Pejalan Kaki: Menggambarkan Seseorang yang Berjalan Kaki

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

15 Mei 2024, 10.29

Disadur dari: en.wikipedia.org

Seorang pejalan kaki adalah seseorang yang melakukan perjalanan dengan berjalan kaki, baik berjalan atau berlari. Dalam zaman modern, istilah ini biasanya mengacu pada seseorang yang berjalan di jalan atau trotoar (di Amerika Serikat: sidewalk), tetapi ini tidak selalu terjadi secara historis. Pejalan kaki juga dapat menjadi pengguna kursi roda atau orang cacat lainnya yang menggunakan alat bantu mobilitas.

Etimologi

Makna dari kata "pejalan kaki" ditampilkan dengan morfem ped- ('kaki') dan -ian ('karakteristik dari'). Kata ini berasal dari istilah Latin pedester ('berjalan kaki') dan pertama kali digunakan (dalam bahasa Inggris) selama abad ke-18. Awalnya digunakan, dan masih bisa digunakan hingga saat ini, sebagai kata sifat yang berarti biasa atau membosankan. Namun, dalam artikel ini, kata ini mengambil bentuk kata benda dan mengacu pada seseorang yang berjalan.

Kata "pejalan kaki" mungkin telah digunakan dalam bahasa Perancis tengah dalam Recueil des Croniques et Anchiennes Istories de la Grant Bretaigne.

Sejarah

Berjalan kaki selalu menjadi sarana utama pergerakan manusia. Manusia pertama yang bermigrasi dari Afrika, sekitar 60.000 tahun yang lalu, berjalan kaki. Mereka berjalan di sepanjang pantai India untuk mencapai Australia. Mereka berjalan melintasi Asia untuk mencapai Amerika, dan dari Asia Tengah ke Eropa.

Dengan munculnya mobil pada awal abad ke-20, cerita utamanya adalah bahwa mobil mengambil alih, dan "orang memilih mobil," tetapi ada banyak kelompok dan gerakan yang tetap mempertahankan berjalan kaki sebagai sarana transportasi harian yang lebih disukai dan beberapa yang mengorganisir untuk mempromosikan berjalan kaki, dan untuk menyeimbangkan pandangan yang umumnya mendukung mobil, seperti yang diceritakan oleh Peter Norton.

Selama abad ke-18 dan ke-19, berjalan kaki adalah olahraga yang populer untuk ditonton, sama seperti berkuda masih ada di beberapa tempat. Salah satu pejalan kaki paling terkenal dari periode tersebut adalah Kapten Robert Barclay Allardice, yang dikenal sebagai "The Celebrated Pedestrian", dari Stonehaven di Skotlandia. Prestasi paling mengesankan baginya adalah berjalan 1 mil (1,6 km) setiap jam selama 1000 jam, yang ia capai antara 1 Juni dan 12 Juli 1809. Prestasi ini menarik banyak perhatian orang, dan sekitar 10.000 orang datang untuk menyaksikan selama acara tersebut. Selama sisa abad ke-19, banyak orang mencoba untuk mengulangi prestasi ini, termasuk Ada Anderson yang mengembangkannya lebih lanjut dan berjalan setengah mil (800 m) setiap seperempat jam selama 1000 jam.

Sejak abad ke-20, minat dalam berjalan kaki sebagai olahraga telah menurun. Berjalan cepat masih menjadi olahraga Olimpiade, tetapi gagal menarik perhatian publik seperti dulu. Namun, prestasi berjalan besar masih dilakukan, seperti berjalan dari Land's End ke John o' Groats di Britania Raya, dan melintasi Amerika Utara dari pantai ke pantai. Orang pertama yang berjalan keliling dunia adalah Dave Kunst yang memulai perjalanannya berjalan ke arah timur dari Waseca, Minnesota pada 20 Juni 1970 dan menyelesaikan perjalanannya pada 5 Oktober 1974, ketika ia kembali ke kota dari arah barat. Prestasi ini sering terkait dengan penggalangan dana amal dan dilakukan, antara lain, oleh selebritas seperti Sir Jimmy Savile dan Ian Botham.

Disadur dari: en.wikipedia.org