Pengertian Mengenai Air

Dipublikasikan oleh Jovita Aurelia Sugihardja

21 Februari 2024, 08.33

Sumber : Wikipedia

Air adalah senyawa organik dengan rumus kimia H2O. Ini adalah bahan kimia ringan, tidak berasa, tidak berbau, dan hampir tidak berwarna yang merupakan komponen utama cairan tubuh (logam) bumi, panas bumi, dan semua makhluk hidup yang diketahui. Mereka penting bagi semua bentuk kehidupan, namun mereka tidak menyediakan energi makanan atau mikronutrien organik. Rumus kimianya, H2O, menunjukkan bahwa setiap molekul mengandung satu atom oksigen dan dua atom hidrogen yang dihubungkan melalui ikatan kovalen. Atom hidrogen terikat pada atom oksigen dengan sudut 104,45°. “Water” juga merupakan nama yang diberikan untuk bentuk cair H2O pada suhu dan tekanan standar.

Karena bumi dan lingkungannya berada di dekat titik tripel air, maka air ada di bumi dalam bentuk padat, cair, dan gas. Hal ini menimbulkan presipitasi dalam bentuk hujan dan aerosol dalam bentuk kabut. Awan terdiri dari tetesan air dalam suspensi air padat dan es. Ketika es beku pecah menjadi potongan-potongan kecil, salju menyusut. Bentuk gas dari air adalah steam atau uap air.

Air menutupi 71% permukaan bumi, dengan lautan dan samudra penyusun sebagian besar air (96,5%). Sebagian kecil air yang dihasilkan adalah air tanah (1,7%), gletser dan lapisan es di Antartika dan Greenland (1,7%), uap atmosfer, awan (air beku dan air cair yang tersuspensi di udara), dan hujan. (0,001%). Air terus bergerak melalui siklus air evaporasi, evapotranspirasi, kondensasi, presipitasi, dan limpasan hingga mencapai laut.

Air memainkan peran penting dalam perekonomian dunia. Sekitar 70% air tawar yang digunakan manusia digunakan untuk pertanian. Perikanan air asin dan air tawar tetap menjadi sumber makanan penting di banyak belahan dunia, menyediakan 6,5% protein global. Sebagian besar perdagangan jarak jauh (minyak, gas alam, barang-barang manufaktur, dll.) dilakukan dengan kapal melintasi lautan, sungai, danau, dan kanal. Bisnis dan rumah menggunakan air, es, dan uap dalam jumlah besar untuk pemanasan dan pendinginan. Air merupakan pelarut yang baik untuk banyak zat, termasuk mineral dan bahan organik. Oleh karena itu, banyak digunakan dalam aplikasi industri dan dapur serta pembersihan. Air, es, dan salju merupakan dasar dari banyak olahraga dan bentuk rekreasi lainnya, seperti berenang, berlayar, balap perahu, selancar, memancing, menyelam dan seluncur es, seluncur salju, dan ski.

Etimologi

Kata air berasal dari bahasa Inggris Kuno wæter, dari Proto-Jermanik *watar (sumber juga dari watar Saxon Kuno, wetir Frisia Kuno, air Belanda, wazzar Jerman Tinggi Kuno, Wasser Jerman, tong, Gotik 𐍅𐌰𐍄𐍉 (wato)), dari Proto- Indo-Eropa *wod-atau, bentuk akhiran dari akar kata *wed- ('air'; 'basah').[27] Juga serumpun, melalui akar kata Indo-Eropa, dengan bahasa Yunani ύδωρ (ýdor; dari bahasa Yunani Kuno ὕδωρ (hýdōr), dari mana bahasa Inggris 'hydro-'), bahasa Rusia вода́ (vodá), uisce Irlandia, dan ujë Albania.

Sejarah

Bumi

Salah satu faktor untuk memperkirakan kapan air muncul di Bumi adalah hilangnya air secara terus-menerus ke luar angkasa. Molekul H2O terurai di atmosfer akibat fotosintesis dan atom hidrogen bebas terkadang lepas dari tarikan gravitasi alam semesta. Jika lahan semakin mengecil, air akan mudah hilang di area tersebut. Unsur-unsur yang lebih ringan seperti hidrogen dan helium diperkirakan akan terus mengalir dari atmosfer, namun rasio es dari gas mulia di udara segar menunjukkan bahwa bahkan unsur-unsur terberat di atmosfer sebelumnya pernah menderita penyakit parah. Xenon sangat berguna untuk menghitung kehilangan air seiring berjalannya waktu. Bukan saja merupakan gas netral (sehingga tidak hilang dari atmosfer melalui reaksi kimia dengan unsur-unsur lain), namun membandingkan jumlah sembilan unsur berbeda di atmosfer modern, menunjukkan bahwa bumi kehilangan lautan air di masa lalu. . Antara periode Hadean dan Archean dalam sejarah.

Selama paruh kedua pendakian, seluruh air di bumi hilang akibat pengaruh Bulan (4,5 miliar tahun yang lalu). Hal ini mungkin menyebabkan sebagian besar bumi, kerak bumi, dan mantel atasnya mencair, membentuk batuan. Awan gas di sekitar planet baru. Gas serpih akan mengembun dalam waktu sekitar 2.000 tahun, meninggalkan uap panas dan gas hidrogen yang mengandung hidrogen dan uap air. Belakangan, peningkatan tekanan atmosfer CO2 menyebabkan lautan tetap cair meskipun suhu permukaannya 230 °C (446 °F). Seiring dengan berlanjutnya pendinginan, sebagian besar CO2 hilang dari atmosfer melalui sedimentasi dan pelarutan dalam air laut, namun kadarnya berfluktuasi seiring dengan perubahan pada permukaan dan lapisan baru.

Bukti geospasial juga membantu mengurangi durasi air di permukaan tanah. Sampel intrusi basal (sejenis batuan yang terbentuk selama letusan bawah air) telah ditemukan di Sabuk Batu Isua, yang menunjukkan bahwa air sudah ada di Bumi 3,8 miliar tahun yang lalu. Di Sabuk Batu Hijau Nuvvuagittuq di Quebec, Kanada, batuan yang berusia 3,8 miliar tahun dalam satu penelitian dan 4,28 miliar tahun dalam penelitian lain menunjukkan tanda-tanda adanya air pada usia tersebut. Jika lautan sudah ada sebelum ini, maka tidak ada bukti geologis yang ditemukan (mungkin karena beberapa bukti telah hilang akibat proses geologi seperti daur ulang kerak bumi). Baru-baru ini, pada Agustus 2020, para peneliti mengatakan bahwa air di bumi masih cukup untuk memenuhi lautan sejak dunia diciptakan.

Berbeda dengan batuan, mineral bernama zirkon ini sangat tahan terhadap pelapukan dan kondisi geologi sehingga digunakan untuk memahami kondisi bumi di masa lalu. Bukti mineral zirkon dengan jelas menunjukkan bahwa air dan udara cair telah ada 4,44 miliar ± 0,8 miliar tahun yang lalu, tak lama setelah bumi terbentuk. Hipotesis Dingin Bumi Awal agak paradoks karena menyatakan bahwa suhu cukup dingin untuk membekukan air antara 4,4 dan 4,0 miliar tahun yang lalu. Penelitian lain mengenai lingkaran yang ditemukan di Batu Hades Australia menunjukkan adanya lempeng tektonik 4 miliar tahun yang lalu. Jika benar, ini berarti bahwa permukaan bumi awal (menurut definisinya) sama dengan permukaan bumi saat ini, dan bukan permukaan bumi yang panas, cair, dan berisi gas. Fungsi lempeng tektonik adalah untuk memerangkap kelebihan CO2, mengurangi efek rumah kaca, menurunkan suhu permukaan dan menciptakan batuan padat dan air cair.

Properti

Air (H2O) merupakan senyawa polar murni. Pada suhu kamar, berbentuk cairan tidak berasa, tidak berbau, hampir tidak berwarna dan agak biru. Hidrogen kalkogenida yang paling sederhana adalah senyawa yang paling banyak dipelajari dan disebut "fusi universal". Karena kemampuannya menghilangkan banyak zat. Hal ini memungkinkan air menjadi katalis kehidupan, karena air di lingkungan terdekat selalu mengandung berbagai zat terlarut, dan diperlukan proses khusus untuk mendapatkan air yang murni secara kimia. Air adalah zat umum yang ada dalam bentuk padat, cair, atau gas dalam kondisi normal di bumi.

Status

Selain karbon dioksida, air adalah salah satu dari dua nama resmi senyawa H2O. H2O juga berbentuk cair. Dua bentuk air lainnya adalah es yang berbentuk padat, uap air, atau uap yang berbentuk gas. Penambahan atau penghilangan panas menghasilkan fase transisi. Pembekuan (air menjadi es), peleburan (es menjadi air), uap (air menjadi uap), kondensasi (uap menjadi air), kondensasi (es menjadi uap) dan penyerahan (es ke uap menjadi es).

Kepadatan

Air berbeda dari kebanyakan air karena massa jenisnya menjadi berkurang ketika dibekukan. Pada tekanan 1 atm, mencapai 999,972 kg/m3 (62,4262 lb/cu ft) pada 3,98 °C (39,16 °F), hampir 1.000 kg/m3 (62,43 lb/cu ft) pada 4 °C. (39°F). Kepadatan es meningkat sebesar 9% menjadi 917 kg/m3 (57,25 lb/cuft). Pemuaian ini dapat menimbulkan tekanan tinggi, memecahkan pipa, dan memecahkan batu.

Di danau atau lautan, ketika air tenggelam di bawah 4°C (39°F), es terbentuk dan mengapung di atas air. Es ini membekukan air di bawahnya dan mencegahnya membeku. Tanpa perlindungan ini, sebagian besar kehidupan di danau akan hilang selama musim dingin.

