Optimalkan Bisnis Anda: Mengapa Anda Perlu Memahami Peran Analis Riset Operasi di Tahun 2024

Dipublikasikan oleh Syayyidatur Rosyida

14 Mei 2024, 13.41

sumber: pexels.com

Apa yang dimaksud dengan analis riset operasi? 

Bisnis biasanya membutuhkan operasi yang optimal untuk memenuhi tujuan mereka. Mereka mempekerjakan para ahli dalam analisis riset operasi untuk meningkatkan praktik mereka dengan mempelajari kebutuhan sumber daya, efektivitas biaya, distribusi produk, dan faktor-faktor lain yang memengaruhi aktivitas bisnis sehari-hari. Mempelajari apa saja yang dibutuhkan dalam pekerjaan ini dapat membantu Anda menentukan apakah ini adalah pilihan karier yang tepat untuk Anda. Dalam artikel ini, kami mendefinisikan analis riset operasi, memberikan contoh perusahaan, membuat daftar tugas, keterampilan, dan lingkungan kerja, serta menjelaskan bagaimana cara mengejar peran ini. 

Apa yang dimaksud dengan analis riset operasi?

Seorang analis riset operasi mengumpulkan dan menganalisis data untuk memahami masalah operasional dan merancang cara untuk meningkatkan proses bisnis. Jabatan ini juga bisa disebut sebagai analis operasi, konsultan operasi, peneliti operasi, atau peneliti operasional. Peneliti operasional sering kali menggunakan teknik-teknik canggih untuk meningkatkan proses bisnis. Misalnya, mereka dapat menerapkan pemodelan matematika, analisis statistik, dan analisis data besar untuk meningkatkan operasi. Mereka meneliti dan mengoptimalkan praktik bisnis untuk membantu institusi beroperasi dengan baik dengan sumber daya yang lebih sedikit. Para analis ini dapat mengevaluasi data dari berbagai sumber, seperti basis data komputer, umpan balik pelanggan, atau riwayat penjualan. Mereka dapat menggunakan keahlian mereka untuk mengubah catatan tersebut menjadi aset intelijen untuk kiat atau solusi bisnis. Manajer, eksekutif, dan pengambil keputusan lainnya meninjau laporan, memo, dan catatan lainnya untuk mengumpulkan temuan. Penemuan dan rekomendasi mereka dapat membantu para manajer mempelajari berbagai alternatif atau tindakan. 

Pemberi kerja yang umum

Berikut adalah beberapa institusi yang mungkin mempekerjakan mereka:

Layanan penelitian operasional pemerintah (Government Operational Research Service/GORS)

Lembaga ini dapat mempekerjakan analis operasi untuk berbagai departemen yang menentukan dan melaksanakan strategi pemerintah. Mereka dapat membantu entitas pemerintah meramalkan permintaan untuk layanan tertentu atau membuat model dampak dari undang-undang yang diusulkan.

Lembaga jasa keuangan

Lembaga ini dapat mempekerjakan analis operasi untuk membantu mereka meningkatkan proses bisnis atau meminimalkan risiko keuangan atau investasi. Sebagai contoh, mereka dapat membantu bank-bank besar atau lembaga keuangan untuk meningkatkan layanan pelanggan atau keputusan investasi.

Fasilitas kesehatan

Entitas ini mempekerjakan analis operasi untuk mengoptimalkan layanan atau proses perawatan kesehatan mereka. Peneliti operasional dapat membantu mengurangi waktu tunggu pasien, menurunkan biaya, dan meningkatkan efisiensi.

Entitas manufaktur

Lembaga-lembaga ini dapat mempekerjakan analis operasional untuk mengoptimalkan proses manufaktur atau menyelesaikan tantangan manufaktur. Peneliti operasional dapat membantu mereka meningkatkan efisiensi manufaktur, mengoptimalkan investasi modal, dan mengurangi biaya produksi.

Entitas pertahanan

Lembaga-lembaga ini dapat mempekerjakan analis operasi untuk menganalisis misi, seperti intervensi bencana. Peneliti operasional juga dapat memberi saran kepada pengambil keputusan tentang alokasi sumber daya misi.

