Peran Penting Antropometri dalam Desain Industri dan Ergonomi Modern

Dipublikasikan oleh Muhammad Ilham Maulana

30 Mei 2024, 11.06

Sumber: en.wikipedia.org

Antropometri (dari bahasa Yunani Kuno ἄνθρωπος (ánthrōpos) 'manusia', dan μέτρον (métron) 'ukuran') mengacu pada pengukuran individu manusia. Sebagai alat awal dari antropologi fisik, antropometri telah digunakan untuk identifikasi, untuk tujuan memahami variasi fisik manusia, dalam paleoantropologi dan dalam berbagai upaya untuk menghubungkan ciri-ciri fisik dengan ciri-ciri rasial dan psikologis.

Antropometri melibatkan pengukuran sistematis dari sifat-sifat fisik tubuh manusia, terutama deskriptor dimensi ukuran dan bentuk tubuh. Karena metode dan pendekatan yang umum digunakan dalam menganalisis standar hidup tidak cukup membantu, sejarah antropometri menjadi sangat berguna bagi para sejarawan dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang menarik bagi mereka. 

Saat ini, antropometri memainkan peran penting dalam desain industri, desain pakaian, ergonomi, dan arsitektur di mana data statistik tentang distribusi dimensi tubuh dalam populasi digunakan untuk mengoptimalkan produk. Perubahan gaya hidup, nutrisi, dan komposisi etnis populasi menyebabkan perubahan dalam distribusi dimensi tubuh (misalnya peningkatan obesitas) dan memerlukan pembaruan koleksi data antropometri secara teratur.

Sejarah

Sejarah antropometri mencakup dan menjangkau berbagai konsep, baik ilmiah maupun pseudosaintifik, seperti kraniometri, paleoantropologi, antropologi biologis, frenologi, fisiognomi, forensik, kriminologi, filogeografi, asal-usul manusia, dan deskripsi kranio-fasial, serta korelasi antara berbagai antropometri dengan identitas pribadi, tipologi mental, kepribadian, kubah tengkorak, dan ukuran otak, serta faktor lainnya.

Dalam berbagai waktu dalam sejarah, aplikasi antropometri telah berkisar dari deskripsi ilmiah yang akurat dan analisis epidemiologi hingga alasan untuk egenetika dan gerakan sosial yang terang-terangan rasis. Salah satu penyalahgunaannya adalah pseudosains yang didiskreditkan, yaitu fenologi.

Variasi individu

  • Auxologis

Auxologic adalah istilah yang luas yang mencakup studi tentang semua aspek pertumbuhan fisik manusia.

  • Tinggi badan

Tinggi badan manusia sangat bervariasi antar individu dan antar populasi karena berbagai faktor biologis, genetik, dan lingkungan yang kompleks. Karena masalah metodologis dan praktis, pengukurannya juga tunduk pada kesalahan yang cukup besar dalam pengambilan sampel statistik.

Tinggi rata-rata dalam populasi yang homogen secara genetik dan lingkungan sering kali proporsional di sejumlah besar individu. Variasi tinggi badan yang luar biasa (sekitar 20% deviasi dari rata-rata populasi) dalam populasi seperti itu kadang-kadang disebabkan oleh gigantisme atau dwarfisme, yang disebabkan oleh gen tertentu atau kelainan endokrin. Penting untuk dicatat bahwa tingkat variasi yang tinggi terjadi di antara tubuh yang paling 'umum' sekalipun (66% dari populasi), dan dengan demikian tidak ada orang yang dapat dianggap 'rata-rata'.

Dalam perbandingan populasi yang paling ekstrem, misalnya, tinggi rata-rata wanita di Bolivia adalah 142,2 cm (4 kaki 8,0 inci) sementara tinggi rata-rata pria di Pegunungan Alpen Dinar adalah 185,6 cm (6 kaki 1,1 inci), perbedaan rata-rata 43,4 cm (1 kaki 5,1 inci). Demikian pula, individu terpendek dan tertinggi, Chandra Bahadur Dangi dan Robert Wadlow, masing-masing berkisar antara 53-272 cm (1 kaki 9 inci - 8 kaki 11 inci). 
Rentang usia di mana sebagian besar betina berhenti tumbuh adalah 15-18 tahun dan rentang usia di mana sebagian besar jantan berhenti tumbuh adalah 18-21 tahun. 

