Pembelajaran Jarak Jauh: Panduan Utama untuk Pembelajaran Online

Dipublikasikan oleh Kania Zulia Ganda Putri

29 April 2024, 16.51

Sumber: www.educationcorner.com

Apa itu pembelajaran jarak jauh?

Pembelajaran jarak jauh adalah proses pendidikan di mana siswa menerima pengajaran melalui kelas online, rekaman video, konferensi video, atau media teknologi audio/visual lainnya. Hal ini memungkinkan orang untuk menerima pendidikan tanpa harus hadir secara fisik di ruang kelas.

Program pembelajaran jarak jauh yang dirancang dengan baik dapat menjadi cara yang sangat nyaman dan efektif untuk memperoleh lebih banyak pendidikan. Hal ini mungkin tampak sulit tanpa siswa dan guru berinteraksi di dalam kelas, namun orang-orang yang mengikuti program pembelajaran jarak jauh dapat belajar jauh dari ruang kelas seperti halnya di dalam kelas.

Pembelajaran jarak jauh dan pendidikan adalah istilah yang dapat dipertukarkan. Pembelajaran jarak jauh bukanlah sebuah fenomena baru. Asal usul pembelajaran jarak jauh dapat ditelusuri kembali ke munculnya sistem pos modern dan produksi massal publikasi cetak, yang memungkinkan penyebaran informasi dengan cepat ke seluruh dunia.

Mengapa pembelajaran jarak jauh?

Pembelajaran jarak jauh telah membuat pendidikan lebih mudah diakses oleh kelompok masyarakat yang lebih besar. Ini adalah cara mudah untuk memperoleh pengalaman kerja sambil menyelesaikan perguruan tinggi atau pelatihan kejuruan lainnya. Banyak organisasi, seperti militer, perusahaan besar, dan lembaga pemerintah mengandalkan pendidikan jarak jauh untuk melatih anggota militer dan karyawannya. Pendidikan juga berubah seiring dengan revolusi teknologi komunikasi dalam masyarakat.

Dalam kebanyakan kasus, pendidikan atau pelatihan khusus merupakan persyaratan untuk sebagian besar pekerjaan bergaji tinggi. Ketersediaan Internet telah meningkatkan jumlah kursus online. Kursus-kursus ini ditawarkan di perguruan tinggi online, seperti Universitas Argosy, Universitas Phoenix, Universitas Capella, dan Universitas Kaplan.

Siapa yang menggunakan pembelajaran jarak jauh?

Saat ini semakin banyak siswa yang memanfaatkan program pembelajaran jarak jauh. Para profesional yang bekerja, siswa sekolah menengah, dan bahkan mahasiswa tradisional mendaftar di kelas pembelajaran jarak jauh. Perusahaan dan organisasi lain sering memanfaatkan program pembelajaran jarak jauh untuk melatih karyawan. Berikut adalah beberapa alasan orang mengikuti program pembelajaran jarak jauh:

  • Siswa yang tinggal di daerah pedesaan atau mereka yang tidak dapat menghadiri kelas tradisional memanfaatkan pembelajaran jarak jauh.
  • Siswa dari seluruh dunia dapat mendaftar di kursus online yang ditawarkan di perguruan tinggi tertentu.
  • Perusahaan memanfaatkan program pembelajaran jarak jauh untuk melatih karyawannya, terutama yang bekerja di wilayah yang jauh.

Pembelajaran jarak jauh sangat fleksibel

Meskipun pembelajaran jarak jauh dapat disesuaikan dengan jadwal siapa pun, siswa harus mengambil inisiatif untuk belajar dan menyelesaikan tugas kursus mereka. Program pembelajaran jarak jauh tidak mudah atau otomatis, sehingga siswa yang malas mungkin tidak akan berhasil menyelesaikan kursus yang mereka ikuti. Namun, siswa yang sibuk atau memiliki banyak tanggung jawab pun harus meluangkan waktu untuk belajar karena fleksibilitas program ini.

Teknologi apa yang digunakan untuk pembelajaran jarak jauh online?