Daya tarik

Air adalah zat radioaktif. Meskipun interaksinya lemah, interaksi yang signifikan dapat dicapai dengan menggunakan magnet superkonduktor.

Tabel periodik

Pada tekanan 1 atmosfer (atm), es mencair atau air membeku (mengembun) pada suhu 0 °C (32 °F), dan air mendidih atau mengembun pada suhu 100 °C (212 °F). Namun, bahkan di bawah titik didihnya, air berubah menjadi uap di permukaan melalui penguapan (penguapan seluruh air disebut mendidih). Kondensasi dan pengendapan juga terjadi pada permukaan. Misalnya, embun beku terakumulasi di permukaan yang dingin, sedangkan salju terbentuk dari pelepasan partikel aerosol atau inti es. Dalam proses pengeringan beku, makanan dibekukan dan disimpan di bawah tekanan rendah untuk meminimalkan embun beku di permukaan.

Titik leleh dan titik didih bergantung pada tekanan. Perkiraan yang baik mengenai laju perubahan suhu dan tekanan leleh diberikan oleh hubungan Clausius-Clapeyron.

dimana vL dan vS masing-masing adalah volume molar fase cair dan padat, dan Lf adalah panas laten peleburan. Sebagian besar zat memuai volumenya ketika meleleh, sehingga suhu leleh meningkat seiring dengan peningkatan tekanan. Namun, karena massa es lebih kecil dibandingkan air, suhu lelehnya lebih rendah. Di gletser, sejumlah besar es beku dapat mencair karena tekanan, sehingga menciptakan danau es.

Hubungan Clausius-Clapeyron berlaku untuk titik didih, tetapi pada antarmuka cair/gas massa jenis fase uap lebih kecil dibandingkan fase cair, sehingga titik didih meningkat seiring dengan tekanan. Air tetap cair meskipun dipanaskan jauh di dalam lautan atau di bawah tanah. Misalnya, suhu di Old Faithful, sebuah geyser di Taman Nasional Yellowstone, melebihi 205 °C (401 °F). Gas termal dapat mencapai suhu melebihi 400 °C (752 °F).

Titik didih air di permukaan laut adalah 100°C (212°F). Ketika tekanan atmosfer menurun seiring bertambahnya ketinggian, titik didih berkurang 1 °C untuk setiap 274 m. Memasak dengan suhu tinggi memerlukan waktu lebih lama dibandingkan memasak. Misalnya, untuk mencapai hasil yang diinginkan pada ketinggian 1.524 meter (5.000 kaki), waktu memasak harus ditambah seperempatnya. Namun penggunaan kompor dapat meningkatkan panas panci dan mempersingkat waktu memasak. Dalam ruang hampa, air mendidih pada suhu kamar.

Poin rangkap tiga dan kritis

Diagram fase tekanan/suhu (lihat gambar) berisi kurva yang memisahkan zat padat dari uap, uap dari cairan, dan cairan dari padat. Ketika mereka bertemu di titik yang sama yang disebut titik tripel, ketiga bagian tersebut bersatu. Titik tripelnya berada pada suhu 273,16 K (0,01 °C; 32,02 °F) dan tekanan 611,657 pascal (0,00604 atm; 0,0887 psi). Ini adalah tekanan terendah dimana air dapat mengalir. Hingga tahun 2019, titik tripel digunakan untuk menentukan skala suhu Kelvin.

Kurva fase cair/uap berakhir pada 647,096 K (373,946 °C, 705,103 °F) dan 22,064 megapascal (3,200,1 psi, 217,75 atm). Ini dikenal sebagai titik kritis. Pada suhu dan tekanan yang lebih tinggi, fase cair dan uap membentuk fase kontinu yang disebut fluida superkritis. Itu dapat dikompresi atau diperluas antara kepadatan seperti udara dan air. Sifat-sifat air (yang sangat berbeda dengan air di sekitarnya) peka terhadap kepadatan. Misalnya, pada tekanan dan suhu yang tepat, ia mudah bercampur dengan senyawa non-polar, termasuk sebagian besar senyawa organik. Ia berguna dalam banyak aplikasi, termasuk elektrokimia berenergi tinggi, dan sebagai pelarut yang baik untuk radiasi atau sebagai katalis dalam reaksi kimia yang melibatkan senyawa organik. Di Bumi dan di mantel, ia bertindak sebagai pelarut dalam pembentukan, pembubaran, dan pengendapan mineral.

Fase Es dan Air

Bentuk es yang paling umum di permukaan bumi adalah es Ih, suatu fase yang membentuk kristal dengan simetri heksagonal. Es Ic lainnya dengan simetri kristal kubik mungkin terdapat di atmosfer bagian atas. Ketika tekanan meningkat, es membentuk berbagai struktur kristal. Pada tahun 2019, 17 telah dikonfirmasi oleh bukti dan yang lainnya terindikasi. Bentuk 18 es, Es Struktur padat atom oksigen dan atom hidrogen yang mengembun bebas pada suhu ribuan derajat. Ketika es terjepit di antara lapisan graphene, itu menciptakan jaringan persegi panjang.

Informasi tentang sifat kimia air cair belum banyak diketahui. Beberapa teori menyatakan bahwa perbedaan tersebut disebabkan oleh fakta bahwa air memiliki dua bentuk.

Tebu dan jagung

Air murni dikatakan tidak memiliki rasa dan bau. Namun, katak diketahui memiliki sensor khusus di mulutnya yang mendeteksi air. Namun air dari sumber air biasa (termasuk air mineral) mengandung banyak zat terlarut yang menghasilkan berbagai rasa dan bau. Manusia dan hewan lain telah mengembangkan indra untuk menilai kemampuan meminum air untuk menghindari air yang terlalu asin atau tidak sehat.

Warna dan Penampilan

Air murni tampak berwarna biru karena penyerapan cahaya di area tersebut. C. 600~800nm. Warnanya mudah terlihat pada segelas air keran yang diletakkan di atas latar belakang putih di siang hari bolong. Pita masukan utama untuk warna adalah resonansi getaran regangan OH. Menurut hukum Beerand, intensitas suatu warna meningkat seiring dengan kedalaman kolom air. Begitu pula dengan kolam, misalnya sumber cahayanya adalah sinar matahari yang terpantul dari kolam dan ubin berwarna putih.

Di lingkungan, warnanya dapat berubah dari biru menjadi hijau karena adanya padatan tersuspensi atau alga.

Dalam industri, spektroskopi inframerah dekat digunakan dengan larutan air karena suara bawah air yang lebih kuat memungkinkan penggunaan kuvet kaca dengan panjang jalur yang lebih pendek. Untuk mengamati spektrum regangan air atau larutan berair pada wilayah sekitar 3500 cm-1 (2,85 μm), diperlukan panjang jalur 25 μm. Selain itu, kuvet harus transparan pada ukuran sekitar 3500 cm−1 dan tidak larut dalam air. Magnesium fluorida merupakan salah satu bahan yang digunakan pada kuvet jendela yang mengandung larutan air.

Getaran dasar Raman yang kuat dapat dideteksi menggunakan, misalnya, sampel berukuran 1 cm.

Tumbuhan air, alga, dan organisme fotosintetik lainnya dapat hidup di air hingga kedalaman ratusan meter karena sinar matahari dapat menjangkaunya. Faktanya, matahari tidak mencapai bagian lautan yang berada di bawah 1.000 meter (3.300 kaki).

Indeks bias air (1,333 pada 20 °C (68 °F)) lebih besar dibandingkan udara (1,0) dan serupa dengan alkana dan etanol, tetapi lebih kecil dibandingkan gliserol (1,473) dan benzena (1,501), karbon disulfida (1,627) dan jenis kaca umum (1,4-1,6). Xeo memiliki indeks bias lebih rendah (1,31) dibandingkan air cair.

Polaritas molekul

Dalam molekul air, atom hidrogen membentuk sudut 104,5° dengan atom oksigen. Atom hidrogen di dekat kedua sudut tetrahedron berpusat pada oksigen. Dua sudut lainnya memiliki pasangan elektron bebas valensi yang tidak berbagi ikatan. Dalam tetrahedron sempurna, atom-atom membentuk sudut 109,5°, tetapi tolakan antar pasangan elektron bebas lebih besar daripada tolakan antar atom hidrogen. Panjang ikatan O-H adalah 0,096 nm.

Zat lain memiliki struktur molekul tetrahedral, seperti metana (CH4) dan hidrogen sulfida (H2S). Namun, karena oksigen memiliki keelektronegatifan yang lebih tinggi dibandingkan kebanyakan unsur lainnya, atom oksigen membawa muatan negatif, sedangkan atom hidrogen membawa muatan positif. Bersama dengan struktur terlipat, molekul menerima momen dipol listrik dan diklasifikasikan sebagai molekul polar.

Air merupakan pelarut polar yang baik untuk melarutkan banyak garam dan molekul hidrokarbon hidrofilik seperti gula dan alkohol sederhana seperti etanol. Air juga melarutkan banyak gas, seperti oksigen dan karbon dioksida. Busa muncul pada minuman berkarbonasi, anggur bersoda, dan bir. Selain itu, organisme hidup banyak mengandung zat yang larut dalam air, antara lain protein, DNA, dan polisakarida. Interaksi antara air dan subunit biomakromolekul ini membentuk lipatan protein, pasangan basa DNA, dan faktor lain yang penting bagi kehidupan (efek hidrofobik).

Banyak zat organik (misalnya lemak, minyak, alkana) merupakan hidrogen, artinya zat-zat tersebut tidak larut dalam air. Banyak zat anorganik yang tidak larut, termasuk sebagian besar oksida logam, sulfida, dan silikat.