Konsultan manajemen

Para analis ini dapat membantu konsultan manajemen dalam riset operasi, pemodelan bisnis, atau analisis statistik. Hasil kerja peneliti operasional dapat memberikan mereka wawasan atau rekomendasi untuk klien.

Institusi ritel

Entitas ini dapat mempekerjakan peneliti operasi untuk menganalisis informasi pelanggan dan pasar. Analis operasi dapat membantu organisasi-organisasi ini memahami pola permintaan, meningkatkan layanan pelanggan, dan mengurangi biaya ritel.

Universitas dan organisasi penelitian

Entitas ini dapat mempekerjakan analis operasi untuk mengajar atau memandu program mereka. Sebagai contoh, peneliti operasi dapat meninjau kurikulum universitas dan merekomendasikan modifikasi atau penggantian untuk mengoptimalkan sumber daya.

Tugas dan tanggung jawab

Peneliti operasional dapat memiliki berbagai tanggung jawab organisasi tergantung pada kualifikasi, posisi, atau pengalaman mereka. Berikut adalah beberapa tugas umum mereka:

  • Mengumpulkan dan menganalisis kumpulan data dari sistem operasi perusahaan untuk mendukung pengambilan keputusan
  • Mengembangkan proses dan metode bisnis, seperti solusi logistik atau jadwal produksi
  • Menggunakan pemodelan statistik untuk menganalisis data, menentukan tantangan prosedural, dan menyajikan solusi potensial
  • Mendukung para pemimpin dan pengambil keputusan dengan intelijen dan alternatif untuk membantu mereka membuat keputusan yang tepat
  • Mengumpulkan pandangan dan saran dari pihak-pihak yang berkepentingan untuk meningkatkan operasi
  • Menulis laporan dan presentasi yang dapat membantu pihak-pihak yang berkepentingan untuk memahami rekomendasi atau temuan mereka
  • Membuat jaringan biaya dan waktu untuk mengelola proyek
  • Menguji model untuk memastikan model tersebut akurat dan bermanfaat
  • Menggunakan model matematika untuk menentukan atau memahami masalah operasional
  • Mendefinisikan kebutuhan data perusahaan, memvalidasi catatan, dan mengevaluasi potensi rekomendasi pemecahan masalah menggunakan analisis statistik
  • Meneliti praktik industri dan merekomendasikan ide pengembangan bisnis yang potensial
  • Melibatkan manajer, departemen, dan tim untuk memahami masalah dan tujuan mereka
  • Menguraikan batasan dan kekuatan analisis mereka untuk memandu para pengambil keputusan dan pihak-pihak lain yang berkepentingan

Keterampilan utama

Berikut adalah beberapa keterampilan penting untuk pekerjaan ini:

Riset operasi

Peneliti operasional dapat menggunakan kompetensi riset operasi untuk mengevaluasi proses kelembagaan dan menentukan program potensial, prioritas investasi, dan area pengeluaran. Mereka juga dapat menggunakan keahlian ini untuk menemukan tren atau praktik-praktik pesaing yang dapat meningkatkan operasi organisasi. Para eksekutif dan pemimpin lainnya dapat menggunakan temuan dan laporan mereka untuk memandu pengambilan keputusan. 

Analisis statistik

Analis operasi dapat menggunakan simulasi atau analisis statistik untuk mengevaluasi informasi dan mengembangkan solusi untuk tantangan bisnis. Sebagai contoh, mereka dapat menggunakan model atau program statistik untuk menganalisis informasi yang dikumpulkan. Pekerjaan mereka dapat menghasilkan solusi potensial atau menguji hipotesis. 

Analisis data

Bisnis dapat mengumpulkan banyak data dari berbagai sumber. Peneliti operasional dapat mengumpulkan data dan menganalisisnya untuk menentukan informasi yang relevan. Sebagai contoh, mereka dapat menggunakan perangkat lunak pembersih data untuk menyortir catatan. Informasi yang relevan dapat mendukung pengambilan keputusan dan meningkatkan operasi organisasi. Analis operasi juga dapat menganalisis data untuk mengembangkan kesimpulan atau rekomendasi. 