  • Berat badan

Berat badan manusia sangat bervariasi baik secara individu maupun antar populasi, dengan contoh orang dewasa yang terdokumentasi paling ekstrem adalah Lucia Zarate yang memiliki berat badan 2,1 kg (4,7 lb), dan Jon Brower Minnoch yang memiliki berat badan 640 kg (1.400 lb), dan dengan populasi yang ekstrem berkisar antara 49,6 kg (109,3 lb) di Bangladesh hingga 87,4 kg (192,7 lb) di Mikronesia. 

  • Organ tubuh

Ukuran otak orang dewasa bervariasi dari 974,9 cm3 (59,49 cu in) hingga 1.498,1 cm3 (91,42 cu in) pada wanita dan 1.052,9 cm3 (64,25 cu in) hingga 1.498,5 cm3 (91,44 cu in) pada pria, dengan rata-rata 1.130 cm3 (69 cu in) dan 1.260 cm3 (77 cu in). Belahan otak kanan biasanya lebih besar daripada kiri, sedangkan belahan otak kecil biasanya memiliki ukuran yang lebih mirip.
Ukuran perut manusia sangat bervariasi pada orang dewasa, dengan satu studi menunjukkan volume mulai dari 520 cm3 (32 cu in) hingga 1.536 cm3 (93,7 cu in) dan berat mulai dari 77 gram (2,7 ons) hingga 453 gram (16,0 ons).  Alat kelamin pria dan wanita menunjukkan variasi individu yang cukup besar, dengan ukuran penis yang berbeda secara substansial dan ukuran vagina yang berbeda secara signifikan pada orang dewasa yang sehat. 

  • Estetika

Kecantikan dan daya tarik fisik manusia telah menjadi keasyikan sepanjang sejarah yang sering kali bersinggungan dengan standar antropometri. Tata rias, simetri wajah, dan rasio pinggang-pinggul adalah tiga contoh di mana pengukuran biasanya dianggap sebagai hal yang mendasar.

Ilmu pengetahuan yang berevolusi

Studi antropometri saat ini dilakukan untuk menyelidiki signifikansi evolusi dari perbedaan proporsi tubuh antara populasi yang nenek moyangnya hidup di lingkungan yang berbeda. Populasi manusia menunjukkan pola variasi iklim yang mirip dengan mamalia bertubuh besar lainnya, mengikuti aturan Bergmann, yang menyatakan bahwa individu di iklim dingin akan cenderung lebih besar daripada individu di iklim hangat, dan aturan Allen, yang menyatakan bahwa individu di iklim dingin akan cenderung memiliki tungkai yang lebih pendek dan kekar daripada individu di iklim hangat.

Pada tingkat mikroevolusi, para antropolog menggunakan variasi antropometrik untuk merekonstruksi sejarah populasi berskala kecil. Sebagai contoh, penelitian John Relethford terhadap data antropometri awal abad ke-20 dari Irlandia menunjukkan bahwa pola geografis proporsi tubuh masih menunjukkan jejak invasi oleh Inggris dan Norse berabad-abad yang lalu.

Demikian pula, indeks antropometrik, yaitu perbandingan perawakan manusia digunakan untuk menggambarkan tren antropometrik. Penelitian ini dilakukan oleh Jörg Baten dan Sandew Hira dan didasarkan pada temuan antropologis bahwa tinggi badan manusia ditentukan oleh kualitas nutrisi, yang biasanya lebih tinggi di negara-negara yang lebih maju. Penelitian ini didasarkan pada kumpulan data dari para pekerja migran kontrak asal Tiongkok Selatan yang dikirim ke Suriname dan Indonesia, yang mencakup 13.000 orang.

Alat ukur.

