Pembelajaran Sinkron Vs. Pembelajaran Asinkron: Apa yang Harus Diketahui oleh Pendidik

Dipublikasikan oleh Kania Zulia Ganda Putri

01 Mei 2024, 10.35

Sumber: www.wevideo.com

Apa itu pembelajaran sinkron?

Pembelajaran sinkron mengacu pada pengajaran dan diskusi waktu nyata — seperti menghadiri kelas yang dijadwalkan, berinteraksi dengan guru melalui video, atau mengerjakan proyek kelas . Ini adalah pembelajaran kelas standar, namun bisa menjadi sedikit lebih menantang di era teknologi.

Beberapa siswa (berapapun usianya) merasa kesulitan untuk menatap layar dalam waktu lama, dan guru perlu menyesuaikan strategi pengajaran mereka untuk menjaga keterlibatan tetap tinggi . Misalnya, mereka mungkin merencanakan kuliah singkat, diikuti dengan kegiatan seperti debat atau jajak pendapat. Istirahat singkat juga dapat dimasukkan ke dalam sesi sinkron untuk menjaga siswa agar tidak gelisah.

Guru menyampaikan pelajaran yang kaya akan informasi dan memimpin diskusi secara langsung, menyesuaikan dengan kebutuhan siswa. Siswa mengajukan pertanyaan dan mengklarifikasi ketika konsep muncul. Bolak balik yang cepat antara siswa dan pendidik membantu mempercepat proses pembelajaran.

Apa itu pembelajaran asinkron?

Asinkron mengacu pada mengakses materi pada waktu yang berbeda — seperti video, forum diskusi, dan pekerjaan tinjauan sejawat . Ini serba mandiri. Meskipun ada tenggat waktu untuk menyelesaikan pekerjaan, tidak ada persyaratan khusus bagi pendidik dan peserta didik untuk berada di tempat yang sama, atau bertemu pada waktu yang sama.

Kuncinya di sini adalah fleksibilitas . Siswa mengontrol di mana/kapan mereka mengakses materi, menyeimbangkan pembelajaran dan kehidupan. Mereka dapat melihat konten sebelum berdiskusi, menyelesaikan tugas sesuai waktu mereka sendiri, dan meninjau konsep ketika mereka memerlukan penyegaran.

Namun, dengan kebebasan ini muncul pula tanggung jawab. Siswa membutuhkan manajemen waktu yang solid dan motivasi diri untuk tetap berada di jalur yang benar. Selain itu, pembelajaran secara terpisah dapat menimbulkan tantangan bagi siswa yang berhasil dalam interaksi dan dukungan teman sebaya secara langsung.

Sumber: www.wevideo.com

​​​​​​Bagi guru, pelajaran dapat direncanakan sebelumnya, diedit, atau dipersonalisasi berdasarkan kebutuhan pelajar. Berbagai format seperti audio dan video membuat konsep dapat diakses.

Ini juga berarti desain pembelajaran menjadi lebih penting dari sebelumnya. Misalnya, seorang guru matematika mungkin memposting serangkaian latihan soal secara online dan memberikan video tutorial dengan teknik pemecahan masalah. Kemudian, sesuai kecepatan mereka sendiri, siswa dapat merespons dengan rekaman video di layar yang menunjukkan pekerjaan mereka saat memecahkan suatu masalah. Masih terjadi bolak-balik antara pendidik dan pembelajar, hanya saja hal tersebut tidak dilakukan secara real-time.

Kesamaan pembelajaran sinkron vs. asinkron

Berikut adalah beberapa karakteristik kesamaan pembelajaran sinkron dan asinkron.

Akuisisi pengetahuan

Kedua model fokus pada perolehan pengetahuan dan membantu siswa menerapkan apa yang mereka pelajari. Pengalaman pembelajaran inti berkisar pada keterlibatan yang bermakna dengan materi kursus dan berhubungan dengan rekan-rekan.

