Pengertian Mengenai Industrial Gas

Dipublikasikan oleh Jovita Aurelia Sugihardja

18 April 2024, 08.51

Sumber : Wikipedia

Gas industri adalah bahan gas yang diproduksi untuk digunakan dalam industri. Gas utama yang disediakan adalah nitrogen, oksigen, karbon dioksida, argon, hidrogen, helium, dan asetilena, meskipun banyak gas dan campuran lain yang juga tersedia dalam tabung gas. Industri yang memproduksi gas-gas ini juga dikenal sebagai gas industri, yang juga mencakup pasokan peralatan dan teknologi untuk memproduksi dan menggunakan gas-gas tersebut. Produksi mereka adalah bagian dari Industri kimia yang lebih luas (di mana gas industri sering dilihat sebagai "bahankimia khusus").

Gas industri digunakan di berbagai industri, yang meliputi minyak dan gas, petrokimia, bahan kimia, listrik, pertambangan, pembuatan baja, logam, perlindungan lingkungan, obat-obatan, farmasi, bioteknologi, makanan, air, pupuk, tenaga nuklir, elektronik, dan kedirgantaraan. Gas industri dijual ke perusahaan industri lain; biasanya terdiri dari pesanan besar untuk klien industri korporat, yang mencakup berbagai ukuran mulai dari membangun fasilitas proses atau jaringan pipa hingga pasokan gas tabung.
Beberapa bisnis skala perdagangan dilakukan, biasanya melalui agen lokal yang terikat yang dipasok secara grosir. Bisnis ini mencakup penjualan atau penyewaan tabung gas dan peralatan terkait kepada pedagang dan kadang-kadang masyarakat umum. Ini termasuk produk seperti balon helium, gas pengeluaran untuk tong bir, gas las dan peralatan las, LPG dan oksigen medis.

Penjualan eceran pasokan gas skala kecil tidak terbatas hanya pada perusahaan gas industri atau agen mereka. Berbagai macam wadah gas kecil yang dibawa dengan tangan, yang dapat disebut silinder, botol, kartrid, kapsul atau tabung tersedia untuk memasok LPG, butana, propana, karbon dioksida atau dinitrogen oksida. Contohnya adalah pengisi daya whipped-cream, powerlet, campingaz, dan sodastream.

Sejarah awal gas

Udara pertama di lingkungan yang digunakan manusia adalah udara, ketika mereka melihat cahaya dan memberi makan pada api yang menyala. Orang juga menggunakan gas panas dari api untuk mengasapi makanan dan uap dari air mendidih untuk memasak makanan.

Karbon dioksida telah dikenal sejak zaman dahulu, terutama sebagai produk fermentasi pada minuman, pertama kali terjadi antara tahun 7000 dan 6600 SM. di Jiahu, Tiongkok. Gas alam digunakan pertama kali pada tahun 500 a. C. ketika orang Cina menemukan kemampuan untuk mengangkut gas dari tanah melalui pipa bambu mentah ke tempat gas tersebut digunakan untuk merebus air laut. Bangsa Romawi menggunakan sulfur dioksida dalam pembuatan anggur karena mereka menemukan bahwa membakar lilin yang terbuat dari belerang di dalam tong anggur tidak dapat menjaga kesegaran anggur dan tidak berbau seperti cuka.

Pemahaman pertama adalah bukti empiris dan kimia pertama. Namun, dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan kimia, gas-gas ini dapat dikenali dan dipahami.

Sejarah ilmu kimia menyatakan bahwa banyak gas ditemukan, ditemukan, atau pertama kali diciptakan dalam bentuk murni oleh ahli kimia di laboratorium pada masa Revolusi Industri pada abad ke 19 dan 19. Banyak jenis gas yang ditemukan: oksigen (1754), hidrogen (1766 ), nitrogen (1772), oksigen (1772), oksigen (1773), amonia (1774), karbon dioksida (1774), dan metana (1776), hidrogen sulfida (1777), karbon monoksida (1800), hidrogen klorida (1810), asetilena (1836), helium (1868), fluor (1886), argon (1894), kripton, nitrogen, dan xenon (1898) dan radon (1899). 