Visualisasi

Analis operasi dapat mengambil manfaat dari kemampuan visualisasi saat mempresentasikan temuan atau proses mereka. Mereka dapat memprediksi kebutuhan pihak-pihak yang berkepentingan dan menggunakan bagan, grafik, atau program visualisasi komputer untuk memenuhinya. Eksekutif atau pemimpin dapat meninjau laporan mereka untuk menemukan tantangan organisasi dan solusi potensial. 

Matematika

Peneliti operasi menggunakan keterampilan matematika untuk menghitung berbagai persamaan. Sebagai contoh, kompetensi ini dapat membantu mereka memahami biaya atau kemajuan. Model matematika, simulasi, dan instrumentasi dapat membantu mereka melakukan analisis kuantitatif. Perhitungan dan proses ini dapat menghasilkan informasi yang lebih bermanfaat dan wawasan yang dapat ditindaklanjuti bagi para pengambil keputusan.

Berpikir kritis

Peneliti operasional menggunakan keterampilan berpikir kritis untuk menemukan tantangan yang dihadapi organisasi. Mereka juga dapat menerapkan kemahiran ini untuk mengembangkan dan mengevaluasi solusi potensial. Manajer dan eksekutif dapat menggunakan saran mereka untuk membuat keputusan yang dapat meningkatkan operasi bisnis atau mengatasi tantangan: Apa itu keterampilan berpikir kritis dan bagaimana penggunaannya?

Lingkungan kerja

Perusahaan dapat mempekerjakan peneliti operasi secara penuh waktu, ad hoc, atau kontrak. Mereka sering bekerja di kantor, tetapi dapat melakukan perjalanan untuk bertemu klien atau menghadiri konferensi. Mereka menggunakan program komputer untuk mengumpulkan dan menganalisis data. Para analis ini biasanya bekerja dengan jam kerja standar yang dapat diperpanjang untuk memenuhi tenggat waktu atau memberikan solusi yang mendesak. Setelah mendapatkan pengalaman, mereka dapat bekerja sebagai konsultan lepas yang mungkin melibatkan perjalanan ke luar negeri.

Bagaimana menjadi seorang analis riset operasi

Berikut adalah empat langkah yang bisa Anda tinjau untuk mengetahui bagaimana cara menekuni pekerjaan ini:

Dapatkan pendidikan yang relevan

Gelar sarjana di bidang matematika, riset operasional, atau bidang terkait lainnya diperlukan untuk masuk ke dalam peran ini. Pendidikan ini mempersiapkan Anda untuk aspek-aspek kunci dari pekerjaan ini, seperti ekonomi, statistik, atau komputasi. Beberapa perusahaan lebih memilih kandidat dengan kualifikasi pascasarjana dalam ilmu manajemen atau riset operasional. 

Dapatkan pengalaman kerja

Memiliki pengalaman kerja yang relevan dapat meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan peneliti operasional. Pertimbangkan program magang atau job shadowing untuk mempelajari peran dan industri untuk mengembangkan keterampilan Anda. 

Pertimbangkan pengembangan profesional

Selesaikan kursus pelatihan atau hadiri konferensi untuk menikmati kemajuan karier. Program-program ini dapat membantu Anda mengikuti perkembangan profesi. Program-program ini juga memungkinkan Anda untuk membangun jaringan dan menemukan peluang kerja. Individu dalam jaringan Anda dapat memberi tahu orang lain tentang keterampilan atau ketersediaan Anda.

Melamar peluang kerja

Periksa papan lowongan kerja dan situs web perusahaan untuk menemukan pekerjaan analis operasi. Tinjau rekomendasi dari kontak jaringan Anda tentang peluang kerja. Jelajahi deskripsi pekerjaan peran tersebut dan sesuaikan dokumen lamaran Anda. Tunjukkan keahlian dan kualifikasi Anda yang relevan untuk posisi tersebut.

Disadur dari: indeed.com