Pendidikan Jarak Jauh: Evolusi, Inovasi, dan Perkembangannya dalam Era Teknologi

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

27 Februari 2024, 10.31

Sumber: id.wikipedia.org

Pembelajaran jarak jauh atau dikenal juga dengan distance learning adalah pembelajaran bagi siswa yang tidak selalu hadir secara fisik di sekolah atau dimana siswa dan gurunya terpisah oleh waktu atau jarak. Secara tradisional, ini melibatkan kursus korespondensi di mana siswa berkomunikasi dengan sekolah melalui surat. Pembelajaran jarak jauh merupakan metode berbasis teknologi yang berkembang seiring dengan berkembangnya teknologi seperti konferensi video, televisi, dan internet. Saat ini, hal ini biasanya melibatkan pelatihan online dan pembelajaran biasanya dimediasi oleh beberapa teknologi. Program pembelajaran jarak jauh dapat berupa pembelajaran jarak jauh sepenuhnya atau menggabungkan pembelajaran online dengan pembelajaran kelas tradisional (disebut pembelajaran hybrid atau blended). Metode lainnya mencakup pembelajaran jarak jauh dalam lingkungan virtual pelengkap atau pengajaran dalam lingkungan virtual (e-learning).

Kursus Online Terbuka Masif (MOOCs), yang menawarkan partisipasi interaktif luas dan akses terbuka melalui World Wide Web atau teknologi online lainnya . , adalah metode pendidikan pembelajaran jarak jauh terbaru. Beberapa istilah lain (pembelajaran terdistribusi, e-learning, m-learning, e-learning, kelas virtual, dll.) banyak digunakan sebagai sinonim untuk pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran online terbukti menjadi pengalaman belajar yang bermanfaat. Pembelajaran online harus menjadi proses interaktif dengan gaya belajar yang berbeda untuk semua peserta didik pada tingkat pembelajaran yang berbeda. Lingkungan pembelajaran jarak jauh adalah tempat yang menarik untuk mempelajari hal-hal baru, berkolaborasi dengan orang lain, dan menjaga disiplin diri.

Salah satu upaya pembelajaran jarak jauh yang paling awal diumumkan pada tahun 1728. Hal ini terjadi di Boston Gazette "Caleb Philipps, guru metode steno baru", yang sedang mencari siswa yang ingin mempelajari keterampilan tersebut melalui kelas mingguan.

Kursus jarak jauh pertama dalam pengertian saat ini telah diselenggarakan. . Sir Isaac Pitman pada tahun 1840 - yang mengajarkan sistem steno dengan mengirimkan teks steno melalui kartu pos dan menerima transkrip dari murid-muridnya untuk dikoreksi. Inovasi penting dalam sistem Pitman adalah sisi umpan balik siswa. Sistem ini memungkinkan penetapan tarif ongkos kirim yang seragam di seluruh Inggris pada tahun 1840.

Inisiatif ini terbukti sangat berhasil dan tiga tahun kemudian Phonographic Correspondence Society dibentuk untuk menetapkan tarif ini secara lebih formal. Komunitas ini membuka jalan bagi Sir Isaac Pitman Colleges di seluruh negeri.

Sekolah korespondensi pertama di Amerika Serikat adalah Home Study Society, yang didirikan pada tahun 1873.

Didirikan pada tahun 1894, Wolsey Hall. , Oxford adalah sekolah pembelajaran jarak jauh pertama di Inggris Raya.
dari.

Disadur dari Artikel : id.wikipedia.org