Pedoman Mengelola Risiko dan Keselamatan di Tempat Kerja

Dipublikasikan oleh Syayyidatur Rosyida

15 Mei 2024, 07.27

sumber: pexels.com

Pembenahan rumah
Pembenahan rumah tangga yang baik adalah bagian penting dari keselamatan dan pencegahan kecelakaan. Banyak kondisi yang tidak aman dapat diperbaiki sebelum mengakibatkan cedera. Pembersihan yang baik adalah suatu keharusan untuk dapur yang aman dan bersih. Lingkungan kerja yang bersih akan menghasilkan kebanggaan dalam bekerja dan operasi yang aman.

Prosedur tata graha yang baik meliputi hal-hal berikut Ini:

  1. Jangan menghalangi pintu keluar.
  2. Ganti lampu yang padam di area kerja, jalan setapak, dan pintu keluar.
  3. Jaga agar lantai dan area kerja tetap bersih, kering, dan bebas minyak.
  4. Jaga agar tangga dan tangga tetap dalam kondisi layak pakai.
  5. Jaga agar peralatan darurat tetap bersih dan tidak terhalang.

Untuk memastikan bahwa anda melindungi diri sendiri, daftar alat pelindung diri (APD) anda harus mencakup hal-hal berikut.

Pakaian

Ini termasuk celana dan jaket yang pas dan semua kancingnya terpasang. Lengan baju harus pas karena lengan baju yang longgar dan tergerai berpotensi menimbulkan bahaya kebakaran saat bekerja di atas kompor gas terbuka. Peraturan kesehatan mengharuskan semua penjamah makanan mengenakan jaring rambut atau menggunakan metode lain yang disetujui untuk menjaga rambut tetap terkendali. Celemek harus terbuat dari bahan yang tidak mudah terbakar dan tahan api yang tidak meleleh karena panas.

Alas Kaki
Peraturan K3 mewajibkan alas kaki yang disetujui harus dikenakan oleh karyawan di semua pekerjaan industri. Pastikan alas kaki Anda kokoh dan memberikan penyangga punggung yang cukup agar tidak menyebabkan masalah punggung di kemudian hari. Alas kaki yang sesuai untuk perusahaan jasa makanan komersial harus memiliki sol yang tidak licin dan ujung kaki yang tertutup serta punggung yang tertutup.

Alas kaki Anda harus kokoh dan nyaman, dan jika lingkungan tempat Anda bekerja mengharuskan jari kaki yang dilapisi baja, alas kaki seperti itu harus dipakai. Atasan kulit yang tinggi pada sepatu adalah ide yang bagus karena akan melindungi kaki Anda dari minyak atau cairan panas.

Pelindung tangan
Jenis sarung tangan yang paling umum digunakan di perusahaan jasa makanan adalah sarung tangan lateks karet alam, sarung tangan karet sintetis, dan sarung tangan vinil. Karena tidak mungkin membedakan antara sarung tangan karet alami dan sintetis hanya dengan melihatnya, Anda harus membaca label pada kotaknya untuk menentukan bahan pembuatnya. Beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi (dikenal sebagai dermatitis) atau reaksi yang lebih serius yang dikenal sebagai anafilaksis terhadap sarung tangan lateks alami, dan karena alasan ini sarung tangan lateks alami tidak disarankan untuk digunakan saat menyiapkan makanan.

Sarung tangan jaring harus digunakan saat membersihkan alat pengiris daging. Sarung tangan plastik tebal harus digunakan saat menangani produk pembersih.

Pelindung mata
Pelindung mata dalam bentuk kacamata pengaman atau masker harus dipakai setiap kali ada kemungkinan cedera mata. Partikel yang beterbangan di udara dapat dengan mudah masuk ke mata Anda dan dapat menyebabkan kerusakan permanen. Pelindung mata penting, misalnya, saat bekerja dengan gergaji pita yang memotong tulang atau saat bekerja dengan pembersih korosif yang dapat memercik ke wajah Anda.

