Peran dan Tujuan Perencanaan Penggunaan Lahan dalam Pembangunan Kota dan Pelestarian Lingkungan

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

25 Maret 2024, 14.34

Sumber: id.wikipedia.org

Perencanaan penggunaan lahan adalah proses dimana penggunaan lahan dikelola oleh badan pengelola. Hal ini sering kali dilakukan untuk meningkatkan manfaat sosial dan lingkungan serta penggunaan sumber daya yang lebih efisien. Yang lebih penting lagi, tujuan perencanaan penggunaan lahan modern adalah untuk melindungi lingkungan, mengendalikan perluasan kota, mengurangi biaya transportasi, mencegah konflik penggunaan lahan, dan mengurangi paparan terhadap polutan. Untuk mencapai tujuan ini, para perencana berharap bahwa undang-undang penggunaan lahan akan mengubah pola perilaku manusia dan perubahan ini akan bermanfaat. Asumsi pertama, bahwa undang-undang penggunaan lahan mengubah pola perilaku manusia, diterima secara luas. Namun, asumsi kedua bahwa perubahan ini efektif masih dipertanyakan dan bergantung pada lokasi dan undang-undang yang dipermasalahkan.

Dalam perencanaan kota, tujuan perencanaan lanskap adalah untuk memastikan pengelolaan penggunaan lahan yang efisien dan efektif untuk menghindari penggunaan lahan. lakukan perang Rencana penggunaan lahan digunakan oleh pemerintah untuk mengatur pengembangan lahan dalam yurisdiksinya. Hal ini memungkinkan lembaga pemerintah merancang rencana yang memenuhi kebutuhan masyarakat dan melindungi sumber daya alam. Pencapaian tujuan ini melibatkan evaluasi sistematis terhadap sumber daya lahan dan air, praktik penggunaan lahan, serta faktor ekonomi dan sosial untuk memilih dan mengadopsi opsi penggunaan lahan terbaik. Rencana penggunaan lahan, salah satu elemen dari rencana komprehensif, memberikan visi mengenai potensi pengembangan suatu lingkungan, distrik, kota, atau kawasan perencanaan yang ditentukan.

Di Amerika Serikat, istilah rencana penggunaan lahan, perencanaan regional, perkotaan perencanaan digunakan dalam perencanaan. . , desain perkotaan sering digunakan dan berbeda-beda menurut negara bagian, kabupaten, dan subjeknya. Meskipun ada kebingungan dalam nomenklaturnya, fungsi dasar perencanaan tata ruang tetap sama apapun istilah yang digunakan. Institut Perencana Kanada mendefinisikan perencanaan penggunaan lahan sebagai pengelolaan lahan, sumber daya, fasilitas dan layanan secara ilmiah, estetis dan sistematis untuk menjamin kesejahteraan fisik, ekonomi dan sosial, serta kesehatan dan kesejahteraan. - Tinggal di kota dan komunitas pedesaan. Menurut American Planning Association, tujuan perencanaan lanskap adalah untuk lebih mendukung kehidupan masyarakat dan komunitas dengan menciptakan lingkungan yang nyaman, adil, sehat, produktif, dan indah untuk generasi sekarang dan masa depan. Perencanaan penggunaan lahan di Inggris dan Wales didasarkan pada Undang-Undang Perencanaan Kota dan Pedesaan tahun 1947, dan undang-undang serupa berlaku di Skotlandia dan Irlandia Utara.

Disadur dari Artikel : id.wikipedia.org