Karbon, hidrogen, dinitrogen oksida, oksigen, amonia, klorin, belerang, dan gas hasil produksi digunakan pada awal abad ke-19, terutama untuk makanan, pendingin, obat-obatan, bahan bakar, dan penerangan gas. Misalnya, air berkarbonasi ditemukan pada tahun 1772 dan digunakan secara komersial sejak tahun 1783, klorin pertama kali digunakan dalam pemutihan kain pada tahun 1785, dan dinitrogen oksida pertama kali digunakan dalam pasta gigi pada tahun 1844. Udara digunakan pada masa itu. Biasanya dibuat untuk digunakan segera melalui reaksi kimia. Contoh generator yang bagus adalah peralatan Kipps, yang dibuat pada tahun 1844 yang dapat menghasilkan gas seperti hidrogen, hidrogen sulfida, klor, asetilena, dan karbon dioksida melalui reaksi pelepasan gas. Asetilena pertama kali diproduksi secara komersial pada tahun 1893, dan generator asetilena digunakan untuk memproduksi gas memasak dan penerangan gas sejak tahun 1898, namun seiring dengan semakin pentingnya penerangan, listrik pun semakin penting, dan LPG mulai tersedia secara komersial pada tahun 1912. Setelah itu, asetilena. mulai digunakan sebagai gas. 

Setelah gas-gas tersebut ditemukan dan diproduksi dalam jumlah kecil, proses industri mendorong inovasi dan penemuan teknologi untuk menghasilkan gas-gas tersebut dalam jumlah besar. Perkembangan utama dalam produksi gas industri adalah elektrolisis air untuk menghasilkan hidrogen (1869) dan oksigen (1888), proses garam untuk menghasilkan oksigen ditemukan pada tahun 1884, proses kloralkali untuk menghasilkan klorin pada tahun 1892, dan proses Haber untuk menghasilkan amonia. 1908.

Perkembangan teknologi pendingin menyebabkan berkembangnya teknologi pengkondisian udara dan dehumidifikasi. Pada tahun 1823, karbon dioksida diperkenalkan untuk pertama kalinya. Proses kondensasi uap menggunakan eter pertama kali ditemukan oleh Jacob Perkins pada tahun 1834, proses serupa menggunakan amonia ditemukan pada tahun 1873, dan proses serupa menggunakan sulfur dioksida ditemukan pada tahun 1876. Oksigen cair dan nitrogen cair pertama kali dibuat pada tahun 1883. Hidrogen cair dibuat pada tahun 1898 dan helium cair pertama kali dibuat pada tahun 1908. LPG pertama kali diproduksi pada tahun 1910. Pada tahun 1914 dikeluarkan paten untuk LNG dan pada tahun 1917 diproduksi diproduksi untuk pertama kalinya secara komersial.

Meskipun tidak ada peristiwa yang menandai dimulainya industri gas, banyak yang percaya bahwa hal itu berasal dari penemuan tabung gas bertekanan tinggi pertama pada tahun 1880. Awalnya, silinder banyak digunakan untuk menyimpan karbon dioksida untuk emisi karbon atau minuman Pada tahun 1895, perkembangan lebih lanjut dalam siklus pendinginan kompresi memungkinkan pencairan udara, terutama oleh Carl von Linde, yang mampu menghasilkan oksigen dalam jumlah besar, dan pada tahun 1896, sejumlah besar asetilena dilarutkan dalam aseton untuk menghasilkan oksigen. Telah ditemukan bahwa oksigen non-eksplosif dapat diproduksi. Botol asetilena pengaman.

Sejak awal tahun 1900-an, perkembangan pengelasan dan pemotongan logam, yang dilakukan dengan oksigen dan asetilena, sangatlah penting. Seiring dengan kemajuan produksi gas, semakin banyak gas yang dijual dalam silinder tanpa generator gas.

