Pengendalian Persediaan: Pengertian, Manajemen, Kelebihan dan Kekurangan

Dipublikasikan oleh Dias Perdana Putra

23 April 2024, 08.21

Sumber: Pixabay

Pengendalian persediaan

Pengendalian persediaan atau kontrol stok dapat didefinisikan secara luas sebagai "aktivitas memeriksa stok toko". Ini adalah proses untuk memastikan bahwa jumlah pasokan yang tepat tersedia dalam bisnis. Namun, definisi yang lebih terfokus memperhitungkan lebih banyak praktik metodis berbasis ilmu pengetahuan yang tidak hanya memverifikasi inventaris bisnis, tetapi juga memaksimalkan jumlah keuntungan dari investasi inventaris yang paling sedikit tanpa memengaruhi kepuasan pelanggan. Aspek lain dari pengendalian inventaris termasuk meramalkan permintaan di masa depan, manajemen rantai pasokan, pengendalian produksi, fleksibilitas keuangan, data pembelian, pencegahan kehilangan dan perputaran, dan kepuasan pelanggan.

Perluasan dari pengendalian persediaan adalah sistem pengendalian persediaan. Ini dapat berupa sistem teknologi dan perangkat lunak terprogram yang digunakan untuk mengelola berbagai aspek masalah inventaris, atau dapat merujuk pada metodologi (yang mungkin termasuk penggunaan hambatan teknologi) untuk menangani pencegahan kerugian dalam bisnis. Sistem kontrol inventaris memungkinkan perusahaan untuk menilai kondisi mereka saat ini terkait aset, saldo akun, dan laporan keuangan.

Manajemen pengendalian inventaris

Sistem kontrol inventaris digunakan untuk menjaga inventaris dalam kondisi yang diinginkan sambil terus memasok pelanggan secara memadai, dan keberhasilannya bergantung pada pemeliharaan catatan yang jelas secara berkala atau terus-menerus.

Perangkat lunak manajemen inventaris sering kali memainkan peran penting dalam sistem kontrol inventaris modern, menyediakan teknik analisis, optimisasi, dan peramalan yang tepat waktu dan akurat untuk masalah manajemen inventaris yang kompleks. Fitur khas dari jenis perangkat lunak ini meliputi:

  • alat pelacakan dan peramalan inventaris yang menggunakan algoritme yang dapat dipilih dan siklus peninjauan untuk mengidentifikasi anomali dan area lain yang menjadi perhatian
  • pengoptimalan inventaris
  • alat pembelian dan pengisian ulang yang mencakup komponen pengisian ulang otomatis dan manual, penghitungan inventaris, dan pengoptimalan ukuran lot
  • manajemen variabilitas waktu tunggu
  • perhitungan dan peramalan stok pengaman
  • manajemen biaya inventaris
  • umur simpan dan logika penggerak lambat
  • dukungan beberapa lokasi
  • Dukungan Inventaris Bergerak/Mobile

Melalui fungsi ini, bisnis dapat merinci dengan lebih baik apa saja yang telah terjual, seberapa cepat, dan berapa harganya, misalnya. Laporan dapat digunakan untuk memprediksi kapan harus menyimpan produk tambahan menjelang hari libur atau untuk membuat keputusan tentang penawaran khusus, menghentikan produk, dan sebagainya.

Teknik kontrol inventaris sering kali mengandalkan barcode dan tag identifikasi frekuensi radio (RFID) untuk memberikan identifikasi otomatis objek inventaris-termasuk tetapi tidak terbatas pada barang dagangan, barang habis pakai, aset tetap, alat sirkulasi, buku perpustakaan, dan peralatan modal-yang pada gilirannya dapat diproses dengan perangkat lunak manajemen inventaris. Tren baru dalam manajemen inventaris adalah melabeli inventaris dan aset dengan QR Code, yang kemudian dapat dibaca dengan ponsel pintar untuk melacak jumlah dan pergerakan inventaris. Sistem baru ini sangat berguna untuk operasi layanan lapangan, di mana karyawan perlu mencatat transaksi inventaris atau mencari stok inventaris di lapangan, jauh dari komputer dan pemindai genggam.

Pengendalian inventaris melibatkan pengelolaan jumlah fisik serta biaya barang saat mengalir melalui rantai pasokan. Dalam mengelola harga pokok barang di seluruh rantai pasokan, beberapa metode biaya digunakan:

  1. Metode eceran
  2. Metode Harga Rata-Rata Tertimbang
  3. Metode FIFO (Masuk Pertama Keluar Pertama).
  4. Metode LIFO (Last In First Out).
  5. Metode LPP (Harga Pembelian Terakhir).
  6. BNM (Metode leher botol)

Perhitungan dapat dilakukan dalam periode waktu yang berbeda. Jika dihitung setiap bulan disebut metode periode. Dalam metode ini, elemen yang tersedia dihitung:

  1. Tambahkan persediaan di awal periode
  2. Tambahkan persediaan yang dibeli selama periode tersebut dengan rata-rata total biaya per jumlah total untuk mendapatkan Harga Pokok Rata-rata pada periode tersebut.