Berbagai jenis teknologi digunakan untuk meningkatkan pembelajaran online. Program komputer khusus, Internet berkecepatan tinggi, dan teknologi penyiaran webcam hanyalah beberapa dari teknologi modern yang digunakan dalam pembelajaran jarak jauh. Akibatnya, kesempatan belajar yang tidak pernah ada bagi masyarakat yang tinggal di daerah terpencil atau pedesaan dapat memperoleh pendidikan perguruan tinggi atau pelatihan kerja khusus. Bukan hal yang aneh bagi seorang siswa yang tinggal di daerah pedesaan South Dakota untuk menyelesaikan kursus yang ditawarkan oleh sebuah perguruan tinggi di California.

Siswa sering berinteraksi dengan guru menggunakan konferensi video, satelit, dan teknologi Internet. Mereka juga dapat berkomunikasi dengan siswa lain yang terdaftar pada mata kuliah yang sama menggunakan teknologi telekomunikasi modern.

Karena siswa dapat menyelesaikan kursus di mana pun Internet dapat diakses, banyak siswa yang sering meluangkan waktu selama istirahat kerja atau saat menginap di hotel selama perjalanan bisnis untuk menyelesaikan tugas sekolah mereka. Fleksibilitas pembelajaran jarak jauh adalah salah satu daya tarik utama program ini.

​​​​​Seperti apa pengalaman pembelajaran jarak jauh online?

Karena pembelajaran jarak jauh perlahan menjadi cara yang populer untuk menyelesaikan kuliah atau pelatihan kerja, banyak orang masih ragu mengenai hal tersebut. Perincian yang diberikan di bawah ini akan memberikan gambaran kepada mereka yang mempertimbangkan pembelajaran jarak jauh tentang seperti apa:

  • Siswa biasanya berinteraksi dengan teman sekelas dan guru di ruang obrolan dan layanan pesan instan lainnya. Hal ini memungkinkan untuk mengajukan pertanyaan dan berbagi komentar tanpa harus duduk di ruang kelas. Ceramah guru sering kali disiarkan secara online, dan banyak siswa serta guru tetap berhubungan melalui teknologi panggilan konferensi.
  • Kerja kelompok diselesaikan di ruang obrolan dan ruang khusus di situs web. Siswa juga menggunakan email, pesan instan, dan teknologi penyiaran web untuk mendiskusikan ide proyek dengan teman sekelas.
  • Tugas kursus yang diselesaikan oleh siswa diselesaikan di situs web atau diserahkan sebagai lampiran email. Siswa biasanya tidak diizinkan untuk mengirimkan pekerjaan yang diselesaikan di situs web setelah tanggal jatuh tempo.
  • Sebagian besar bahan referensi, seperti dokumen dan buku, dapat diakses secara online oleh siswa. Akibatnya, siswa biasanya tidak perlu mengunjungi perpustakaan untuk menyelesaikan penelitian tradisional. Banyak buku yang dibutuhkan siswa dipindai dan ditempatkan secara online.
  • Pertanyaan untuk instruktur dapat ditanyakan melalui telepon, email, atau di ruang obrolan. Teknologi pesan instan menjadi cara yang sangat populer bagi siswa dan guru untuk berinteraksi.

Para profesional yang bekerja, ibu rumah tangga, dan orang lain yang tidak dapat mengikuti kuliah di kampus memanfaatkan program pembelajaran jarak jauh untuk memperoleh lebih banyak pendidikan atau pelatihan kerja.

Memilih sekolah pembelajaran jarak jauh

Pembelajaran jarak jauh telah ada selama berabad-abad melalui surat tradisional dan sarana kreatif lainnya, namun pendidikan online masih merupakan bidang yang relatif baru. Meski teknologinya berbeda, namun misi pendidikan dan standar akademiknya sama dengan pendidikan tradisional: menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas. Banyak sekolah online melakukan hal tersebut, sementara yang lain hanya sekedar penggilingan gelar atau penipuan. Dan tentu saja, ada banyak variasi di tengahnya.

Disadur dari: www.educationcorner.com