teknik purna waktu untuk mendapatkan pengalaman lapangan yang relevan dengan komitmen waktu yang lebih singkat (misalnya keterlibatan konsultasi paruh waktu) dan mendorong partisipasi dalam aktivitas CPD lainnya yang memajukan profesi teknik (misalnya kuliah tamu, menerbitkan penelitian, menulis buku, dan kerja sosial untuk insinyur di bawah asosiasi insinyur yang diakui).

Untuk menghindari kebingungan, PEC CPD Bye-Laws 2008 memperkenalkan istilah hukum "orang yang terdaftar". Orang yang terdaftar adalah istilah yang berbeda dari insinyur terdaftar (RE). Ini adalah istilah umum yang digunakan untuk semua orang yang terdaftar di PEC dalam kapasitas apa pun - baik sebagai insinyur terdaftar (RE) atau insinyur profesional (PE).

Mobilitas

Di Pakistan, keinsinyuran diatur di tingkat federal. Insinyur yang diakui sebagai insinyur terdaftar (RE) atau insinyur profesional dengan PEC tidak perlu melalui proses lebih lanjut setelah mereka pindah ke provinsi atau wilayah lain di Pakistan. Untuk insinyur struktur, pendaftaran dengan otoritas bangunan setempat mungkin merupakan persyaratan lebih lanjut tergantung pada yurisdiksi dan kode bangunan setempat.

Washington Accord: Pakistan memperoleh status Pengamat di Washington Accord pada tahun 2009, anggota sementara pada tahun 2010 dan menjadi penandatangan penuh pada tanggal 21 Juni 2017.  Pakistan merupakan negara penandatangan ke-19 yang mencapai status ini.

IPEA & IntPE: Melalui klausul 13 (h) dari Peraturan CPD PEC 2008, PEC secara sepihak menghormati Forum Mobilitas Insinyur (EMF) / Perjanjian Insinyur Profesional Internasional (IPEA) sejak 10 Juli 2010. Insinyur yang telah terdaftar sebagai insinyur profesional di EMF / IPEA akan dikecualikan dari persyaratan poin EPE & CPD dan akan dianugerahi gelar insinyur profesional (PE) pada saat pengajuan aplikasi. Pada tanggal 29 Juni 2018, International Engineering Alliance (IEA) memberikan kewenangan kepada PEC untuk memberikan status IPE (IntPE) kepada kandidat yang memenuhi syarat. PEC mengembangkan kerangka kerja aplikasi dan, sejak September 2020, mulai menerima aplikasi melalui portal IPEA khusus di situs web PEC.

Sri lanka

Di Sri Lanka, gelar "insinyur" tidak diatur. Namun, sesuai dengan Undang-Undang Dewan Teknik No 4 tahun 2017, semua praktisi teknik di Sri Lanka harus terdaftar di dewan teknik untuk berlatih. Kegagalan untuk melakukannya akan mengakibatkan pelanggaran dan dapat dihukum oleh pengadilan ringkas di hadapan seorang Hakim dengan masa hukuman penjara tidak lebih dari satu tahun dan/atau denda tidak lebih dari seratus ribu rupee.

Eropa

Insinyur Eropa (Eur Ing, EUR ING) adalah sertifikat internasional untuk insinyur yang digunakan di banyak negara Eropa. Sertifikat ini diberikan setelah aplikasi yang berhasil ke anggota nasional Engineers Europe (sebelumnya bernama Federasi Asosiasi Teknik Nasional Eropa (FEANI)). Insinyur Eropa mencakup representasi dari banyak negara Eropa, termasuk sebagian besar Uni Eropa.

Engineers Europe melobi dan berusaha untuk membentuk EUR ING sebagai jaminan kompetensi bagi para insinyur profesional. Ini bukan otoritas pemerintah atau supranasional (Uni Eropa), tetapi diakui oleh Uni Eropa sebagai contoh pengaturan mandiri.

Oleh karena itu, menambahkan EUR ING pada nama seseorang dapat menjadi masalah di beberapa negara bagian. Terutama mereka yang mengatur penggunaan istilah Insinyur, singkatannya, dan terjemahannya. Dan di mana gelar Insinyur hanya dapat diberikan oleh institusi yang diakui (seperti universitas). Yang mana Insinyur Eropa tidak ada. Gelar EUR ING, jika digunakan, seharusnya "pra-nominal," yaitu, ditempatkan sebelum dan bukan setelah nama seperti dalam kasus gelar pasca-nominal seperti yang digunakan untuk gelar akademis. Namun, hal ini berbenturan dengan praktik di beberapa negara Uni Eropa di mana gelar akademik juga pra-nominal.

Pada akhirnya, hukum nasional, bukan sertifikat EUR ING dari Engineers Europe, yang menentukan apakah gelar insinyur dan biasanya kualifikasi profesional insinyur dari satu negara anggota diakui oleh negara anggota lainnya. Untuk anggota Uni Eropa, arahan Uni Eropa Petunjuk 2005/36/EC dari Parlemen Eropa dan Dewan Eropa tanggal 7 September 2005 tentang pengakuan kualifikasi profesional memberikan kerangka hukum dan perlu diterapkan dalam hukum nasional.

Asosiasi lain di Eropa adalah Eureta. Gelar profesional "Ing. EurEta" digunakan sebagai pra-nominal (mirip dengan Dr. atau Prof). Seorang insinyur yang terdaftar di EurEta "Asosiasi Insinyur dan Profesional Teknik Tinggi Eropa" disebut "Insinyur Terdaftar EurEta," dan memiliki hak untuk menggunakan gelar ini di Eropa.

Jerman

Penggunaan gelar insinyur(Ingenieur dalam bahasa Jerman) tidak diatur hingga tanggal 8 Juli 1965. Diperkirakan pada saat itu terdapat 105.000 Insinyur dengan gelar akademis, 225.000 insinyur dengan gelar akademi atau sekolah teknik, dan 30.000 insinyur yang bekerja sendiri Insinyur yang bekerja sendiri dapat mengajukan permohonan pengecualian untuk terus menggunakan gelar tersebut atau harus berhenti menggunakan gelar tersebut dalam jangka waktu tertentu.

Sejak saat itu, cara yang umum dilakukan untuk dapat menggunakan gelar insinyur adalah dengan memperoleh gelar akademis insinyur diploma Diplom-Ingenieur (disingkat Dipl.-Ing.) atau insinyur doktor (Phd, Dr.-Ing.) dari lembaga akademis, atau memperoleh gelar insinyur lulusan(Ingenieur (lulusan)) dari sekolah teknik atau akademi teknik. Lulusan sebelumnya dari sekolah teknik atau akademi teknik dapat terus menggunakan gelar tersebut atau dalam beberapa kasus dapat mengubah gelar mereka menjadi Ingenieur (grad.). Sekolah-sekolah pertambangan juga memberikan beberapa gelar insinyur.

Pada tahun 1970-an, Jerman mengubah sekolah dan akademi tekniknya menjadi universitas ilmu terapan dan mendirikan universitas-universitas baru. Dengan perubahan ini, gelar Ingenieur ( lulusan) tidak lagi diberikan. Sebagai gantinya, universitas ilmu terapan memberikan gelar akademis insinyur diploma Diplom-Ingenieur. Seiring berjalannya waktu, dan tergantung pada kondisi pertikaian yang sebenarnya antara universitas dan universitas ilmu terapan, universitas ilmu terapan memberikan gelar tersebut dengan akhiran Diplom-Ingenieur (FH).

Pada saat yang sama, negara-negara bagian(Bundesländer) membuat undang-undang insinyur mereka sendiri, karena di Jerman pendidikan merupakan urusan negara bagian, bukan pemerintah federal. Semua undang-undang ini sangat mirip dan menjelaskan siapa saja yang boleh menggunakan gelar insinyur.

Saat ini (2023) jumlah insinyur dengan gelar akademis Diplom-Ingenieur, dengan atau tanpa akhiran, sedang menurun. Jerman mengadopsi Proses Bologna dan mengubahnya menjadi sistem sarjana/magister dengan gelar akademik masing-masing. Hanya sedikit universitas yang masih menyediakan program gelar diploma dan memberikan gelar akademik dengan kata insinyur(Ingenieur) pada gelarnya. Untuk gelar doktor, gelar Dr.-Ing. masih diberikan.

