Penerapan Sketsa dalam Seni

Dipublikasikan oleh Farrel Hanif Fathurahman

11 Maret 2024, 12.08

Yesus dan Pezina, komposisi figur sketsa oleh Rembrandt - Wikipedia

Sketsa adalah gambar tangan bebas yang dibuat dengan cepat dan biasanya tidak dimaksudkan sebagai karya jadi. Sketsa dapat mempunyai beberapa tujuan: dapat merekam sesuatu yang dilihat oleh seniman, dapat merekam atau mengembangkan ide untuk digunakan nanti, atau dapat digunakan sebagai cara cepat untuk mendemonstrasikan gambar, ide, atau prinsip secara grafis. Sketsa adalah media seni yang paling murah.

Istilah "sketsa" biasanya digunakan untuk karya grafis yang dibuat dalam media kering seperti silverpoint, grafit, pensil, arang, atau pastel. Hal ini juga berlaku untuk gambar yang dibuat dengan tinta dan pena, input digital seperti pena digital, pulpen, spidol, cat air, dan "sketsa cat air" dan "sketsa minyak". Pematung dapat membuat model tanah liat, plastisin, atau lilin dalam tiga dimensi.

Dua metode dalam membuat sketsa adalah menggambar garis dan mengarsir:

Line art

Gambar garis adalah cara berekspresi yang paling langsung. Jenis gambar tanpa bayangan atau cahaya ini biasanya pertama kali dicoba oleh seorang seniman. Efeknya mungkin agak terbatas, namun menyampaikan dimensi, gerakan, struktur, dan suasana hati; itu juga dapat menyarankan tekstur sampai batas tertentu

Shading

"Garis memberikan karakter, namun bayangan memberikan kedalaman dan nilai – ini seperti menambahkan dimensi ekstra pada sketsa Anda."

Dalam studi seni siswa, membuat sketsa biasanya merupakan komponen yang ditentukan. Ini biasanya melibatkan membuat sketsa, atau croquis, dari model hidup yang posenya berubah setiap beberapa menit. Sementara istilah seperti studi, model, dan "gambar persiapan" biasanya mengacu pada karya yang lebih selesai dan hati-hati yang digunakan sebagai dasar karya akhir, sering kali dalam berbagai media, tetapi perbedaannya tidak jelas. Gambar di bawah karya akhir, yang kadang-kadang masih terlihat atau dapat dilihat melalui metode ilmiah kontemporer seperti sinar-X, disebut underdrawing.

Disadur dari: https://en.wikipedia.org/wiki/Sketch_(drawing)