Pelindung pendengaran
Pelindung pendengaran yang disetujui harus dipakai ketika kondisi kebisingan tingkat tinggi. Kondisi ini tidak umum terjadi di dapur komersial, tetapi mungkin terjadi dalam operasi produksi makanan.

Alat bantu pernapasan
Respirator harus digunakan untuk melindungi diri Anda dari menghirup asap atau uap berbahaya seperti yang sering kali berasal dari cairan pembersih dapur pekat. Unit respirator harus dipasang dengan benar untuk memberikan perlindungan terbaik. Periksa komponen untuk memastikan komponen tersebut tidak rusak, retak, atau sobek dan tidak berlubang. Ganti komponen yang rusak sebelum digunakan. Setiap unit akan memiliki filter yang harus diperiksa secara teratur dan diganti sebelum tanggal kedaluwarsa.

Keamanan peralatan
Anda harus sangat berhati-hati saat mengoperasikan peralatan. Sebelum Anda mencoba mengoperasikan alat atau peralatan apa pun, Anda harus dilatih sepenuhnya oleh operator yang berpengalaman. Pastikan semua pengaman terpasang dan berfungsi dengan baik dan semua sambungan listrik terpasang dengan benar. Anda harus memperhatikan tindakan pencegahan berikut ini saat menggunakan peralatan:

  1. Pahami prosedur pengoperasian yang benar dan tindakan pencegahan keselamatan sebelum mengoperasikan peralatan.
  2. Pastikan semua pengaman telah terpasang dan berfungsi dengan baik sebelum mesin dihidupkan.
  3. Laporkan peralatan yang rusak atau tidak aman kepada orang yang bertanggung jawab untuk mencegah cedera serius.
  4. Jangan mengalihkan perhatian atau mengganggu operator peralatan.
  5. Pastikan bahwa kabel ke alat bertenaga listrik dalam kondisi baik, tanpa bagian yang berjumbai atau kabel yang terbuka dan pastikan bahwa alat tersebut diardekan dengan benar.
  6. Jaga agar alat pemotong tepi tetap terasah dengan baik sehingga alat tersebut dapat bekerja dengan baik dan tidak perlu dipaksakan karena ujungnya tumpul.
  7. Gunakan perkakas hanya untuk tujuan penggunaannya dan pastikan ukuran perkakas sesuai dengan pekerjaannya.
  8. Laporkan kepada atasan langsung Anda jika ada alat atau peralatan yang rusak atau tidak berfungsi dengan baik.

Sistem ventilasi
Lingkungan tempat Anda bekerja sangatlah penting. Udara di sekitar Anda mungkin dipenuhi asap dan uap.

Dapur memiliki beberapa jenis peralatan ventilasi yang biasanya ditempatkan di unit yang sama dengan sistem pencegah kebakaran. Banyak jenis peralatan ventilasi lainnya yang dapat ditemukan di tempat kerja. Penting, di mana pun Anda bekerja, untuk mengenal peralatan atau sistem ventilasi dan menggunakannya.

Sistem pematian darurat
Banyak dapur memiliki sistem pemadaman darurat atau "tombol panik". Ini dipasang sehingga hanya satu tombol yang harus ditekan untuk mematikan listrik ke sejumlah besar peralatan. Sistem ini digunakan ketika seseorang tersengat listrik atau terjepit di dalam mesin. Dalam keadaan seperti ini, Anda tidak punya waktu untuk mencari dan melempar sakelar yang benar. Tindakan cepat diperlukan. Tekan tombol panik.

Saat Anda memasuki dapur untuk pertama kalinya, cari dan pelajari cara menggunakan pematian darurat.

Pelindung dan penghalang
Pelindung dan pembatas digunakan sebagai alat pengaman pada banyak peralatan yang digunakan di dapur modern. Selalu gunakan alat ini untuk memastikan Anda mengoperasikan mesin dengan cara yang paling aman. Jangan pernah mengoperasikan peralatan kecuali semua pelindung dan penghalang berada pada posisinya.