Namun, penggunaan istilah Ingenieur terus dilindungi bahkan setelah penerapan proses bologna. Hal ini juga berlaku untuk terjemahan dan singkatan. Kelompok orang yang diizinkan untuk menggunakan gelar pekerjaan itu sebenarnya diperluas. Biasanya sejak tahun 2013, undang-undang insinyur di negara bagian mengizinkan orang yang menyelesaikan studi ilmiah atau teknik setidaknya tiga tahun (misalnya sarjana, atau studi diploma yang lebih lama) di lembaga akademik Jerman untuk menggunakan insinyur sebagai jabatan. Juga banyak kasus kak ek yang tercakup, seperti insinyur dengan gelar Ingenieur (lulusan ).

Selain itu, undang-undang negara bagian berisi ketentuan bagi pihak berwenang untuk memberikan hak kepada orang yang memperoleh gelar atau gelar insinyur dari lembaga asing atau sebaliknya untuk menggunakan gelar pekerjaan tersebut. Dengan ketentuan khusus untuk negara-negara anggota Uni Eropa.

Undang-undang negara bagian biasanya menganggap penggunaan gelar insinyur secara tidak sah sebagai pelanggaran. § 132a dari hukum pidana Jerman menjadikan penggunaan gelar akademik secara tidak sah sebagai tindak pidana. Dapat dihukum hingga satu tahun penjara atau denda.

Kamar teknik

Insinyur yang menawarkan layanan teknik tertentu harus menjadi anggota kamar teknik(Ingenieurkammer) menurut hukum. Hal ini paling sering terjadi pada kegiatan konsultasi lepas(Beratender Ingenieur) di bidang konstruksi, tetapi juga dapat diperlukan untuk pekerjaan teknik lainnya. Keanggotaan sukarela juga dimungkinkan kamar insinyur diatur sendiri dan menyediakan layanan bagi anggotanya.

Insinyur

"Insinyur bersertifikat negara" (bahasa Jerman: staatlich geprüfter Techniker) adalah kualifikasi Uni Eropa klarifikasi diperlukan untuk seorang ahli teknologi teknik profesional (jangan disamakan dengan teknisi teknik atau "Dipl.-Ing").

Sertifikat ini diberikan kepada ahli teknologi teknik setelah berhasil menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi teknik dan juga diberikan oleh organisasi internasional yang berkantor pusat di Jerman, yaitu "BVT", Asosiasi Federal Profesi Tinggi untuk Teknologi, Ekonomi, dan Desain(Bundesverband höherer Berufe der Technik, Wirtschaft und Gestaltung e.V.).

Sertifikat Techniker telah dikelompokkan pada tingkat yang sama dengan gelar sarjana akademis dalam kerangka kualifikasi nasional (DFQ) dan Uni Eropa (EFQ).

Petunjuk Uni Eropa

Daftar pendidikan dan pelatihan yang diatur sebagaimana dimaksud dalam sub-ayat ketiga Pasal 13(2)

Seorang anggota BVT berhak menggunakan inisial "BVT" di belakang namanya. Untuk mencapai kualifikasi ini, diperlukan program magang selama 42 bulan, ijazah perguruan tinggi minimal 2.400 jam di bidang teknik atau teknologi, dua tahun pengalaman yang relevan, dan lulus ujian negara. Persyaratan akademis untuk menjadi insinyur bersertifikat negara adalah gelar yang setara dengan level 6 pada EQF = sarjana pada Kerangka Kualifikasi Eropa. Gelar sarjana (kehormatan) di bidang teknik atau teknologi rekayasa dari universitas terakreditasi juga disamakan dengan level 6 pada EQF. Seorang insinyur bersertifikat negara tidak diwajibkan untuk menyelesaikan gelar sarjana. Sebelum 31 Januari 2012, sertifikat insinyur bersertifikat negara bagian biasanya membuat pemegangnya memenuhi syarat untuk melanjutkan ke pendidikan tingkat sarjana di universitas sains terapan. Di masa lalu, hal ini menimbulkan diskusi yang luas dan kontroversial antara insinyur bergelar sarjana dan magister dengan insinyur bersertifikat negara bagian.

Saat ini, gelar ini berada pada level yang sama dengan gelar sarjana. Seseorang dapat melanjutkan studi ke gelar master dengan kualifikasi SCE. Persyaratan akademis untuk kualifikasi mirip dengan kualifikasi / pendaftaran insinyur yang tergabung oleh EC UK. Insinyur bersertifikat negara sekarang membantu para insinyur yang hanya memiliki diploma atau gelar master. Mereka juga memegang posisi teknik penuh sebagai insinyur sistem, insinyur integrasi, insinyur penguji, insinyur QA, dll.

Tingkat insinyur, manajer bisnis, dan perancang yang bersertifikat negara sekarang menjadi level 6-Sarjana pada DQF dan EQF, per 31 Januari 2012. Perwakilan dan agen lembaga-lembaga berikut ini dilibatkan: pemerintah federal (Kementerian Federal untuk Pendidikan dan Penelitian, Kementerian Federal untuk Ekonomi dan Teknologi), konferensi tetap dan pertemuan tingkat menteri ekonomi negara-negara, Konfederasi Asosiasi Pengusaha Jerman, Kamar Dagang dan Industri Jerman, Federasi Serikat Buruh Jerman, dan Institut Federal untuk Aplikasi Kejuruan. Mereka menyepakati posisi bersama dalam implementasi EQF, sebagai kerangka kualifikasi Jerman (DQR).

Britania raya

Insinyur chartered (inggris)

"Secara umum tidak ada pembatasan hak untuk berpraktik sebagai insinyur di Inggris. Namun ada sejumlah kecil bidang pekerjaan, umumnya terkait dengan keselamatan, yang dicadangkan oleh undang-undang, peraturan, atau standar industri untuk orang yang berlisensi atau disetujui. Gelar "insinyur" tidak diatur, tetapi gelar insinyur tertentu diatur. Tidak ada sistem untuk perizinan, namun ada daftar orang-orang yang memenuhi syarat. Dewan Teknik adalah badan pengatur Inggris untuk profesi insinyur. Badan ini memiliki daftar nasional 235.000 insinyur yang terdaftar sebagai EngTech (teknisi teknik), ICTTech (teknisi teknologi informasi dan komunikasi), IEng (insinyur berbadan hukum), dan CEng (insinyur yang disewa). Gelar-gelar ini sepenuhnya dilindungi oleh hukum melalui Piagam dan Anggaran Rumah Tangga Engineering Council. Untuk melindungi gelar-gelar ini, tindakan diambil melalui pengadilan terhadap penggunaan yang tidak sah.

Untuk menerima sebutan sebagai CEng, diperlukan pendidikan yang telah disetujui (biasanya hingga tingkat Master) dan juga menunjukkan kompetensi kepemimpinan dan manajemen teknis dan komersial yang signifikan.

Seorang insinyur yang disewa berhak untuk mendaftar melalui Federasi Asosiasi Teknik Nasional Eropa (FEANI) sebagai Insinyur Eropa dan menggunakan sebutan pra-nominal: Eur Ing.

Amerika utara

Kanada

Praktik keinsinyuran di Kanada sangat diatur di bawah sistem perizinan yang dikelola oleh asosiasi keinsinyuran yang diatur sendiri di setiap provinsi. Di Kanada, sebutan "insinyur profesional" dan "insinyur" (termasuk gelar yang mengandung kata insinyur dan singkatan seperti P. Eng.) hanya dapat digunakan oleh insinyur yang berlisensi dan praktik teknik dilindungi oleh hukum di semua provinsi peraturan dan perizinan insinyur dilakukan melalui asosiasi insinyur di setiap provinsi yang dibentuk oleh undang-undang yang disahkan oleh badan legislatif provinsi tersebut. Ada juga Engineers Canada yang mengatur program sarjana untuk bidang teknik. Proses pendaftaran umumnya adalah sebagai berikut:

1. Memenuhi syarat akademis dengan salah satu dari dua metode yang sama validnya:

  • Lulus dengan gelar dari program terakreditasi di bidang teknik atau sains terapan, yang diakreditasi oleh Dewan Akreditasi Teknik Kanada (CEAB).
  • Lulus dari program non-CEAB dengan pendidikan minimal dua tahun di bidang teknik atau bidang studi terkait ditambah dengan penyelesaian program ujian teknis.

2. Menyelesaikan program pelatihan insinyur (EIT) atau program magang teknik di bawah arahan seorang insinyur profesional. Kecuali di Quebec, ini adalah program minimal empat tahun.

