Pengujian Kesesuaian: Konsep, Pengertian, Bentuk dan Area

Dipublikasikan oleh Dias Perdana Putra

18 April 2024, 10.12

Sumber: guru99.com

Pengujian kesesuaian

Pengujian kesesuaian, salah satu unsur penilaian kesesuaian, disebut juga pengujian kesesuaian atau pengujian tipe, adalah pengujian atau aktivitas lain yang menentukan apakah suatu proses, produk, atau layanan memenuhi persyaratan standar, standar teknis, kontrak, atau perjanjian. persyaratan Tes biasanya berbentuk tes logika atau fisik. Metode tes dapat mencakup kriteria selain tes matematika atau kimia. Selain tujuan sederhana, persyaratan efisiensi, kerja sama, dan kepatuhan lainnya juga berlaku. Ini mungkin produsen produk atau layanan yang sedang dievaluasi, pengguna, atau organisasi tertentu yang berwenang (beberapa mungkin adalah pembuat standar yang digunakan). Ketika pengujian serupa dengan sertifikasi, produk atau layanan dibaca memenuhi syarat terhadap standar teknis yang ditentukan. Produsen dan pemasok produk dan layanan mengandalkan sertifikasi ini, termasuk daftar situs web lembaga sertifikasi, untuk memastikan bahwa pengguna akhir dan pemasok pesaing memiliki tingkat kualitas yang sama.

Selain berbagai jenis pengujian, kegiatan pengujian kesesuaian terkait meliputi:

  • Pengawasan
  • Inspeksi
  • Audit
  • Sertifikasi
  • Akreditasi.

Bentuk pengujian kesesuaian

Pemerintah Inggris mengidentifikasi tiga bentuk pengujian atau penilaian:

  • penilaian pihak pertama (penilaian sendiri)
  • Penilaian pihak kedua (penilaian oleh pembeli atau pengguna produk atau layanan)
  • Penilaian pihak ketiga (dilakukan oleh organisasi independen)

Area aplikasi yang khas

Pengujian kesesuaian diterapkan di berbagai industri di mana suatu produk atau layanan harus memenuhi standar kualitas dan/atau peraturan tertentu. Ini mencakup bidang-bidang seperti:

  • pemeriksaan biokompatibilitas
  • rekayasa protokol data dan komunikasi
  • rekayasa dokumen
  • teknik elektronik dan listrik
  • pemeriksaan prosedur medis
  • kemasan farmasi
  • rekayasa Perangkat Lunak
  • konstruksi bangunan (kebakaran)

Dalam semua tes tersebut, tujuan tes tidak sama dengan metode pelaksanaan tes yang disajikan, validitas sertifikat referensi dan kualifikasi staf administrasi. Namun, ini juga berfokus pada proses operasional, kondisi fisik, dan lingkungan pengujian. Pengujian berulang menghasilkan sekumpulan besar dokumen dan file yang memungkinkan Anda mengulangi semua pengujian yang dilakukan.

Rekayasa Perangkat Lunak

Dalam pengujian perangkat lunak, pengujian yang sama memverifikasi bahwa produk bekerja sesuai dengan standar yang ditentukan. Misalnya, kompiler menjalani banyak pengujian untuk memastikan mereka memenuhi standar bahasa yang diterima.

Teknik elektronik dan listrik

Di bidang elektronika dan teknik elektro, persyaratan tertentu harus dipenuhi sebelum produk elektronik dapat dijual di negara dan lingkungan bisnis tertentu (misalnya perusahaan telekomunikasi). Standar produk telepon yang ditulis oleh organisasi standar seperti ANSI, FCC, dan IEC merupakan kriteria khusus yang harus dipenuhi suatu produk sebelum dianggap aman. Produk tidak dapat dijual di negara seperti Jepang, Tiongkok, Korea, dan sebagian Eropa jika memenuhi persyaratan yang ditentukan dalam standar. Produsen sering kali menetapkan persyaratan mereka sendiri untuk memastikan kualitas produk, terkadang menetapkan standar yang lebih tinggi daripada yang disyaratkan oleh badan pengatur. Kesesuaian dicapai setelah produk melewati serangkaian pengujian tanpa mengalami sejumlah mode kegagalan yang ditentukan.