Teknologi produksi gas

Pabrik pemisahan udara dapat menghasilkan nitrogen dan argon selain oksigen dengan menyaring udara dalam proses pemisahan. Ketiganya menjadi air pemakaman. Untuk mencapai suhu pemanasan yang rendah, unit pemisahan udara (ASU) menggunakan siklus pendinginan yang bekerja berdasarkan efek Joule-Thomson. Selain gas raksasa, fisi gas adalah satu-satunya sumber penting gas mulia langka neon, kripton, dan xenon.

Teknologi kriogenik juga memungkinkan pencairan gas alam, hidrogen, dan helium. Dalam pemrosesan gas alam, teknologi kriogenik digunakan untuk menghilangkan nitrogen dari gas alam di unit penghilangan nitrogen. Proses ini juga dapat digunakan untuk memproduksi helium dari gas alam, yang memiliki cukup helium untuk penggunaan ekonomis. Perusahaan gas besar sering kali berinvestasi pada perpustakaan paten di semua bidang bisnis mereka, terutama kriogenik.

Teknologi produksi penting lainnya dalam industri ini adalah energi terbarukan. Reformasi uap adalah proses kimia yang mengubah gas alam dan uap menjadi syngas, yang mengandung hidrogen dan karbon monoksida serta karbon dioksida sebagai produk sampingan. Oksidasi dan regenerasi autotermal adalah proses serupa tetapi memerlukan oksigen di ASU. Gas sintesis biasanya dihasilkan dari sintesis kimia amonia dan metana. Karbon dioksida adalah gas asam dan sebagian besar dihilangkan melalui pengolahan dengan amina. Ini dapat dimasukkan ke dalam reservoir karbon yang ditangkap atau digunakan untuk meningkatkan perolehan minyak.

Teknologi konversi gas dan hidrogen merupakan landasan industri gas industri dan juga merupakan bagian dari teknologi yang diperlukan untuk banyak bahan bakar fosil (termasuk IGCC), kogenerasi, dan proses Fischer-Tropsch gas-cair. Ada banyak cara untuk menghasilkan hidrogen, dan jika hidrogen berasal dari pembangkit listrik tenaga air, kita hampir menjadi bahan bakar bebas karbon. budaya dominan). Orkney adalah contoh penggunaan alternatif hidrokarbon. Untuk informasi lebih lanjut mengenai penggunaan hidrogen, lihat Ekonomi Hidrogen. Hidrogen cair digunakan oleh NASA sebagai bahan bakar roket di pesawat ulang-alik.

Teknologi pemisahan gas yang lebih sederhana seperti membran atau saringan molekuler digunakan dalam kompresi ayunan tekanan atau sintesis ayunan vakum, dan juga digunakan dalam generator nitrogen dan pabrik oksigen untuk menghasilkan udara bersih. Contoh lain yang menggunakan lebih sedikit udara adalah generator oksigen kimia, atau natrium oksigen.

Selain gas utama yang dihasilkan dari pemisahan gas dan reforming gas sintesis, industri juga menghasilkan gas lainnya. Beberapa gas merupakan produk sampingan dari industri lain, sementara gas lainnya dimurnikan, dikumpulkan, dan terkadang dibeli dari produsen bahan kimia besar lainnya. Beberapa memiliki proses produksi sendiri. Misalnya hidrogen klorida yang dihasilkan dari pembakaran hidrogen dengan klorin, dinitrogen oksida yang dihasilkan dari pemanasan amonium nitrat ketika dipanaskan secara perlahan, fluor, klorida, dan hidrogen yang dihasilkan oleh listrik, dan mahkota listrik yang menghasilkan ozon dari udara atau oksigen.

Anda dapat menawarkan layanan dan teknologi terkait, seperti penyedot debu yang disediakan dalam sistem pemanas rumah sakit. udara terkompresi murni; Atau pendinginan. Sistem alternatif lainnya adalah penyedot debu. Beberapa perusahaan gas industri juga mengeluarkan bahan kimia terkait, terutama cairan seperti brom, hidrogen fluorida, dan etilen oksida.