3. Tinjauan pengalaman kerja oleh asosiasi.

4. Lulus ujian praktik profesional, tentang hukum teknik yang isi dan formatnya berbeda di setiap provinsi.

Insinyur profesional tidak memiliki lisensi dalam disiplin ilmu tertentu tetapi terikat oleh undang-undang teknik provinsi masing-masing (misalnya di Ontario: Undang-Undang Insinyur Profesional R.R.O. 1990, Regulasi 941, Pasal 72) untuk tidak melakukan praktik di luar pelatihan dan pengalaman mereka. Pelanggaran terhadap kode etik sering kali menjadi dasar yang cukup untuk tindakan penegakan hukum, yang dapat mencakup penangguhan atau kehilangan lisensi dan hukuman finansial. Hal ini juga dapat mengakibatkan hukuman penjara, jika kelalaian terbukti berperan dalam insiden yang menyebabkan hilangnya nyawa manusia.

Para insinyur tidak diuji mengenai pengetahuan teknis selama proses perizinan jika pendidikan mereka diakreditasi oleh CEAB. Akreditasi sekolah dan status pemberian gelar terakreditasi mereka dipantau dan dikendalikan. Proses akreditasi ini diatur oleh Engineers Canada melalui grup aktif mereka CEAB.

Proses akreditasi dilakukan secara terus menerus dan ditegakkan melalui tinjauan akreditasi rutin setiap sekolah. Tinjauan ini biasanya mencakup tinjauan kurikulum sekolah (termasuk ujian akhir dan tugas yang ditandai), wawancara dengan siswa saat ini, kegiatan ekstrakurikuler dan staf pengajar serta area tambahan yang mungkin dirasa perlu ditangani oleh dewan peninjau. Bidang-bidang khusus yang dipertimbangkan adalah isi kurikulum, lingkungan program dan kriteria umum. Asosiasi diberikan hak eksklusif untuk mendapatkan gelar dan hak eksklusif untuk berpraktik. Seorang insinyur profesional secara hukum diwajibkan untuk memiliki lisensi di sebagian besar provinsi. Tingkat penegakan hukum bervariasi tergantung pada industri tertentu, tetapi seringkali keluhan perlu diajukan agar tindakan regulasi dapat dimulai.

Lisensi insinyur profesional hanya berlaku di provinsi tempat pengiriman. Namun demikian, ada kesepakatan antara asosiasi untuk memudahkan mobilitas. Pada tahun 2009, insinyur profesional Ontario memimpin sebuah inisiatif untuk mengembangkan kerangka kerja lisensi insinyur nasional.

Istilah "insinyur" sering digunakan secara longgar di beberapa sektor industri Kanada untuk menggambarkan orang-orang yang bekerja di bidang teknologi rekayasa - bukan insinyur profesional - sebagai ahli teknologi rekayasa atau teknisi rekayasa dan nama dagang seperti insinyur stasioner. Sebagai contoh, Penjaga Pantai Kanada dan Angkatan Laut Kanada sering menyebut teknisi mereka sebagai "insinyur kelautan", "insinyur listrik", dan "insinyur militer" secara internal, tetapi tidak dalam domain publik. Istilah "insinyur lokomotif" telah menjadi bagian integral dari perkeretaapian Kanada sejak awal. "Teknik stasioner" adalah perdagangan yang teknisi-teknisinya mengoperasikan mesin-mesin berat dan peralatan yang menyediakan panas, cahaya, kontrol iklim, dan daya.

Amerika serikat

Di Amerika Serikat, registrasi atau lisensi insinyur profesional dan praktik keinsinyuran diatur oleh masing-masing negara bagian. Setiap registrasi atau lisensi hanya berlaku di negara bagian tempat lisensi tersebut diberikan. Beberapa insinyur berlisensi memiliki lisensi di lebih dari satu negara bagian. Comity, juga dikenal sebagai timbal balik, antar negara bagian memungkinkan para insinyur yang memiliki lisensi atau terdaftar di satu negara bagian untuk mendapatkan lisensi di negara bagian lain tanpa memenuhi bukti kualifikasi yang ketat melalui pengujian. Hal ini dilakukan dengan negara bagian kedua mengakui keabsahan proses perizinan atau registrasi negara bagian pertama.

Sejarah

Lisensi di Amerika Serikat dimulai di Negara Bagian Wyoming ketika pengacara, notaris, dan pihak-pihak lain yang tidak memiliki pendidikan teknik membuat pengajuan yang tidak berkualitas kepada negara bagian untuk mendapatkan izin menggunakan air negara bagian untuk irigasi. Clarence Johnson, insinyur negara bagian Wyoming, mengajukan rancangan undang-undang pada tahun 1907 kepada badan legislatif negara bagian yang mewajibkan registrasi bagi siapa pun yang menyatakan diri sebagai insinyur atau surveyor tanah dan membentuk dewan penguji. Charles Bellamy, seorang insinyur dan surveyor mineral berusia 52 tahun kemudian menjadi insinyur profesional berlisensi pertama di Amerika Serikat. Setelah diberlakukan, Johnson dengan masam menulis tentang dampak undang-undang tersebut, dengan mengatakan, "Perubahan yang paling mencengangkan terjadi dalam beberapa bulan dalam karakter peta dan rencana yang diajukan dengan permohonan izin." Louisiana, diikuti oleh Florida dan Illinois, akan menjadi negara bagian berikutnya yang mewajibkan perizinan. Montana menjadi negara bagian terakhir yang mengesahkan perizinan pada tahun 1947, kecuali Hawaii.

Persyaratan

Persyaratan untuk mendapatkan lisensi bervariasi, tetapi umumnya adalah sebagai berikut:

  1. Lulus dari program perguruan tinggi atau universitas empat tahun yang terakreditasi Accreditation Board for Engineering and Technology (ABET) dengan gelar di bidang teknik (misalnya, Sarjana Teknik, Sarjana Sains di bidang teknik, Magister Sains di bidang teknik, Magister Teknik) atau di beberapa negara bagian, lulus dari program perguruan tinggi atau universitas empat tahun yang terakreditasi ABET dengan gelar di bidang teknologi teknik.
  2. Menyelesaikan ujian tertulis standar Fundamentals of Engineering (FE), yang menguji pelamar tentang pemahaman yang luas tentang prinsip-prinsip teknik dasar dan, secara opsional, beberapa elemen spesialisasi teknik. Penyelesaian dua langkah pertama biasanya membuat pelamar memenuhi syarat untuk mendapatkan sertifikasi di Amerika Serikat sebagai insinyur dalam pelatihan (EIT), kadang-kadang juga disebut insinyur magang (EI).
  3. Mengumpulkan sejumlah pengalaman teknik: di sebagian besar negara bagian, persyaratannya adalah empat tahun, tetapi lebih rendah di beberapa negara bagian. Untuk lulusan teknologi teknik, jumlah tahun yang diperlukan mungkin lebih tinggi.
  4. Menyelesaikan ujian tertulis Principles and Practice in Engineering (PE), yang menguji pengetahuan dan keterampilan pelamar dalam disiplin ilmu teknik yang mereka pilih (sipil, elektro, industri, mekanik, dll.), serta etika teknik.

Untuk standarisasi, ujian FE dan PE ditulis dan dinilai oleh organisasi pusat, National Council of Examiners for Engineering and Surveying (NCEES). Namun, dewan insinyur profesional masing-masing negara bagian secara individual menetapkan persyaratan untuk mengikuti ujian, serta nilai kelulusan. Sebagai contoh, pelamar di beberapa negara bagian harus memberikan referensi profesional dari beberapa PE sebelum mereka dapat mengikuti ujian PE. Terdapat rentang yang cukup besar dalam tingkat kelulusan ujian untuk ujian FE dan PE, tetapi tingkat kelulusan untuk peserta ujian ulangan secara signifikan lebih rendah.

Seluruh 50 negara bagian dan District of Columbia memiliki dewan teknik yang diwakili oleh NCEES, yang mengelola ujian FE dan PE.

Persyaratan gelar di Amerika Serikat terus berkembang. Mulai 1 Januari 2020, model NCEES akan membutuhkan kredit tambahan di luar gelar Bachelor of Science in Engineering. NCEES sedang mengembangkan jenis-jenis kegiatan yang dapat dikreditkan yang akan memenuhi persyaratan pendidikan tambahan. Hal ini telah mendapat dukungan dari para insinyur sipil.

Pada tahun 2023, masih memungkinkan bagi seseorang untuk melewati Langkah No. 2 dan 4. Di Texas, misalnya, keringanan ujian FE masih tersedia untuk individu dengan beberapa tahun pengalaman yang dapat dikreditkan.