  • Pemindai tubuh 3D

Saat ini, antropometri dapat dilakukan dengan pemindai tiga dimensi. Sebuah studi kolaboratif global untuk meneliti penggunaan pemindai tiga dimensi untuk perawatan kesehatan diluncurkan pada bulan Maret 2007. Studi Benchmark Tubuh akan menyelidiki penggunaan pemindai tiga dimensi untuk menghitung volume dan volume segmental dari pemindaian tubuh individu. Tujuannya adalah untuk menentukan apakah Indeks Volume Tubuh memiliki potensi untuk digunakan sebagai pengukuran antropometri berbasis komputer jangka panjang untuk perawatan kesehatan. Pada tahun 2001, Inggris melakukan survei ukuran terbesar hingga saat ini dengan menggunakan pemindai. 

Sejak saat itu, beberapa survei nasional telah mengikuti langkah perintis Inggris, terutama SizeUSA, SizeMexico, dan SizeThailand, yang terakhir ini masih berlangsung. SizeUK menunjukkan bahwa bangsa ini telah menjadi lebih tinggi dan lebih berat, tetapi tidak sebanyak yang diharapkan. Sejak tahun 1951, saat survei wanita terakhir dilakukan, berat rata-rata wanita telah naik dari 62 menjadi 65 kg. Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa postur tubuh partisipan secara signifikan memengaruhi pengukuran yang dilakukan, ketepatan pemindai tubuh 3D mungkin tidak cukup tinggi untuk toleransi industri, dan pengukuran yang dilakukan mungkin relevan atau tidak relevan untuk semua aplikasi (misalnya konstruksi garmen). Terlepas dari keterbatasan saat ini, Pemindaian Tubuh 3D telah disarankan sebagai pengganti teknologi prediksi pengukuran tubuh yang (meskipun memiliki daya tarik yang besar) belum dapat diandalkan seperti data manusia yang sebenarnya.

  • Baropodografi

Perangkat baropodografi terbagi dalam dua kategori utama: (i) berbasis lantai, dan (ii) di dalam sepatu. Teknologi yang mendasari beragam, mulai dari susunan sensor piezoelektrik hingga pembiasan cahaya, tetapi bentuk akhir dari data yang dihasilkan oleh semua teknologi modern adalah gambar 2D atau rangkaian gambar 2D dari tekanan yang bekerja di bawah permukaan plantar kaki. Dari data ini, variabel lain dapat dihitung (lihat analisis data).

Resolusi spasial dan temporal dari gambar yang dihasilkan oleh sistem pedobarografi komersial berkisar antara 3 hingga 10 mm dan 25 hingga 500 Hz. Teknologi sensor membatasi resolusi yang lebih halus. Resolusi tersebut menghasilkan area kontak sekitar 500 sensor (untuk kaki manusia dewasa dengan luas permukaan sekitar 100 cm2). Untuk durasi fase kuda-kuda sekitar 0,6 detik selama berjalan normal, sekitar 150.000 nilai tekanan, tergantung pada spesifikasi perangkat keras, direkam untuk setiap langkah.

  • Neuroimaging

Pengukuran langsung melibatkan pemeriksaan otak dari mayat, atau yang lebih baru, teknik pencitraan seperti MRI, yang dapat digunakan pada orang yang masih hidup. Pengukuran tersebut digunakan dalam penelitian tentang ilmu saraf dan kecerdasan. Data volume otak dan data kraniometri lainnya digunakan dalam ilmu pengetahuan umum untuk membandingkan spesies hewan modern dan untuk menganalisis evolusi spesies manusia dalam arkeologi.

Epidemiologi dan antropologi medis

Pengukuran antropometri juga memiliki kegunaan dalam epidemiologi dan antropologi medis, misalnya dalam membantu menentukan hubungan antara berbagai ukuran tubuh (tinggi, berat, persentase lemak tubuh, dll.) dan hasil medis. Pengukuran antropometri sering digunakan untuk mendiagnosis malnutrisi dalam pengaturan klinis yang miskin sumber daya.


Disadur dari: en.wikipedia.org