Pengukuran Dasar Laut dengan Bathimetri

Dipublikasikan oleh Farrel Hanif Fathurahman

22 April 2024, 07.05

Peta batimetri Gunung Laut Kamaʻehuakanaloa - Wikipedia

Contoh peta isaritmik yang menunjukkan ciri fisiografik dan topografi bawah laut dan dasar laut adalah peta batimetri. Ukuran, bentuk, dan sebaran objek bawah air, serta kontur kedalaman topografi lautan menjadi tujuan utamanya. Peta topografi merupakan pelengkap yang berguna untuk bagan batimetri karena menunjukkan ketinggian di atas permukaan tanah. Bagan menggambarkan kedalaman atau ketinggian menggunakan rangkaian garis dan titik yang berjarak sama. Bergantung pada apakah kedalamannya bertambah atau berkurang saat bergerak ke dalam, bentuk tertutup dengan bentuk yang semakin kecil di dalamnya mungkin menunjukkan palung samudera atau gunung bawah laut, atau gunung bawah laut.

Batimetri awalnya menggunakan depth sounding untuk memperkirakan kedalaman laut. Metode awal termasuk menurunkan tali atau kabel yang berat ke sisi kapal dengan menggunakan panjang yang telah diukur sebelumnya. Metode ini tidak efektif karena hanya mengukur kedalaman satu tempat dalam satu waktu. Hal ini juga tidak akurat karena pergerakan kapal dan arus yang menyebabkan garis melenceng dari kenyataan.

Peta batimetri saat ini biasanya dibuat menggunakan data dari sistem penginderaan jauh LIDAR atau LADAR, atau dari echosounder (sonar) yang ditempatkan di bawah atau di atas sisi perahu, "menyampaikan" berkas suara ke bawah di bagian bawah. Alat tersebut menentukan jarak ke dasar laut berdasarkan berapa lama waktu yang dibutuhkan suara atau cahaya untuk merambat melalui air, memantul ke dasar laut, dan kembali ke alat pengeras suara. Sistem lintas udara sering digunakan untuk melakukan survei LIDAR/LADAR.

Peta batimetri dibuat menggunakan sounder sinar tunggal yang dimulai pada awal tahun 1930-an. Saat ini, metode yang paling umum adalah dengan menggunakan multibeam echosounder (MBES), yang menggunakan ratusan berkas cahaya tetangga yang sangat kecil (biasanya 256) yang disusun dalam petak seperti kipas yang biasanya lebarnya 90 hingga 170 derajat. Resolusi dan presisi sudut yang sangat tinggi dihasilkan oleh susunan berkas-berkas kecil yang berjarak dekat. Petak yang luas, yang bergantung pada kedalaman, sering kali memungkinkan perahu untuk mensurvei area dasar laut yang lebih luas dengan lebih cepat dibandingkan dengan echosounder sinar tunggal dengan hanya memerlukan lintasan yang lebih sedikit. Sinar tersebut diperbarui cukup sering untuk memungkinkan kecepatan perahu yang lebih tinggi sekaligus menjaga cakupan dasar 100% (biasanya 0,1–50 Hz, bergantung pada kedalaman air).

Roll dan pitch perahu di permukaan air dapat diatur menggunakan sensor sikap, dan gyrocompass memberikan informasi arah yang tepat yang dapat digunakan untuk menyesuaikan yaw kapal. (Mayoritas sistem MBES kontemporer memantau yaw selain dinamika dan posisi lainnya menggunakan sensor gerak dan sistem posisi terintegrasi.) Suara diposisikan dalam kaitannya dengan permukaan bumi menggunakan Global Positioning System (GPS) atau Satelit Navigasi Global lainnya Sistem (GNSS) ditempatkan di atas kapal. Profil kecepatan suara, yang mewakili kecepatan suara di dalam air sebagai fungsi kedalaman, menyesuaikan dengan pembiasan atau "pembengkokan sinar" gelombang suara yang disebabkan oleh variasi suhu, konduktivitas, dan tekanan kolom air. Semua data diproses oleh sistem komputer, yang juga menyesuaikan sudut unik setiap sinar dan semua variabel yang disebutkan sebelumnya. Setelah itu, data pembumian tersebut diolah secara manual, semi otomatis, atau otomatis (dalam kondisi tertentu) untuk dijadikan peta wilayah. Pada tahun 2010, berbagai keluaran dihasilkan, seperti Digital Terrain Models (DTM) terintegrasi (misalnya, jaringan titik-titik yang teratur atau tidak beraturan yang dihubungkan ke suatu permukaan) atau subset pengukuran asli yang memenuhi kondisi tertentu (misalnya, sebagian besar kemungkinan suara yang representatif, paling dangkal di suatu wilayah, dll.). Di masa lalu, survei teknik, geologi, pemodelan aliran, dan aplikasi lainnya menggunakan pembuatan DTM, namun aplikasi hidrografi lebih sering menggunakan pemilihan pengukuran. Dalam praktik hidrografi, DTM semakin diterima sejak sekitar tahun 2003–2005.

Batimetri juga diukur melalui satelit. Melalui deteksi perubahan kecil pada permukaan laut yang disebabkan oleh tarikan gravitasi pegunungan, punggung bukit, dan massa bawah air lainnya, radar satelit memetakan topografi laut dalam. Permukaan laut sering kali lebih tinggi di puncak dan pegunungan dibandingkan di lubang dan dataran yang sangat dalam.

Mayoritas survei jalur perairan pedalaman yang dapat dinavigasi di AS dilakukan oleh Korps Insinyur Angkatan Darat AS, sedangkan National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) bertanggung jawab untuk mengawasi survei jalur perairan maritim. Pusat Data Geofisika Nasional (NGDC) dari NOAA (sekarang Pusat Informasi Lingkungan Nasional) menyediakan data batimetri pantai [9]. Datum vertikal pasang surut sering digunakan sebagai acuan data batimetri.[10] Mean Sea Level (MSL) merupakan acuan standar batimetri di perairan dalam; namun, sebagian besar data peta laut menggunakan Mean Lower Low Water (MLLW) untuk survei di Amerika, dan Lowest Astronomical Tide (LAT) untuk survei internasional. Tergantung pada lokasi dan rezim pasang surut, beberapa data lain digunakan dalam praktiknya.

Studi tentang lautan, batuan dan mineral yang membentuk dasar laut, serta penelitian gunung berapi bawah laut dan gempa bumi adalah beberapa pekerjaan atau pekerjaan yang berhubungan dengan batimetri. Salah satu fokus utama hidrografi kontemporer adalah pengumpulan dan interpretasi data batimetri, yang penting untuk menjamin keamanan transportasi komoditas di seluruh dunia.

Disadur dari:

https://en.wikipedia.org