Di beberapa negara bagian, masih memungkinkan bagi seseorang untuk melewati Langkah No. 1 dan mengajukan permohonan untuk mengikuti ujian registrasi - selama PE mensponsori pemohon - karena pengalaman kerja dapat digantikan oleh pengalaman akademis. Persyaratan untuk pengalaman bertahun-tahun juga dapat bervariasi. Sebagai contoh, di California dimungkinkan untuk mengikuti ujian PE dengan hanya dua tahun pengalaman setelah gelar Sarjana Sains di bidang Teknik atau satu tahun pengalaman setelah gelar Master Teknik. Di negara bagian lain, kandidat dapat mengambil salah satu ujian PE secara langsung melalui NCEES, dalam beberapa kasus segera setelah lulus, tetapi mereka masih harus menunggu hingga mendapatkan pengalaman yang diperlukan sebelum mendapatkan lisensi. Beberapa negara bagian juga memiliki ujian khusus negara bagian. California mewajibkan dua ujian tambahan dalam survei tanah dan teknik gempa bumi untuk kandidat teknik sipil dan banyak negara bagian memiliki ujian berdasarkan undang-undang dan persyaratan etika masing-masing.

Beberapa negara bagian mengeluarkan lisensi teknik profesional umum. Negara bagian lainnya, yang dikenal sebagai "negara bagian disiplin", mengeluarkan lisensi untuk disiplin ilmu teknik tertentu, seperti teknik sipil, teknik mesin, teknik nuklir, teknik elektro, dan teknik kimia. Namun, dalam semua kasus, para insinyur secara etis diwajibkan untuk membatasi praktik mereka pada bidang kompetensi mereka, yang biasanya merupakan bagian kecil dari suatu disiplin ilmu. Meskipun dewan perizinan tidak sering menegakkan batasan ini, hal ini dapat menjadi faktor dalam tuntutan hukum kelalaian. Di beberapa negara bagian, insinyur sipil berlisensi juga dapat melakukan pekerjaan survei tanah.

Selain lisensi orang tersebut, sebagian besar negara bagian mengharuskan perusahaan yang menyediakan layanan teknik diberi wewenang untuk melakukannya. Misalnya, negara bagian Florida mengharuskan bisnis yang menawarkan layanan teknik untuk terdaftar di negara bagian tersebut dan memiliki insinyur profesional berlisensi Florida yang memenuhi syarat untuk menjalankan bisnis tersebut.

Insinyur sipil merupakan bagian besar dari insinyur profesional berlisensi. Di Texas, misalnya, sekitar 37 persen lisensi adalah untuk insinyur sipil, dengan ujian teknik sipil mencapai lebih dari setengah ujian yang diambil. Banyak sisanya adalah insinyur mekanik, listrik, dan struktural. Namun, beberapa insinyur di bidang lain mendapatkan lisensi untuk kemampuan menjadi saksi profesional di pengadilan, di hadapan komite pemerintah, atau hanya untuk gengsi-meskipun mereka mungkin tidak pernah menandatangani dan menyegel dokumen desain.

Bidang-bidang yang mencakup sebagian besar teknik mesin, kedirgantaraan, dan kimia dapat secara khusus dikecualikan dari peraturan di bawah "pengecualian industri". Pengecualian industri bervariasi dari satu negara bagian ke negara bagian lainnya. Pengecualian industri mencakup insinyur yang merancang produk seperti mobil yang dijual (atau memiliki potensi untuk dijual) di luar negara bagian tempat produk tersebut diproduksi, serta peralatan yang digunakan untuk memproduksi produk tersebut. Struktur yang tunduk pada peraturan bangunan tidak tercakup dalam pengecualian industri, meskipun bangunan tempat tinggal kecil sering kali tidak memerlukan segel insinyur. Di beberapa yurisdiksi, peran arsitek dan insinyur struktur tumpang tindih. Secara umum, profesional utama yang bertanggung jawab untuk mendesain bangunan yang layak huni adalah arsitek. Arsitek menandatangani dan menyegel rencana desain untuk bangunan dan struktur lain yang dapat ditempati manusia. Insinyur struktur dikontrak untuk menyediakan desain struktural teknis yang memastikan stabilitas dan keamanan struktur secara keseluruhan, namun, saat ini tidak ada negara bagian yang mengizinkan insinyur untuk melakukan arsitektur profesional tanpa memiliki lisensi sebagai arsitek.

Banyak perusahaan swasta mempekerjakan pekerja tanpa gelar di posisi teknis dengan gelar insinyur seperti "insinyur penguji" atau "insinyur lapangan". Atas kebijaksanaan perusahaan, selama perusahaan tidak menawarkan layanan teknik secara langsung kepada publik atau bisnis lain, posisi tersebut mungkin tidak memerlukan lisensi teknik.

Namun, penting untuk membedakan antara "insinyur lulusan" dan "insinyur profesional". "Insinyur pascasarjana" adalah siapa pun yang memiliki gelar di bidang teknik dari program universitas empat tahun yang terakreditasi, tetapi tidak memiliki lisensi untuk berpraktik atau menawarkan layanan kepada publik. Insinyur yang tidak berlisensi biasanya bekerja sebagai karyawan di sebuah perusahaan atau sebagai profesor di perguruan tinggi teknik, di mana mereka diatur di bawah klausul pengecualian industri.

Penunjukan

Huruf setelah atau sebelum nama seseorang (huruf setelah nominal atau sebelum nominal) biasanya digunakan untuk menunjukkan pemegang lisensi keinsinyuran di berbagai yurisdiksi:

Afrika

  • Ing. di Ghana (untuk insinyur yang memegang gelar BSc atau lebih tinggi dengan pengalaman teknik yang relevan) dan anggota terdaftar dari Ghana Institute of Engineers(GhIE)
  • Pr Eng. atau Pr Ing. digunakan sebagai post-nominal di Afrika Selatan (untuk insinyur yang memiliki gelar BEng, BSc.Eng. atau B.Ing. dengan pengalaman yang relevan). "Pr.Cert.Eng" singkatan dari Professional Certificated Engineer digunakan sebagai nominal akhir untuk insinyur yang telah terdaftar di Dewan Teknik Afrika Selatan setelah lulus Ujian Sertifikat Kompetensi Insinyur.
  • R.Eng adalah singkatan dari insinyur yang terdaftar di Kenya (Pemegang lima tahun pendidikan teknik pasca-sekolah menengah dan empat tahun pengalaman kerja).
  • Eng. digunakan untuk insinyur yang memegang gelar Sarjana Sains, Sarjana Teknik (atau lebih tinggi) dengan pengalaman teknik yang relevan di Mesir dan harus menjadi anggota Sindikat Insinyur Mesir.
  • Engr digunakan sebagai pra-nominal di Nigeria (untuk pemegang gelar sarjana atau lebih tinggi di bidang teknik dengan pengalaman yang relevan dan telah berhasil lulus Ujian Profesional Masyarakat Insinyur Nigeria (NSE) dan memenuhi persyaratan NSE dan Dewan Regulasi Rekayasa di Nigeria (COREN) lainnya)
  • R.Eng atau CEng digunakan sebagai post-nominal untuk insinyur terdaftar di Nigeria setelah memenuhi persyaratan NSE dan COREN.
  • Eng digunakan sebagai pra-nominal di Uganda untuk insinyur terdaftar. Di Uganda, seorang insinyur terdaftar harus sebagai prasyarat menjadi anggota Lembaga Insinyur Profesional Uganda (UIPE) dan harus memiliki gelar Sarjana Sains (atau lebih tinggi) di bidang teknik bersama dengan pengalaman teknik yang relevan yang harus didokumentasikan, didukung oleh dua insinyur terdaftar dan dipertahankan oleh pemohon dalam sebuah wawancara dengan Dewan Registrasi Insinyur (Engineers' Registration Board/ERB), yang memiliki kekuatan untuk mengkonfirmasi penunjukan sebagai insinyur terdaftar. Biaya tahunan harus dibayarkan kepada ERB oleh semua insinyur yang terdaftar.