Ikatan hidrogen

Karena polaritasnya, molekul air dalam bentuk cair atau padat dapat membentuk hingga empat ikatan hidrogen dengan molekul tetangganya. Ikatan hidrogen sekitar 10 kali lebih kuat daripada gaya van der Waals yang menyatukan molekul-molekul di sebagian besar cairan. Inilah sebabnya mengapa air memiliki titik leleh dan titik didih yang lebih tinggi dibandingkan senyawa serupa lainnya, seperti hidrogen sulfida. Ini juga menjelaskan panas jenis (sekitar 4,2 J/(g·K)), panas peleburan (sekitar 333 J/g), panas peleburan (2257 J/g), dan konduktivitas termal (0,561–0,679). W/(m·K)). Sifat-sifat ini membuat air lebih mampu mengendalikan bumi dan iklimnya dengan menyimpan dan mentransfer panas antara laut dan atmosfer. Ikatan hidrogen air adalah 23 kJ/mol (dibandingkan dengan ikatan OH-H sebesar 492 kJ/mol). Diperkirakan 90% dari hal ini disebabkan oleh elektrostatika dan 10% sisanya sebagian disebabkan oleh ikatan kovalen.

Hubungan ini bertanggung jawab atas tegangan permukaan dan kapasitas oklusif air. Aksi kapiler mengacu pada kemampuan air untuk bergerak melalui tabung sempit melawan gaya. Properti ini tergantung pada semua tanaman, seperti pohon.

Ionisasi diri

Air adalah larutan lemah hidronium hidroksida, terdapat kesetimbangan 2H2O ⇌ H3O+ + OH− pada gabungan dengan larutan ion hidrogen dan ion hidrogen.

Konduktivitas dan Listrik

Air murni memiliki konduktivitas listrik yang rendah, namun sejumlah kecil zat ionik seperti garam biasa larut dan meningkatkan konduktivitas listrik.

Air dapat dipecah menjadi unsur hidrogen dan oksigen dengan mengalirkan arus listrik melaluinya (proses yang disebut elektrolisis). Masukan energi harus lebih besar dari panas yang dilepaskan pada proses sebaliknya (285,8 kJ/mol atau 15,9 MJ/kg).

Mekanika

Air dapat diasumsikan bersifat inert untuk sebagian besar tujuan. Dalam kondisi tertentu, kompresibilitas berkisar antara 4,4 hingga 5,1×10−10 Pa−1. Bahkan di lautan pada kedalaman 4 km dan tekanan 400 atm, volume air hanya berkurang 1,8%.

Viskositas air adalah 10−3 Pa·s, atau 0,01 poise, pada 20°C (68°F), dan kecepatan suara untuk air cair berkisar antara 1.400 hingga 1.540 meter per detik (4.600 hingga 5.100 kaki). /S).) tergantung pada suhu. Suara merambat dalam waktu lama di dalam air dengan sedikit redaman, terutama pada frekuensi rendah (sekitar 0,03 dB/km untuk 1 kHz). Ini adalah fitur yang digunakan cetacea dan manusia untuk komunikasi dan kesadaran lingkungan (sonar).

Reaksi

Unsur logam yang secara kelistrikan lebih stabil dibandingkan hidrogen, terutama logam alkali dan alkali tanah seperti litium, natrium, magnesium, kalium, dan cesium, menggantikan hidrogen dari air untuk menghasilkan uap air dan melepaskan hidrogen. Pada suhu tinggi, karbon bereaksi dengan uap membentuk karbon monoksida dan hidrogen.

Di dunia

Hidrologi adalah studi tentang pergerakan, distribusi dan kualitas air di seluruh bumi. Ilmu yang mempelajari distribusi air adalah hidrografi. Ilmu yang mempelajari sebaran dan pergerakan air tanah adalah hidrogeologi, ilmu gletser adalah glasiologi, ilmu perairan pedalaman adalah limnologi, dan ilmu persebaran lautan adalah oseanografi. Proses ekologi melalui nutrisi merupakan fokus ekologi.

Kumpulan air di atas, di bawah, dan di atas permukaan bumi disebut hidrosfer. Ia memiliki 1,386 miliar kilometer kubik (333 juta mil kubik).

Air cair ditemukan di badan air seperti laut, samudera, danau, sungai, sungai kecil, parit, kolam atau mata air. Sebagian besar air yang ada di bumi adalah air laut. Air juga ada di udara dalam bentuk padat, cair, atau uap. Air tanah juga ada di akuifer.

Air penting dalam banyak kegiatan pertanian. Air tanah terkandung di sebagian besar batuan, dan tekanan air tanah mempengaruhi pola patahan. Air mantel bertanggung jawab atas pencairan yang menyebabkan gunung berapi di zona subduksi. Di permukaan bumi, air berperan penting dalam proses pelapukan fisik dan kimia. Air dan, pada tingkat lebih rendah, es bertanggung jawab atas pergerakan sebagian besar sedimen yang muncul di permukaan bumi. Endapan sedimen yang terangkut membentuk berbagai batuan sedimen, yang berfungsi sebagai catatan geologis sejarah bumi.

Siklus air

Siklus air (disebut juga siklus hidrotermal) adalah pertukaran air secara terus menerus di hidrosfer antara atmosfer, air tanah, air permukaan, air tanah, dan tumbuhan.

Air berpindah secara terus menerus dari satu daerah ke daerah lain dalam siklus air, berikut proses pertukarannya:

  • Penguapan dari laut dan perairan lainnya ke atmosfer dan pelepasan tumbuhan dan hewan darat ke angkasa.

  • Hujan merupakan suatu fenomena dimana uap air dari langit meledak dan jatuh ke tanah atau laut.

  • Limpasan dari daratan biasanya sampai ke laut.

Sebagian besar uap air yang terdapat di lautan dikembalikan ke lautan, namun uap air tersebut dibawa ke daratan oleh angin dan mengalir ke lautan dengan laju yang sama (47 Tt per tahun). Di sisi lain, evapotranspirasi dan evaporasi dari daratan juga menyumbang 72 Tt per tahun. dubur. Di Bumi, curah hujan 119 Tt per tahun sangat bervariasi. Hujan, salju, dan hujan es biasa terjadi, dan kabut serta embun mempunyai beberapa dampak. Embun adalah tetesan air kecil yang menguap ketika uap air padat bertemu dengan permukaan dingin. Embun biasanya muncul pada pagi hari saat suhu sedang rendah, sesaat sebelum matahari terbit, saat suhu bumi dan permukaannya mulai meningkat. Angin juga dapat menggeser matahari dan menimbulkan pelangi.

Limpasan sering kali terkumpul di cekungan dan mengalir ke sungai. Melalui erosi, limpasan menciptakan lingkungan yang menciptakan saluran sungai dan parit yang menyediakan tanah subur dan dataran datar untuk pembangunan pemukiman manusia. Banjir biasanya terjadi ketika wilayah kecil tertutup air, seperti ketika sungai meluap atau saat terjadi badai. Kekeringan yang berlangsung berbulan-bulan atau bertahun-tahun menandakan kekurangan air di suatu daerah. Hal ini terjadi ketika curah hujan di bawah rata-rata karena topografi atau garis lintang.

Sumber air

Sumber daya air adalah sumber air alami yang berguna bagi manusia, seperti sumber air minum atau air radioaktif. Air adalah “makanan pokok” yang mempengaruhi semua orang. dan "mengalir". Air dapat disimpan di danau, air yang menguap, air tanah atau mata air, es dan salju. Sekitar 69% dari total air tawar di dunia terkandung dalam gletser dan salju permanen. 30% berada di air tanah. 1% sisanya berada di danau, sungai, udara, dan biomassa. Lamanya waktu penyimpanan air bervariasi. Meskipun sebagian airnya telah tersimpan selama ribuan tahun, ukuran danau bervariasi dari tahun ke tahun, menyusut pada musim kemarau dan meluas pada musim hujan. Sebagian besar pasokan air di beberapa daerah adalah air yang diambil dari cadangan, dan cadangan air semakin berkurang seiring dengan meningkatnya pengambilan air. Menurut beberapa perkiraan, sekitar 30% dari total air digunakan untuk irigasi, karena pengambilan air tanah yang tidak memadai, permukaan air tanah menurun.

Air Laut dan Pasang Surut Air

Air laut mengandung rata-rata sekitar 3,5% natrium klorida dan sejumlah kecil zat lainnya. Air asin berbeda dari air tawar dalam beberapa hal. Ia membeku pada suhu rendah (sekitar −1,9 °C (28,6 °F)) dan tidak mencapai kepadatan maksimum pada suhu di atas titik beku, kepadatannya meningkat seiring menurunnya suhu menjadi daging. Salinitas lautan luas bervariasi dari 0,7% di Laut Baltik hingga 4,0% di Laut Merah. (Laut Mati, yang dikenal memiliki salinitas 30-40%, adalah danau garam.) Matahari bekerja di lautan. Pasang surut mengubah kedalaman perairan laut dan muara serta menciptakan arus berosilasi yang disebut arus pasang surut. Perubahan musim yang terjadi pada suatu lokasi antara lain perubahan posisi bulan dan matahari relatif terhadap bumi, serta pengaruh rotasi bumi dan pasang surut setempat. Zona intertidal adalah pantai yang terendam pada saat air pasang dan terbuka pada saat air surut, yang merupakan produk ekologi yang penting.

