Penemuan Puing Gunung Api Purba di Watu Gendong

Dipublikasikan oleh Farrel Hanif Fathurahman

08 Maret 2024, 14.58

Sebuah penemuan menarik mengenai bekas gunung api purba baru-baru ini dilaporkan oleh tim geologi yang dikoordinasi oleh Georesearch Plosodoyong Field Camp. Situs Watu Gendong, yang terletak di Kalurahan Beji, Kapanewon Ngawen, Gunungkidul, DI Yogyakarta, menjadi lokasi penemuan ini. Diperkirakan, situs ini muncul sekitar 35 juta tahun yang lalu, menjadikannya sebagai jejak bersejarah yang mencengangkan.

Koordinator Georesearch Plosodoyong Field Camp, Priharjo Sanyoto, menjelaskan bahwa situs Watu Gendong tidak hanya memiliki nilai sejarah yang tinggi, tetapi juga telah menjadi bagian dari cerita turun temurun masyarakat setempat. Menurut kepercayaan lokal, Watu Gendong berasal dari gunung api yang "digendong," dan dari sinilah nama Watu Gendong diambil.

Priharjo Sanyoto menambahkan bahwa penelitian ilmiah ini melibatkan sejumlah peneliti dari berbagai lokasi, termasuk Sragen, Jawa Tengah, hingga Aceh. "Penelitian ini telah dimulai sejak tahun 2016, meskipun sempat mengalami henti sementara dan kini dilanjutkan," ujar Priharjo ketika dihubungi wartawan pada Kamis (13/1/2022).

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap jejak-jejak gunung api purba, mengingat bahwa situs Watu Gendong ini merupakan peninggalan dari aliran piroklastik. Piroklastik sendiri merujuk pada material klastik yang terbentuk dari fragmen batuan yang dihasilkan oleh erupsi gunung api yang bersifat eksplosif. Fragmen batuan tersebut, yang dikenal sebagai piroklast, menyusun batuan piroklastik yang menjadi salah satu jenis endapan vulkaniklastik.

Penemuan ini tidak hanya memberikan wawasan lebih dalam tentang sejarah geologi daerah tersebut, tetapi juga membuka potensi penelitian lebih lanjut mengenai peristiwa erupsi gunung api purba di Indonesia. Dengan penelitian ini, kita dapat lebih memahami dinamika alam yang membentuk lanskap yang kita kenal saat ini.

Disadur dari https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/01/14/132646078/bekas-gunung-api-purba-ditemukan-di-gunungkidul-diperkirakan-berumur-35?page=all