Peran Industri 4.0 dalam Membentuk Kembali Standar Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Dipublikasikan oleh Syayyidatur Rosyida

22 Mei 2024, 08.31

sumber: pinterest.com

Kemunculan teknologi Industri 4.0 di berbagai industri di seluruh dunia telah memberikan dampak yang berbeda-beda dalam hal satu elemen, yaitu kesehatan dan keselamatan kerja. Meskipun K3 merupakan hal yang selalu menjadi perhatian semua industri, memastikan keselamatan pekerja lebih mudah diucapkan daripada dilakukan di industri dengan jumlah faktor risiko yang lebih tinggi dari rata-rata, seperti industri pertambangan, manufaktur dan fabrikasi, konstruksi, serta infrastruktur sipil dan telekomunikasi. 

Jadi, bagaimana teknologi Industri 4.0 membantu industri yang sangat padat karya ini meningkatkan standar K3 yang sudah ada? Kami akan mengeksplorasi jawaban atas pertanyaan ini hari ini.

Meningkatkan keamanan lokasi secara keseluruhan di berbagai industri

Perusahaan-perusahaan dengan cepat berinvestasi dalam teknologi Industri 4.0 karena potensi teknologi ini untuk menghemat waktu dan uang bagi pemilik bisnis dalam jangka panjang. Alat industri AI memungkinkan perusahaan untuk melakukan pendekatan yang optimal dan hemat biaya untuk proses produksi mereka. Pendekatan ini pada dasarnya menghilangkan kebutuhan untuk mencoba-coba, yang pada gilirannya meningkatkan keselamatan keseluruhan di tempat kerja tersebut. 

Memastikan kesehatan dan keselamatan dengan solusi pertambangan digital adalah contoh yang bagus di sini. Sederhananya, teknologi penambangan digital memungkinkan perusahaan tambang untuk mendapatkan hasil setinggi mungkin dengan output energi terendah. Perangkat lunak cerdas yang terhubung ke sensor tekanan memungkinkan perusahaan pertambangan untuk mengukur ukuran atau massa deposit mineral secara akurat tanpa perlu melakukan ekstraksi fisik secara total. Proses ini memungkinkan perusahaan pertambangan untuk secara drastis mengurangi kemungkinan mengalami bahaya umum di lokasi tambang dan fenomena yang berpotensi mematikan seperti runtuhan batu, ketidakstabilan lereng atau adonan, dan paparan debu.

Di samping meningkatkan metodologi penambangan, solusi penambangan digital juga dapat menggabungkan teknologi pelacakan yang dapat dikenakan. Teknologi ini memungkinkan pengawas di lokasi atau bahkan di luar lokasi untuk melacak para pekerja di lokasi dan mendeteksi jika para pekerja tersebut memasuki area berisiko tinggi. Alat komunikasi kemudian dapat digunakan untuk membantu pekerja menghindari area berisiko tinggi dengan mudah.

Menyederhanakan proses analisis faktor risiko

Berbicara tentang area berisiko tinggi, salah satu aspek terpenting dari K3 untuk industri padat karya adalah melakukan penilaian analisis faktor risiko untuk lokasi, peralatan, dan tenaga kerja. Secara alami, semua industri memiliki prosesnya sendiri terkait identifikasi dan penilaian faktor risiko, dan itulah sebabnya mengapa tidak ada 'satu ukuran yang cocok untuk semua solusi untuk tugas ini.

Untungnya, penggabungan perangkat lunak pembelajaran mesin dalam industri padat karya memudahkan bisnis untuk mengembangkan prosedur analisis faktor risiko yang disesuaikan secara unik agar sesuai dengan tempat kerja mereka. Misalnya, perusahaan konstruksi dapat menggunakan alat Industri 4.0 untuk membantu menentukan risiko di tempat kerja seperti kemungkinan runtuhnya struktur yang disebabkan oleh pemicu lingkungan. Alat pembelajaran mesin ini menggunakan algoritme untuk memperkirakan kemungkinan kecelakaan secara akurat berdasarkan data yang berasal dari perangkat lunak pemodelan bangunan, serta stabilitas tanah, deteksi kebocoran air, dan proses pengujian lingkungan lainnya. 

