Pemasaran untuk Insinyur: Kepuasan Pelanggan Insinyur

Dipublikasikan oleh Nurul Aeni Azizah Sari

13 Mei 2024, 09.45

Sumber: Pinterest.com

Seperti kebanyakan insinyur, saya menyelesaikan gelar MBA untuk memperluas keterampilan saya. Pada kuliah pemasaran pertama kami, profesor bertanya kepada kami mengapa kami mengambil mata kuliah ini. Saya dan teman saya dengan entengnya menjawab bahwa pemasaran tidak berperan dalam pekerjaan saya sebagai insinyur.

Profesor Walker kemudian membuktikan bahwa saya salah dan meyakinkan saya bahwa pemasaran bagi para insinyur sama pentingnya dengan mengetahui teknologi. Artikel ini membahas beberapa prinsip dasar pemasaran dan bagaimana hal ini berkaitan dengan para insinyur. Empat topik berikut ini akan membahas lebih dalam tentang apa itu pemasaran dan bagaimana hal tersebut berkaitan dengan pekerjaan insinyur.

Definisi pemasaran
Ketika meminta orang untuk menyebutkan sebuah kata yang mereka kaitkan dengan pemasaran, mereka pasti akan menyebutkan iklan atau penjualan. Ruang lingkup tim pemasaran dalam proyek rekayasa sering kali terbatas pada mempromosikan dan menjual produk atau layanan yang dibuat oleh para insinyur. Namun, jangkauan pemasaran lebih luas dari sekadar berkomunikasi dengan calon pelanggan dan pelanggan yang sudah ada.

Sama seperti konsep sosial lainnya, pemasaran bisa berarti banyak hal. Blogger Heidi Cohen telah mengumpulkan 72 definisi pemasaran dari sumber-sumber profesional dan akademis. Saya telah mengunduh definisi-definisi ini dan memvisualisasikannya dalam sebuah awan kata. Semakin sering sebuah kata digunakan dalam definisi-definisi ini, semakin besar teksnya. Diagram ini menunjukkan bahwa pemasaran adalah tentang produk, layanan, dan pelanggan. Awan kata ini menunjukkan bahwa iklan hanyalah sebagian kecil dari pemasaran.

Definisi-definisi ini memposisikan pemasaran sebagai sebuah proses untuk menjual produk dan layanan kepada pelanggan. Namun, teknik sering kali lebih dari sekadar menjual barang. Banyak disiplin ilmu teknik yang berusaha meningkatkan masyarakat secara keseluruhan. Asosiasi Pemasaran Amerika memberikan definisi pemasaran yang lebih formal dan lebih luas. Pemasaran adalah aktivitas, seperangkat institusi, dan proses untuk menciptakan, mengomunikasikan, menyampaikan, dan mempertukarkan penawaran yang bernilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat luas.

Asosiasi pemasaran amerika (2013)

Definisi ini terdiri dari tiga bagian utama:

  • Sebuah proses
  • yang memiliki nilai
  • yang memiliki nilai bagi penerima manfaat

Tiga bagian berikut dari artikel ini membahas tiga aspek dari definisi ini terkait pekerjaan insinyur

Proses pemasaran
Sebagian besar buku teks pengantar tentang pemasaran dimulai dengan bauran pemasaran. Ini adalah alat untuk menyusun aktivitas pemasaran yang membantu manajer mempertimbangkan semua aspek yang relevan dari proyek mereka. Salah satu versi paling umum dari bauran pemasaran adalah apa yang disebut 4P pemasaran:

  • Produk (menciptakan)
  • Promosi (mengkomunikasikan)
  • Tempat (distribusi)
  • Harga (pertukaran)

Istilah dalam tanda kurung menunjukkan bagaimana definisi AMA tentang pemasaran berhubungan dengan bauran pemasaran. Keempat aspek pemasaran ini merupakan penyederhanaan dari proses pemasaran, namun memberikan titik pernyataan yang baik untuk memahami dasar-dasarnya.

Produk
Produk adalah aspek yang paling jelas dari pemasaran bagi para insinyur. Merancang dan menciptakan produk dan layanan baru adalah pekerjaan inti seorang insinyur. Meskipun teknologi itu penting, pemasaran membantu para insinyur untuk menciptakan produk yang lebih baik.

Pemasaran membantu para insinyur menciptakan produk yang memenuhi kebutuhan pelanggan. Teknik berfokus pada aspek teknis dari suatu produk seperti mobil atau komputer. Pemasaran mencoba memahami bagaimana pelanggan mendapatkan nilai dari benda-benda ini.

Hukum pertama dari perilaku konsumen adalah bahwa pelanggan membeli barang untuk apa yang berarti bagi mereka, bukan untuk apa barang itu berfungsi. Akibatnya, hukum ini menyiratkan bahwa menciptakan produk baru tidak hanya membutuhkan pengetahuan tentang teknik, tetapi juga membutuhkan para insinyur untuk memahami psikologi. Iklan Swish Jeans memvisualisasikan hukum pertama dari perilaku konsumen Luca Albanese (1996), iklan Swish Jeans dengan Eva Herzigová yang memvisualisasikan hukum pertama perilaku konsumen.