Australia dan selandia baru

  • RPEng adalah singkatan dari Insinyur Profesional Terdaftar dari Professionals Australia. Dinilai oleh Profesional Australia.
  • CPEng adalah singkatan dari Chartered Professional Engineer. Dinilai oleh Insinyur Australia dan Insinyur Selandia Baru.
  • NER adalah singkatan dari National Engineering Register, yang dikelola oleh Engineers Australia.
  • RPEQ adalah singkatan dari Registered Professional Engineer of Queensland dan diperlukan oleh semua insinyur di Queensland, dan semua insinyur yang bekerja untuk Queensland. Ini tunduk pada persyaratan CPD[51] untuk mempertahankan status. Dikelola oleh Dewan Insinyur Profesional Queensland.
  • Insinyur Lulusan adalah sebutan resmi di bawah Legislasi Australia (Professional Employees Award 2010) yang mencakup mahasiswa teknik yang telah lulus dari program studi teknik yang sesuai.
  • Insinyur Profesional dan Insinyur Berpengalaman adalah sebutan resmi di bawah Perundang-undangan Australia (Penghargaan Karyawan Profesional 2010) untuk insinyur yang menjalankan tugas-tugas teknik profesional dan; merupakan anggota Insinyur Australia; atau insinyur pascasarjana dengan pengalaman 4 tahun dengan tugas-tugas teknik profesional; atau yang belum lulus dari program universitas, tetapi merupakan insinyur dengan pengalaman lima tahun menjalankan tugas-tugas teknik profesional sebagaimana halnya dengan insinyur yang belajar sendiri dan yang dilatih oleh industri.

Asia

  • Mohandess Payeh 1 dan Mohandess Payeh 2 adalah gelar yang digunakan masing-masing untuk insinyur profesional dan insinyur dalam pelatihan di Iran.
  • Ir digunakan sebagai pra-nominal di Hong Kong, Malaysia, dan Indonesia.
  • Er digunakan sebagai pra-nominal di Singapura dan P.E./P.Eng. (insinyur profesional) digunakan sebagai sebutan setelah nominal.
  • P.E.Jp sebagai pra-nominal di Jepang.
  • Engr. atau insinyur diperbolehkan di depan nama Anda hanya jika Anda memiliki keanggotaan di IEB, di Bangladesh.
  • R.E. dan P.E. digunakan sebagai sebutan pasca-nominal untuk insinyur di Pakistan yang terdaftar di Pakistan Engineering Council (PEC) setelah menyelesaikan gelar Sarjana Teknik / Sarjana Sains di bidang Teknik selama empat tahun. R.E. (insinyur terdaftar) dan P.E. (insinyur profesional)
  • Mohandes digunakan sebagai pra-nominal di negara-negara Arab seperti Irak, Suriah, dan Lebanon.
  • Eng. atau .م sebagai pra-nominal di Yordania (untuk insinyur yang memegang gelar sarjana teknik setelah lima tahun studi).
  • Engr. atau ins inyur digunakan sebagai pra-nominal di Filipina untuk individu yang lulus ujian lisensi profesional yang diatur oleh pemerintah, yang hanya diberikan untuk bidang teknik tertentu.
  • CEng (Sri Lanka) digunakan di Sri Lanka sebagai singkatan pasca-nominal oleh anggota perusahaan Institusi Insinyur, Sri Lanka (IESL).
  • IEng. Istilah insinyur yang tergabung ditawarkan oleh Institusi Insinyur yang tergabung, Sri Lanka.
  • CEng (India) digunakan sebagai singkatan pasca-nominal di India oleh mereka yang terdaftar sebagai insinyur yang disewa oleh Institusi Insinyur (India).
  • Er digunakan di depan nama mereka oleh insinyur sewaan yang memegang sebutan IE [India], di India.
  • Israel sebagian besar oleh insinyur sipil bergelar master.

Eropa

  • Eur Ing (insinyur Eropa) di Eropa, digunakan sebagai pra-nominal (mirip dengan Dr. atau Prof.) setelah didaftarkan secara tepat di negara mereka sendiri dan kemudian diterima oleh FEANI.
  • Ing.P.Eur (insinyur profesional Eropa) di Eropa, digunakan sebagai pra-nominal.
  • Ing.ingeniero (ingeniero) di Spanyol, digunakan sebagai pra-nominal, untuk insinyur yang memiliki gelar setara dengan gelar master karena mereka telah menempuh lima atau enam mata kuliah di sekolah tinggi teknik. Selain itu, ada juga ingeniero técnico(I.T.), yaitu seorang profesional yang memiliki gelar dan pendidikan minimal tiga mata kuliah di sekolah tinggi teknik. Kedua jenis insinyur ini memiliki kompetensi penuh di bidang teknik profesional masing-masing, perbedaannya adalah insinyur tiga tahun hanya memiliki kompetensi di bidang spesialisasi mereka (mekanik, listrik, kimia, dll.) dan insinyur "sekolah unggul teknik" memiliki kompetensi yang lebih luas. Proses Bologna mengubah struktur ini. Gelar ini akan membutuhkan empat mata kuliah dan insinyur sekolah teknik unggul akan setara dengan mereka yang memiliki gelar master di bidang teknik.
  • Eng. (Engenheiro) di Portugal, digunakan sebagai pra-nominal. Engenheiro adalah seorang profesional yang disewa penuh di bidang teknik yang dianugerahi gelar master (siklus studi ke-2 menurut sistem proses Bologna ) oleh sekolah teknik yang terakreditasi. Di Portugal, ada juga engenheiro técnico yang merupakan seorang profesional dengan gelar sarjana (siklus studi pertama) di bidang teknik atau ilmu teknik. Gelar master terakreditasi di bidang teknik diatur dan disertifikasi oleh Ordem dos Engenheiros (Ordo Insinyur) dan setiap insinyur profesional yang disewa penuh terdaftar di Ordem.
  • Di Finlandia, regulasi hanya mempengaruhi gelar akademik. Dalam pendidikan akademis, gelar diplomi-insinööri(dipl. ins. atau DI), yang secara resmi diterjemahkan sebagai "Magister Sains (Teknologi)", diberikan oleh universitas dan perguruan tinggi teknologi dan didahului oleh gelar sarjana menengah(tekniikan kandidaatti) atau studi yang setara. Dalam pendidikan kejuruan, gelar insinööri dan ylempi insinööri (amk ) diberikan oleh politeknik.
  • Di Jerman gelar Dipl.-Ing.(Diplom-Ingenieur, diploma insinyur) diberikan oleh kementerian pendidikan negara bagian(Bundesländer) setelah menyelesaikan pendidikan teknik akademis sesuai dengan undang-undang insinyur Jerman(Ingenieurgesetz). Gelar Ing. grad.(lulusan Ingenieur, insinyur pascasarjana) dan Obering. (Oberingenieur, insinyur pengawas) tidak lagi diberikan. (huruf-huruf pra-nominal)
  • Ing. EurEta digunakan sebagai huruf pra-nominal (mirip dengan Dr. atau Prof.). Seorang insinyur yang terdaftar di EurEta "Asosiasi Insinyur dan Profesional Teknik Tinggi Eropa" disebut "Insinyur Terdaftar EurEta" dan memiliki hak untuk menggunakan gelar ini di Eropa.
  • Insinyur bersertifikat negara bagian BVT. Gelar-gelar ini adalah terjemahan masing-masing (disahkan oleh Pemerintah Federal Jerman) dari staatlich geprüfter Techniker di Eropa.[55]
  • Ir. di Belanda (untuk insinyur yang memiliki gelar master dari universitas) atau Ing. (untuk insinyur yang memiliki gelar sarjana dari sekolah profesional). (huruf pra-nominal)
  • Ir. di Belgia (untuk insinyur "sipil" yang memiliki gelar master dalam ilmu teknik/ilmu bioteknologi dari universitas) atau Ing. (untuk insinyur "industri" yang memiliki gelar master dalam bidang teknik terapan, yang sebelumnya berasal dari sekolah tinggi, sejak tahun 2013, formasi ini diintegrasikan ke dalam universitas). (huruf pra-nominal)
  • Ing. di Italia digunakan sebagai pra-nominal (untuk insinyur yang memegang gelar master) atau Ing.jr (untuk insinyur yang memegang gelar sarjana). Diperlukan ujian negara. (huruf pra-nominal) Pendaftaran dilakukan di Consiglio Nazionale degli Ingegneri.
  • Siv. Ing (sivilingeniør, Master of Science) dan ing (høyskoleingeniør, Sarjana Sains) di Norwegia. Gelar ini digunakan oleh orang-orang yang memiliki gelar dari perguruan tinggi dan universitas teknik yang terakreditasi.
  • CEng (chartered engineer) dan IEng (insinyur yang tergabung) di Inggris dan Irlandia. Insinyur Inggris dan Irlandia juga dapat membawa surat pasca-nominal khusus untuk lembaga teknik spesialis mereka, seperti MIET (insinyur profesional dan profesional pascasarjana yang terdaftar di Institusi Teknik dan Teknologi). Di Inggris, hal ini diakui sebagai kualifikasi dan gelar yang diatur.
  • Civ. Ing. di Swedia (untuk insinyur yang memiliki gelar master di bidang teknik, Master of Engineering, Master of Science in Engineering) dan högskoleingenjör di Swedia (untuk insinyur yang memiliki gelar Sarjana Sains).
  • Cand.polyt. di Denmark (untuk insinyur yang memegang gelar master di bidang teknik, Master of Engineering, Master of Science di bidang teknik)
  • Ing. di Rumania, digunakan sebagai pra-nominal (mirip dengan Dr. atau Prof.).
  • Ing. untuk insinyur yang memiliki gelar master di Republik Ceko dan Republik Slovakia, digunakan sebagai pra-nominal (mirip dengan Mgr. = MSc).
  • inż. dan mgr inż. di Polandia, inż., inżynier(insinyur) adalah gelar yang diperoleh setelah 3,5 tahun studi teknik; inżynier yang memperoleh gelar MSc, menggunakan mgr inż. (magister inżynier, secara harfiah: insinyur utama). Gelar mgr dapat diperoleh dalam dua tahun pendidikan pasca sarjana atau sebelumnya (sampai proses Bologna diadaptasi sepenuhnya oleh universitas) melalui program Sarjana Sains/Magister Sains selama lima tahun yang terintegrasi. Beberapa orang (terutama di Amerika Serikat) secara keliru percaya bahwa "mgr inż." adalah semacam gelar yang terpisah, padahal sebenarnya ini adalah dua gelar, terlepas dari bagaimana cara memperolehnya. Gelar ini secara umum mencakup lisensi untuk berpraktik, meskipun beberapa peraturan mungkin memerlukan pendaftaran tambahan untuk melakukan tugas-tugas tertentu (lihat huruf-huruf sebelum nominal).
  • маг. инж. (Mag. Inzh. dari magister (master) insinyur) di Bulgaria (untuk insinyur yang memegang gelar master (magister)) atau инж. (untuk insinyur yang memegang gelar sarjana). (huruf pra-nominal)
  • "Inġ." di Malta (untuk insinyur yang memiliki gelar sarjana dan setidaknya tiga tahun pengalaman).
  • "PEng (UK) di Inggris (untuk insinyur yang menjadi anggota Society of Professional Engineers UK).
  • "BVT di Jerman (untuk insinyur yang memiliki magang bersertifikat selama tiga setengah tahun, diikuti dengan gelar minimal 2.400 jam dan minimal dua tahun pengalaman relevan yang disetujui, anggota Asosiasi Profesional Tinggi untuk Teknologi, Ekonomi dan Desain).
  • "Müh" atau "Mühendis" di Turki. Gelar ini digunakan oleh orang-orang yang memiliki gelar dari empat tahun studi di universitas teknik yang terakreditasi.
  • Pemilik Diploma di bidang Teknik di Yunani adalah gelar yang digunakan oleh orang-orang yang memiliki gelar studi lima tahun dari universitas teknik negeri. Hal ini membedakan mereka dari insinyur "sederhana" yang memiliki empat tahun studi di "TEI" (Institut Pendidikan Teknik) Yunani.

