Pengertian dan Sejarah Simulasi Komputer

Dipublikasikan oleh Admin

11 April 2024, 04.08

Proses membangun model komputer, dan interaksi antara eksperimen, simulasi, dan teori (wikipedia)

Simulasi Komputer

Pada artikel ini kita akan membahasa tentang simulasi komputer yang merupakan implementasi dari analis sistem. Simulasi komputer adalah proses pemodelan matematika yang dilakukan pada komputer untuk memprediksi perilaku atau hasil sistem fisik atau dunia nyata. Keandalan model matematika tertentu dapat diuji dengan membandingkan hasil simulasi dengan hasil sebenarnya yang ingin diprediksi.

Simulasi komputer menjadi alat yang sangat bermanfaaat untuk memodelkan banyak sistem di berbagai bidang seperti fisika komputasi, astrofisika, klimatologi, kimia, biologi, dan teknik, serta sistem sosial di bidang ekonomi, psikologi, ilmu sosial, kedokteran, dan teknik.

Simulasi sistem sering disebut sebagai pemodelan sistem. Hal ini memungkinkan peneliti untuk mengeksplorasi dan mendapatkan wawasan baru mengenai teknologi baru, serta memperkirakan kinerja sistem yang sangat kompleks untuk menyelesaikan analisis. Jam atau hari dalam jaringan komputer. Skala peristiwa yang disimulasikan oleh simulasi komputer melampaui batas dari apa yang mungkin atau dapat dibayangkan melalui pemodelan matematika tradisional.

Contoh simulasi komputer adalah model siklus material yang mengandung 1 miliar molekul, model ribosom yang mengandung 2,64 juta molekul, simulasi lengkap siklus hidup Mycoplasma genitalium, dan Blue Brain yang bertujuan untuk membuat simulasi komputer manusia pertama. Sebuah proyek, dll. Otak dibedah hingga ke tingkat atom. Karena simulasi komputer mahal, eksperimen komputer digunakan untuk mengambil keputusan seperti mengukur ketidakpastian.

Perbedaan antara simulasi dengan model

Model berisi persamaan yang digunakan untuk menangkap perilaku sistem. Sebaliknya, simulasi komputer menjalankan program yang menjalankan algoritma yang menyelesaikan persamaan ini, yang umunya masih kasar. Jadi simulasi adalah peran manajemen model. Jadi jangan "membuat simulasi". Sebaliknya, "membuat model (atau simulator)" adalah "menjalankan model" atau setara dengan "menjalankan simulasi".

Sejarah simulasi

Simulasi komputer berkembang pesat setelah penerapan besar pertamanya selama Proyek Manhattan selama Perang Dunia II untuk memodelkan proses ledakan nuklir. Pembobotan kompleks 12 bola menggunakan algoritma Monte Carlo. Simulasi komputer sering digunakan untuk melengkapi atau menggantikan sistem pemodelan ketika solusi analitis bentuk tertutup tidak memungkinkan. Ada banyak jenis simulasi komputer. Situasi yang umum terjadi adalah ketika mencoba membuat sampel fitur untuk model tertentu, tidak mungkin atau tidak mungkin untuk menghitung semua fitur model.

Persiapan data

Bayangkan sebuah laboratorium sains sibuk yang dipenuhi peralatan canggih dan peneliti yang antusias. Di tengah ruangan, sebuah komputer besar menjalankan simulasi kompleks untuk memprediksi perilaku sistem lingkungan yang kompleks. Para ilmuwan disekitarnya memantau layar komputernya, memasukkan data baru dan memperhatikan setiap detail yang muncul. Mereka mendiskusikan hasil simulasi dan mencoba memahami makna dari pola yang mereka temukan.

Sementara itu, di dalam ruang lainnya, tim teknik sedang bekerja keras mempersiapkan sensor dan perangkat fisik lainnya yang akan berperan penting dalam simulasi. Mereka bekerja keras untuk memastikan bahwa data yang dikumpulkan selalu akurat. Semua orang di lab ini bekerja sama menggunakan simulasi komputer untuk lebih memahami dunia di sekitar kita dan membuat prediksi yang lebih akurat tentang masa depan.

Disadur dari: en.wikipedia.org