Pembuatan Peta Relief atau Peta Timbul?

Dipublikasikan oleh Farrel Hanif Fathurahman

22 April 2024, 07.12

Hand-made raised-relief map of the High Tatras in scale 1: 50 000 - Wikipedia

Peta relief, model medan, atau peta timbul adalah representasi tiga dimensi, biasanya medan, yang digambarkan sebagai artefak fisik. Dalam representasi medan, dimensi vertikal biasanya diperbesar dengan faktor antara lima dan sepuluh, sehingga lebih mudah dikenali secara visual.

Jika cerita yang diberikan oleh Sima Qian (c. 145–86 SM) dalam bukunya Catatan Sejarawan Agung ternyata akurat ketika makam Qin Shi Huang ditemukan, maka peta relief tersebut berasal dari Dinasti Qin Tiongkok (221 –206 SM). Menurut Joseph Needham, peta relief yang ditinggikan mungkin terinspirasi oleh wadah keramik Han tertentu (202 SM – 220 M) yang memiliki gunung buatan sebagai hiasan tutupnya.

Dengan menggunakan model yang dibuat dari beras dari tahun 32 M, komandan dinasti Han, Ma Yuan, membuat peta relief yang menggambarkan lembah dan gunung. Jiang Fang, seorang penulis dari Dinasti Tang (618–907), menguraikan model beras ini dalam karyanya Esai tentang Seni Membangun Pegunungan dengan Beras (c. 845). Xie Zhuang (421–466) membuat peta kekaisaran yang terbuat dari kayu dengan relief tinggi yang mewakili setiap provinsi dan disusun seperti teka-teki gambar berukuran besar 0,93 m2 (10 kaki2) pada masa Dinasti Liu Song (420–479).

Shen Kuo (1031–1095) menggunakan pasta gandum, kayu, lilin lebah, dan serbuk gergaji untuk membuat peta relief. Kaisar Shenzong dari Song terkesan dengan model kayunya dan kemudian memerintahkan semua prefek yang mengawasi wilayah perbatasan untuk membuat peta serupa yang dapat diangkut ke ibu kota dan diarsipkan.

Sarjana Neo-Konfusianisme Zhu Xi melihat peta relief kayu karya Huang Shang pada tahun 1130 dan berusaha mendapatkannya, namun akhirnya membuat petanya sendiri menggunakan kayu dan tanah liat yang lengket. Peta itu terdiri dari delapan potongan kayu berengsel yang dapat dilipat dan dibawa oleh satu orang.

Peta relief yang timbul kemudian dilaporkan oleh Ibnu Batutah (1304–1377) selama turnya ke Gibraltar.

John Evelyn (1620–1706) mengatakan dalam presentasinya pada tahun 1665 untuk Philosophical Transactions of the Royal Society bahwa menurutnya peta relief dan replika lilin dari benda-benda alam adalah sepenuhnya penemuan asli Perancis.] Menurut beberapa peneliti berikutnya, Paul Dox, yang menggambarkan wilayah Kufstein dalam peta relief timbul tahun 1510, dianggap sebagai pencipta peta relief pertama.

Ada beberapa cara untuk membuat peta relief timbul. Masing-masing metode memiliki kelebihan dan kekurangan dalam hal akurasi, harga, dan kemudahan pembuatannya.

1. Penumpukan Lapisan

Dimulai dengan peta topografi, seseorang dapat memotong lapisan-lapisan yang berurutan dari beberapa bahan lembaran, dengan tepinya mengikuti garis kontur pada peta. Ini dapat dirangkai dalam tumpukan untuk mendapatkan perkiraan kasar medan. Cara ini biasa digunakan sebagai dasar model arsitektur, dan biasanya dilakukan tanpa berlebihan secara vertikal. Untuk model bentang alam, tumpukannya kemudian dapat dihaluskan dengan mengisi beberapa bahan. Model ini dapat digunakan secara langsung, atau untuk daya tahan yang lebih baik, cetakan dapat dibuat dari model tersebut. Cetakan ini kemudian dapat digunakan untuk menghasilkan model plester.

2. Peta Plastik Berbentuk Vakum

Kombinasi mesin kontrol numerik komputer (CNC) pada model master, dan salinan pembentuk vakum dari model ini, dapat digunakan untuk memproduksi peta relief timbul secara massal dengan cepat. Teknik Pembentukan Vakum, ditemukan pada tahun 1947 oleh Layanan Peta Angkatan Darat di Washington, D.C., menggunakan lembaran plastik berbentuk vakum dan panas untuk meningkatkan laju produksi peta-peta ini. Untuk membuat peta plastik Berbentuk Vakum, pertama-tama model induk yang terbuat dari resin atau bahan lain dibuat dengan mesin penggilingan yang dipandu komputer menggunakan model medan digital. Kemudian cetakan reproduksi dicetak menggunakan cetakan induk dan bahan tahan panas dan tekanan. Lubang-lubang halus dimasukkan ke dalam cetakan reproduksi agar udara nantinya dapat dikeluarkan dengan cara vakum. Selanjutnya lembaran plastik diaplikasikan pada cetakan agar kedap udara, dan pemanas ditempatkan di atas plastik selama kurang lebih 10 detik. Vakum kemudian diterapkan untuk menghilangkan sisa udara. Setelah plastik mendingin, plastik dapat dilepas dan medannya selesai. Setelah langkah ini, peta warna dapat dilapis/dicetak pada dasar yang telah dibuat agar realistis.

3. Pencetakan 3D

Metode lain yang semakin meluas adalah penggunaan pencetakan 3D. Dengan pesatnya perkembangan teknologi ini penggunaannya menjadi semakin ekonomis. Untuk membuat peta relief timbul menggunakan printer 3D, Digital Elevation Models (DEM) dirender menjadi model komputer 3D, yang kemudian dapat dikirim ke printer 3D. Sebagian besar printer 3D tingkat konsumen mengeluarkan plastik lapis demi lapis untuk membuat objek 3D. Namun, jika peta diperlukan untuk penggunaan komersial dan profesional, printer kelas atas dapat digunakan. Printer 3D ini menggunakan kombinasi bubuk, resin, dan bahkan logam untuk membuat model berkualitas lebih tinggi. Setelah model dibuat, warna dapat ditambahkan untuk menunjukkan karakteristik tutupan lahan yang berbeda, sehingga memberikan tampilan area yang lebih realistis. Beberapa keuntungan menggunakan model cetak 3D mencakup teknologi dan DEM yang lebih mudah ditemukan, dan lebih mudah dipahami dibandingkan peta topografi pada umumnya

4. Peta Papercraft Berbentuk DEM/TIN

Membuat peta relief yang dibuat dari kertas melalui Digital Elevation Model (DEM) adalah alternatif berbiaya rendah dibandingkan banyak metode lainnya. Metode ini melibatkan konversi DEM menjadi jaringan tidak beraturan triangulasi (TIN), membuka TIN, mencetak TIN yang tidak dilipat di atas kertas, dan menyusun hasil cetakan menjadi model 3D fisik. Metode ini memungkinkan pembuatan peta relief yang ditinggikan tanpa memerlukan peralatan khusus atau pelatihan ekstensif. Tingkat realisme dan akurasi peta yang dihasilkan mirip dengan model penumpukan lapisan. Namun kualitas peta akhir sangat bergantung pada karakteristik NPWP yang digunakan.

Disadur dari:

https://en.wikipedia.org