Penyimpanan Energi Sebagai Layanan

Dipublikasikan oleh Siti Nur Rahmawati

22 Agustus 2022, 11.24

www.omazaki.co.id

Penyimpanan energi sebagai layanan (ESaaS) memungkinkan fasilitas untuk mendapatkan keuntungan dari keuntungan sistem penyimpanan energi dengan menandatangani perjanjian layanan tanpa membeli sistem. Sistem penyimpanan energi menyediakan berbagai layanan untuk menghasilkan pendapatan, menciptakan penghematan, dan meningkatkan ketahanan listrik. Pengoperasian sistem ESaaS adalah kombinasi unik dari sistem penyimpanan baterai canggih, sistem manajemen energi, dan kontrak layanan yang dapat memberikan nilai bagi bisnis dengan menyediakan daya yang andal secara lebih ekonomis.

Sejarah

Scott Foster, Direktur Energi Komisi Ekonomi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Eropa, adalah salah satu pendukung global terkemuka untuk energi sebagai layanan. Dia menciptakan istilah 'iEnergy' untuk menyebarkan biaya berlangganan tahunan/bulanan untuk energi, daripada pembayaran berbasis komoditas saat ini per kilowatt sistem kelistrikan. Foster percaya sistem yang dipimpin oleh layanan akan menempatkan tanggung jawab pada pemasok energi untuk meningkatkan keandalan dan menawarkan layanan terbaik kepada pelanggan.

Istilah ESaaS dikembangkan dan diberi merek dagang oleh Constant Power Inc., sebuah perusahaan yang berbasis di Toronto, pada tahun 2016. Layanan ini telah dirancang untuk bekerja di pasar listrik terbuka Amerika Utara. Perusahaan terkenal lainnya yang menawarkan Penyimpanan Energi sebagai Layanan termasuk GI Energy Archived 2017-10-20 di Wayback Machine, AES Corporation, TROES Corp., Stem Inc, dan Younicos.

Komponen

ESaaS adalah kombinasi dari sistem penyimpanan energi, sistem kontrol dan pemantauan, dan kontrak layanan.

Sistem penyimpanan energi yang paling umum digunakan untuk ESaaS adalah baterai lithium-ion atau flow karena ukurannya yang ringkas, pemasangan yang tidak invasif, efisiensi tinggi, dan waktu reaksi yang cepat, tetapi media penyimpanan lain dapat digunakan seperti kompresi udara, roda gila, atau pompa air. Ukuran baterai disesuaikan dengan kebutuhan fasilitas dan dipasangkan dengan inverter daya untuk mengubah daya DC menjadi daya AC agar dapat terhubung langsung ke pasokan listrik fasilitas.

Sistem ESaaS dimonitor dan dikendalikan dari jarak jauh oleh operator ESaaS menggunakan sistem Supervisory Control and Data Acquisition (SCADA). SCADA berkomunikasi dengan Sistem Manajemen Energi (EMS) fasilitas, Sistem Konversi Daya (PCS), dan Sistem Manajemen Baterai (BMS). Operator ESaaS bertanggung jawab untuk memastikan sistem ESaaS memantau dan menanggapi kebutuhan fasilitas serta mengesampingkan perintah untuk berpartisipasi dalam program insentif regional seperti manajemen puncak yang bersamaan dan program respons permintaan secara real time.

Fasilitas yang memanfaatkan sistem ESaaS terhubung ke operator sistem ESaaS melalui kontrak layanan. Kontrak menentukan panjang jangka waktu layanan, struktur pembayaran, dan daftar layanan yang ingin diikuti oleh fasilitas tersebut.

Jasa

ESaaS digunakan untuk melakukan berbagai layanan termasuk:

Manajemen Puncak Kebetulan

Selama masa permintaan regional yang tinggi, Operator Layanan Independen (ISO)/Organisasi Transmisi Regional (RTO) menawarkan insentif bagi fasilitas untuk mengurangi atau mengurangi bebannya. ESaaS memungkinkan fasilitas untuk mengisolasi atau mengimbangi beban mereka selama periode permintaan regional yang tinggi ini untuk mengurangi permintaan dari jaringan listrik untuk mendapatkan manfaat dari insentif. Sistem ini dirancang untuk bekerja bersama atau terlepas dari pembatasan fasilitas.

Respons Permintaan

ISO/RTO menawarkan pembayaran fasilitas untuk membatasi permintaan energi mereka saat dikirim oleh operator jaringan. ESaaS memungkinkan fasilitas untuk berpartisipasi dalam program ini dengan menonaktifkan semua atau sebagian dari beban fasilitas selama terjadinya respons permintaan. Sebuah fasilitas dapat memperoleh manfaat dari insentif tanpa mengganggu operasi fasilitas mereka.

Koreksi Faktor Daya

Selama pengisian dan pemakaian, daya aktif dan reaktif dapat diseimbangkan sebelum memasok fasilitas. Dengan menyeimbangkan jumlah daya aktif dan reaktif ke fasilitas, faktor daya dan efisiensi listrik fasilitas yang dihasilkan dapat ditingkatkan. Peningkatan ini dapat mengurangi biaya permintaan puncak bulanan fasilitas.