Distribusi Gas

Sebagian besar material berbentuk gas pada suhu dan tekanan sekitar dan disuplai sebagai udara bertekanan. Kompresor udara digunakan untuk mengompresi udara melalui sistem perpipaan ke dalam bejana bertekanan penyimpanan (misalnya silinder udara, silinder udara, atau wadah silinder). Kantong udara adalah bentuk penyimpanan udara yang paling umum, dan diproduksi dalam jumlah besar di area "pengisian titik".

Namun, tidak semua gas industri dilepaskan dalam bentuk gas. Beberapa gas merupakan uap yang hanya dapat dicairkan pada suhu kamar dan tekanan tertentu, sehingga dapat didistribusikan kembali sebagai cairan dalam wadah tipis. Perubahan fasa ini membuat gas-gas ini berguna sebagai pemanas ruangan; amonia industri yang paling umum dan zat-zat ini adalah amonia (R717), propana (R290), butana (R600) dan sulfur dioksida (R764). Klorin juga memiliki sifat-sifat ini, namun terlalu beracun, korosif dan reaktif untuk digunakan sebagai pendingin. Gas lain menunjukkan perubahan fase ini jika suhu lingkungan terlalu rendah. Ini termasuk etilen (R1150), karbon dioksida (R744), etana (R170), nitrogen oksida (R744A) dan sulfur heksafluorida. Namun, bahan ini hanya dapat dicairkan dengan tekanan jika tetap berada di bawah suhu kritis 9 °C untuk C 2 H 4 . 31°C untuk CO2; 32 °C untuk C 2 H 6 ; 36 °C untuk N 2 O; 45 °C untuk SF 6. [30] Semua zat ini membentuk gas (bukan uap) pada tekanan 200 bar di dalam tabung gas, yang berada di atas tekanan maksimum. 

Gas stabil (gas yang suhunya di bawah suhu kamar) dapat dilepaskan dalam bentuk cair jika gas didinginkan. Seluruh udara dapat digunakan untuk mendinginkan suhu air. Misalnya, nitrogen (R728) dan metana (R50) digunakan sebagai zat pendingin pada suhu yang sangat rendah. 

Sejumlah besar karbon dioksida dapat dibentuk dalam bentuk padatan dingin yang disebut es kering, yang terurai bila dipanaskan dalam kondisi alami. Karena sifat karbon dioksida, ia tidak dapat menjadi cair pada tekanan di bawah titik tripelnya, yaitu 5,1 bar. 

Acetylene juga memiliki rilis yang berbeda. Karena sangat mudah menguap dan mudah meledak, ia dibuang ke dalam silinder sebagai gas yang dilarutkan dalam aseton. Asetilena adalah satu-satunya gas industri yang mengurangi tekanan atmosfer.

Pengiriman gas

Gas industri pertama dapat diproduksi dalam jumlah besar dan dikirim ke konsumen melalui jaringan pipa, kargo dan transportasi.

Sebagian besar gas dijual dalam botol gas, sebagian dalam bentuk cair dalam wadah tipis (misalnya Dewar) atau dalam bentuk cairan curah yang dikirim dengan truk. Awalnya, industri memasok gas dalam bentuk silinder untuk menghindari kebutuhan menghasilkan gas lokal. Namun, untuk konsumen besar seperti pabrik baja atau kilang minyak, ladang angin besar dapat dibangun di dekatnya (disebut "di lokasi") untuk menghindari penggunaan beberapa silinder yang saling terhubung. Perusahaan gas industri dapat memasok pabrik dan peralatan untuk memproduksi gas, bukan gas itu sendiri. Perusahaan gas industri juga menawarkan untuk bertindak sebagai operator pembangkit listrik berdasarkan kontrak untuk mengoperasikan dan memelihara pembangkit listrik tenaga angin bagi pelanggan mereka. Pasalnya, perusahaan-perusahaan tersebut memiliki pengalaman dalam mengelola kawasan produksi atau pemrosesan gas tersebut.

