Pemukiman Kumuh dan Akibatnya pada Lingkungan Masyarakat

Dipublikasikan oleh Farrel Hanif Fathurahman

13 Februari 2024, 10.43

Kawasan Kumuh di Jakarta, Indonesia - Wikipedia

Permukiman kumuh adalah sebuah wilayah dengan tingkat kepadatan penduduk yang tinggi di sebuah kota yang sebagian besar dihuni oleh penduduk miskin. Menurut Pasal 1 Ayat 13 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Permukiman, permukiman kumuh adalah permukiman yang tidak layak huni karena ketidakteraturan bangunan, tingkat kepadatan bangunan yang tinggi, dan kualitas bangunan serta sarana dan prasarana yang tidak memenuhi syarat.

Kawasan kumuh ada di banyak kota besar di seluruh dunia. Kawasan kumuh biasanya dikaitkan dengan kemiskinan dan pengangguran tinggi. Kawasan kumuh juga dapat menjadi sumber masalah sosial seperti kriminalitas, narkotika, dan minuman keras. Karena kondisi sanitasi yang buruk, wilayah kumuh menjadi pusat masalah kesehatan di negara-negara miskin. Kendaraan seperti ambulans dan pemadam kebakaran sangat sulit dilewati di berbagai kawasan kumuh, terutama di negara-negara miskin. Selain itu, sampah bertumpuk-tumpuk karena kurangnya layanan pembuangan sampah.

Kawasan kumuh meningkat seiring dengan populasi, terutama di negara-negara berkembang. Pemerintah di seluruh dunia saat ini mencoba mengatasi masalah kawasan kumuh ini dengan membangun perumahan modern dengan sanitasi yang baik, biasanya rumah bertingkat. Tingkat kepadatan penduduk, kepemilikan lahan, dan kualitas sarana dan prasarana pada suatu daerah adalah beberapa indikator yang dapat digunakan untuk menentukan apakah daerah tersebut tergolong kumuh atau tidak.

Disadur dari: https://id.wikipedia.org/wiki/Kawasan_kumuh