Kualitas Daya

ESaaS secara aktif memantau pasokan listrik ke suatu fasilitas. Pada saat catu daya terputus-putus, ESaaS bertindak sebagai catu daya tak terputus (UPS) untuk memastikan catu daya yang andal dan tidak terputus untuk menghilangkan fluktuasi yang tidak terduga. Daya yang berfluktuasi dan terputus-putus mempengaruhi operasi peralatan yang dapat menyebabkan penundaan dan cacat produksi yang mahal.

Daya Cadangan

Jika jaringan listrik mengalami pemadaman listrik, ESaaS menawarkan layanan listrik cadangan untuk terus memberi daya pada semua atau sebagian dari permintaan listrik fasilitas. Tergantung pada ukuran instalasi ESaaS, ESaaS dapat mempertahankan operasi fasilitas selama kegagalan jaringan.

Pencukuran Puncak

ESaaS secara aktif memantau profil energi fasilitas untuk menormalkan penarikan listrik dari jaringan listrik. Sistem ESaaS menyimpan energi saat permintaan fasilitas lebih rendah dari rata-rata dan mengeluarkan energi yang tersimpan ketika permintaan fasilitas lebih tinggi dari rata-rata. Hasilnya adalah penarikan listrik yang stabil dari jaringan listrik dan biaya permintaan puncak bulanan yang lebih rendah.

Arbitrase Energi

ESaaS secara aktif memantau harga spot listrik lokal untuk menyimpan energi saat harga rendah untuk digunakan saat harga listrik tinggi. Ini biasanya disebut sebagai arbitrase. Perbedaan harga bersih menghasilkan penghematan biaya.

Layanan Pendukung Pasar

ESaaS memungkinkan fasilitas untuk berpartisipasi dalam pasar ISO/RTO lokal untuk menyediakan layanan seperti pengaturan frekuensi, cadangan operasi, dan pembangkitan yang dapat dikirim. Dengan berpartisipasi di pasar lokal, fasilitas dapat menghasilkan pendapatan melalui kontrak ESaaS.

Dukungan Transmisi

ESaaS dapat menyediakan layanan untuk mengurangi kemacetan dan kendala pada jaringan transmisi listrik dengan menyimpan energi selama periode transmisi yang berat untuk dilepaskan selama periode yang tidak terlalu padat. Penggunaan layanan ini dapat memperpanjang umur infrastruktur dan menunda peningkatan sistem.

Pasar yang dilayani

ESaaS terutama menguntungkan konsumen energi besar dengan permintaan rata-rata lebih dari 500 kW, meskipun, layanan ini mungkin menguntungkan fasilitas yang lebih kecil tergantung pada insentif regional. Pengadopsi awal ESaaS saat ini adalah produsen (kimia, listrik, penerangan, logam, petrokimia, plastik), komersial (ritel, kantor besar, kantor menengah, multi-perumahan, supermarket), fasilitas umum (perguruan tinggi, universitas, hotel, perhotelan, sekolah ), dan sumber daya (minyak & ekstraksi, pulp & kertas, logam & bijih, pengolahan makanan, rumah kaca).

Manfaat

Sistem dermawan tidak memerlukan modal instalasi

Untuk berpartisipasi dalam layanan ESaaS, dermawan sistem instalasi tidak memerlukan pengeluaran modal apa pun. Setelah menginstal layanan ESaaS, fasilitas melihat penghematan dan/atau pendapatan langsung. Modal awal sering menjadi rintangan bagi fasilitas untuk mengadopsi sistem penyimpanan energi karena dalam banyak kasus, periode pengembalian dari sistem penyimpanan energi adalah 5-10 tahun.

Sistem yang dioperasikan oleh operator sistem pihak ketiga

ESaaS adalah layanan yang dikontrak yang secara otomatis dikendalikan oleh pihak ketiga. Ini menghilangkan tanggung jawab fasilitas untuk mengalokasikan sumber daya untuk mengelola profil energi mereka yang memungkinkan fasilitas untuk mengoperasikan bisnis inti mereka. Operator sistem memiliki pengetahuan tentang sektor kelistrikan lokal yang terus memantau dan memperbarui protokol sistem seiring dengan perubahan pasar regional. Informasi tersebut digunakan untuk mengoptimalkan nilai yang direalisasikan oleh sistem ESaaS sambil tetap memenuhi persyaratan fasilitas.

Lingkungan

Untuk sebagian besar layanan ESaaS, energi disimpan pada malam hari, di luar jam sibuk ketika produksi energi dibuat dari sumber yang tidak memancarkan karbon. Energi tersebut kemudian digunakan untuk mengimbangi produksi emisi karbon yang diperlukan selama waktu puncak. Kemampuan pemindahan beban yang disediakan oleh ESaaS menggantikan persyaratan pembangkitan emisi berat.

Harga

Kontrak ESaaS dapat disusun sebagai model pembagian biaya atau harga bulanan tetap selama jangka waktu kontrak. Model pembagian biaya berbagi manfaat ekonomis ESaaS setelah direalisasikan oleh pelanggan. Harga tetap didasarkan pada potensi manfaat ekonomi dan program yang berlaku di wilayah penempatan. Harga kontrak ESaaS selalu kurang dari nilai ekonomi yang disediakan oleh layanan untuk memastikan klien mempertahankan nilai positif bersih melalui layanan.

 

Sumber Artikel: en.wikipedia.org