Pengertian dari Pembelajaran Seumur Hidup

Dipublikasikan oleh Farrel Hanif Fathurahman

29 April 2024, 14.29

talenthub

Pengejaran informasi yang "berkelanjutan, sukarela, dan dengan motivasi diri" untuk diri sendiri atau kariernya dikenal sebagai pembelajaran seumur hidup. Hal ini penting bagi kelayakan kerja dan daya saing seseorang, namun hal ini juga mendorong inklusi sosial, keterlibatan masyarakat, dan pertumbuhan pribadi.

Ungkapan "pembelajar seumur hidup", yang diciptakan oleh Leslie Watkins dan digunakan oleh Clint Taylor, seorang profesor di CSULA dan pengawas Temple City Unified School District, dalam pernyataan misi distrik tersebut pada tahun 1993, adalah asal mula istilah "pembelajaran seumur hidup" pertama kali muncul. . Hal ini mengakui bahwa pembelajaran terjadi tidak hanya di kelas atau selama masa kanak-kanak tetapi juga dalam berbagai pengaturan dan keadaan.

Ungkapan “belajar seumur hidup” berkembang secara alami dalam berbagai situasi. Pada tahun 1962, The New School for Social Research (sekarang dikenal sebagai New School University) meluncurkan pusat pembelajaran seumur hidup pertama sebagai proyek percobaan untuk "pembelajaran di masa pensiun". Selanjutnya, ketika sejumlah organisasi serupa muncul di seluruh negeri, banyak yang memutuskan untuk menggunakan istilah "lembaga pembelajaran seumur hidup" untuk merujuk pada individu yang belum pensiun dalam rentang usia yang sama. Lihat Institut Pembelajaran Seumur Hidup; bagi mereka yang berada di luar AS, lihat Universitas Zaman Ketiga.

Cara pandang terhadap pembelajaran telah mengalami perubahan signifikan selama lima puluh tahun terakhir karena inovasi dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkelanjutan. Pembelajaran tidak lagi dapat dipisahkan menjadi dua fase: kelas, tempat informasi dipelajari, dan pekerjaan, tempat pengetahuan diterapkan. Sebaliknya, belajar dapat dilihat sebagai sesuatu yang terjadi terus-menerus sebagai hasil interaksi kita sehari-hari dengan orang lain dan lingkungan. Ia memiliki kemampuan untuk menghasilkan dan mentransformasikannya menjadi pembelajaran mandiri, pembelajaran informal, dan pembelajaran formal. Menurut peneliti dan pendidik Kanada Allen Tough (1979), sekitar 70% proyek pembelajaran direncanakan sendiri.

Orang yang belajar dalam berbagai keadaan dikatakan terlibat dalam proses yang disebut pembelajaran seumur hidup. Lingkungan ini tidak hanya mencakup tempat pendidikan tetapi juga tempat tinggal, tempat kerja, dan bahkan tempat di mana individu melakukan aktivitas rekreasi. Meskipun siswa dari segala usia dapat memperoleh manfaat dari proses pembelajaran, orang dewasa yang kembali ke pendidikan formal menjadi penekanan utama. Program yang menjawab berbagai kebutuhan pelajar dibangun berdasarkan kerangka ini; contohnya adalah Institut Pembelajaran Seumur Hidup UNESCO, yang melayani kebutuhan pembelajar yang terpinggirkan dan kurang mampu, dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB ke-4.

Dua aspek pembelajaran seumur hidup mencakup pembelajaran seumur hidup dan berbagai kesempatan belajar. pembelajaran seumur hidup berpusat pada pendidikan komprehensif. Hal ini menunjuk pada sekolah yang menggabungkan pilihan pembelajaran kontemporer dan ide-ide pendidikan konvensional. Hal ini juga berarti bahwa individu harus didorong untuk mempelajari cara belajar dan memilih materi, prosedur, dan pendekatan yang bertujuan untuk perbaikan diri dan desain diri. Sarjana tertentu menekankan bahwa pemahaman yang berbeda tentang pengetahuan dan perolehannya membentuk dasar pembelajaran seumur hidup. Hal ini didefinisikan sebagai kerangka luas untuk memahami kejadian baru, termasuk penggunaan teknik untuk menanganinya dengan sukses, selain kepemilikan sedikit informasi atau pengetahuan faktual.

Gagasan pembelajaran seumur hidup berbeda dengan pendidikan berkelanjutan karena mencakup topik yang lebih luas. Berbeda dengan pendidikan orang dewasa yang menitikberatkan pada pendidikan orang dewasa yang diciptakan untuk memenuhi tuntutan lembaga pendidikan dan dunia usaha, pembelajaran semacam ini lebih mementingkan pengembangan potensi manusia dan mengakui bahwa setiap orang mempunyai kemampuan untuk mencapainya.

Lembaga pembelajaran seumur hidup

Sekelompok terorganisir yang terdiri dari orang dewasa berusia di atas 50 tahun yang berkumpul secara teratur untuk belajar di tingkat perguruan tinggi dengan tujuan semata-mata untuk mendapatkan tantangan intelektual dan kesenangan sosial disebut lembaga pembelajaran seumur hidup. Di Amerika Serikat, istilah “lembaga pembelajaran seumur hidup” digunakan. Lihat University of the Third Age untuk institusi serupa yang berlokasi di luar Amerika Serikat. Pertumbuhan karir bukanlah tujuan lembaga pembelajaran seumur hidup, berbeda dengan pendidikan berkelanjutan, dan tidak ada kredit yang diberikan oleh perguruan tinggi atau universitas yang mensponsori. Tidak ada peserta dalam kegiatan intelektual ini sebelum tahun 1962; sekarang, ratusan ribu orang berusia di atas 50 tahun terlibat.

Bekerja sama dengan New School for Social Research (sekarang dikenal sebagai New School University), Institute for Retired Professionals (IRP) didirikan di New York City pada tahun 1962. Harvard Institute for Learning in Retirement (HILR) didirikan di Harvard College pada tahun 1977. Pada tahun 1977, Pusat Studi Penuaan dan Perkembangan Manusia di Duke University dan Duke University Continuing Education berkolaborasi untuk mendirikan Duke Institute for Learning in Retirement (DILR, sekarang dikenal sebagai OLLI di Duke). Pada tahun 1980, di UCLA Extension, PLATO Society of UCLA (sekarang dikenal sebagai PLATO Society of Los Angeles) didirikan. Pada tahun 1981, Universitas Connecticut mendirikan Pusat Pembelajaran di Pensiun, dan pada tahun 1982, Universitas Amerika mendirikan Institut Pembelajaran di Pensiun.

Sumber:

https://en.wikipedia.org/wiki/Lifelong_learning

https://en.wikipedia.org/wiki/Lifelong_learning_institutes