Amerika latin

Ing. di sebagian besar negara berbahasa Spanyol(huruf pra-nominal) (mirip dengan Dr. atau Prof): Argentina, Bolivia, Kolombia, Republik Dominika, Ekuador, El Salvador, Honduras, Meksiko, Peru, Uruguay, Venezuela.

  • Di Chili, praktik yang lazim adalah menempatkan istilah post-nominal ingeniero civil ditambah dengan bidang spesialisasi, seperti ingeniero civil eléctrico, ingeniero civil en minería atau ingeniero civil químico.
  • Eng. (engenheiro) kebiasaan dalam istilah pasca-nominal seperti: engenheiro civil, engenheiro mecânico, engenheiro electricista, engenheiro florestal, engenheiro agrônomo, engenheiro de segurança do trabalho di Brasil. Pendaftaran oleh CONFEA/CREA di negara bagian federasi Pará, Maranhão, Tocantins, São Paulo, dan lainnya, tetapi untuk bekerja di lebih dari satu negara bagian hanya dapat dilakukan dengan "visto".
  • "R.Eng." insinyur terdaftar di Trinidad dan Tobago, sebagaimana diakreditasi oleh Dewan Teknik Trinidad dan Tobago.

Amerika utara

  • PE atau PE digunakan di Amerika Serikat. Setiap negara bagian memberikan registrasi PE, yang terkadang dapat disahkan oleh negara bagian lain.
  • P.Eng. digunakan di Kanada, termasuk provinsi Quebec. Ini adalah gelar yang diatur, dan memerlukan lisensi.
  • Eng. (bahasa Prancis: ing.) digunakan di Quebec (insinyur profesional di Quebec dapat menggunakan Eng., P.Eng. atau ing., yang semuanya setara).

Penggunaan gelar

Di banyak negara, terdapat undang-undang yang membatasi penggunaan gelar pekerjaan yang mengandung kata "insinyur".

Kanada

Di Kanada, mempraktikkan teknik atau menggunakan gelar "insinyur profesional" atau "insinyur" adalah ilegal, tanpa lisensi. Ada duapengecualian-insinyur stasioner dan insinyur listrik. Teknik di Kanada diatur untuk kepentingan publik oleh badan lisensi profesional yang mengatur dirinya sendiri. Badan-badan ini didirikan oleh 13 pemerintah provinsi dan teritorial Kanada melalui undang-undang. Pemerintah provinsi dan teritorial telah mendelegasikan wewenang konstitusional mereka untuk mengatur insinyur dan teknik di Kanada kepada badan perizinan profesional yang dikelola dan diatur oleh profesi, menciptakan sistem pengaturan mandiri.

Undang-undang pertama yang terkait dengan insinyur profesional di Ontario dibuat pada tahun 1922 dan mengizinkan pembentukan asosiasi sukarela untuk mengawasi pendaftaran insinyur. Undang-undang tahun 1922 bersifat "terbuka", yang berarti bahwa keanggotaan dalam asosiasi tersebut tidak wajib bagi para insinyur yang berpraktik. Di Ontario, regulasi praktik keinsinyuran dimulai pada tahun 1937, ketika Undang-Undang Insinyur Profesional diamandemen dan profesi keinsinyuran "tertutup" bagi individu yang tidak memenuhi syarat; artinya, lisensi diwajibkan bagi siapa pun yang mempraktikkan keinsinyuran profesional. Pemerintah provinsi menetapkan bahwa akan menjadi kepentingan publik untuk membatasi praktik keinsinyuran bagi mereka yang memenuhi syarat dan hak untuk praktik "tertutup" bagi yang bukan insinyur sebagai akibat dari kegagalan jembatan dan bangunan, yang dirancang oleh individu yang tidak terampil.

Provinsi-provinsi di Kanada secara hukum mengizinkan para insinyur untuk mengatur sendiri profesi mereka. Badan-badan perizinan memenuhi mandat ini dengan memastikan standar praktik dan pendidikan insinyur di Kanada, dengan menetapkan standar untuk masuk ke dalam profesi, dengan mendisiplinkan para insinyur yang gagal menegakkan standar praktik dan etika profesi dan dengan mencegah penyalahgunaan gelar insinyur profesional oleh orang-orang yang tidak memiliki izin profesi. Mereka juga mengambil tindakan yang tepat untuk mencegah praktik ilegal keinsinyuran oleh individu yang tidak berlisensi. Mandat dan kewajiban setiap badan perizinan untuk menjalankan peran ini tercantum dalam undang-undang yang membentuknya. Meskipun setiap undang-undang sedikit berbeda, sebagian besar juga mendefinisikan ruang lingkup praktik bagi para insinyur dan secara khusus membatasi penggunaan gelar insinyur profesional untuk individu yang telah dilisensikan oleh badan perizinan keinsinyuran di provinsi atau wilayah tempat undang-undang tersebut berlaku.