Manfaat Bagi Kehidupan

Dari sudut pandang biologis, air memiliki banyak sifat unik yang penting bagi pertumbuhan kehidupan. Hal ini dilakukan dengan membiarkan senyawa organik bereaksi sehingga pada akhirnya dapat terulang kembali. Semua kehidupan yang diketahui bergantung pada air. Air sangat penting sebagai pelarut yang melarutkan banyak zat dan zat terlarut dalam tubuh, serta merupakan bagian penting dari banyak proses fisiologis dalam tubuh. Metabolisme adalah kombinasi anabolisme dan katabolisme. Dalam anabolisme, air dikeluarkan dari molekul (melalui reaksi kimia enzimatik untuk menghasilkan energi) untuk menghasilkan molekul yang lebih besar (seperti pati, trigliserida, dan protein untuk menyimpan bahan bakar dan informasi). Dalam katabolisme, air digunakan untuk memutuskan ikatan dan menghasilkan molekul kecil (seperti glukosa, asam lemak, dan asam amino, yang digunakan sebagai bahan bakar untuk penggunaan energi, untuk beberapa atau tujuan lain). Tanpa air, proses metabolisme unik ini tidak akan ada.

Air sangat penting untuk fotografi dan pernapasan. Sel fotosintetik menggunakan sinar matahari dan energi untuk memisahkan air dan hidrogen dari oksigen. Dengan adanya sinar matahari, hidrogen dan CO2 (diserap dari udara atau air) bergabung membentuk gula dan melepaskan oksigen. Semua sel hidup menggunakan bahan bakar ini dan menangkap energi dari matahari dengan mengoksidasi hidrogen dan karbon, meregenerasi air dan CO2 dalam prosesnya (respirasi sel).

Air adalah kunci netralitas asam basa dan aktivitas enzim. Asam yang mempunyai ion hidrogen (H+ atau proton), dapat menetralkan basa yang mempunyai ion proton, seperti ion hidroksida (OH-), untuk membentuk air. Air dianggap netral jika pH (rasio negatif konsentrasi ion hidrogen) sebesar 7. Asam memiliki nilai pH di bawah 7 dan basa memiliki nilai pH di atas 7.

Bentuk Kehidupan Bawah Air

Daratan dan perairan permukaan penuh dengan kehidupan. Makhluk hidup pertama kali keluar dari air. Hampir semua ikan hidup secara eksklusif di air, begitu pula berbagai mamalia laut seperti lumba-lumba dan paus. Beberapa hewan, seperti amfibi, menghabiskan sebagian hidupnya di air dan hidup di darat. Tumbuhan seperti alga dan alga tumbuh di air dan menjadi dasar beberapa ekosistem perairan. Plankton merupakan dasar rantai makanan laut pada umumnya.

Vertebrata air membutuhkan oksigen untuk bertahan hidup, dan ada banyak cara untuk mendapatkan oksigen. Seekor ikan mempunyai paru-paru, bukan paru-paru, tetapi beberapa ikan, seperti lungfish, mempunyai keduanya. Mamalia laut seperti lumba-lumba, paus, berang-berang, dan anjing laut harus muncul ke permukaan untuk mencari udara. Beberapa amfibi dapat menyerap oksigen melalui kulitnya. Invertebrata menunjukkan banyak adaptasi untuk bertahan hidup di perairan yang kekurangan oksigen, termasuk tabung pernapasan (lihat Serangga dan siphon moluska) dan gas (Carcinus). Namun, karena jangkrik tumbuh subur di habitat perairan, kebanyakan dari mereka hanya memiliki sedikit atau bahkan tidak memiliki pengalaman dalam biologi perairan.

Dampaknya terhadap dunia manusia

Secara historis, kota-kota berkembang di sekitar sungai dan saluran air utama. Mesopotamia, salah satu tempat paling terkenal di dunia, terletak di antara sungai besar Tigris dan Eufrat. Masyarakat Mesir kuno sepenuhnya bergantung pada Sungai Nil. Peradaban Lembah Indus pertama (c. 3300 SM hingga c. 1300 SM) muncul dari Sungai Indus dan anak-anak sungainya di Himalaya. Roma juga didirikan di tepi Sungai Tiber di Italia. Kota-kota seperti Rotterdam, London, Montreal, Paris, New York, Buenos Aires, Shanghai, Tokyo, Chicago, dan Hong Kong berhasil sebagian karena kemudahan akses terhadap air dan sebagai hasil dari pertumbuhan komersial. Pulau-pulau dan tempat berlindung yang aman seperti Singapura juga ideal karena alasan yang sama. Di wilayah yang kekurangan air, seperti Afrika Utara dan Timur Tengah, akses terhadap air bersih tetap penting bagi pembangunan manusia.

Kesehatan dan Polusi

Air yang layak untuk dikonsumsi manusia disebut air minum atau air minum. Air yang tidak dapat diminum dapat dibuat dapat diminum dengan penyaringan, penyaringan atau metode lainnya. Lebih dari 660 juta orang tidak memiliki akses terhadap air bersih.

Air yang tidak layak untuk diminum tetapi tidak berbahaya bagi tubuh manusia bila digunakan untuk berenang atau mandi mempunyai berbagai nama selain air minum, contohnya "safe water" atau aman untuk mandi. Klorin adalah kulit dan selaput lendir yang melindungi dari air untuk mandi atau minum. Penggunaannya sangat teknis dan diawasi sesuai peraturan pemerintah (biasanya 1 ppm untuk air minum dan 1-2 ppm untuk air mandi, (klorin tanpa bereaksi dengan kotoran) Air mandi dapat dijaga dalam kondisi mikrobiologis yang baik dengan menggunakan disinfektan kimia seperti klorin atau ozon, atau dengan menggunakan sinar ultraviolet.

Desalinasi adalah transformasi air limbah (juga dikenal sebagai air limbah dan air limbah kota) menjadi air yang dimaksudkan untuk keperluan lain. 2,3 miliar orang tinggal di negara-negara yang kekurangan air. Ini berarti kurang dari 1.700 meter kubik (60.000 kaki kubik) air per tahun. Setiap tahunnya, 380 miliar meter kubik (13 × 1012 kaki kubik) air limbah perkotaan dihasilkan di seluruh dunia.

Air alami merupakan sumber daya terbarukan yang didaur ulang oleh siklus air alami, namun tidak merata dalam ruang dan waktu, meningkatkan kebutuhan ekonomi pertanian dan industri, dan pertumbuhan penduduk berisiko terhadap akses terhadap air tersebut. Saat ini, hampir 1 miliar orang di dunia tidak memiliki akses terhadap air yang aman dan terjangkau. Pada tahun 2000, PBB menetapkan Tujuan Pembangunan Milenium untuk mengurangi separuh populasi dunia yang tidak memiliki akses terhadap air bersih dan sanitasi pada tahun 2015. Kemajuan menuju tujuan tersebut belum tercapai, dan pada tahun 2015 PBB berkomitmen untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan. akses universal. air dan sanitasi yang aman dan mudah diakses pada tahun 2030. Kualitas air dan sanitasi yang buruk merupakan sebuah masalah. Sekitar 5 juta orang meninggal setiap tahun karena penyakit yang berhubungan dengan air. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), air minum dapat mencegah 1,4 juta kematian akibat diare pada anak setiap tahunnya.

Di negara-negara berkembang, 90% air limbah perkotaan masih mengalir ke sungai-sungai setempat. Sekitar 50 negara, hampir sepertiga populasi dunia, juga mengalami kelangkaan air tingkat sedang atau parah, dan 17 negara di antaranya mengekstraksi lebih banyak air setiap tahunnya seiring dengan pengisian kembali air melalui siklus air alami. Ketegangan ini tidak hanya berdampak pada badan air permukaan alami seperti sungai dan danau, namun juga menguras sumber daya air tanah.

Penggunaan air oleh manusia

Pertanian

Penggunaan air terbesar oleh manusia adalah pertanian, termasuk pertanian basah, yang menyumbang 80-90% dari konsumsi air manusia. Di Amerika Serikat, 42% air tawar diambil untuk digunakan untuk irigasi, namun sebagian besar air dikonsumsi dan quot; (digunakan, tidak dikembalikan ke lingkungan) dan digunakan dalam pertanian.

Akses terhadap air bersih terabaikan, terutama di negara-negara berkembang, yang telah membangun sistem air bersih untuk mengumpulkan, memurnikan dan mendistribusikan air serta membuang air limbah. Namun, seiring dengan meningkatnya tekanan ekonomi, demografi dan iklim, kekhawatiran terhadap masalah air meningkat, persaingan untuk mendapatkan sumber daya air berkelanjutan meningkat dan konsep air puncak pun muncul. Seiring dengan pertumbuhan populasi dan perekonomian, konsumsi daging yang haus air meningkat, permintaan baru terhadap biofuel dan industri baru yang padat air meningkat, dan tantangan baru terhadap air kemungkinan besar akan muncul.

Pada tahun 2007, Institut Internasional Pengelolaan Air di Sri Lanka melakukan penilaian pengelolaan air di bidang pertanian untuk menentukan apakah tersedia cukup air untuk memberi makan populasi yang terus bertambah. Laporan ini menilai ketersediaan air untuk pertanian di seluruh dunia dan mengidentifikasi daerah-daerah yang mengalami kerawanan air. Laporan tersebut menemukan bahwa lebih dari 1,2 miliar orang, atau seperlima populasi dunia, hidup di wilayah yang mengalami kelangkaan air secara fisik dan tidak memiliki cukup air untuk memenuhi seluruh kebutuhan mereka. 1,6 miliar orang tinggal di wilayah yang penggunaan airnya intensif. Di wilayah-wilayah ini, pihak berwenang tidak mampu memenuhi kebutuhan air karena kurangnya investasi di bidang air atau kurangnya kapasitas sumber daya manusia. Menurut laporan tersebut, produksi pangan dapat dilakukan di masa depan, namun jika produksi pangan dan kondisi lingkungan saat ini terus berlanjut, maka masalah akan terjadi di banyak belahan dunia. Untuk menghindari krisis air global, petani harus berupaya meningkatkan produktivitas guna memenuhi permintaan pangan yang terus meningkat, dan dunia usaha serta kota harus menemukan cara untuk menggunakan air secara lebih efisien.

