Pengertian, Sejarah, dan Macam-macam pengerjaan logam

Dipublikasikan oleh Muhammad Ilham Maulana

21 Februari 2024, 09.44

Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/File:Dreher_an_einer_Drehbank.jpg

Pengerjaan logam adalah proses mengubah logam menjadi perkakas atau bagian mesin. Istilah pengerjaan logam mencakup berbagai pekerjaan  yang berhubungan dengan logam, mulai dari membangun kapal besar dengan bagian baja besar yang diperkeras, membangun minyak lepas pantai atau rig pengeboran hingga memproduksi peralatan mesin dengan presisi tinggi, dan menghasilkan perhiasan  kecil dan halus. Dengan demikian, bidang pengerjaan logam mencakup berbagai keterampilan, kompetensi dan penggunaan berbagai jenis peralatan.

Sejarah

Proses pengerjaan logam dimulai sekitar tahun 6000 SM. Logam yang paling awal ditemukan adalah emas (6000 SM) dan tembaga (4200 SM). Tujuh logam kuno adalah: emas (6000 SM), tembaga (4200 SM), perak (4000 SM), timah (3500 SM), timbal (1750 SM), peleburan besi (1500 SM), dan air raksa (750 SM). Pada tahun 5000 SM, lempengan tembaga mulai dipalu. Benda tembaga cor dari tahun 3600 SM. ditemukan di Lembah Sungai Nil.

Industri logam secara historis mencakup perdagangan metalurgi, artistik, hobi, dan industri. Seni dan karya diperdagangkan dan merupakan industri yang berakar pada zaman kuno. Menyebar ke seluruh peradaban. Melihat sejarah firaun di Mesir, sejarah raja-raja Weda di India, dan peradaban Maya di Amerika Utara, populasi tertua, logam mulia memiliki nilai penting dan terkadang menjadi awal dari perkembangan hukum properti dan hukum properti. pengembangan hak milik. distribusi dan bisnis yang tertutup rapat dan diterima oleh publik.

Seiring berjalannya waktu, logam menjadi lebih umum dan kompleks. Pengerjaan logam sangat bergantung pada logam tambang, yang kemudian digunakan untuk membuat perhiasan, membuat mesin elektronik yang lebih efisien, dan untuk kebutuhan industri dan aplikasi teknologi mulai dari konstruksi hingga kontainer, kereta api, dan transportasi udara. Tanpa logam, barang dan jasa akan berhenti bergerak di seluruh dunia.

Macam-macam pengolahan untuk Pengerjaan logam

  • Pengecoran kontinu adalah metode di mana logam cair disalurkan untuk membentuk billet, bloom, atau slab yang setengah jadi, yang kemudian akan digulir pada tahap berikutnya di pabrik finishing.
  • Penyolderan dan pematrian adalah proses penyambungan logam dengan meletakkan logam pengisi dilelehkan pada sambungan.
  • Pengelasan, di sisi lain, melibatkan melelehkan ujung logam untuk menyambungkannya.
  • Pengerolan dan penempaan adalah proses deformasi logam, yang melibatkan reduksi ketebalan benda kerja menggunakan tekanan dan rol.
  • Logam lembaran adalah proses fabrikasi untuk membuat lembaran logam yang dapat dibentuk menjadi berbagai produk.
  • Pembengkokan logam adalah proses deformasi plastik terhadap logam dengan tekanan piston dan cetakan.
  • Fabrikasi logam mencakup rekayasa, pemotongan, pembentukan, penyambungan, dan perakitan.
  • Galvanisasi adalah proses melapisi besi dan baja dengan seng untuk mencegah karat. Metode ini dapat dilakukan dengan celupan panas atau elektrokimia.

Disadur dari: https://id.wikipedia.org/wiki/Pengerjaan_logam