Beberapa zat berbahaya jika digunakan dalam bentuk gas. Misalnya, fluor sangat reaktif, dan bahan kimia industri yang membutuhkan fluor sering kali menggunakan hidrogen fluorida (atau asam hidrokarbon). Cara lain untuk menetralisir reaksi gas adalah dengan memproduksi gas sesuai kebutuhan, misalnya dengan menggunakan ozon.

Pilihan pengiriman mencakup produksi gas lokal, jaringan pipa, transportasi curah (truk, kereta api, kapal) dan gas dalam tangki gas atau wadah lainnya. 

Banyak gas cair disuplai ke tangki penyimpanan pengguna akhir. Tabung gas (dan wadah berisi gas cair) digunakan oleh pengguna akhir dalam sistem distribusi kecil mereka. Sensor gas beracun atau mudah terbakar sering kali disimpan di lemari gas oleh pengguna akhir untuk melindunginya dari kebakaran atau kebocoran eksternal.

Kode warna tabung gas

Meskipun ada upaya untuk meningkatkan keselamatan pengguna dan responden pertama, tidak ada kode internasional untuk silinder yang mengandung gas industri, sehingga banyak standar kode warna yang digunakan. Di sebagian besar negara maju di dunia, terutama di negara-negara Uni Eropa dan Inggris, standar EN 1089-3 digunakan, kecuali untuk silinder minyak bumi. Di Amerika Serikat tidak ada peraturan yang sah mengenai penandaan warna wadah gas dan peraturan tersebut tidak ditegakkan.

Apa yang dimaksud dengan Gas Industri

Gas industri adalah sekelompok bahan kimia yang dirancang untuk keperluan industri dan tetap berbentuk gas pada suhu atau tekanan apa pun. Ini adalah zat yang dapat berupa unsur gas atau senyawa yang bersifat organik atau anorganik, dan memiliki berat molekul yang relatif rendah. Campuran gas-gas individual juga dimungkinkan. Ini penting sebagai sebuah substansi. Mereka digunakan sebagai bahan mentah, perbaikan proses, produk akhir yang berguna atau tujuan khusus. Dibandingkan dengan memiliki nilai "sederhana".

Istilah "gas industri" terkadang didefinisikan secara sempit hanya berarti gas komersial: nitrogen, oksigen, karbon dioksida, argon, hidrogen, asetilena, dan helium. Ada banyak nama perusahaan gas industri di luar daftar utama ini, namun termasuk dalam kategori "gas swasta". udara sehat " bahan bakar gas " sebuah “udara pendingin.” Namun, udara juga dapat didefinisikan berdasarkan penggunaan atau industri, sehingga disebut “udara ventilasi” atau “udara pernapasan”, dll.; atau, menurut sumbernya, sebagai "angin"; atau dengan metode pengiriman seperti "udara dalam kemasan". Angin pertama bisa disebut “angin besar”. Atau "tonase gas".

Pada umumnya gas atau campuran gas yang dijual oleh “industri gas industri” dapat digunakan untuk keperluan industri dan dapat disebut “gas industri”. Dalam praktiknya, "gas industri" adalah senyawa atau campuran murni dengan komposisi kimia yang benar, pekat atau kurang, tetapi sangat murni atau cocok untuk aplikasi khusus (misalnya oksiasetilen). Ada daftar gas yang lebih penting di "Gasand". 

Terkadang tidak disebut "gas industri". Terutama ketika gas tersebut diproses lebih lanjut untuk digunakan sebagai energi, bukan diproduksi untuk digunakan sebagai produk atau persiapan kimia.

Industri minyak dan gas berbeda. Jadi memang benar gas alam merupakan “gas advantage”. Ini digunakan dalam "industri". - Sering digunakan sebagai bahan bakar, terkadang sebagai bahan mentah, dalam arti "gas industri". Istilah ini tidak umum digunakan oleh perusahaan industri di industri perminyakan untuk hidrokarbon yang diproduksi langsung dari sumber alam atau fosil. Bahan kimia seperti LPG dan LNG merupakan campuran kompleks yang tidak memiliki komposisi kimia yang tepat sehingga berubah selama penyimpanan.