Karena kekurangan air akibat produksi produk yang membutuhkan banyak air. Misalnya, untuk membuat 1 kg kapas (setara dengan celana jeans) kita membutuhkan 10,9 meter kubik (380 kaki kubik) air. Kapas menyumbang 2,4% dari penggunaan air global, namun mengkonsumsi air di wilayah yang berisiko mengalami kelangkaan air. Banyak sekali kerusakan lingkungan yang terjadi. Misalnya, pengalihan air dari sungai Amu Darya dan Syr Darya untuk produksi kapas di bekas Uni Soviet adalah salah satu penyebab utama hilangnya Laut Aral.

Sebagai standar ilmiah

Gram didefinisikan di Prancis pada tanggal 7 April 1795, sebagai berat absolut air murni yang setara dengan seratus meter kubus dan suhu saat es mencair. ;. Namun, untuk keperluan praktis, diperlukan standar acuan logam yang 1000 kali lebih besar dari kilogram. Oleh karena itu, diberikan tugas untuk mengukur massa 1 liter air secara akurat. Meskipun definisi hukum satu gram menggambarkan air pada suhu yang paling dapat direproduksi yaitu 0 °C (32 °F), para ilmuwan memutuskan untuk mendefinisikan ulang standar tersebut dan mengukur suhu air dengan kepadatan tinggi. Suhu yang diukur saat itu adalah 4 °C (39 °F).

Skala suhu Kelvin dalam sistem SI didasarkan pada titik tripel air, yang ditetapkan secara tepat pada 273,16 K (0,01 °C; 32,02 °F), tetapi pada Mei 2019 didasarkan pada konstanta Boltzmann. Skala tersebut merupakan skala suhu absolut dengan derajat yang sama dengan skala suhu Celcius, awalnya ditentukan oleh titik didih (100 °C (212 °F)) dan titik leleh (0 °C (32 °C)). F)) air.

Air alami sebagian besar terdiri dari hidrogen-1 dan oksigen-16, tetapi juga mengandung sejumlah kecil hidrogen-18, oksigen-17, dan hidrogen-2 (deuterium). Meskipun proporsi logam berat sangat kecil, namun mempengaruhi sifat-sifat air. Air di sungai dan danau kurang padat dibandingkan air laut. Oleh karena itu air standar didefinisikan dalam Spesifikasi Standar Air Laut Standar Wina.

Untuk diminum

Tubuh manusia mengandung antara 55% dan 78% air, tergantung ukuran tubuhnya. Agar tubuh Anda berfungsi dengan baik, dibutuhkan 1 hingga 7 liter (0,22 hingga 1,54 imp gal, 0,26 hingga 1,85 US gal) air per hari untuk mencegah dehidrasi. Jumlah yang tepat bergantung pada tingkat aktivitas, suhu, kelembapan, dan faktor lainnya. Sebagian besar dikonsumsi melalui makanan atau minuman selain air kemasan. Tidak jelas berapa banyak air yang harus dikonsumsi oleh orang sehat. Namun British Dietetic Association merekomendasikan minum kurang dari 2,5 liter air sehari agar tetap terhidrasi, hingga 1,8 liter (6-7 gelas) dikonsumsi langsung dari minuman. Literatur medis merekomendasikan untuk membatasi asupan rata-rata seseorang hingga 1 liter, tidak termasuk kebutuhan tambahan akibat dehidrasi akibat olahraga dan cuaca panas.

Ginjal yang sehat dapat menghasilkan 0,8 hingga 1 liter air per jam, namun stres, seperti olahraga, mengurangi jumlah ini. Seseorang mungkin minum lebih banyak air saat berolahraga, yang dapat menyebabkan dehidrasi. Seperti kata pepatah, "Seseorang harus minum delapan gelas air sehari", tampaknya tidak ada masalah ilmiah yang nyata. Penelitian menunjukkan bahwa menambahkan hingga 500 mililiter air, terutama saat makan, dikaitkan dengan penurunan berat badan. Minum banyak air dapat membantu mengatasi sembelit.

Rekomendasi asli untuk asupan air pada tahun 1945 oleh Dewan Pangan dan Gizi Dewan Riset Nasional AS berbunyi: danquot;Standar umum untuk beragam orang adalah 1 mililiter untuk setiap kalori makanan. Sebagian besar dari jumlah ini terkandung dalam makanan siap saji.andquot; Laporan referensi asupan makanan terbaru oleh Dewan Riset Nasional AS secara umum merekomendasikan, berdasarkan median total asupan air dari data survei AS (termasuk sumber makanan): 3,7 liter (0,81 imp gal; 0,98 US gal) untuk pria dan 2,7 liter (0,81 imp gal; 0,98 US gal) untuk pria dan 2,7 liter ( 0,59 imp gal; 0,71 US gal) dari total air untuk perempuan, dengan catatan bahwa air yang terkandung dalam makanan menyediakan sekitar 19% dari total asupan air dalam survei.

Khususnya, ibu hamil dan menyusui membutuhkan cairan tambahan agar tetap terhidrasi. Institut Kedokteran AS merekomendasikan rata-rata pria mengonsumsi 3 liter (0,66 imp gal; 0,79 U.S. gal) dan wanita 2,2 liter (0,48 imp gal; 0,58 U.S. gal); wanita hamil harus meningkatkan asupannya menjadi 2,4 liter (0,53 imp gal; 0,63 US gal) dan wanita menyusui harus menambah 3 liter (12 gelas), karena banyak sekali cairan yang hilang selama menyusui. Perlu diketahui juga bahwa biasanya sekitar 20% asupan air berasal dari makanan, sedangkan sisanya berasal dari air minum dan minuman (termasuk berkafein). Air memisahkan tubuh dengan berbagai cara. Ini terbentuk oleh tekanan uap air dalam urin, feses, keringat dan nafas. Olahraga dan suhu panas dapat membuat Anda semakin haus dan meningkatkan kebutuhan air harian.

Masyarakat menginginkan air yang lebih sedikit polusinya. Kontaminan umum termasuk garam logam dan oksida, termasuk tembaga, besi, kalsium dan timbal, serta bakteri berbahaya seperti Vibrio. Beberapa obat baik dan diinginkan untuk meningkatkan rasa dan menyediakan elektrolit yang dibutuhkan.

Perairan tawar terbesar (berdasarkan volume) yang cocok untuk diminum adalah Danau Baikal di Siberia.

Pencucian

Mencuci adalah proses pembersihan, biasanya dengan sabun dan air atau deterjen. Mencuci dan membasuh badan serta pakaian merupakan bagian penting dari kebersihan dan kesehatan.

Orang sering menggunakan sabun dan deterjen untuk menghilangkan partikel minyak dan kotoran serta membersihkannya. Sabunnya bisa diaplikasikan langsung atau menggunakan handuk.

Seseorang mencuci atau mandi sebagai ritual keagamaan, sebagai kegiatan penyembuhan atau sebagai kegiatan rekreasi.

Di Eropa, alih-alih menggunakan tisu toilet, sebagian orang menggunakan bidet untuk membersihkan alat kelamin dan area merah setelah menggunakan toilet. Bidet digunakan di negara-negara Katolik di mana air dianggap penting untuk wudhu.

Mencuci tangan saja sudah bisa memberikan lebih banyak manfaat. Mencuci tangan sebelum dan sesudah menyiapkan dan memakan makanan, setelah menggunakan kamar mandi, dan setelah memegang barang-barang kotor penting dilakukan untuk mengurangi penyebaran kuman. Mencuci muka setelah bangun tidur atau menyegarkan diri di siang hari adalah hal yang lumrah. Menyikat gigi penting untuk kebersihan dan merupakan bagian dari pembersihan.

“Mencuci” juga bisa berarti mencuci pakaian dan bahan kain lainnya, seperti seprai, dengan tangan atau menggunakan mesin cuci. Ini bisa berarti mencuci mobil, seperti mencucinya dengan sabun dan air menggunakan selang, atau membersihkan peralatan dapur.

Mencuci secara berlebihan dapat menyebabkan rambut rontok, menyebabkan ketombe, kulit kasar, atau infeksi kulit.

Transportasi

Angkutan laut (atau kapal), berarti angkutan laut, yaitu angkutan orang (penumpang) dan barang (kargo) melalui jalur air. Kendaraan pelayaran telah banyak digunakan sepanjang sejarah. Dengan munculnya pesawat terbang, perjalanan laut menjadi kurang penting bagi penumpang, namun masih populer untuk perjalanan singkat dan tamasya. Pengiriman melalui laut lebih murah dibandingkan melalui udara atau darat, namun lebih lambat untuk jarak jauh. Menurut UNCTAD pada tahun 2020, ini akan mewakili 80% perdagangan dunia.

Transportasi laut dapat dilakukan dalam jarak berapa pun dengan perahu, kapal laut, kapal pesiar atau perahu, melalui laut dan melalui danau, kanal dan sungai. Pelepasan untuk tujuan komersial, rekreasi atau militer. Meskipun lalu lintas daratan saat ini lebih sedikit, jalur air utama dunia, termasuk banyak kanal, tetap penting dan menjadi bagian penting dalam perekonomian dunia. Secara khusus, air dapat mengkatalisis semua zat. Namun, jika bahan-bahannya tidak tersedia, seperti berbagai produk pertanian yang mudah rusak, maka bahan-bahan tersebut tidak dapat dibawa melalui laut. Namun biaya pengiriman sangat mahal untuk pengiriman produk konsumen, terutama untuk kargo yang dapat dipesan, seperti kargo berat seperti batu bara, kokas, bijih, atau biji-bijian. Tidak diragukan lagi, Revolusi Industri adalah dampak pertama dari berkurangnya transportasi kanal, navigasi atau transportasi oleh jenis kapal apa pun di jalur air alami dan mendukung angkutan massal.