Penggunaan istilah insinyur adalah masalah antara badan profesional, industri TI dan industri keamanan, di mana perusahaan atau asosiasi dapat mengeluarkan sertifikasi atau gelar dengan kata insinyur sebagai bagian dari gelar tersebut (seperti insinyur keamanan atau Insinyur Sistem Tersertifikasi Microsoft). Microsoft telah mengubah gelar tersebut menjadi "Microsoft Certified IT Professional". Beberapa badan lisensi untuk teknik profesional berpendapat bahwa hanya insinyur profesional berlisensi yang diizinkan secara hukum untuk menggunakan gelar insinyur. Di sisi lain, industri TI menentangnya:

  1. Pemegang gelar ini tidak pernah menampilkan diri mereka sebagai insinyur profesional
  2. Hukum provinsi, selain di Quebec dan Ontario, hanya mengatur penggunaan istilah insinyur profesional dan bukan gelar apa pun dengan kata insinyur; di Quebec dan Ontario, istilah insinyur dilindungi oleh Undang-Undang Insinyur dan oleh Bagian 32 dari Kode Profesional
  3. Industri TI telah menggunakan istilah insinyur sejak awal industri komputasi di tahun 60-an.

Putusan pengadilan mengenai penggunaan istilah insinyur telah beragam. Sebagai contoh, setelah pengaduan diajukan oleh Dewan Insinyur Profesional Kanada, pengadilan di Quebec mendenda Microsoft Kanada sebesar $1.000 karena menyalahgunakan gelar "insinyur" dengan menyebut lulusan MCSE sebagai insinyur. Sebaliknya, pengadilan Alberta menolak gugatan yang diajukan oleh Asosiasi Insinyur Profesional, Ahli Geologi, dan Ahli Geofisika Alberta (APEGGA) terhadap Raymond Merhej karena menggunakan gelar "insinyur sistem," dengan menyatakan bahwa, "Situasi responden sedemikian rupa sehingga tidak dapat dibantah bahwa publik kemungkinan besar akan tertipu, bingung, atau terancam oleh penggunaan istilah tersebut APEGGA juga kalah dalam upaya banding atas keputusan ini.

Masyarakat Pemrosesan Informasi Kanada, dan khususnya CIPS Ontario, telah berusaha untuk menyeimbangkan antara badan perizinan insinyur profesional dan industri TI mengenai penggunaan istilah insinyur dalam industri perangkat lunak, tetapi sejauh ini tidak ada kesepakatan atau keputusan besar yang diumumkan.

Kebingungan lainnya terjadi pada pekerjaan dengan nama yang mirip. Salah satu contohnya adalah insinyur listrik atau insinyur stasioner. Lulusan program teknologi rekayasa tenaga listrik tingkat perguruan tinggi selama dua tahun di Nova Scotia dapat menggunakan gelar insinyur tenaga listrik atau insinyur stasioner. Hal ini bertentangan dengan gelar yang sering digunakan dalam industri kelistrikan untuk insinyur profesional yang merancang peralatan terkait dan dapat menyebabkan kebingungan.

Eropa dan amerikal latin

  • Regulasi dan pemberian gelar insinyur di Eropa ditangani secara berbeda oleh berbagai negara.
  • Di Jerman dan beberapa negara Eropa dan Amerika Latin lainnya, istilah insinyur diploma menyiratkan bahwa orang tersebut telah menyelesaikan biasanya satu tahun pekerjaan akademis di luar gelar Sarjana Teknik dasar dan menyelesaikan proyek akademis utama, mirip dengan tesis master. Oleh karena itu, diploma insinyur adalah gelar universitas dan bukan registrasi atau lisensi profesional. Namun, di Jerman dan sebagian besar negara lain yang memiliki gelar insinyur diploma, tidak ada registrasi atau lisensi profesional di bidang teknik (dengan sejumlah pengecualian yang sangat terbatas, seperti teknik sipil di Jerman). Karena alasan ini, lulusan yang memegang gelar ini umumnya diizinkan untuk menggunakan gelar "insinyur" yang dilindungi secara hukum di negara-negara ini. Di Jerman, penggunaan istilah insinyur(Ingenieur) seperti itu, bukan hanya Diplom-Ingenieur, dilindungi oleh berbagai undang-undang Länder(negara bagian di Jerman) - karena masalah pendidikan diatur oleh undang-undang Länder, bukan oleh pemerintah federal. Meskipun rincian undang-undang tersebut berbeda-beda, semuanya membatasi penggunaan istilah tersebut dengan tepat. Contoh undang-undang tersebut tercantum dalam catatan akhir.
  • Di Prancis, gelar insinyur digunakan secara bebas dan sering dikaitkan berdasarkan posisi profesional daripada kualifikasi awal. Namun, gelar ingénieur diplomé (insinyur diploma) diperuntukkan bagi orang-orang yang telah mengikuti salah satu pelatihan yang terdaftar oleh Commission des Titres d'Ingénieur(Komisi Gelar Insinyur). Gelar ini setara dengan tingkat gelar master yang sangat selektif.
  • Di Turki, penggunaan gelar ini dibatasi oleh beberapa undang-undang untuk orang-orang yang memiliki gelar insinyur dari lembaga pendidikan tinggi atau universitas yang terakreditasi. Profesi teknik dan arsitektur dan gelar terkait diatur oleh UU No. 3458, yang mulai berlaku pada tahun 1938. Ada juga beberapa undang-undang untuk masing-masing cabang teknik. Penggunaan gelar "mühendis" (insinyur dalam bahasa Turki) oleh orang lain (bahkan mereka yang memiliki lebih banyak pengalaman kerja) adalah ilegal dan dapat dihukum oleh hukum.
  • Di Chili, gelar ingeniero (insinyur) diatur oleh hukum, yang membedakan setidaknya tiga jenis gelar insinyur profesional. Pertama, ingeniería de ejecución, yang hanya membutuhkan gelar sarjana sains terapan dan gelar teknik dari universitas atau institut teknik (biasanya empat tahun). Kedua, ingeniería, yang membutuhkan gelar utama dalam ilmu dasar ditambah gelar teknis, keduanya dari universitas (biasanya total lima tahun). Ketiga, ingeniería civil, yang membutuhkan gelar akademis utama dalam ilmu-ilmu dasar, gelar minor dalam ilmu terapan dan gelar teknik, semuanya dari universitas (biasanya enam atau enam setengah tahun). Dalam semua kasus, istilah ini mengacu pada gelar profesional yang diberikan oleh institusi pendidikan, namun hanya dapat diberikan oleh institusi tertentu jika semua persyaratan hukum terpenuhi.
  • Di Brasil, gelar engenheiro (insinyur) - dan di Argentina, gelar ingeniero - hanya dapat digunakan secara legal oleh seseorang yang memiliki gelar sarjana teknik selama lima atau enam tahun. Di Argentina, sebagian besar universitas memiliki gelar insinyur lima atau enam tahun (Sekitar 3.500-4.000 jam pelajaran atau sekitar 240-250 kredit, di mana satu kredit sama dengan 16 jam kontak). Kedua negara ini memberikan gelar tersebut paling sering melalui universitas dan terkadang melalui institusi tertentu.
  • Di Puerto Rico, penggunaan gelar ingeniero (insinyur) dibatasi untuk mereka yang memegang lisensi insinyur yang terdaftar oleh Puerto Rico Professional College of Engineers and Land Surveyors. Orang-orang ini memiliki hak untuk menambahkan awalan Ing. di depan nama mereka pada resume, kartu nama, dan komunikasi lainnya.

Britania raya

Tidak ada batasan bagi siapa pun yang menyebut diri mereka sebagai insinyur atau bekerja sebagai insinyur di Inggris. Kata insinyur memiliki arti yang luas dan dapat merujuk pada beberapa pekerjaan berbeda yang terkait dengan teknik. Namun, gelar tertentu dilindungi. Selain gelar insinyur profesional, gelar tersebut meliputi Insinyur Gas Terdaftar  dan Kepala Insinyur Kapal Penangkap Ikan Kelas 1 atau 2.

Dewan Teknik memberikan gelar Insinyur Chartered, Insinyur yang Tergabung, Teknisi Teknik, dan Teknisi Teknologi Informasi dan Komunikasi di bawah piagam kerajaan. Gelar-gelar ini dilindungi oleh hukum perdata. Dewan Teknik juga merupakan anggota Inggris dari Perjanjian Insinyur Profesional Internasional dan memberikan gelar Insinyur Profesional Internasional (Inggris).

