Pengujian Kegunaan dan Prosesnya

Dipublikasikan oleh Farrel Hanif Fathurahman

22 April 2024, 16.19

Banyak alat yang dirancang agar mudah dipegang dan digunakan sesuai tujuan - Wikipedia

Metode yang digunakan dalam desain interaksi yang berpusat pada pengguna untuk menilai suatu produk dengan memasukkannya melalui pengujian pengguna disebut pengujian kegunaan. Mengingat hal ini memberikan wawasan langsung tentang bagaimana pengguna sebenarnya berinteraksi dengan sistem, hal ini mungkin dianggap sebagai strategi kegunaan yang sangat diperlukan. Hal ini sebagian besar berfokus pada seberapa intuitif desain produk, dan diuji pada pengguna yang belum pernah menggunakannya sebelumnya. Pengujian seperti ini penting untuk keberhasilan produk akhir karena aplikasi yang bekerja dengan baik namun membingungkan konsumen tidak akan bertahan lama. Hal ini berbeda dengan teknik pemeriksaan kegunaan, di mana para profesional menilai antarmuka pengguna secara independen dari konsumen menggunakan berbagai teknik.

Tujuan dari pengujian kegunaan adalah untuk menilai seberapa baik suatu produk yang dibuat oleh manusia dapat memenuhi aplikasi yang dimaksudkan. Produk seperti makanan, barang konsumsi, situs web atau aplikasi web, antarmuka komputer, dokumen, dan perangkat adalah contoh produk yang sering mendapat manfaat dari pengujian kegunaan. Meskipun studi interaksi manusia-komputer secara umum bertujuan untuk mengembangkan prinsip-prinsip dasar, pengujian kegunaan menilai kegunaan, atau kemudahan penggunaan, suatu objek atau kumpulan objek tertentu.

Mengorganisir uji kegunaan memerlukan pembuatan skenario yang cermat, atau lingkungan realistis, di mana subjek menggunakan produk yang diuji untuk menyelesaikan serangkaian tugas sementara pengamat menonton dan mencatat (verifikasi dinamis). Untuk mendapatkan masukan terhadap produk yang diuji, sejumlah alat pengujian tambahan juga digunakan, termasuk prototipe kertas, instruksi tertulis, dan survei sebelum dan sesudah pengujian (verifikasi statis). Misalnya, skenario yang menggambarkan situasi di mana seseorang perlu mengirim lampiran email dan meminta mereka untuk melakukannya mungkin digunakan untuk mengevaluasi fitur lampiran program email. Untuk mengidentifikasi masalah dan mengatasinya, pengembang ingin melihat bagaimana perilaku pengguna dalam lingkungan asli. Selama uji kegunaan, metode termasuk pelacakan mata, pembelajaran penemuan bersama, dan protokol berpikir keras sering kali digunakan untuk mengumpulkan data.

Lorong pengujian

Kegunaan gerilya, terkadang disebut sebagai pengujian lorong, adalah pendekatan pengujian kegunaan yang cepat dan berbiaya rendah di mana pengguna diminta untuk mencoba menggunakan produk atau layanan di ruang publik seperti lorong. Hal ini dapat membantu desainer dalam mengidentifikasi "dinding bata" sejak awal dalam proses desain baru—masalah yang sangat parah sehingga pengguna tidak dapat melanjutkannya. Dimungkinkan untuk menggunakan siapa pun selain perancang dan insinyur proyek, yang sering kali beroperasi sebagai "peninjau ahli" karena kedekatan mereka dengan proyek.

Menguji kegunaan dari jarak jauh

Melakukan uji kegunaan laboratorium standar menimbulkan masalah logistik dan keuangan ketika penilai kegunaan, pengembang, dan pengguna potensial tersebar di berbagai negara dan zona waktu. Karena kekhawatiran ini, studi tentang evaluasi kegunaan jarak jauh—di mana penilai dan pengguna dipisahkan dalam ruang dan waktu—dilakukan. Pengujian jarak jauh dapat dilakukan secara sinkron atau asinkron, sehingga memungkinkan penilaian diselesaikan sehubungan dengan pekerjaan dan teknologi pengguna lainnya. Dalam skenario pertama, pengguna dan penilai berkomunikasi satu lawan satu secara real time, namun dalam skenario kedua, pengguna dan penilai beroperasi secara independen. Untuk memenuhi kebutuhan kedua metode ini, banyak teknologi yang dapat diakses.