Harga rata-rata ini memperhitungkan semua pergerakan dan perubahan seiring waktu. Persediaan akhir ditentukan dengan menerapkan seluruh perubahan kuantitas pada saldo yang ada. Mengalikan kuantitas yang tersisa dengan harga rata-rata akan menghasilkan harga pada akhir periode.Dengan metode konstan, penghitungan dilakukan untuk setiap transaksi pembelian. Oleh karena itu, penghitungan berbasis waktu, berbasis waktu, dan transaksional (permanen) adalah sama. Perbedaannya hanya pada “waktu” atau rentang perhitungannya:

  • Berkala dilakukan setiap bulan
  • Perpetual dilakukan selama durasi pembelian hingga pembelian berikutnya

Dalam praktiknya, rata-rata harian telah digunakan untuk mendekati metode perpetual. 6. Metode leher botol (tergantung pada dukungan perencanaan yang tepat).

Kelebihan dan Kekurangan

Sistem pengendalian persediaan memiliki kelebihan dan kekurangan, berdasarkan gaya sistem yang dijalankan. Sistem pengendalian persediaan yang murni periodik (fisik) membutuhkan "penghitungan dan penilaian fisik aktual dari semua persediaan yang ada pada akhir periode akuntansi," sedangkan sistem pengendalian persediaan perpetual membutuhkan penghitungan awal dari seluruh persediaan dan kemudian memonitor secara ketat setiap penambahan dan penghapusan yang terjadi. Berbagai kelebihan dan kekurangan, sebagai perbandingan, meliputi:

  • Secara teknis, sistem periodik lebih akurat karena mempertimbangkan inventaris yang dihitung dan dinilai.
  • Periodik lebih memakan waktu dibandingkan dengan perpetual.
  • Perpetual dapat menurunkan biaya penyimpanan persediaan dibandingkan dengan periodik.
  • Perpetual biasanya lebih mahal untuk dijalankan daripada periodik.
  • Perpetual perlu diverifikasi dari waktu ke waktu terhadap penghitungan fisik yang sebenarnya, karena adanya sisa, kesalahan manusia, pencurian, dan variabel lainnya.

Vs. manajemen inventaris

Meskipun terkadang digunakan secara bergantian, manajemen inventaris dan kontrol inventaris berhubungan dengan aspek inventaris yang berbeda. Manajemen inventaris adalah istilah yang lebih luas yang berkaitan dengan pengaturan semua aspek inventaris, mulai dari apa yang sudah ada di gudang hingga bagaimana inventaris tiba dan ke mana tujuan akhir produk.[2] Manajemen ini melibatkan pelacakan inventaris lapangan di seluruh rantai pasokan, mulai dari sumber hingga pemenuhan pesanan. Hal ini mencakup seluruh proses pengadaan, penyimpanan, dan pengambilan keuntungan dari barang dagangan atau jasa.

Kontrol inventaris adalah proses mengelola stok setelah tiba di gudang, toko, atau lokasi penyimpanan lainnya. Hal ini semata-mata berkaitan dengan mengatur apa yang sudah ada, dan melibatkan perencanaan penjualan dan kehabisan stok, mengoptimalkan inventaris untuk mendapatkan keuntungan maksimum dan mencegah penumpukan stok mati.

Model bisnis
Persediaan tepat waktu (JIT), persediaan yang dikelola vendor (VMI), dan persediaan yang dikelola pelanggan (CMI) adalah beberapa model populer yang digunakan oleh organisasi yang ingin memiliki kontrol manajemen persediaan yang lebih besar.JIT adalah model yang mencoba mengisi kembali persediaan untuk organisasi ketika persediaan dibutuhkan. Model ini mencoba untuk menghindari kelebihan persediaan dan biaya yang terkait. Hasilnya, perusahaan menerima persediaan hanya ketika kebutuhan akan lebih banyak persediaan semakin dekat.

VMI (vendor managed inventory) dan (co-managed inventory) adalah dua model bisnis yang mengikuti prinsip-prinsip persediaan JIT. VMI memberikan vendor dalam hubungan vendor/pelanggan kemampuan untuk memonitor, merencanakan, dan mengendalikan persediaan untuk pelanggan mereka. Pelanggan melepaskan tanggung jawab pembuatan pesanan dengan imbalan pengisian persediaan tepat waktu yang meningkatkan efisiensi organisasi.

CMI memungkinkan pelanggan untuk memesan dan mengontrol inventaris mereka dari vendor/pemasok. Baik VMI maupun CMI menguntungkan vendor dan juga pelanggan. Vendor melihat peningkatan penjualan yang signifikan karena peningkatan perputaran inventaris dan penghematan biaya yang direalisasikan oleh pelanggan mereka, sementara pelanggan menyadari manfaat yang sama.

Disadur dari: en.wikipedia.org