Kontainerisasi telah merevolusi pelayaran sejak tahun 1970an. danquot;kargo curah" Ini termasuk barang-barang dalam kotak, peti, palet, kontainer, dll. Jika kargo diangkut dengan lebih dari satu cara, itu adalah transshipment atau pengangkutan bersama.

Penggunaan Bahan Kimia

Air banyak digunakan dalam reaksi kimia sebagai pelarut atau reaktan dan pada tingkat lebih rendah sebagai pelarut atau katalis. Dalam reaksi organik, air merupakan pelarut umum yang melarutkan banyak senyawa ionik serta senyawa polar lainnya seperti amonia dan senyawa yang dekat dengan air. Dalam reaksi organik tidak digunakan sebagai pelarut reaksi karena bukan merupakan zat penetral yang baik, bersifat amfoter (asam dan basa) dan nukleofilik. Namun, terkadang barang-barang ini diperlukan. Selain itu, percepatan reaksi Diels-Alder oleh air juga diamati. Fluida superkritis telah menjadi topik penelitian. Air beroksigen secara efektif membakar polutan organik.

Pertukaran Panas

Air dan uap adalah fluida yang umum digunakan dalam pertukaran panas karena kapasitas panasnya dan ketersediaannya untuk pemanasan dan pendinginan. Air dingin juga bisa didapat dari danau atau laut. Khususnya karena panas laten kondensasi air tinggi, maka berguna untuk memindahkan panas melalui kondensasi dan kondensasi air. Kerugiannya adalah logam-logam yang biasa ditemukan di industri, seperti besi dan tembaga, lebih cepat terkorosi oleh air dan uap. Di hampir semua pembangkit listrik tenaga panas, air digunakan sebagai fluida kerja (digunakan dalam sirkuit tertutup antara boiler, mesin uap, dan turbin) dan sebagai pendingin (digunakan untuk memindahkan dan mengangkut limbah panas ke badan air). penguapan di menara pendingin). Di Amerika Serikat, pembangkit listrik pendingin merupakan pengguna air terbesar.

Dalam industri nuklir, air juga dapat digunakan sebagai moderator neutron. Di sebagian besar reaktor nuklir, air digunakan sebagai pendingin dan moderator. Ini adalah semacam tindakan keamanan pasif karena menghilangkan air dari reaktor juga memperlambat reaksi nuklir. Namun cara lain untuk mencegah reaksi lebih baik, seperti menutupi inti nuklir dengan air agar tetap dingin.

Pertimbangan Kebakaran

Air merupakan bahan pemadam yang baik karena panas uap dan inersianya yang tinggi. Penguapan air menghilangkan panas dari api. Penggunaan air pada kebakaran minyak atau bahan bakar gas cair sangatlah berbahaya karena banyak zat organik larut dalam air dan air mengembang menjadi air panas.

Penggunaan air untuk memadamkan kebakaran juga harus memperhitungkan risiko ledakan uap, yang dapat terjadi jika air digunakan pada kebakaran yang sangat panas di ruang terbatas, dan risiko ledakan hidrogen terjadi ketika zat bereaksi dengan air, seperti: Beberapa logam atau karbon panas, seperti karbon, batu bara, kokas grafit, menguraikan air untuk menghasilkan gas cair.

Kekuatan ledakan ini terlihat pada bencana Chernobyl. Bahkan dalam kasus ini air yang masuk bukan dari pemadam kebakaran, melainkan dari reaktor dan sistem pemanasnya sendiri. Inti yang terlalu panas menyebabkan uap meledak saat air mengalir ke dalam uap. Reaksi antara uap dan zirkonium panas menghasilkan ledakan hidrogen.

Beberapa oksida, terutama logam alkali dan oksida alkali tanah, bereaksi dengan air dan menghasilkan panas yang cukup untuk menimbulkan bahaya kebakaran. Oksida alkali tanah, juga dikenal sebagai kalsium oksida, diproduksi secara massal dan dikirim dalam kantong kertas. Jika bahan-bahan ini jenuh, bahan-bahan tersebut akan bereaksi dengan air di dalamnya dan terbakar.

Rekreasi

Orang menggunakan air untuk berbagai tujuan rekreasi, termasuk olahraga dan olah raga. Beberapa di antaranya termasuk berenang, ski air, berperahu, selancar, dan selam scuba. Selain itu, beberapa olah raga dimainkan di atas es, seperti hoki es dan seluncur es. Pantai, pantai, dan taman air adalah tempat populer di mana orang bersantai dan menikmati rekreasi. Banyak orang menyukai suara dan pemandangan air mengalir, dan air mancur serta bangunan air mengalir lainnya adalah fitur dekoratif yang populer. Yang lain memelihara ikan dan tumbuhan serta hewan lainnya di kolam atau danau untuk dipajang, bersenang-senang, dan berteman. Orang juga menggunakan air untuk olahraga salju seperti ski, naik kereta luncur, mobil salju, atau seluncur salju, dan airnya harus dingin, baik beku atau beku.

Industri air

Industri air menyediakan layanan air minum dan air limbah (termasuk pengolahan air limbah) untuk rumah tangga dan bisnis. Sarana penyediaan air meliputi sumur, tangki penampung air hujan, jaringan distribusi air, sarana pencucian, tangki air, menara air dan jaringan pipa air, termasuk saluran air tua. Perangkat produksi air gas sedang dikembangkan.

Air minum biasanya dikumpulkan dari sumur, diambil dari tangki bawah tanah (sumur) atau dipompa dari danau dan sungai. Jadi jika akuifer bisa mengalir dengan baik, membangun sumur di tempat yang tepat adalah salah satu cara untuk mendapatkan lebih banyak air. Sumber air lainnya adalah kumpulan air hujan. Air mungkin perlu dimurnikan untuk konsumsi manusia. Hal ini mungkin melibatkan penghilangan bahan yang tidak larut, zat terlarut dan organisme berbahaya. Metode yang paling umum digunakan adalah penyaringan pasir, yang hanya menghilangkan bahan yang tidak larut, sedangkan klorin dan perebusan membunuh mikroorganisme berbahaya. Perlindungan memenuhi tiga fungsi. Ada teknologi yang lebih maju, seperti reverse osmosis. Desalinasi air laut adalah solusi yang lebih hemat biaya jika digunakan pada iklim pesisir kering.

Distribusi air minum melalui sistem air kota, transportasi dengan truk atau air kemasan. Pemerintah di banyak negara mempunyai program untuk mendistribusikan air gratis kepada masyarakat miskin.

Mengurangi konsumsi dengan hanya menggunakan air minum manusia adalah cara lain. Beberapa kota, seperti Hong Kong, menggunakan air laut secara ekstensif untuk menyiram toilet di seluruh kota guna melestarikan sumber daya air alami.

Polusi mungkin merupakan penyalahgunaan air yang paling besar. Jika polutan membatasi penggunaan air untuk hal lain, maka sumber daya tersebut akan terbuang percuma, tidak peduli manfaatnya. Seperti jenis polusi lainnya, polusi ini tidak dimasukkan dalam penghitungan harga pasar standar dan dianggap sebagai eksternalitas yang tidak dapat dikompensasi oleh pasar. Jadi, ketika negara lain menanggung akibat dari polusi air, perusahaan swasta dan manfaat yang diperoleh tidak dirasakan oleh penduduk di wilayah yang terkena dampak polusi. Obat-obatan untuk konsumsi manusia sering kali masuk ke saluran air dan dapat terakumulasi secara biologis serta membahayakan kehidupan akuatik jika tidak terdegradasi.

Air limbah perkotaan dan industri biasanya diolah di instalasi pengolahan. Pengurangan jumlah limbah permukaan yang terkontaminasi ditentukan oleh sejumlah metode pencegahan dan pengobatan.

Aplikasi Industri

Banyak proses industri bergantung pada reaksi yang melibatkan zat terlarut dalam air, zat padat tersuspensi dalam air limbah, atau penggunaan air untuk melarutkan dan menghilangkan bahan kimia, produk pembersih, atau peralatan pengolahan. Proses seperti pertambangan, sintesis kimia, pembuatan bubur kertas, pembuatan kertas, manufaktur tekstil, pewarnaan, percetakan, dan pendinginan pembangkit listrik menggunakan air dalam jumlah besar, memerlukan sumber air khusus, dan seringkali airnya sangat tercemar.

Air digunakan untuk menghasilkan listrik. Energi listrik adalah energi yang diperoleh dengan menghasilkan energi listrik. Tenaga listrik berasal dari air yang menggerakkan pembangkit listrik tenaga air yang terhubung dengan listrik. Listrik merupakan sumber energi terbarukan yang murah dan tidak menimbulkan polusi. Listrik dihasilkan oleh pergerakan air. Pada dasarnya bendungan dibangun di atas sungai untuk membuat danau buatan di belakangnya. Air mengalir dari danau ke turbin yang mengubah listrik.

Air bertekanan digunakan dalam pengaliran air dan mesin pemotong. Pistol air bertekanan tinggi digunakan untuk pemotongan yang presisi. Ini berfungsi dengan baik, terlihat aman dan tidak membahayakan lingkungan. Juga digunakan untuk mendinginkan mesin agar tidak terlalu panas dan membakar mata gergaji.

Selain digunakan sebagai pelarut kimia, air juga digunakan dalam banyak proses industri dan mekanis, seperti mesin uap dan penukar panas. Pembuangan air yang tidak diolah dari proses industri merupakan polutan. Kontaminasi meliputi pelepasan pelarut (kontaminasi kimia) dan pelepasan cairan pendingin (keringat). Industri membutuhkan air murni untuk berbagai keperluan dan menggunakan berbagai teknologi pemurnian untuk penyediaan dan distribusi air.

