Pendidikan Jarak Jauh: Pengertian, Evolusi, Manfaat, Kekurangan, dan Masa Depan

Dipublikasikan oleh Kania Zulia Ganda Putri

29 April 2024, 17.04

Sumber: www.allassignmenthelp.com

Apa itu pendidikan jarak jauh?

Pendidikan jarak jauh adalah jenis pembelajaran yang berlangsung di luar ruang kelas tradisional, di lokasi fisik, dan pada waktu tertentu dengan menggunakan teknologi. Sebagai istilah, ini menggambarkan kursus yang dapat diambil secara online tanpa mengharuskan siswa untuk menghadiri kelas secara langsung di sekolah, perguruan tinggi, atau universitas.

Di masa lalu, kursus korespondensi tersedia untuk pembelajaran jarak jauh di sekolah menengah dan universitas. Selain itu, siswa sering menerima materi pelajaran melalui surat, dan mereka harus menyelesaikan tugasnya secara online atau mengirimkannya kembali ke guru melalui surat.

Belakangan ini, program pendidikan jarak jauh telah memanfaatkan prospek luar biasa yang diberikan oleh teknologi kontemporer untuk memberikan pengalaman pembelajaran yang sangat personal dan efisien di berbagai kursus pembelajaran jarak jauh. Hal ini juga memunculkan layanan yang menawarkan bantuan kelas online kepada siswa untuk lulus kursus pendidikan jarak jauh dengan nilai bagus.

Evolusi pendidikan jarak jauh

Munculnya pembelajaran jarak jauh adalah salah satu dari banyak perubahan signifikan yang dialami pendidikan selama ribuan tahun. Namun bisa tampil sebagai inovasi kontemporer berbasis internet, pendidikan jarak jauh telah ada selama lebih dari tiga abad dalam berbagai bentuk.

  • Boston, AS – 1728

Pengenalan pembelajaran jarak jauh mendahului perkembangan Internet. Contoh pembelajaran jarak jauh yang paling awal terdokumentasi terjadi di Boston pada tahun 1728, salah satu Koloni Inggris di Amerika Utara. Kelas-kelas ini mengajarkan steno, teknik menulis cepat yang menggantikan kata-kata dengan simbol dan akronim.

  • Gloucestershire, Inggris – 1840-an

Sir Isaac Pitman mulai memberikan kursus korespondensi steno pada tahun 1840-an, lebih dari satu abad kemudian. Pitman memberikan umpan balik kepada siswanya dengan menilai, mengedit, dan mengembalikan pekerjaan mereka, yang membedakan mata kuliahnya dengan mata kuliah Caleb Philipps. Saat ini, reporter, sekretaris, dan stenograf pengadilan masih banyak menggunakan Singkatan Pitman untuk membuat catatan.

  • Universitas London, Inggris – 1858

Universitas London mulai menawarkan program gelar melalui Program Eksternal pada tahun 1858, memungkinkan mahasiswa dari luar London untuk mengejar gelar dari universitas tersebut. Sejak itu, siswa di seluruh dunia dapat memperoleh materi pelajaran dan mengembalikan tugas melalui surat, sehingga secara signifikan meningkatkan popularitas pendidikan jarak jauh.

Manfaat pendidikan jarak jauh

Dibandingkan dengan pendidikan berbasis kelas tradisional, pembelajaran jarak jauh memiliki beberapa keunggulan, seperti:

  • Konsentrasi karir yang lebih baik

Gelar online memiliki efek profesional yang positif bagi pemberi kerja dan mahasiswa. Individu yang bekerja dapat meningkatkan keterampilan mereka tanpa berhenti dari posisi mereka saat ini dan pada dasarnya berinvestasi dalam pertumbuhan profesional mereka di masa depan. Selain itu, individu yang baru memulai karirnya mungkin menerima tambahan pengetahuan cepat yang akan memudahkan mereka mendapatkan pekerjaan yang sesuai.

  • Fleksibilitas

Program pendidikan jarak jauh lebih disukai oleh banyak pelajar yang berdisiplin diri dan sangat termotivasi. Mereka beroperasi dengan baik di lingkungan online dan terorganisir dengan baik. Ini memberi individu kebebasan untuk belajar kapan saja dan dari lokasi mana pun. Selain itu, siswa juga mempunyai kesempatan untuk mempekerjakan seseorang untuk mengikuti ujian online saya dan hal ini dimungkinkan karena fleksibilitas yang ditawarkan pembelajaran jarak jauh.

  • Pilihan studi campuran

Tidak perlu mengajarkan semuanya secara online untuk pembelajaran jarak jauh. Sebagian besar kelas untuk gelar Master dalam pembelajaran campuran ditawarkan secara online, namun kelas normal di kampus tetap harus diambil pada waktu yang dijadwalkan. Dengan cara ini, pelajar yang ingin memiliki pengalaman internasional dan menghindari beban keuangan karena tinggal di luar negeri tidak akan ketinggalan.

Kelemahan pendidikan jarak jauh

Meskipun ada banyak hal positif dari pendidikan jarak jauh, ada juga kelemahan tertentu yang terkait dengan pengajaran semacam ini. Mari kita bicara tentang beberapa kelemahannya.

  • Kurangnya akses internet

Inilah salah satu kelemahan utama pembelajaran online, khususnya bagi pelajar. Salah satu alasan utama sekolah masih enggan mengadopsi pendidikan virtual adalah kurangnya akses internet. Selain itu, konsentrasi menjadi sulit ketika internet Anda di kelas terus-menerus tertinggal atau terputus.

  • Interaksi sosial yang terbatas

Dibandingkan dengan model pendidikan tradisional, jumlah jejaring sosial dan kolaborasi yang diberikan melalui kegiatan pembelajaran jarak jauh jauh lebih sedikit. Siswa kehilangan kesempatan untuk berkolaborasi dengan teman sebaya secara langsung ketika mereka tidak diharuskan menghadiri lokasi fisik.

  • Kemungkinan gangguan

Siswa yang berpartisipasi dalam program pembelajaran jarak jauh dapat menemukan gangguan sebagai masalah. Bentuknya bisa bermacam-macam. Misalnya, siswa lebih cenderung terganggu saat online. Namun, mereka mungkin menjadi terputus dan kehilangan motivasi jika tidak mengadakan pertemuan langsung.

Bagaimana masa depan pendidikan jarak jauh?

Meskipun pendidikan jarak jauh telah ada selama beberapa dekade, penggunaannya telah meningkat secara signifikan sejak tahun 2020 karena pandemi COVID-19 dan meluasnya ketersediaan koneksi internet.

Kini, terbukti bahwa kehadiran fisik di ruang kelas bukanlah satu-satunya cara untuk memfasilitasi pembelajaran yang baik. Namun, pembelajaran jarak jauh telah mengalami kemajuan yang signifikan bagi siswa mulai dari sekolah dasar hingga universitas dan perguruan tinggi tanpa ada tanda-tanda melambat.

Selain itu, tempat kerja terus menerapkan strategi pembelajaran jarak jauh seiring dengan berkembangnya sistem kerja jarak jauh dan hybrid. Selain itu, dengan sistem manajemen pembelajaran dan teknologi yang mudah terintegrasi untuk memproduksi konten pendidikan, penyampaian pendidikan berkualitas tinggi di tempat kerja menjadi lebih mudah, terlepas dari jarak.

Terakhir, pendidikan jarak jauh merupakan alat yang sangat baik yang akan terus dikembangkan dan digunakan dalam berbagai situasi, meskipun hal ini tidak mungkin sepenuhnya menggantikan pengajaran di kelas.

Disadur dari: www.allassignmenthelp.com