Penilaian Risiko: Kategori, Konsep dan Jenis Risiko

Dipublikasikan oleh Dias Perdana Putra

22 April 2024, 13.35

Proses Penilaian Risiko. Sumber: en.wikipedia.org

Penilaian Risiko

Penilaian risiko menentukan kemungkinan terjadinya kecelakaan, kemungkinan dan konsekuensinya, serta toleransi terhadap kejadian tersebut. Hasil dari proses ini dapat dinyatakan dalam bentuk kuantitatif atau kualitatif. Penilaian risiko merupakan bagian yang melekat dari strategi manajemen risiko yang lebih luas untuk membantu mengurangi potensi konsekuensi yang terkait dengan risiko.

Lebih tepatnya, penilaian risiko mengidentifikasi dan menganalisis peristiwa potensial (di masa depan) yang dapat berdampak negatif terhadap individu, aset, dan/atau lingkungan (yaitu analisis bahaya). Penilaian ini juga membuat penilaian "tentang toleransi risiko berdasarkan analisis risiko" sambil mempertimbangkan faktor-faktor yang mempengaruhi (yaitu evaluasi risiko).

Kategori

Penilaian risiko individu
Penilaian risiko dapat dilakukan pada kasus-kasus individual, termasuk dalam interaksi antara pasien dan dokter. Dalam arti sempit, penilaian risiko kimiawi adalah penilaian risiko kesehatan sebagai respons terhadap paparan lingkungan. Cara-cara statistik diekspresikan dan dikomunikasikan kepada seseorang, baik melalui kata-kata maupun angka-angka, memengaruhi interpretasi mereka tentang manfaat dan bahaya. Sebagai contoh, angka kematian dapat ditafsirkan sebagai kurang berbahaya dibandingkan dengan angka kelangsungan hidup. Sebuah tinjauan sistematis terhadap pasien dan dokter dari tahun 2017 menemukan bahwa melebih-lebihkan manfaat dan meremehkan risiko terjadi lebih sering daripada alternatifnya. Tinjauan sistematis tahun 2017 dari kolaborasi Cochrane menyarankan "alat bantu keputusan yang terdokumentasi dengan baik" sangat membantu dalam mengurangi efek dari kecenderungan atau bias tersebut. Persepsi risiko seseorang dapat dipengaruhi oleh faktor psikologis, ideologis, agama, atau faktor subjektif lainnya, yang berdampak pada rasionalitas proses. Individu cenderung kurang rasional ketika risiko dan eksposur menyangkut diri mereka sendiri dibandingkan dengan orang lain. Ada juga kecenderungan untuk meremehkan risiko yang bersifat sukarela atau di mana individu melihat diri mereka sendiri yang memegang kendali, seperti merokok.

Penilaian risiko sistem
Penilaian risiko juga dapat dilakukan dalam skala teori sistem yang jauh lebih besar, misalnya menilai risiko ekosistem atau sistem mekanik, elektronik, nuklir, dan biologi yang kompleks secara interaktif atau badai (sistem meteorologi dan geografis yang kompleks). Sistem dapat didefinisikan sebagai linier dan nonlinier (atau kompleks), di mana sistem linier dapat diprediksi dan relatif mudah dipahami dengan adanya perubahan input, dan sistem non-linier tidak dapat diprediksi ketika input diubah. Dengan demikian, penilaian risiko terhadap sistem non-linier/kompleks cenderung lebih menantang.

Dalam rekayasa sistem yang kompleks, penilaian risiko yang canggih sering kali dilakukan dalam rekayasa keselamatan dan rekayasa keandalan ketika menyangkut ancaman terhadap kehidupan, lingkungan alam, atau fungsi mesin. Industri pertanian, nuklir, kedirgantaraan, minyak, kimia, kereta api, dan militer memiliki sejarah panjang dalam berurusan dengan penilaian risiko. Selain itu, industri medis, rumah sakit, layanan sosial, dan makanan juga mengendalikan risiko dan melakukan penilaian risiko secara terus-menerus. Metode untuk penilaian risiko mungkin berbeda antara industri dan apakah itu berkaitan dengan keputusan keuangan umum atau penilaian risiko lingkungan, ekologi, atau kesehatan masyarakat.

Konsep

Risiko sosial telah meningkat dalam beberapa dekade terakhir karena perubahan teknologi yang cepat, peningkatan ukuran kompleks industri, peningkatan integrasi sistem dan persaingan pasar. Oleh karena itu, penilaian risiko semakin banyak digunakan untuk mengurangi kecelakaan, meningkatkan keselamatan, dan meningkatkan hasil. Penilaian risiko mencakup penilaian risiko yang bijaksana yang secara jelas menggambarkan asumsi dan ketidakpastian. Hal ini mencakup identifikasi risiko (apa yang mungkin terjadi dan mengapa), konsekuensinya, kemungkinan terjadinya, penerimaan atau penerimaan risiko, dan cara mengurangi atau memitigasi risiko yang terjadi. Idealnya, hal ini mencakup pendokumentasian penilaian risiko dan hasil-hasilnya, penerapan langkah-langkah mitigasi, dan peninjauan penilaian (atau rencana manajemen risiko) dan memperbaruinya secara berkala. Kadang-kadang hal ini dianggap sebagai risiko yang dapat diterima. Dengan kata lain, risiko tersebut “dipahami dan diterima… sering kali biaya atau kesulitan dalam menerapkan respons efektif terhadap kerentanan yang tepat lebih besar daripada risiko yang diperkirakan.”