Industri minyak juga berbeda. Oleh karena itu, bahan kimia (bahan kimia yang berasal dari minyak bumi) seperti etilen tidak dianggap sebagai “gas industri”.

Bahan kimia industri terkadang dianggap berbeda dengan gas industri. Oleh karena itu, zat seperti amonia dan klorin bersifat " Kimia " Seperti yang kadang-kadang dianggap, gas ini bukan merupakan "gas industri" (terutama bila disuplai dalam bentuk cair).

Gas kecil yang disuplai dari wadah portabel tidak dianggap sebagai gas industri karena ditujukan untuk penggunaan pribadi dan bukan gas industri. Pemasok tidak selalu ahli di bidang udara.

Batasan ini didasarkan pada batasan industri (sebenarnya ada yang tumpang tindih) dan sulit untuk memberikan definisi ilmiah. Memikirkan tentang "tumpang tindih"; Transmisi industri:

Gas alam yang diproduksi (misalnya udara kota) dianggap sebagai gas industri. Gas sintesis sering disebut sebagai produk kimia. Meskipun konstruksinya merupakan teknologi gas industri utama. Demikian pula, proyek yang menggunakan tenaga angin atau biogas, proyek limbah menjadi energi, dan produksi hidrogen memiliki teknologi yang tumpang tindih.

Helium merupakan gas industri meskipun berasal dari pengolahan gas alam. Semua gas yang terkandung dalam tabung gas dianggap gas industri (kecuali bila digunakan sebagai bahan bakar).

Propana dianggap sebagai gas industri bila digunakan untuk pemanasan, namun tidak untuk pemanasan. Meskipun produksi LNG merupakan teknologi yang tumpang tindih.

Gas unsur

Unsur kimia yang diketahui ada dalam bentuk gas atau dapat (tanpa konversi) dari sumber alam antara lain hidrogen, nitrogen, oksigen, fluor, klor, dan gas mulia. Ahli kimia menyebutnya sebagai "gas unsur". Unsur-unsur ini semuanya merupakan unsur primer, kecuali gas mulia radon, yang merupakan unsur radioaktif yang terbentuk karena semuanya merupakan radionuklida melalui peluruhan radioaktif. Semua unsur ini adalah non-logam.

(Unsur sintetis tidak ada hubungannya dengan industri gas. Namun, untuk realisasi ilmiah, unsur logam 112 (copernicium) dan 114 (plerovium) telah diidentifikasi, namun belum dibuktikan secara ilmiah. ) adalah gas.[35] )

Unsur stabil molekul diatomik homonuklir pada suhu dan tekanan standar (STP) adalah hidrogen (H 2 ), nitrogen (N 2 ) dan oksigen (O 2 ). Selain itu juga mengandung halogen fluor (F 2) dan klorin (Cl 2). Semua gas mulia bersifat monoatomik.

Industri pembangkit listrik tenaga angin menggunakan istilah "angin super". (atau terkadang, kurang akuratnya, "gas molekuler") digunakan untuk memisahkan gas-gas ini dari molekul yang juga merupakan senyawa kimia.

Radon adalah zat kimia namun bersifat radioaktif dan tidak mempunyai isotop stabil. Analit paling stabil, Rn-222, memiliki waktu paruh 3,8 hari. Ini digunakan karena radiasi tidak memiliki sifat kimianya dan dikontrol secara terpisah di luar standar industri gas. Namun, dapat diproduksi sebagai produk sampingan dalam pengolahan bijih uranium. Radon adalah elemen jejak bahan radioaktif (NORM) yang ditemukan di udara yang diolah di ASU.

Klorin adalah satu-satunya unsur gas yang secara teknis berbentuk uap karena STP-nya berada di bawah suhu kritisnya. Brom dan merkuri berwujud cair pada STP, sehingga uap dan air berada dalam kesetimbangan pada STP.