Tempat
Komponen tempat dari bauran pemasaran dapat mencakup berbagai hal, seperti tempat ritel seperti toko atau tempat jasa, seperti toko tukang cukur. Komponen tempat juga berkaitan dengan distribusi produk dari pabrik ke pelanggan. Logistik rantai pasokan adalah masalah umum bagi para insinyur yang merancang fasilitas untuk mengirimkan produk dan layanan ke seluruh dunia atau membuat infrastruktur untuk mengelola e-commerce. Oleh karena itu, komponen tempat merupakan masalah umum yang harus dipecahkan oleh para insinyur.

Promosi
Periklanan adalah aspek pemasaran yang paling terlihat, yang menjadi alasan mengapa keduanya sering dianggap identik. Kebutuhan untuk mempromosikan produk di pasar yang kompetitif cukup jelas. Hampir dapat dipastikan, tanpa iklan dan bentuk promosi lainnya, produk apa pun akan merana dalam ketidakjelasan.

Dimensi promosi dari bauran pemasaran mencakup semua komunikasi dengan penerima manfaat proyek, baik pelanggan maupun masyarakat secara keseluruhan. Dalam proyek-proyek rekayasa publik, dimensi promosi mencakup pelibatan masyarakat yang akan mendapat manfaat dari pekerjaan rekayasa.

Membangun infrastruktur adalah tugas yang sangat terspesialisasi, dan para insinyur dapat menjadi sangat fokus pada kompleksitas yang melekat pada pekerjaan mereka sehingga mereka lupa untuk mempertimbangkan orang-orang yang terkena dampak proyek. Keterlibatan masyarakat adalah aspek penting dari setiap pekerjaan rekayasa publik yang akan membutuhkan keterampilan pemasaran.

Harga
Menentukan harga sebuah proyek adalah tugas yang umum dilakukan oleh para insinyur. Banyak insinyur menghabiskan banyak waktu untuk memperkirakan biaya proyek di masa depan atau mengendalikan biaya pekerjaan yang sedang berjalan. Perkiraan harga teknik menggunakan pertimbangan teknis, seperti biaya bahan dan tenaga kerja serta layanan eksternal.

Ketika seorang pemasar menentukan harga produk atau jasa, mereka tidak hanya melihat aspek internal, tetapi juga seberapa besar pelanggan bersedia membayar. Menetapkan harga penawaran pasar membutuhkan pengetahuan tentang psikologi. Dalam proyek-proyek teknis dan komersial, keahlian teknis dari estimator biaya dan pengetahuan psikologis dari pemasar untuk menentukan harga terbaik.

Mendefinisikan nilai
Dari perspektif ekonomi, nilai adalah perbedaan antara biaya dan manfaat. Model ekonomi tradisional membatasi persamaan ini pada nilai moneter. Sebaliknya, perspektif pemasaran mencakup aspek-aspek di luar biaya dan manfaat finansial. Manfaat dari sebuah produk pertama-tama adalah apa yang dilakukan produk tersebut bagi pelanggan. Sebuah mobil memiliki manfaat yang jelas untuk memindahkan orang dan barang dari A ke B. Manfaat layanan adalah tentang kemudahan menggunakan produk, dukungan purna jual, dan sebagainya. Terakhir, manfaat pribadi berkaitan dengan bagaimana produk membuat orang merasa memiliki atau menggunakannya.

Persamaan biaya suatu produk atau layanan tidak hanya biaya moneter untuk pembelian dan pengoperasian, tetapi juga waktu dan energi psikologis. Biaya waktu yang dikeluarkan konsumen berkaitan dengan tingkat kenyamanan yang mereka dapatkan. Biaya energi berkaitan dengan kemungkinan frustrasi karena produk yang dirancang dengan buruk. Dari model ini, dapat disimpulkan bahwa para insinyur dapat memaksimalkan nilai pelanggan dari produk yang mereka ciptakan dengan meminimalkan biaya yang dikeluarkan konsumen dan dengan meningkatkan manfaatnya.

Keseimbangan nilai pelanggan penerima manfaat
Pemasaran secara tradisional hanya tentang pelanggan dan hubungan komersial antara pembeli dan penjual. Pandangan kontemporer tentang pemasaran lebih inklusif dan berhubungan dengan setiap hubungan di mana satu pihak memberikan manfaat kepada pihak lain. Teori-teori baru ini tentunya lebih berguna untuk menggambarkan kompleksitas kontemporer dari hubungan komersial.

Penambahan masyarakat secara keseluruhan sebagai penerima manfaat dari pemasaran sangat masuk akal bagi para insinyur. Rekayasa adalah sebuah metode untuk memperbaiki dunia tempat kita hidup; baik melalui produk komersial maupun rekayasa publik. Apapun caranya, tujuan dari perekayasaan yang baik adalah untuk menambah nilai bagi masyarakat secara keseluruhan. Akhirnya, pemasaran dan teknik adalah mitra yang sempurna. Oleh karena itu, insinyur yang memahami prinsip-prinsip pemasaran dapat memaksimalkan nilai yang mereka berikan kepada pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat luas.

Disadur dari: lucidmanager.org