Risiko ringan dan risiko liar

Benoit Mandelbrot membedakan antara risiko "lunak" dan "liar" dan berpendapat bahwa penilaian dan pengelolaan risiko harus sangat berbeda untuk kedua jenis risiko tersebut. Risiko aktif mengikuti distribusi normal atau mendekati normal, kembali ke mean dan hukum angka besar, dan dapat diprediksi. Misalnya, probabilitas mempunyai distribusi dengan ekor yang berat, seperti distribusi Pareto atau distribusi hukum pangkat, akan kembali ke ekor (karena mean tidak terhingga atau sebaliknya hukum bilangan besar tidak akan berlaku atau tidak akan berlaku). jadi merupakan ide bagus untuk melakukannya, sulit atau tidak mungkin. meramalkan Kesalahan yang umum terjadi dalam penilaian dan manajemen risiko adalah meremehkan tingkat keparahan suatu risiko dengan berasumsi bahwa risiko itu kecil padahal itu adalah sebuah risiko. Menurut Mandelbrot, hal ini harus dihindari jika risiko dinilai dan dikelola dengan benar.

Penilaian risiko kuantitatif

Dalam penilaian risiko kuantitatif, ekspektasi kerugian tahunan (ALE) dapat digunakan untuk menentukan biaya penerapan tindakan pencegahan untuk melindungi aset. Hal ini dapat dihitung dengan mengalikan ekspektasi kerugian tunggal (SLE), yaitu hilangnya nilai berdasarkan : Insiden keamanan tunggal berdasarkan tingkat kejadian tahunan (ARO) merupakan perkiraan seberapa sering ancaman akan berhasil dalam serangan yang rentan.

Namun, kegunaan penilaian risiko kuantitatif masih dipertanyakan, menurut Barry Brian Wynne, dan kritikus lainnya mengatakan, penilaian risiko. Misalnya, mereka berpendapat bahwa penilaian risiko mengabaikan perbedaan kualitatif antar risiko. Beberapa berpendapat bahwa penilaian dapat memberikan informasi berharga yang tidak dapat diukur atau dimasukkan, misalnya, heterogenitas) dapat dibiarkan di antara kelas-kelas risiko. orang sehubungan dengan risiko atau pengakuan sosial. Lebih lanjut, Commoner dan O'Brien mencatat bahwa pendekatan kuantitatif mengalihkan perhatian dari tindakan pencegahan. Yang lain, seperti Nassim Nicholas Taleb, melihat manajer risiko sebagai "pengguna buta" terhadap alat dan metode statistik.

Proses

Proses analisis risiko terdiri dari empat langkah utama, mulai dari menentukan skenario hingga melakukan analisis yang dihasilkan. Penting untuk menetapkan konteks untuk membatasi risiko yang dirasakan dan mengidentifikasi kelompok atau aset rentan yang mungkin terkena dampak ancaman tersebut. Langkah selanjutnya adalah identifikasi risiko, yang mengidentifikasi risiko yang jelas dan tersembunyi serta menentukan sifat kualitatif dari kemungkinan konsekuensi negatif dari setiap risiko.

Analisis frekuensi Langkah selanjutnya, ada hubungan antara kekuatan, bobot atribut, dan risikonya muncul Anda harus memutuskan. Penting untuk memahami ketergantungan antara kemungkinan dosis dan konsentrasi atau intensitas, serta durasi atau frekuensi paparan. Hal ini terutama berlaku untuk risiko kesehatan yang mekanisme cederanya adalah trauma beracun atau berulang.

Langkah terakhir adalah analisis hasil, yang tingkat keparahan hasilnya dapat sangat bervariasi meskipun kondisi pemicunya sama. Contohnya termasuk biohazard dan banyak bahaya keselamatan. Dalam kasus seperti ini, estimasi konsekuensi dan kemungkinan kejadiannya perlu dibuat.

Penilaian risiko adalah keputusan berdasarkan toleransi risiko yang ditentukan, yang mengarah pada penerimaan risiko. Pada tahun 2023, penilaian risiko bahan kimia akan dilakukan melalui empat bidang utama: identifikasi bahaya, penilaian paparan, pemodelan respons dosis, dan karakterisasi risiko. Dalam konteks ini, hubungan dosis-respons antara zat dan kesehatan manusia terbukti sangat bervariasi, terutama di kalangan kelompok rentan.

Proses penilaian risiko dapat bersifat informal, pada tingkat sosio-ekonomi, atau rumah seseorang. Namun, pada tingkat strategis perusahaan, kebijakan yang kompleks diperlukan untuk menentukan tingkat risiko yang dapat diterima, proses manajemen, prioritas dan alokasi sumber daya. Manajemen proyek perusahaan yang strategis memainkan peran penting dalam menciptakan penilaian risiko tingkat proyek dan memastikan bahwa proses yang diperlukan untuk mengelola risiko sudah ada. Pada tingkat dinamis, personel yang tepat mungkin perlu menangani situasi darurat secara real-time dan mengkaji ulang keputusan taktis setelah tindakan untuk memberikan umpan balik mengenai efektivitas mekanisme dan keputusan respons.

Disadur dari: en.wikipedia.org