Pengolahan makanan

Merebus, mengukus, dan memanggang merupakan metode memasak yang memerlukan perendaman makanan dalam air atau uap. Air juga digunakan untuk mencuci piring. Air juga memainkan banyak peran dalam ilmu pangan.

Zat terlarut seperti garam dan gula yang terdapat dalam air dapat mempengaruhi kondisi fisik. Titik didih dan titik beku air tidak hanya dipengaruhi oleh kelarutan tetapi juga oleh tekanan atmosfer, yang dipengaruhi oleh ketinggian. Air menguap pada suhu rendah karena rendahnya tekanan udara yang terjadi di ketinggian. Satu mol sukrosa (gula) per kg air menaikkan titik didih air sebesar 0,51 °C (0,918 °F) dan satu mol garam per kg menaikkan titik didih sebesar 1,02 °C (1,836 °F F). Selain itu, peningkatan jumlah partikel terlarut akan menurunkan air dan titik beku.

Zat terlarut dalam air mempengaruhi proses air, mempengaruhi banyak reaksi kimia dan pertumbuhan mikroorganisme dalam makanan. Aktivitas air dapat dinyatakan sebagai perbandingan tekanan uap air dalam larutan dengan tekanan uap air murni. Zat yang larut dalam air mengurangi aktivitas air. Hal ini penting untuk diketahui karena bakteri akan berhenti tumbuh jika air terlalu sedikit. Pertumbuhan mikroba tidak hanya mempengaruhi keamanan pangan, tetapi juga pemeliharaan dan kesehatan tanah.

Kesadahan air juga penting dalam pengolahan makanan dan dapat dimodifikasi atau diolah menggunakan sistem pertukaran ion kimia. Hal ini berdampak signifikan terhadap kebersihan dan kualitas produk. Kesadahan air diklasifikasikan berdasarkan konsentrasi kalsium karbonat di dalam air. Air tergolong lunak dengan kandungan kurang dari 100 mg/L (Inggris) dan 60 mg/L (AS).

Menurut laporan tahun 2010 oleh organisasi Water Footprint, 1 kg daging membutuhkan 15.000 liter air. Namun, penulis juga menjelaskan bahwa ini adalah rata-rata global dan faktor kontekstual menentukan jumlah air yang digunakan dalam produksi daging.

Penggunaan medis

Air untuk injeksi ada dalam daftar obat-obatan esensial Organisasi Kesehatan Dunia.

Distribusi di alam

Di alam semesta

Sebagian besar air di alam semesta dihasilkan sebagai produk sampingan dari pembentukan bintang. Pembentukan bintang disertai dengan hembusan angin gas dan debu yang kuat. Ketika aliran material yang keluar ini akhirnya berdampak pada gas di sekitarnya, gelombang kejut yang dihasilkan akan memampatkan dan memanaskan gas. Air yang diamati dengan cepat diproduksi dalam gas padat yang hangat ini.

Pada tanggal 22 Juli 2011, sebuah laporan menggambarkan penemuan awan uap air raksasa yang mengandung "140 triliun kali lebih banyak air daripada gabungan seluruh lautan di bumi" di sekitar quasar yang terletak 12 miliar tahun cahaya dari Bumi. Menurut para peneliti, “penemuan ini menunjukkan bahwa air telah banyak terdapat di alam semesta hampir sepanjang keberadaannya”.

Air telah terdeteksi di awan antarbintang di Bima Sakti. Air mungkin juga terdapat dalam jumlah melimpah di galaksi lain, karena komponennya, hidrogen, dan oksigen, merupakan salah satu unsur paling melimpah di alam semesta. Berdasarkan model pembentukan dan evolusi Tata Surya dan sistem bintang lainnya, sebagian besar sistem planet lain kemungkinan besar memiliki unsur serupa.

Uap air

Air hadir sebagai uap di:

  • Atmosfer Matahari: dalam jumlah jejak yang dapat dideteksi

  • Atmosfer Merkurius: 3,4%, dan sejumlah besar air di eksosfer Merkurius

  • Suasana Venus: 0,002%

  • Atmosfer bumi: ≈0,40% di seluruh atmosfer, biasanya 1–4% di permukaan; serta Bulan dalam jumlah kecil

  • Suasana Mars: 0,03%

  • Suasana Ceres

  • Suasana Yupiter: 0,0004% – hanya dalam es; dan bulannya Europa

  • Suasana Saturnus – hanya dalam es; Enceladus: 91% dan Dione (eksosfer)

  • Suasana Uranus – dalam jumlah sedikit di bawah 50 bar

  • Suasana Neptunus – ditemukan di lapisan yang lebih dalam

  • Atmosfer planet ekstrasurya: termasuk HD 189733 b dan HD 209458 b, Tau Boötis b, HAT-P-11b, XO-1b, WASP-12b, WASP-17b, dan WASP-19b.

  • Atmosfer bintang: tidak terbatas pada bintang yang lebih dingin dan bahkan terdeteksi pada bintang panas raksasa seperti Betelgeuse, Mu Cephei, Antares, dan Arcturus.

  • Cakram sirkumbintang: termasuk lebih dari separuh bintang T Tauri seperti AA Tauri serta TW Hydrae, IRC +10216 dan APM 08279+5255, VY Canis Majoris dan S Persei.

Liquid Water

Ada air di bumi yang menutupi 71% permukaan bumi. Air cair terkadang langka di Mars. Para ilmuwan yakin terdapat air cair di lautan setebal 10 km, sekitar 30 hingga 40 km dari bulan Saturnus, Enceladus (Enceladusand#039). Permukaan Antartika dan mungkin Titan bercampur dengan amonia di ruang bawah tanah. Jupiter dan bulannya Europa membentuk permukaan lautan bawah tanah. Jupiter dan bulannya Ganymede mengandung air cair di lapisan antara es dan batu.

Air es

Air hadir sebagai es di:

  • Mars: di bawah regolit dan di kutub.

  • Sistem Bumi-Bulan: terutama sebagai lapisan es di Bumi dan di kawah Bulan serta batuan vulkanik NASA melaporkan deteksi molekul air oleh Moon Mineralogy Mapper NASA di pesawat luar angkasa Chandrayaan-1 milik Organisasi Penelitian Luar Angkasa India pada bulan September 2009.

  • Ceres

  • Bulan-bulan Jupiter: permukaan Europa dan juga permukaan Ganymede dan Callisto

  • Saturnus: dalam sistem cincin planet dan di permukaan serta mantel Titan dan Enceladus

  • Sistem Pluto–Charon

  • Komet dan objek sabuk Kuiper dan awan Oort terkait lainnya

Dan kemungkinan juga hadir pada:

  • Merkuri dan kutub

  • Tethys

Bentuk-bentuk eksotis

Air dan zat-zat volatil lainnya mungkin menyusun sebagian besar struktur internal Uranus dan Neptunus dan air di lapisan yang lebih dalam mungkin berbentuk air ionik yang molekulnya terurai menjadi sup ion hidrogen dan oksigen, dan yang lebih dalam lagi berbentuk air superionik. air tempat oksigen mengkristal, tetapi ion hidrogen mengapung bebas di dalam kisi oksigen.

Kelayakan air dan planet

Keberadaan air dalam bentuk cair, dan pada tingkat lebih rendah dalam bentuk gas dan padat, di Bumi sangat penting bagi keberadaan kehidupan di Bumi seperti yang kita kenal. Bumi terletak di zona layak huni Tata Surya; jika jaraknya sedikit lebih dekat atau lebih jauh dari Matahari (sekitar 5%, atau sekitar 8 juta kilometer), maka kondisi yang memungkinkan ketiga bentuk tersebut hadir secara bersamaan akan jauh lebih kecil kemungkinannya untuk ada.

Bumi dan kekuatannya memungkinkan kita mengikuti angin. Uap air dan karbon dioksida di atmosfer menyediakan penyangga suhu (tujuan dari rumah kaca) untuk membantu menjaga suhu permukaan tetap konstan. Jika Bumi lebih kecil, atmosfer akan lebih tipis, mungkin lebih hangat, dan air tidak akan terakumulasi kecuali di lapisan es kutub (seperti Mars).

Suhu permukaan bumi tetap sama sepanjang waktu geologi meskipun tingkat radiasi matahari (insolasi) berbeda-beda. Hal ini menunjukkan bahwa proses dinamis mengendalikan bumi dan suhunya melalui kombinasi gas rumah kaca dan permukaan, albedo atmosfer. Usulan ini dikenal sebagai hipotesis Gaia.

Keadaan air di suatu planet bergantung pada tekanan di sekitarnya, yang ditentukan oleh planet tersebut dan gravitasinya. Jika planet memiliki massa yang besar, air permukaan dapat membeku bahkan pada suhu tinggi akibat tekanan tinggi akibat gravitasi, seperti yang terlihat pada eksoplanet Gliese 436 b dan GJ 1214 b.

Hukum, politik dan keamanan

Politik air adalah gerakan politik yang dipengaruhi oleh air dan sumber daya air. Air, khususnya air tawar, merupakan sumber daya strategis di seluruh dunia dan merupakan isu utama dalam banyak konflik politik. Hal ini berdampak pada kesehatan dan merusak keanekaragaman hayati.

Meskipun akses terhadap air bersih telah meningkat di hampir seluruh wilayah di dunia selama beberapa dekade terakhir, hampir 1 miliar orang masih belum memiliki akses terhadap air bersih, lebih dari 2,5 miliar orang tidak memiliki akses terhadap sanitasi yang memadai. Namun, beberapa pengamat memperkirakan bahwa lebih dari separuh populasi dunia akan menghadapi kerentanan air pada tahun 2025. Menurut laporan yang diterbitkan pada bulan November 2009, kebutuhan air di beberapa negara di dunia akan mencapai 50% pada tahun 2030.

