Pemulihan Energi: Prinsip, Aplikasi, dan Dampak Lingkungan

Dipublikasikan oleh Dias Perdana Putra

26 April 2024, 07.27

Sumber: en.wikipedia.org

Pemulihan energi

Pemulihan energi mencakup teknik atau metode apa pun untuk meminimalkan input energi ke sistem secara keseluruhan dengan pertukaran energi dari satu sub-sistem dari sistem keseluruhan dengan yang lain. Energi dapat dalam bentuk apa pun di kedua subsistem, tetapi sebagian besar sistem pemulihan energi menukar energi panas baik dalam bentuk yang nyata maupun laten.

Dalam beberapa situasi, penggunaan teknologi yang memungkinkan, baik penyimpanan energi panas harian atau penyimpanan energi panas musiman (STES, yang memungkinkan penyimpanan panas atau dingin di antara musim yang berlawanan), diperlukan agar pemulihan energi dapat dilakukan. Salah satu contohnya adalah limbah panas dari mesin pendingin udara yang disimpan dalam tangki penyangga untuk membantu pemanasan di malam hari.

Prinsip

Aplikasi umum dari prinsip ini adalah pada sistem yang memiliki aliran buangan atau aliran limbah yang ditransfer dari sistem ke sekitarnya. Beberapa energi dalam aliran material tersebut (sering kali berupa gas atau cairan) dapat ditransfer ke aliran material make-up atau input. Aliran massa masukan ini sering kali berasal dari lingkungan sistem, yang berada pada kondisi sekitar, berada pada suhu yang lebih rendah daripada aliran limbah. Perbedaan suhu ini memungkinkan terjadinya perpindahan panas dan dengan demikian perpindahan energi, atau dalam hal ini, pemulihan. Energi panas sering kali dipulihkan dari aliran limbah cair atau gas ke udara segar dan asupan air di dalam gedung, seperti untuk sistem HVAC, atau sistem proses.

Pendekatan sistem

Konsumsi energi adalah bagian penting dari sebagian besar aktivitas manusia. Konsumsi ini melibatkan konversi satu sistem energi ke sistem energi lainnya, misalnya: Konversi energi mekanik ke energi listrik, yang kemudian dapat menyalakan komputer, lampu, motor, dll. Energi input menggerakkan pekerjaan dan sebagian besar diubah menjadi panas atau mengikuti produk dalam proses sebagai energi output. Sistem pemulihan energi memanen daya output dan menyediakannya sebagai daya input untuk proses yang sama atau proses lainnya.

Sistem pemulihan energi akan menutup siklus energi ini untuk mencegah daya input dilepaskan kembali ke alam dan lebih baik digunakan dalam bentuk lain dari pekerjaan yang diinginkan.

Contoh

Pemulihan panas diimplementasikan pada sumber panas seperti misalnya pabrik baja. Air pendingin yang dipanaskan dari proses tersebut dijual untuk memanaskan rumah, toko, dan kantor di daerah sekitarnya.

  • Pengereman regeneratif digunakan pada mobil listrik, kereta api, derek berat, dll. Di mana energi yang dikonsumsi saat menaikkan potensi dikembalikan ke pemasok listrik saat dilepaskan.
  • Sistem pengurangan tekanan aktif di mana tekanan diferensial dalam aliran fluida bertekanan dipulihkan daripada diubah menjadi panas dalam katup pengurangan tekanan dan dilepaskan.
  • Ventilasi pemulihan energi
  • Daur ulang energi
  • Daur ulang panas air
  • Ventilasi pemulihan panas
  • Pembangkit uap pemulihan panas
  • Mesin Pembangkit Panas Limbah Siklon
  • Generator turboexpander hidrogen
  • Dioda termal
  • Pengoksidasi termal
  • Modul Termoelektrik
  • Unit pemulihan panas limbah

Senyawa Turbo Listrik (ETC)

Electric Turbo Compounding (ETC) adalah solusi teknologi untuk tantangan meningkatkan efisiensi bahan bakar mesin gas dan diesel dengan memulihkan energi limbah dari gas buang.