Berbagai institusi teknik memberikan gelar profesional mereka sendiri selain yang diberikan oleh Dewan Teknik. Ini termasuk Chartered Chemical Engineer(Institusi Insinyur Kimia), Chartered Mechanical Engineer(Institusi Insinyur Mekanik), Chartered Civil Engineer(Institusi Insinyur Sipil), Chartered Energy Engineer dan Chartered Petroleum Engineer(Institut Energi), Chartered Gas Engineer (Institusi Insinyur dan Manajer Gas), Chartered Marine Engineer(Institut Teknik Kelautan, Ilmu Pengetahuan, dan Teknologi), Chartered Structural Engineer(Institusi Insinyur Struktural), dan Anggota Institusi Rekayasa dan Teknologi(Institusi Teknik dan Teknologi).

Amerika serikat

Di Amerika Serikat, praktik rekayasa profesional sangat diatur dan gelar "insinyur profesional" dilindungi secara hukum, yang berarti bahwa menggunakannya untuk menawarkan layanan rekayasa kepada publik adalah melanggar hukum kecuali jika izin, sertifikasi, atau pengesahan resmi lainnya secara khusus diberikan oleh negara bagian tersebut melalui lisensi insinyur profesional. Selain itu, banyak negara bagian melarang orang yang tidak memiliki izin untuk menyebut diri mereka sebagai "insinyur" atau menunjukkan cabang atau spesialisasi yang tidak tercakup dalam undang-undang perizinan. 

Karyawan lembaga negara bagian atau federal juga dapat menyebut diri mereka sebagai insinyur jika istilah tersebut muncul dalam jabatan resmi mereka. Posisi resmi IEEE mengenai hal ini adalah sebagai berikut: "Gelar insinyur dan turunannya harus diperuntukkan bagi individu yang pendidikan dan pengalamannya memenuhi syarat untuk berpraktik dengan cara yang melindungi keselamatan publik. Penggunaan gelar yang ketat melayani kepentingan IEEE-USA dan publik dengan menyediakan sebutan yang diakui yang dengannya mereka yang memenuhi syarat untuk mempraktikkan teknik dapat diidentifikasi."

Setiap negara bagian mengatur praktik keinsinyuran untuk memastikan keselamatan publik dengan hanya memberikan kewenangan kepada Insinyur Profesional (Professional Engineers/PE) untuk menandatangani dan menyegel rencana keinsinyuran serta menawarkan jasanya kepada publik. Terdapat persyaratan tambahan untuk menyertakan setidaknya satu insinyur profesional di dalam perusahaan agar perusahaan jenis ini dapat menyertakan kata keinsinyuran pada nama perusahaannya, meskipun persyaratan ini tidak bersifat universal.

Di Amerika Serikat, sebuah "pengecualian industri" mengizinkan perusahaan untuk mempekerjakan karyawan dan menyebut mereka sebagai "insinyur", selama orang tersebut berada di bawah pengawasan dan kendali langsung dari badan usaha dan berfungsi secara internal terkait dengan manufaktur (suku cadang yang diproduksi) yang terkait dengan badan usaha atau bekerja secara internal di dalam organisasi yang dikecualikan.

Orang tersebut tidak memiliki wewenang akhir untuk menyetujui atau tanggung jawab akhir untuk, desain, rencana, atau spesifikasi teknik yang akan: (A) dimasukkan ke dalam pekerjaan tetap, sistem, atau fasilitas di properti orang lain; atau (B) tersedia untuk umum. Orang-orang ini dilarang mewakili kemampuan atau kesediaan untuk melakukan layanan teknik atau membuat penilaian teknik yang membutuhkan insinyur profesional berlisensi, terlibat dalam praktik teknik, menawarkan layanan teknik secara langsung kepada publik dan / atau bisnis lain; kecuali jika badan usaha terdaftar di dewan teknik negara bagian dan praktik tersebut dilakukan / diawasi secara langsung hanya oleh para insinyur yang memiliki izin untuk terlibat dalam praktik teknik.

 Contohnya adalah insinyur sanitasi, insinyur produksi, insinyur penguji, insinyur jaringan, insinyur proyek, insinyur sistem, dan insinyur penjualan. Ini sering terlihat di iklan lowongan kerja teknik online dan di surat kabar. Sebagian besar iklan dan pemberi kerja tidak memerlukan lisensi karena posisi-posisi ini tidak menimbulkan ancaman langsung terhadap kesehatan masyarakat atau menimbulkan bahaya kewajiban.

Model Amerika Serikat pada umumnya hanya mewajibkan para insinyur yang berpraktik yang menawarkan jasa keinsinyuran yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat, keselamatan atau pengamanan kehidupan, kesehatan atau properti untuk memiliki lisensi, sementara para insinyur yang bekerja di industri swasta tanpa menawarkan jasa keinsinyuran secara langsung kepada masyarakat atau bisnis lain, pendidikan, dan pemerintah tidak perlu memiliki lisensi.

Di Amerika Serikat, penggunaan gelar insinyur profesional terbatas pada mereka yang memegang lisensi insinyur profesional. Orang-orang ini memiliki hak untuk menambahkan huruf PE setelah nama mereka di resume, kartu nama, dan komunikasi lainnya. Namun, setiap negara bagian memiliki prosedur perizinannya sendiri dan lisensi hanya berlaku di negara bagian yang memberikannya. Oleh karena itu, banyak insinyur profesional yang memiliki lisensi di lebih dari satu negara bagian. Comity, juga dikenal sebagai timbal balik, antar negara bagian memungkinkan para insinyur yang memiliki lisensi atau terdaftar di satu negara bagian untuk mendapatkan lisensi di negara bagian lain tanpa memenuhi bukti kualifikasi yang ketat melalui pengujian. Hal ini dicapai dengan negara bagian kedua mengakui keabsahan proses perizinan atau registrasi negara bagian pertama.

Penggunaan lain dari istilah insinyur dikendalikan dan dilindungi secara hukum pada tingkat yang berbeda-beda, tergantung pada negara bagian dan penegakan dewan sertifikasi insinyurnya. Istilah ini sering diterapkan pada bidang-bidang di mana para praktisi mungkin tidak memiliki latar belakang teknik atau pekerjaan tersebut tidak memiliki dasar dalam disiplin ilmu teknik fisik; misalnya insinyur sanitasi.

Berkenaan dengan istilah "insinyur perangkat lunak", banyak negara bagian, seperti Texas dan Florida, telah memperkenalkan persyaratan lisensi untuk gelar semacam itu yang sejalan dengan persyaratan untuk bidang teknik yang lebih tradisional.

Proses pengaduan

Umumnya badan pengatur keinsinyuran tidak akan memulai penyelidikan tanpa adanya formulir pengaduan yang diisi oleh seseorang.Pengaduan tersebut akan menjadi dasar penyelidikan terhadap pelanggaran profesional, pelanggaran kontrak, atau kelalaian.

Komite disipliner

Hukum California menentukan proses disipliner oleh Dewan Insinyur Profesional, Surveyor Tanah, dan Ahli Geologi terhadap insinyur berlisensi yang telah melakukan penipuan, kesalahan representasi, kelalaian, atau pelanggaran kontrak. Insinyur Profesional Ontario memiliki komite disipliner yang mendengar keluhan atas kesalahan profesional dan ketidakmampuan. Komite disiplin dapat menangguhkan sertifikat otorisasi (lisensi perusahaan) untuk perusahaan teknik, lisensi teknik, atau mengeluarkan denda untuk pelanggaran undang-undang teknik lokal untuk kesalahan profesional, penipuan, kesalahan penyajian, kelalaian atau pelanggaran kontrak.

Rekayasa biaya

AACE, sebuah badan profesional untuk insinyur biaya, menjelaskan mengapa latar belakang teknik teknik tidak diperlukan untuk profesi mereka dengan pernyataan berikut ini:

Keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk menangani biaya (misalnya, estimasi biaya, perencanaan dan penjadwalan, dll.) sangat berbeda dari yang dibutuhkan untuk menangani dimensi desain fisik. Dari perbedaan tersebut, lahirlah bidang rekayasa biaya. Praktisi rekayasa biaya bekerja bersama dan menjadi rekan kerja para insinyur, analis perangkat lunak, produser drama, arsitek, dan bidang karier kreatif lainnya untuk menangani dimensi biaya, tetapi mereka tidak harus memiliki latar belakang yang sama. Apakah mereka memiliki latar belakang teknis, operasi, keuangan dan akuntansi atau latar belakang lainnya, praktisi rekayasa biaya perlu berbagi pemahaman yang sama, berdasarkan "prinsip-prinsip dan teknik ilmiah", dengan fungsi-fungsi teknik atau karir kreatif lainnya.

Disadur dari: en.wikipedia.org