Sejak tahun 1990, 1,6 miliar orang mempunyai akses terhadap sumber air minum. Proporsi penduduk di negara-negara berkembang yang memiliki akses terhadap air minum yang aman diperkirakan meningkat dari 30% pada tahun 1970 menjadi 71% pada tahun 1990 dan 79% pada tahun 2000. 84% pada tahun 2004.

Laporan PBB tahun 2006 menyatakan bahwa "airnya melimpah". untuk semua', namun akses terhadap air terganggu oleh salah urus dan korupsi. Selain itu, inisiatif internasional untuk meningkatkan efektivitas penyaluran bantuan, seperti Deklarasi Paris tentang Efektivitas Bantuan, belum mendapat pengakuan luas dari para donor di sektor air seperti di sektor pendidikan dan kesehatan sehingga dapat menyebabkan banyak cacat. dan bekerja.Saya melakukannya.Pemerintah penerima tidak berwenang untuk bertindak.

Para penulis Penilaian Komprehensif Pengelolaan Air Pertanian tahun 2007 mengidentifikasi praktik pengelolaan yang buruk sebagai salah satu penyebab beberapa bentuk kerawanan air. Pengelolaan air merupakan kombinasi proses formal dan informal dalam pengambilan keputusan terkait pengelolaan air. Praktik pengelolaan air yang baik terdiri dari mengetahui proses mana yang paling efisien baik dalam konteks fisik maupun sosio-ekonomi. Terkadang terjadi kesalahan saat mencoba menggunakan peta. Ia bekerja sesuai dengan lokasi dan kondisi negara maju dan berkembang. Sungai Mekong adalah contohnya. Tinjauan Institut Manajemen Air Internasional terhadap kebijakan enam negara yang mengandalkan air Sungai Mekong hanya menemukan sedikit, jika tidak ada, analisis efektivitas biaya. Mereka juga menemukan bahwa tagihan air di Kamboja lebih rumit dari yang seharusnya.

Pada tahun 2004, badan amal Inggris WaterAid mengatakan bahwa satu anak meninggal setiap 15 detik karena penyakit yang berhubungan dengan air lunak. Hal ini sering dikaitkan dengan kebersihan yang buruk.

Sejak tahun 2003, Laporan Perkembangan Air Dunia PBB, yang diterbitkan oleh Program Penilaian Air Dunia UNESCO, telah memberikan alat bagi para pengambil keputusan untuk mengembangkan kebijakan air berkelanjutan. Laporan tahun 2023 menemukan bahwa 2 miliar orang (26% penduduk) tidak memiliki akses terhadap air bersih dan 3,6 miliar orang (46%) tidak memiliki akses terhadap sanitasi yang memadai. Pada tahun 2050, penduduk perkotaan (2,4 miliar jiwa) akan menghadapi kelangkaan air. Kekurangan air disebabkan oleh pemberian makan yang berlebihan dan polusi. Menurut laporan tersebut, 10% populasi dunia tinggal di negara-negara dengan kekurangan air yang tinggi. Namun, selama 40 tahun terakhir, penggunaan air telah meningkat sebesar 1% per tahun, dan angka tersebut diperkirakan akan meningkat lagi pada tahun 2050. Sejak tahun 2000, banjir pada musim gugur meningkat empat kali lipat, dan banjir di Timur Laut dan Timur Laut meningkat empat kali lipat. 2,5 kali lipat Dari tahun 2000 hingga 2019, kerugian akibat banjir ini adalah 100.000 kematian dan $650 juta.

Organisasi yang terlibat dalam konservasi air antara lain International Water Association (IWA), WaterAid, Water 1st, dan American Water Association. Institut Manajemen Air Internasional mengembangkan program untuk mengurangi kemiskinan melalui pengelolaan air yang efisien. Konvensi-konvensi yang berhubungan dengan air termasuk Konvensi PBB untuk Memerangi Desertifikasi (UNCCD), Konvensi Internasional untuk Pencegahan Polusi dari Kapal, Konvensi PBB tentang Hukum Laut, dan Konvensi Ramsar. Hari Air Sedunia jatuh pada tanggal 22 Maret dan Hari Laut Sedunia jatuh pada tanggal 8 Juni.

 

Dalam tradisi

Agama

Air dianggap sebagai pembersih di sebagian besar agama. Agama yang terlibat dalam pembersihan antara lain Kristen, Hindu, Islam, Yudaisme, Rastafari, Shinto, Tao, dan Wicca. Pencelupan (pencelupan atau pemasukan) seseorang ke dalam air adalah sakramen utama agama Kristen (disebut juga baptisan). Ini juga merupakan bagian dari praktik agama lain, termasuk Islam (Mandi), Yudaisme (mikvah), dan Sikhisme (Amrit Sanskar). Selain itu, banyak agama, seperti Islam dan Yudaisme, memandikan orang mati dengan air bersih. Dalam Islam, shalat lima waktu dapat dilakukan setelah mencuci bagian tubuh tertentu dengan air bersih (wudu) dalam banyak kasus, tetapi dalam kasus di mana air tersedia. Dalam Shinto, air digunakan dalam semua ritual untuk menyucikan seseorang atau suatu tempat (misalnya, ritual Misogi).

Dalam Kekristenan, air suci adalah air yang disucikan oleh seorang imam untuk membaptis, untuk memberkati seseorang, suatu tempat atau sesuatu, atau untuk mengusir kejahatan.

Dalam Zoroastrianisme menghargai air (āb) sebagai sumber kehidupan.

Filsafat

Filsuf Yunani kuno Empedocles melihat air sebagai salah satu dari empat unsur, bersama dengan api, tanah dan udara, dan menyebutnya Ilem, unsur dasar alam semesta. Thales, digambarkan oleh Aristoteles sebagai seorang astronom dan insinyur, mengusulkan bahwa bumi, yang lebih lambat dari air, muncul dari air. Thales, seorang penganut monisme, percaya bahwa segala sesuatu itu cair. Plato percaya bahwa air berbentuk seperti ikosahedron. Sangat mudah untuk terbang ke tanah dalam bentuk kubus.

Konsep empat humor tersebut adalah tentang air dan kabut yang dingin dan basah. Unsur klasik air adalah salah satu dari lima unsur (bersama dengan tanah, api, kayu dan logam) dalam filsafat Tiongkok.

Beberapa filosofi Asia kuno dan populer menggunakan air sebagai metafora. “Ini sama pentingnya dengan air,” kata James Legge dan dalam terjemahan Dao De Jing tahun 1891, tempat-tempat kecil yang dibenci semua orang. Oleh karena itu, (jalannya) dekat dengan Tombak. Dan "Tidak ada apa pun di dunia ini yang lebih lunak atau lebih lemah daripada air, tetapi ketika menyerang sesuatu yang kuat dan padat, tidak ada yang lebih kuat dari air, karena tidak ada yang bisa diubah". Guanzi dalam bab "Shui di" untuk air menjelaskan lebih dari sekedar simbol air, dikatakan "manusia adalah air". Masyarakat di wilayah Tiongkok mengaitkan kondisi lingkungan dengan karakteristik sumber air setempat.

Cerita rakyat

"Air hidup" Dalam cerita rakyat Jerman dan Slavia, ada cara untuk menyembuhkan orang mati. Lihat perbedaan antara air hidup [ru] dan air mati [ru] dalam dongeng Grimm (dan "air kehidupan") dan Rusia. The Fountain of Youth mengacu pada konsep air ajaib yang dikatakan dapat mencegah penuaan.

Seni dan Aktivisme

Pelukis dan aktivis Fredericka Foster mengkurasi The Value of Water di Katedral St. John the Divine (Katedral St. John the Divine) di New York, yang menjadi landasan inisiatif katedral selama setahun mengenai ketergantungan kita pada air. Pameran terbesar yang pernah ada di katedral, menampilkan lebih dari empat puluh seniman termasuk Jenny Holzer, Robert Longo, Mark Rothko, William Kentridge, April Gornik, Kiki Smith, Pat Steir, Alice Dalton Brown, Teresita Fernandez dan Bill Viola. Foster menciptakan Think About Water, sebuah kolektif seniman ekologi yang menggunakan air sebagai subjek atau media. Anggotanya termasuk Basia Irland, Aviva Rahmani, Betsy Damon, Diane Burko, Leila Daw, Stacy Levy, Charlotte Coté, Meridel Rubenstein dan Anna Macleod.

Untuk memperingati 10 tahun air dan sanitasi dinyatakan sebagai hak asasi manusia oleh PBB, badan amal WaterAid menugaskan sepuluh seniman visual untuk menunjukkan dampak air bersih terhadap manusia dan kehidupan.

Parodi dihidrogen monoksida

Nama kimia yang benar secara teknis namun jarang digunakan untuk air, dihidrogen monoksida, telah digunakan dalam serangkaian tipuan yang mengejek buta huruf ilmiah. Ini dimulai pada tahun 1983 ketika April Mop; artikel hari itu muncul di surat kabar Durand, Michigan. Kebohongannya adalah tentang keamanan bahan tersebut.

Musik

Kata Watedanquot; banyak rapper yang berbasis di Florida menggunakannya sebagai semacam slogan atau adlib. Di antara para rapper, BLP Kosher dan Ski Mask the Slump God melakukannya. Lebih jauh lagi, para rapper telah membuat seluruh lagu yang didedikasikan untuk perairan Florida, seperti lagu tahun 2023 "Florida Water" oleh Danny Towers. Yang lain telah membuat seluruh lagu yang didedikasikan untuk air secara keseluruhan, seperti XXXTentacion dan Ski Mask the Slump God dengan lagu hit mereka "H2O".

Disandur dari : 

https://en.wikipedia.org/wiki/Water

https://id.wikipedia.org/wiki/Air