Penggunaan teknologi

Pembelajaran sinkron dan asinkron biasanya menggabungkan teknologi. Hal ini mengharuskan pelajar untuk memiliki keterampilan inti literasi digital seputar pengoperasian perangkat, penggunaan aplikasi, evaluasi sumber online, dan interaksi dengan konten seperti video atau podcast untuk menyelesaikan tugas.

Perbedaan pembelajaran sinkron vs. asinkron

Seperti dibahas di atas, ada juga perbedaan utama antara kedua lingkungan belajar tersebut.

Penjadwalan

Pembelajaran sinkron terjadi secara real-time, mengharuskan siswa dan guru hadir bersama. Pembelajaran asinkron bersifat mandiri . Akibatnya, ia tidak memiliki persyaratan interaksi langsung.

Keterlibatan instruktur

Lingkungan sinkron menampilkan instruksi langsung. Asynchronous lebih mengandalkan pembelajaran mandiri dan materi yang sudah jadi. Siswa menggunakan materi ini untuk mempelajari konsep-konsep baru, dan pendidik menghabiskan sebagian besar waktunya untuk memberikan umpan balik.

Interaksi

Pembelajaran sinkron memungkinkan kolaborasi dan diskusi sejawat secara real-time. Asynchronous menggunakan alat seperti papan diskusi untuk interaksi. Meskipun siswa masih terhubung, ada lebih banyak waktu di antara setiap interaksi karena mereka biasanya bersifat mandiri.

Contoh pembelajaran sinkron vs asinkron

Sedang memikirkan cara menggunakan gaya belajar ini dalam pengajaran Anda sendiri? Berikut adalah beberapa contoh pembelajaran sinkron vs asinkron untuk membantu Anda memulai.

1. Kuliah langsung - sinkron

Instruktur menampilkan presentasi dan ceramah di platform konferensi video. Siswa hadir secara virtual dan dapat mengajukan pertanyaan secara langsung menggunakan fitur chat atau audio. Semua siswa terlibat dengan informasi pada saat yang sama.

2. Kuliah yang direkam sebelumnya - asinkron

Instruktur mengembangkan pelajaran menarik dan tugas video yang mencakup materi kursus. Hal ini memberi siswa kemampuan untuk menjeda, memundurkan, dan meninjau konsep. Dengan begitu, mereka dapat lebih mengontrol pengalaman belajar mereka.

3. Jam kerja - sinkron

Guru mengadakan sesi jam kerja terbuka yang dapat diikuti siswa sesuai kebutuhan. Hal ini menciptakan lingkungan untuk percakapan pribadi atau kelompok kecil untuk mendapatkan umpan balik yang dipersonalisasi, mendiskusikan nilai, dan menjawab pertanyaan tambahan.

4. Papan diskusi online - asinkron

Kelas mungkin memiliki percakapan bergaya forum yang berkelanjutan seputar petunjuk diskusi. Siswa berbagi perspektif selama berhari-hari atau berminggu-minggu. Hal ini dapat menciptakan ruang untuk percakapan yang lebih mendalam daripada yang dimungkinkan oleh pelajaran tradisional.

5. Gamifikasi - sinkron

Siswa berkumpul dalam lingkungan permainan multipemain dan menyelesaikan tantangan kolaboratif yang memperkuat konsep kurikulum. Misalnya, siswa mungkin dibagi menjadi beberapa tim untuk berkompetisi dalam permainan trivia. Instruktur mengawasi interaksi ini dan memberikan panduan melalui pengalaman.

Opsi pembelajaran sinkron seperti ini menciptakan ruang yang menarik bagi siswa untuk memperoleh pengetahuan bersama melalui pengalaman yang mendalam. Hal ini mendukung hubungan bermakna yang diperlukan untuk melibatkan peserta didik.

6. Kursus online mandiri - asinkron

Siswa bekerja melalui serangkaian modul dengan bacaan, video, tugas, dan penilaian yang ditugaskan. Mungkin ada tenggat waktu untuk menyelesaikan keseluruhan kursus, namun siswa menentukan seberapa cepat mereka mempelajari kontennya.

Disadur dari: www.wevideo.com