Teknik pengujian kegunaan sinkron menggunakan WebEx atau konferensi video untuk berbagi aplikasi dari jarak jauh. Teknologi paling populer untuk melakukan uji kegunaan jarak jauh yang sinkron adalah WebEx dan GoToMeeting. Di sisi lain, pengujian jarak jauh yang sinkron mungkin tidak memberikan sensasi "kehadiran" dan kedekatan yang diperlukan untuk memfasilitasi proses pengujian kolaboratif. Selain itu, taktik yang memperhatikan berbagai budaya yang terlibat mungkin diperlukan untuk mengelola interaksi antarpribadi lintas batas bahasa dan budaya. Berkurangnya kendali atas lingkungan pengujian dan gangguan serta pengalihan peserta di lingkungan rumah mereka merupakan kelemahan lebih lanjut. Menggunakan dunia virtual adalah salah satu teknik terbaru yang dibuat untuk melakukan uji kegunaan jarak jauh yang sinkron.

Tinjau oleh para ahli

Teknik umum lainnya untuk menguji kegunaan adalah ulasan xpert. Sesuai dengan namanya, pendekatan ini bergantung pada bantuan ahli di bidangnya (mungkin dari perusahaan pengujian kegunaan) untuk menilai kegunaan suatu produk.

Antarmuka dievaluasi oleh satu atau lebih spesialis faktor manusia melalui evaluasi heuristik atau audit kegunaan. Penilai menilai kegunaan, efisiensi, dan kemanjuran antarmuka menggunakan konsep kegunaan, termasuk 10 heuristik kegunaan yang pertama kali diperkenalkan oleh Jakob Nielsen pada tahun 1994.

Berikut adalah beberapa heuristik kegunaan Nielsen, yang telah diperbarui sebagai respons terhadap studi pengguna dan perangkat baru:

Visibilitas status sistem

  • Kesesuaian antara sistem dan dunia nyata
  • Kontrol dan kebebasan pengguna
  • Konsistensi dan standar
  • Pencegahan kesalahan
  • Pengakuan, bukan penarikan kembali
  • Fleksibilitas dan efisiensi penggunaan
  • Desain estetis dan minimalis
  • Membantu pengguna mengenali, mendiagnosis, dan memulihkan kesalahan
  • Bantuan dan dokumentasi

Tinjauan ahli otomatis

Mirip dengan tinjauan ahli, tinjauan ahli otomatis menyediakan pengujian kegunaan tetapi melalui penggunaan program diberikan aturan untuk desain dan heuristik yang baik. Meskipun tinjauan otomatis mungkin tidak memberikan detail dan wawasan sebanyak ulasan dari orang, tinjauan tersebut dapat diselesaikan dengan lebih cepat dan konsisten. Ide untuk menciptakan pengguna pengganti untuk pengujian kegunaan adalah arah yang ambisius bagi komunitas kecerdasan buatan.

pengujian A/B

Dalam pengembangan dan pemasaran web, pengujian A/B atau pengujian terpisah adalah pendekatan eksperimental terhadap desain web (khususnya desain pengalaman pengguna), yang bertujuan untuk mengidentifikasi perubahan pada halaman web yang meningkatkan atau memaksimalkan hasil yang diinginkan (misalnya, rasio klik-tayang untuk iklan spanduk). Sesuai dengan namanya, dua versi (A dan B) dibandingkan, keduanya identik, kecuali satu variasi yang mungkin memengaruhi perilaku pengguna. Versi A mungkin yang saat ini digunakan, sedangkan versi B telah dimodifikasi dalam beberapa hal. Misalnya, di situs web e-niaga, corong pembelian biasanya merupakan kandidat yang baik untuk pengujian A/B, karena peningkatan kecil sekalipun dalam tingkat pengembalian dapat menunjukkan peningkatan penjualan yang signifikan. Peningkatan signifikan dapat dilihat melalui pengujian elemen seperti salinan teks, tata letak, gambar, dan warna.

Disadur dari:

https://en.wikipedia.org