Pasar Ubin Keramik GCC Diperkirakan Mencapai USD 16,82 Miliar pada Tahun 2030 dengan Pertumbuhan CAGR 8,4%

Dipublikasikan oleh Cindy Aulia Alfariyani

29 April 2024, 10.37

Sumber: pixabay.com

Ukuran pasar ubin keramik GCC diperkirakan akan mencapai USD 16,82 miliar pada tahun 2030, tumbuh pada CAGR 8,4% selama periode perkiraan. Meningkatnya investasi dalam proyek-proyek konstruksi oleh pemerintah Arab Saudi, UEA, dan Qatar untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di negara masing-masing diharapkan dapat mendorong industri konstruksi, dengan demikian, meningkatkan permintaan di pasar selama periode perkiraan.

Proses pembuatan ubin keramik telah berkembang secara signifikan selama beberapa tahun terakhir. Kebutuhan akan bahan berkualitas tinggi dengan tingkat efisiensi yang baik telah mengembangkan teknologi pembakaran dan pengepresan yang baru.

Produsen telah mencoba menciptakan teknologi untuk produksi ubin keramik yang sederhana, fleksibel, dan berbiaya rendah. Pencemaran lingkungan dan pembuangan limbah selalu menjadi perhatian utama produsen. Mereka sekarang berfokus pada pengurangan emisi CO2 dan konsumsi air melalui opsi pemrosesan yang lebih baik saat memproduksi ubin keramik.

Tanah liat basah, feldspar, alumina, silika, dan pasir adalah beberapa bahan baku yang paling umum digunakan selama proses pembuatan ubin keramik. Pemasok bahan baku utama termasuk Saudi Ceramics, United Mining Investments Co, Carrefour, dan Saudi Dolomites. Meningkatnya permintaan keramik dalam aplikasi otomotif dan elektronik diperkirakan akan menjadi perhatian utama para pelaku pasar. Basis manufaktur keramik yang kuat di China, India, dan Indonesia diharapkan dapat mendorong investasi para pelaku pasar.

Pasar diperkirakan akan mengalami pertumbuhan selama periode perkiraan karena pesatnya pertumbuhan industri konstruksi, yang dapat dikaitkan dengan tingginya investasi oleh berbagai pemerintah di berbagai perusahaan untuk mengembangkan kompleks perumahan & komersial baru dan proyek-proyek infrastruktur. Selain itu, peningkatan penekanan oleh pemerintah pada pembangunan rumah sakit baru, lembaga pendidikan, dan proyek-proyek rekreasi diharapkan dapat menciptakan peluang pertumbuhan di pasar ubin keramik.

Pasar dapat lebih terorganisir dengan lebih baik karena banyak pemain domestik yang beroperasi di seluruh GCC. Banyak pemain skala kecil yang memproduksi dan mendistribusikan produk dan melayani aplikasi dinding dan lantai. Para pemain ini lebih memilih untuk memasok ubin keramik langsung ke pasar akhir dengan menghindari saluran distribusi, sehingga berdampak negatif pada rantai nilai.

Sorotan Laporan Pasar Ubin Keramik GCC

  • Ubin porselen memimpin pasar, menyumbang sekitar 60,0% dari total pangsa pendapatan pada tahun 2022. Porselen lebih kaku dan lebih padat daripada rekan-rekannya dan menawarkan sifat tahan gores yang lebih baik daripada ubin keramik mengkilap. Namun, biaya ubin porselen lebih tinggi daripada ubin keramik lainnya karena dapat menyerap kelembapan yang tinggi dan lebih tahan lama.
  • Segmen aplikasi ubin lantai mendominasi pasar dan menyumbang pangsa pendapatan terbesar sekitar 71,7% pada tahun 2022. Produksi ubin lantai menggunakan teknologi mikro-kristal memiliki beberapa keunggulan, seperti biaya produksi yang lebih rendah, daya tarik estetika yang sangat baik, ketahanan terhadap korosi & bahan kimia, ketahanan terhadap asam, dan permukaan yang mengkilap
  • Karena meningkatnya permintaan untuk lantai berbasis ubin keramik yang sangat tahan lama dan hemat biaya di sektor komersial dan industri dengan tingkat kunjungan tinggi, segmen penggunaan akhir komersial memimpin pasar. Ini menyumbang pangsa pendapatan paling signifikan sekitar 71,0% pada tahun 2022. Ubin keramik menawarkan daya tahan, keterjangkauan, dan gaya yang sangat baik. Mereka cocok untuk ruang kelas, ruang komputer, koridor, kafetaria, laboratorium, lorong, area pintu masuk, dan tangga sekolah, perguruan tinggi, universitas, dan lembaga profesional
  • Populasi yang berkembang pesat mendorong peningkatan industri konstruksi di negara ini. Sesuai data yang diterbitkan oleh Worldometer, populasi Arab Saudi sekitar 36,9 juta pada tahun 2023, meningkat sekitar 1,48% dibandingkan dengan tahun 2022. Peningkatan investasi oleh pemerintah untuk meningkatkan infrastruktur kereta api dan jalan raya diharapkan dapat mendorong lebih jauh pertumbuhan pasar ubin keramik di negara ini selama periode perkiraan.
  • Pemain terkemuka di pasar terdiri dari RAK Ceramics, Saudi Ceramics, Al Anwar Ceramic Tiles Co. SAOG, Al Jawdah, dan Al Khaleej Ceramics. RAK Ceramics memegang pangsa pasar yang signifikan. Perusahaan ini menawarkan ubin keramik canggih yang diproduksi dengan teknologi cetak digital dan dalam berbagai dimensi. Selain itu, saluran pasokan khusus yang terkait dengan perusahaan telah meningkatkan penetrasi di wilayah GCC

Disadur dari: www.globenewswire.com