Uji kesesuaian untuk peralatan elektronik mencakup uji pelepasan, uji penyakit, dan uji keamanan. Uji emisi memastikan bahwa produk tidak memancarkan interferensi elektromagnetik yang berbahaya pada telepon dan saluran listrik. Tes kekebalan menentukan bahwa Anda kebal terhadap sinyal interferensi normal dan elektromagnetik (EMI) yang mungkin ada di lingkungan pengoperasian Anda, seperti radiasi elektromagnetik dari stasiun radio lokal atau interferensi dari hasil terbaru. Pengujian keamanan memastikan bahwa produk tidak menimbulkan bahaya keselamatan dalam kondisi seperti listrik padam atau korsleting, ventilasi pemanas tersumbat, dan lonjakan listrik dan saluran pembuangan. standar kepatuhan agar perangkat seluler lulus pengujian berikut:

Kekebalan terpancar

Satu atau lebih antena digunakan untuk mengukur kekuatan gelombang elektromagnetik yang dipancarkan oleh perangkat. Amplitudo harus berada di bawah batas yang ditentukan, yang bergantung pada peringkat peralatan.

Emisi terpancar

Satu atau lebih antena digunakan untuk mengukur kekuatan gelombang elektromagnetik yang dipancarkan oleh perangkat. Amplitudo harus berada di bawah batas yang ditentukan, yang bergantung pada peringkat peralatan.

Kekebalan yang dilakukan

Sinyal frekuensi rendah (biasanya 10 kHz hingga 80 MHz) disuntikkan ke data dan saluran listrik perangkat. Tes ini digunakan untuk mensimulasikan penyambungan sinyal frekuensi rendah ke saluran listrik dan data, seperti dari stasiun radio AM lokal.

Emisi yang dilakukan

Mirip dengan emisi terpancar, kecuali sinyal diukur pada saluran listrik dengan perangkat filter.

Kekebalan pelepasan elektrostatik (ESD)

Pelepasan muatan listrik statis, yang memiliki karakteristik berbeda (waktu naik, tegangan puncak, waktu turun, dan waktu paruh), digunakan pada bagian perangkat yang akan mengalir secara berbeda, seperti permukaan, di dekat tombol yang dapat digunakan oleh pengguna, dan segera. . Biaya juga ditampilkan dalam plot vertikal dan horizontal untuk membandingkan proyek ESD dengan plot yang berdekatan. Tegangan berkisar antara 2 kV hingga 15 kV, namun dapat mencapai 25 kV atau lebih.

Kekebalan Ledakan Transien Listrik Cepat (EFTB)

Pulsa tegangan tinggi diterapkan ke saluran listrik untuk mensimulasikan kejadian seperti pulsa tegangan di dalam mobil.

Kekebalan powerline dip

Tegangan saluran diturunkan secara perlahan kemudian dinaikkan kembali.

Kekebalan lonjakan arus listrik

Lonjakan diterapkan pada tegangan saluran.

Standardisasi dan kesepakatan

Banyak standar internasional terkait pengujian serupa diterbitkan oleh Organisasi Internasional untuk Standardisasi (ISO) dan tercakup dalam bagian ICS 03.120.20 untuk bagian administratif dan ICS 23.040.01 untuk bagian teknis. Standar ISO spesifik lainnya meliputi:

  • ISO/TR 13881:2000 Industri minyak dan gas alam—Klasifikasi dan penilaian kesesuaian produk, proses dan jasa
  • ISO 18436-4:2008 Pemantauan kondisi dan diagnostik mesin—Persyaratan kualifikasi dan penilaian personel—Bagian 4: Analisis pelumas lapangan
  • ISO/IEC 18009:1999 Teknologi informasi—Bahasa pemrograman—Ada: Penilaian kesesuaian prosesor bahasa

Penilaian kesesuaian dan perjanjian pengakuan timbal balik

Banyak negara mengadakan perjanjian saling pengakuan (MRA) dengan negara lain untuk memfasilitasi perdagangan dan akses pasar terhadap barang dan jasa, sehingga memudahkan untuk memenuhi persyaratan ujian nasional. Perjanjian ini juga berfungsi untuk meningkatkan kepercayaan terhadap lembaga penilai serupa (misalnya laboratorium pengujian dan lembaga sertifikasi) dan, sebagai tambahan, kepercayaan terhadap kualitas produk. Contohnya adalah MLA IAF yang merupakan perjanjian saling pengakuan sertifikat publik antara para penandatangan anggota Badan Akreditasi (AB) IAF.

Disadur dari: en.wikipedia.org