Gas udara

  • nitrogen (N 2 )

  • oksigen (O 2 )

  • argon (Ar)

Gas mulia

  • helium (Dia)

  • neon (Ne)

  • argon (Ar)

  • kripton (Kr)

  • xenon (Xe)

  • radon (Rn)

Gas unsur lainnya

  • hidrogen (H 2 )

  • klorin (Cl 2 ) (uap)

  • fluor (F 2 )

Gas industri umum lainnya

Daftar ini menunjukkan gas lain yang paling umum dijual oleh perusahaan gas industri. 

  • Gas majemuk

    • amonia (NH 3 )

    • karbon dioksida (CO 2 )

    • karbon monoksida (CO)

    • hidrogen klorida (HCl)

    • dinitrogen oksida (N 2 O)

    • nitrogen trifluorida (NF 3 )

    • belerang dioksida (SO 2 )

    • belerang heksafluorida (SF 6 )

  • Gas hidrokarbon

    • metana (CH 4 )

    • asetilena (C 2 H 2 )

    • etana (C 2 H 6 )

    • etena (C 2 H 4 )

    • propana (C 3 H 8 )

    • propena (C 3 H 6 )

    • butana (C 4 H 10 )

    • butena (C 4 H 8 )

  • Campuran gas yang signifikan

    • udara

    • gas pernapasan

    • membentuk gas

    • gas pelindung las

    • gas sintesis

    • Campuran pena

    • Refrigeran Campuran yang digunakan dalam siklus LNG

Gas Cair yang penting

Daftar ini menunjukkan gas cair yang paling penting:

  • Diproduksi dari udara

    • nitrogen cair (LIN)

    • oksigen cair (LOX)

    • argon cair (LAR)

  • Dihasilkan dari berbagai sumber

    • karbon dioksida cair

  • Diproduksi dari bahan baku hidrokarbon

    • hidrogen cair

    • helium cair

  • Campuran gas dihasilkan dari bahan baku hidrokarbon

    • Gas alam cair (LNG)

    • Gas minyak cair (LPG)

Aplikasi gas industri

Pemanfaatan gas industri bermacam-macam.

Berikut ini adalah daftar kecil area penggunaan:

  • propelan aerosol

  • Senapan angin / paintball

  • widget bir

  • gas kalibrasi

  • Pendingin

  • Kriogenik

  • Bahan bakar kriogenik

  • Pemotongan dan pengelasan

  • Gas dielektrik

  • Perlindungan lingkungan

  • Pemadaman kebakaran / pemadaman kebakaran gas

  • Pengolahan makanan

  • gas kemasan

  • Lampu pelepasan gas

  • Metrologi & pengukuran

  • Laboratorium dan instrumentasi

  • Gas untuk keamanan dan kelembaman

  • Kaca , keramik , mineral lainnya

  • Mengangkat gas

  • Terapi gas medis

  • Metalurgi

  • Bahan pembakar

  • Lemari es

  • bahan bakar roket

  • Karet , plastik , cat

  • Industri semikonduktor di pabrik fabrikasi semikonduktor

  • Kedai es krim

  • Pengolahan air / Pengolahan air industri

  • Menyelam di bawah air

 

Perusahaan

  • AGA AB (bagian dari Grup Linde )

  • Airgas (bagian dari Air Liquide )

  • Udara cair

  • Produk Udara & Bahan Kimia

  • BASF

  • Dewan Komisaris (bagian dari The Linde Group )

  • Teluk Cryo

  • INOX Air Products (bagian dari INOX Group)

  • Grup Linde (sebelumnya Linde AG )

  • Grup Messer

  • Gas MOX-Linde

  • Praxair (bagian dari Grup Linde )

  • Pro Gas Inggris

  • Nippon Gases (bagian dari Taiyo Nippon Sanso Corporation )

  • Matheson Tri-Gas (bagian dari Taiyo Nippon Sanso Corporation )

  • Rotarex

Disandur dari : en.m.wikipedia.org