STES

  • Di sebuah pengecoran logam di Swedia, limbah panas dipulihkan dan disimpan dalam massa besar batuan dasar asli yang ditembus oleh sekelompok 140 lubang bor yang dilengkapi dengan penukar panas (diameter 155mm) sedalam 150m. Penyimpanan ini digunakan untuk memanaskan pabrik yang berdekatan sesuai kebutuhan, bahkan berbulan-bulan kemudian.
  • Komunitas Tenaga Surya Drake Landing di Alberta, Kanada menggunakan STES untuk memulihkan dan memanfaatkan panas alami yang akan terbuang percuma. Komunitas ini menggunakan sekelompok sumur bor di batuan dasar untuk penyimpanan panas antar musim, dan ini memungkinkan untuk mendapatkan 97 persen pemanas ruangan sepanjang tahun dari kolektor panas matahari di atap garasi.
  • Suhu musim dingin dapat dipulihkan dengan mengedarkan air melalui menara pendingin kering dan menggunakannya untuk mendinginkan akuifer dalam atau kelompok lubang bor. Suhu dingin ini kemudian dipulihkan dari penyimpanan untuk AC musim panas. Dengan koefisien kinerja (COP) 20 hingga 40, metode pendinginan ini bisa sepuluh kali lebih efisien daripada AC konvensional.

Dampak lingkungan

Ada potensi besar untuk pemulihan energi dalam sistem yang ringkas seperti industri besar dan utilitas. Bersama dengan konservasi energi, seharusnya dapat mengurangi konsumsi energi dunia secara dramatis. Efek dari hal ini adalah:

  • Berkurangnya jumlah pembangkit listrik tenaga batu bara
  • Berkurangnya partikel di udara, NOx dan CO2 - peningkatan kualitas udara
  • Memperlambat atau mengurangi perubahan iklim
  • Tagihan bahan bakar yang lebih rendah untuk transportasi
  • Ketersediaan minyak mentah yang lebih lama
  • Perubahan industri dan ekonomi yang belum sepenuhnya diteliti

Pada tahun 2008, Tom Casten, ketua Pengembangan Energi Daur Ulang, mengatakan bahwa "Kami pikir kami dapat menghasilkan sekitar 19 hingga 20 persen listrik AS dengan panas yang saat ini dibuang oleh industri."

Sebuah studi Departemen Energi tahun 2007 menemukan potensi 135.000 megawatt gabungan panas dan listrik (yang menggunakan pemulihan energi) di AS, dan studi Lawrence Berkley National Laboratory mengidentifikasi sekitar 64.000 megawatt yang dapat diperoleh dari energi limbah industri, tidak termasuk CHP. Studi-studi ini menunjukkan bahwa sekitar 200.000 megawatt, atau 20%, dari total kapasitas listrik dapat berasal dari daur ulang energi di AS. Penggunaan daur ulang energi secara luas dapat mengurangi emisi pemanasan global sekitar 20%. Memang, pada tahun 2005, sekitar 42% polusi gas rumah kaca di AS berasal dari produksi listrik dan 27% dari produksi panas.

Sulit untuk mengukur dampak lingkungan dari implementasi pemulihan energi global di beberapa sektor. Hambatan utamanya adalah:

  • Kurangnya teknologi yang efisien untuk rumah-rumah pribadi. Sistem pemulihan panas di rumah-rumah pribadi dapat memiliki efisiensi serendah 30% atau kurang. Mungkin lebih realistis untuk menggunakan konservasi energi seperti insulasi termal atau bangunan yang lebih baik. Banyak daerah yang lebih bergantung pada pendinginan paksa dan sistem untuk mengekstraksi panas dari tempat tinggal untuk digunakan untuk keperluan lain tidak tersedia secara luas.
  • Infrastruktur yang tidak efektif. Pemulihan panas khususnya membutuhkan jarak yang pendek dari produsen ke konsumen agar dapat berjalan. Solusinya adalah memindahkan konsumen besar ke sekitar produsen. Hal ini dapat menimbulkan komplikasi lainnya.
  • Sektor transportasi belum siap. Dengan sektor transportasi yang menggunakan sekitar 20% dari pasokan energi, sebagian besar energi dihabiskan untuk mengatasi gravitasi dan gesekan. Mobil listrik dengan pengereman regeneratif tampaknya menjadi kandidat terbaik untuk pemulihan energi. Sistem angin pada kapal sedang dalam pengembangan. Sangat sedikit pekerjaan pada industri penerbangan yang diketahui di bidang ini.

Disadur dari: en.wikipedia.org