Mengotomatiskan proses identifikasi dan penilaian faktor risiko pada gilirannya memungkinkan perusahaan konstruksi untuk mengurangi keseluruhan waktu yang dihabiskan untuk proyek konstruksi apa pun, memastikan bahwa perusahaan dapat melakukan lebih banyak pekerjaan dalam jangka waktu yang lebih singkat, di samping memberikan tarif layanan yang lebih murah kepada klien mereka.

Pemeliharaan prediktif melalui alat bantu AI

Tentu saja, bahkan teknologi digital pun memerlukan pemeliharaan berkelanjutan seperti teknologi tradisional. Siapa pun yang pernah bekerja di gudang atau lingkungan lain yang menggunakan sejumlah besar peralatan khusus mungkin sudah sangat memahami pentingnya pemeliharaan peralatan. Peralatan yang tidak berfungsi dengan baik dapat mengakibatkan banyak sekali insiden di tempat kerja, mulai dari sumber daya yang terbuang hingga pekerja yang terluka saat merawat peralatan atau mesin yang tidak diservis. 

Teknologi digital juga tidak berbeda, dan kemungkinan besar akan membutuhkan tingkat pemeliharaan berkelanjutan yang serupa selama masa pakainya. Perbedaan utama antara peralatan dan mesin Industri 4.0 dengan peralatan dan mesin tradisional adalah teknologi Industri 4.0 dirancang untuk memiliki kemampuan pemeliharaan prediktif dan diagnostik mandiri yang cerdas. 

Kemampuan pemeliharaan prediktif dapat dirancang dengan mengembangkan rantai alat perangkat lunak untuk peralatan dan mesin industri. Rangkaian alat ini dapat dipicu untuk berjalan oleh faktor eksternal yang berbeda seperti panas berlebih atau rangsangan terprogram lainnya yang berpotensi memperingatkan sistem operasi alat berat bahwa tes diagnostik diperlukan. Intinya, teknologi pemeliharaan prediktif adalah cara lain yang memungkinkan bisnis memanfaatkan teknologi Industri 4.0 untuk memanfaatkan proses otomatisasi, baik sebagai cara untuk menghemat waktu dan biaya, serta meningkatkan kesehatan dan keselamatan di tempat kerja dengan mengurangi risiko kerusakan mesin.

Mendukung pekerja untuk menjaga keseimbangan kerja/kehidupan yang positif

Terakhir, karena teknologi Industri 4.0 memungkinkan industri untuk merampingkan dan mendigitalkan proses produksi mereka, hal ini secara alamiah menyebabkan banyak bisnis modern mengevaluasi kembali struktur minggu kerja mereka, dan memberikan fleksibilitas penjadwalan yang lebih besar kepada para profesional. Karena teknologi Industri 4.0 memberi banyak pengawas lapangan pilihan untuk bekerja dari jarak jauh, model kerja hibrida sebenarnya dapat diperkenalkan ke dalam lingkungan kerja tradisional di lokasi. 

Hal ini merupakan manfaat besar bagi pekerja di industri pertambangan, penebangan kayu, dan industri sumber daya lainnya, yang sering kali harus melakukan perjalanan ke tempat kerja dan meninggalkan keluarga mereka dalam waktu yang lama. Kesempatan untuk bekerja dari rumah atau bekerja di mana pun di dunia, secara efektif memungkinkan pekerja untuk memegang kendali penuh atas keseimbangan kerja/kehidupan mereka dan pada gilirannya, meningkatkan kesehatan emosional dan kesejahteraan mereka. 

Seperti yang Anda lihat, potensi teknologi Industri 4.0 untuk merevolusi industri modern tidak hanya berhenti pada peningkatan produksi saja. Teknologi digital ini juga telah menunjukkan kemampuan untuk memainkan peran utama dalam membuat industri global yang vital ini lebih berkelanjutan, baik dalam hal proses produksi, maupun dalam mempertahankan dan memperkuat standar K3.

Disadur dari: industrytap.com