Perangkat Listrik: Pengertian dan Komponennya

Dipublikasikan oleh Muhammad Ilham Maulana

29 April 2024, 08.10

Sumber: id.wikipedia.org

Perangkat listrik mencakup segala macam peralatan yang dapat beroperasi dengan menggunakan tenaga listrik. Umumnya, perangkat ini terdiri dari kotak tertutup yang dilengkapi dengan berbagai komponen elektronik dan sakelar. Jenis-jenis perangkat listrik termasuk dalam beberapa kategori, seperti pencahayaan, peralatan rumah tangga, teknologi informasi, dan mesin listrik. Di samping itu, perangkat listrik yang lebih khusus terdiri dari switchboard, switchgear, meteran listrik, dan transformator.

Alat ukur listrik

Alat ukur listrik merupakan peralatan listrik yang mampu mengadakan pengukuran terhadap besaran listrik. Jenis besaran listrik yang paling dasar untuk diukur oleh alat ukur listrik adalah arus listrik dan tegangan listrik. Alat ukur listrik bekerja dengan salah satu prinsip kerja antara lain kumparan putar, termokopel, besi putar atau elektrostatika.

Pengaman listrik

  • Pemutus daya

Pemutus daya atau pemutus tenaga merupakan perangkat yang berfungsi untuk memutus arus listrik pada suatu rangkaian listrik yang mengalami tegangan kerja atau arus hubung singkat. Pemutusan arus listrik dilakukan dengan cara membuka dan menutup kontak yang mengalirkan arus listrik. Pengendalian pemutus daya bisa dilakukan secara otomatis dan dari jarak jauh. Pemutus daya hanya akan aktif ketika arus listrik melebihi nilai normalnya. Terdapat beberapa jenis pemutus daya berdasarkan alat pemutusnya, seperti pemutus daya minyak, pemutus daya udara bertekanan, pemutus daya sulfur heksafluorida, dan pemutus daya vakum. Setiap jenis pemutus daya memiliki informasi tentang kinerjanya yang tercantum dalam pelat nama, termasuk nilai arus maksimum dan arus gangguan maksimum, serta tegangan saluran maksimum dan waktu gangguan dalam satu siklus.

Pemutus daya bekerja dengan cara memutuskan arus listrik dalam jumlah besar dengan cepat melalui proses deionisasi busur api dan pendinginan yang cepat. Biasanya, pemutus daya dipasang pada saluran transmisi tenaga listrik. Nilai kerja dari pemutus daya menunjukkan kemampuannya dalam memutus arus listrik dan dapat ditentukan berdasarkan daya listrik, dengan satuan kerja yang digunakan adalah MegaVoltAmpere.

Mesin listrik

  • Mesin arus searah

Mesin arus searah adalah adalah mesin listrik yang memanfaatkan sumber listrik arus searah dalam prinsip kerjanya. Berdasarkan prinsip kerjanya, mesin arus searah dapat dibedakan menjadi generator arus searah dan motor arus searah. Generator arus searah dapat mengadakan transformasi energi dari energi mekanis menjadi energi listrik. Sementara motor arus searah mampu mengadakan transformasi dari energi listrik menjadi energi mekanis. Mesin arus searah memanfaatkan energi radiasi dari medan magnetuntuk menjadi perantara selama proses transformasi energi. Bagian-bagian utama dalam mesin arus searah meliputi stator (bagian yang diam), rotor (bagian yang bergerak) sebagai penyimpanan energi mekanis, celah udara sebagi tempat pemindahan energi, dan komutator sebagai tempat penyearahan arus listrik pada rotor.

Prinsip kerja

  • Elektronika daya

Prinsip elektronika daya diterapkan pada perangkat listrik yang beroperasi dalam sistem tenaga listrik dengan tegangan dan arus yang cukup tinggi. Perangkat-perangkat tersebut memerlukan pemahaman tentang beberapa faktor kinerja, seperti arus listrik, tegangan listrik, faktor daya, efisiensi energi, dan harmonisa. Peralatan listrik yang menggunakan prinsip elektronika daya dapat berupa perangkat yang tidak memiliki komponen yang bergerak, seperti transformator, atau yang memiliki komponen yang bergerak, seperti motor listrik.
 

Sumber: id.wikipedia.org