Utilitas

Setiap kali Anda memiliki lokasi kerja baru, periksa lokasi pemadaman listrik untuk semua utilitas. Dengan begitu Anda akan siap menghadapi keadaan darurat.

Listrik

Anda harus mengetahui lokasi panel utama atau sub-panel yang digunakan, dan Anda harus mempelajari cara mematikannya dalam keadaan darurat. Jika Anda harus mematikan listrik, segera beritahukan atasan Anda. Dapatkan izin dari teknisi listrik sebelum menggunakan layanan baru.

Kabel ekstensi listrik, jika perlu digunakan, harus diatur dengan rapi dan tidak boleh kusut. Kabel tersebut harus ditempelkan ke lantai jika memungkinkan karena ini akan mengurangi kemungkinan seseorang tersandung.

Keamanan listrik
Meskipun Anda biasanya berurusan dengan tegangan dan arus yang rendah, nilainya tidak pernah jauh dari tingkat yang mematikan. Anda bisa terkena sengatan listrik atau luka bakar dari sirkuit listrik biasa. Tingkat keparahan sengatan listrik tergantung pada empat faktor:

  • Jumlah arus yang melewati tubuh
  • Jalur yang dilalui arus melalui tubuh
  • Frekuensi arus
  • Lamanya waktu arus mengalir di dalam tubuh.

Arus rumah tangga normal (steker dan sirkuit lampu) umumnya dibatasi oleh pemutus arus hingga nilai 15 ampere. Perangkat ini telah dirancang untuk trip dan membuka sirkuit jika nilai 15 amp terlampaui. Hal ini memungkinkan untuk menyebabkan cedera fatal dengan aliran arus hanya sebesar 50 miliampere (mA). Satu miliampere (1 mA) adalah seperseribu amp.

Sangat mudah untuk melihat bahwa tubuh peka terhadap nilai arus yang relatif kecil. Sebagai perbandingan, bola lampu 100 watt menarik sekitar 0,85 amp (850 mA) arus apabila dihubungkan ke sumber 120 volt. Ingat, ada 15 ampere yang tersedia di setiap sirkuit rumah standar. Sirkuit industri mungkin memiliki aliran yang dibutuhkan beberapa ratus amp. Dalam kedua kasus tersebut, ini adalah jumlah yang berbahaya!

Agar Anda dapat terkena sengatan listrik, Anda harus menjadi bagian dari sirkuit listrik. Anda harus menyentuh bagian aktif dari rangkaian listrik ketika bersentuhan dengan potensi yang lebih rendah seperti arde. Pengaturan seperti itu akan menyelesaikan sirkuit listrik melalui tubuh Anda ke tanah, menyebabkan arus mengalir.

Pasokan air
Cari tahu di mana letak pemutus air di dapur Anda. Jika pipa pecah atau meledak, air dapat merusak bahan, peralatan, dan perlengkapan atau pekerjaan yang telah dilakukan. Selain itu, air dapat menimbulkan bahaya listrik jika bersentuhan dengan panel atau stopkontak listrik. Jika Anda harus mematikan air, segera beri tahu pengawas Anda.

Pasokan gas
Temukan pemutus gas di dapur. Gas yang keluar dapat menyebabkan ledakan yang dapat melukai seseorang atau menyebabkan kerusakan besar. Ketika gagang katup sejajar dengan saluran gas, pasokan gas mengalir dan menyala. Dengan memutar gagang katup 90 derajat (yaitu, tegak lurus dengan saluran gas), Anda dapat mematikan pasokan gas. Jika Anda harus mematikan gas, segera beritahu supervisor Anda. Ingat, Anda harus mengalirkan gas untuk menyalakan lampu pilot pada peralatan.

Layanan lainnya
Layanan lain, seperti telepon, kabel, dan Internet, biasanya tidak menimbulkan bahaya bagi manusia, dan Anda tidak dapat mematikannya. Jika saluran untuk layanan ini rusak atau terputus dan jika harus ditemukan dan diperbaiki atau dipindahkan, hubungi perusahaan yang memasok layanan tersebut.

Disadur dari: Workplace Safety Procedures